OTHERS CSR :
 
  \
CSR


2020-11-09
Amplang Rumput Laut Kreasi Kelompok Perempuan Teluk Kaba Mandiri
Amplang merupakan kudapan khas bumi borneo berbahan dasar ikan yang kerap ditemui di berbagai toko oleh-oleh di Kalimantan Timur. Namun di tangan kelompok usaha perempuan Teluk Kaba Mandiri, rumput laut dijadikan bahan dasar camilan tersebut selain menggunakan ikan, cumi, udang dan kepiting.

Untuk mengkreasikan bahan dasar amplang, Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field (PEP Sangatta Field) bersama Balai Taman Nasional Kutai (Balai TN Kutai) memberikan pelatihan kepada kelompok tersebut.

Memanfaatkan potensi daerah pesisir Teluk Kaba yang mayoritas penghasil rumput laut menjadi modal dasar kelompok tersebut dalam memproduksi amplang.

Suratin, bertindak sebagai pelatih, yang telah lebih dulu memproduksi amplang mengajarkan kepada sembilan orang anggota kelompok usaha tersebut menjelaskan tahap demi tahap proses pembuatan amplang.

Pelatihan yang berjalan sangat efisien tersebut disambut antusias oleh Saharuddin, seorang ibu yang menjadi ketua kelompok usaha perempuan Teluk Kaba Mandiri.

Amplang rumput laut itu nantinya, lanjut Saharuddin, akan menjadi oleh-oleh khas Teluk Kaba, Kutai Timur.

Adapun beberapa program pemberdayaan yang sudah dan sedang dijalankan PEP Sangatta Field bersama Balai TN Kutai, antara lain bantuan sarana air bersih, bantuan peralatan untuk pengembangan usaha budi daya rumput laut dan pendampingan usaha amplang rumput laut.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com