OTHERS CSR :
 
  \
CSR


2020-11-14
Program Pantas Pentas Berhasil Turunkan Kasus Stunting
PT Pertamina EP sejak awal 2019 bersama Puskesmas Samboja aktif menjalankan Program Pantas Pentas (Pantang Anak Stunting, Penanggulangan Anak Stunting) untuk melakukan upaya intervensi kasus stunting di wilayah Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Hal tersebut berangkat dari proses screening yang dilakukan bertahap mulai 2018 akhir hingga awal 2019 di Kelurahan Sungai Seluang dan Margomulyo, hasilnya terdapat sebanyak 59 bayi dua tahun (baduta) mengalami stunting dari 415 baduta yang menjalani proses tersebut.

“Kami melibatkan Puskesmas Samboja, Lurah Sungai Seluang dan Margomulyo serta para kader posyandu yang direkrut,” kata Relation and Formalities Senior Staff PT Pertamina EP Asset 5 Sangasanga Field Aulia Arbiani.

Aulia menceritakan bahwa beberapa warga, khususnya wanita, direkrut untuk menjadi kader program Pantas Pentas. Setidaknya, ada 31 kader yang menjadi ujung tombak dalam program tersebut. Para kader juga dilengkapi instrumen pemantauan perkembangan kasus stunting berupa Kartu Pantas Pentas.

Selain itu, melakukan pendampingan Program Pusat Pemantauan Kader Sayang Ibu Hamil (Puspa Kasih) yang merupakan turunan dan kesatuan dari program Pantas Pentas.

Program yang digagas sejak April 2019 itu, kata Aulia, mendapat sambutan baik dari masyarakat dan Pemerintah setempat karena Program Pantas Pentas menjadi solusi meningkatkan kualitas kesehatan balita dan masyarakat.

Keberhasilan program itu tidak lepas dari perjuangan para kader di lapangan yang selalu bersemangat dalam membuat nol kasus stanting. Salah satunya Kartika Eliza Damayanti, Lisa, sapaan akrabnya, mengaku menjadi kader Pentas merupakan panggilan hati. Dirinya ingin berperan terhadap peningkatan kesehatan di Kelurahan Sungai Seluang.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com