OTHERS Project & Tech :
 
  \
Project & Tech


2021-01-13
Mobile Lab Bio Safety Level-2
Salah satu kunci penanganan wabah Covid-19 di Indonesia adalah peningkatan kapasitas tracing melalui peningkatan jumlah pengujian sampel terduga Covid-19. Pengujian sampel dengan metoda PCR (polymerase chain reaction) telah menjadi gold standard di dunia, karena tingkat akurasi dan sensitivitasnya yang tinggi.

Terkait hal itupun, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan dukungan dari Kementerian Riset Teknologi/BRIN dan Pemerintah Kota Bogor menghadirkan inovasi Mobile Lab Bio Safety Level-2 (BSL-2) varian kontainer dengan trailer di Balai Kota Bogor.

Dikatakan Kepala BPPT Hammam Riza, laboratorium bergerak ini telah disempurnakan dan mampu menguji hingga 940 spesimen PCR Covid-19 per 24 jam. Teknisnya tiap batch berisi 94 spesimen, dan dalam 24 jam dilakukan pengujian sebanyak 10 batch.

Mobile Lab BSL-2 varian kontainer dengan trailer ini pun telah dilengkapi dengan fasilitas ekstraksi RNA (Ribo Nucliac Acid) sehingga dapat menggunakan reagen yang bervariasi, dan mampu beradaptasi dengan ketersediaan dan kebutuhan tipe reagen yang tersedia.

Hammam menjelaskan, keunggulan dari Mobile Lab BSL-2 ini adalah waktu proses pengambilan sampel hingga memperoleh hasil tes PCR hanya 8 jam. Jadi jika masyarakat melakukan tes swab di pagi hari, maka hasilnya sudah dapat diperoleh nanti sore.

Mobile Lab BSL-2 varian ini merupakan pengembangan dari varian kontainer yang telah beroperasi sejak 16 Juni 2020 di RS TNI AD Moh. Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur. Pemilihan platform trailer ditujukan untuk mobilitas, sehingga mudah dipindahoperasikan ke lokasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kepala BPPT juga menjelaskan bahwa semua varian Mobile Lab BSL-2 telah memenuhi standar biohayati tingkat 2, dan telah diverifikasi oleh Asosiasi Biorisiko Indonesia. Sehingga bisa dikatakan telah memiliki ruangan laboratorium yang aman bagi petugas pengujian, serta bagi masyarakat sekitar Mobile Lab BSL-2 beroperasi.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com