OTHERS Project & Tech :
 
 
Project & Tech


2020-12-28
Rekor Pemboran Offshore
PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) berhasil menyelesaikan pengeboran sumur offshore PK-B23.G1, di Lapangan Peciko, Platform MWPB, dengan kedalaman 4.026 mMD, dalam tempo 12,29 hari.

Operasi pengeboran menggunakan Rig Hakuryu-14 memecahkan rekor pengeboran tercepat di offshore.

Rekor sebelumnya dicapai saat pengeboran sumur NB-106.G1 di Lapangan Sisi Nubi dengan durasi 13,48 hari.
 
Rekor baru ini tercapai berkat simplikasi profil sumur dengan metode low-side casing re-entry, dan berhasil diterapkan dengan aman dan berkontribusi pada penurunan durasi pengeboran.

Selain itu ada inisiatif baru yang juga berkontribusi terhadap pencapaian ini yakni keberhasilan penerapan triple-combo wireline logging melalui casing re-entry window. Ini merupakan mode wireline logging yang pertama kalinya dilakukan di sumur re-entry Mahakam setelah sebelumnya formation tester wireline logging berhasil dengan metode serupa.

Untuk mempersiapkan pengeboran re-entry, digunakan Hydraulic Workover Unit (menggantikan peran rig pengeboran) dan oil-based mud SF-05 buatan Pertamina untuk lumpur pengeboran. Berbagai inovasi tersebut  juga mendorong optimasi berkelanjutan seperti yang telah didapat dari sumur-sumur sebelumnya.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com