OTHERS CSR :
 
  \
CSR


2020-06-18
Sambut Kenormalan Baru, UMKM Sumbar Punya Cara Baru
Pandemi COVID-19 mempunyai dampak buruk bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Namun, ada tiga UMKM di Sumatera Barat mitra binaan Pertamina yang tidak menyerah pada situasi tersebut. Mereka adalah Ambun Suri, Seru Advertising, dan Keripik Mami.

Pemilik Ambun Suri, Ida Arleni mengungkapkan bisnis kerajinan bordir dan sulam miliknya sempat mengalami penurunan. Dirinya terus memutar otak hingga akhirnya berinovasi membuat masker kain dan penjualan secara daring.

Selain Ambun Suri, Keripik Mami yang merupakan usaha kerupuk kulit di kota Bukittinggi berinovasi melalui pemasaran daring melalui aplikasi Whatsapp dan Instagram. Sementara itu, Seru Advertising berinovasi dengan mencetak timbul pada masker kain.

Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Roby Hervindo mengatakan, Pertamina mendukung UMKM Sumbar untuk tetap produktif.

Modal yang digulirkan untuk ketiga mitra tersebut sebesar total 430 juta rupiah. Program ini dapat memberikan modal bergulir bagi UMKM hingga 200 juta rupiah, dengan tenor 3 tahun dan biaya administrasi tahunan hanya 3 persen.

Menjadi mitra binaan Pertamina juga mendapatkan pengembangan usaha melalui pelatihan dan promosi pemasaran, serta ikut ke dalam program Pinky Movement.

Program Pinky Movement merupakan program permodalan lunak bagi UMKM yang dikombinasikan dengan  konversi dari elpiji 3 kg ke Bright Gas 5,5 kg.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com