OTHERS Project & Tech :
 
 
Project & Tech


2020-11-11
Teknologi Raisa di Food Estate Kalteng
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) siap menerapkan inovasi teknologi budidaya padi sawah pasang surut intensif, super, dan aktual atau teknologi budidaya padi Raisa di lahan lumbung pangan (food estate) di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dengan menerapkan teknologi Raisa diharapkan dapat meningkatkan hasil dan meningkatkan indeks pertanaman padi dari IP 100 menjadi IP 200 atau bahkan IP 300 dalam satu tahun. Sebelum diaplikasikan di kawasan food estate tersebut, teknologi Raisa berhasil dikembangkan di beberapa sentra padi yang lahannya sama-sama lahan rawa pasang surut seperti Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan yang hasilnya dapat meningkatkan produksi padi 13-20%.

Kondisi eksisting sebelumnya di kawasan food estate ini, produktivitas padi masih di bawah produktivitas nasional yakni hanya 2-4 ton per hektare (ha). Dengan teknologi Raisa di kawasan food estate akan dapat meningkatkan produkvitas padi menjadi 5-6 ton per ha.

Teknologi Raisa yang dirilis 2018 itu merupakan teknologi yang dirancang khusus untuk budidaya padi di lahan rawa dengan mengadopsi beberapa teknologi pengelolaan lahan rawa yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan.

Paket teknologi Raisa meliputi penggunaan varietas unggul baru spesifik lahan rawa, pengelolaan/tata air mikro, pemanfaatan pembenah tanah, pemupukan spesifik berdasarkan Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR), pengendalian hama dan penyakit secara terpadu, serta mekanisasi pertanian.

Kawasan pengembangan food estate di Kalteng yakni di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau sebagian besar lahan sawahnya terdiri dari lahan rawa. Pada lahan tersebut kandungan unsur mikro seperti zat besi (Fe) dan Natrium (Na) sangat tinggi, sehingga untuk meningkatkan produksi padi perlu perlakuan khusus. Pemberian kapur pertanian dan pembenah tanah memegang peranan penting karena mampu memberikan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan varietas padi di lahan rawa.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com