OTHERS Project & Tech :
 
 
Project & Tech


2020-05-28
Kilang Mini LNG Pertama Beroperasi Tahun Depan
Kilang mini LNG pertama di Indonesia segera beroperasi. Kepastian pasokan gas untuk memasok kilang mini LNG telah didapatkan menyusul ditandatangani perjanjian jual beli gas (PJBG) antara JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris dengan PT Kayan LNG Nusantara secara virtual.

Berdasarkan PJBG tersebut, kilang mini LNG yang berlokasi di Kecamatan Tana Lia Kabupaten Tana Tidung Kalimantan Utara ini akan mendapat pasokan gas sebanyak 22 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) mulai akhir tahun 2021 mendatang. Pasokan gas berasal dari Blok Simenggaris yang dioperasikan oleh JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris, usaha patungan antara PT Pertamina Hulu Energi Simenggaris (PHE) dan PT Medco E&P Simenggaris.

Penandatanganan PJBG dilakukan oleh Afif Saifudin selaku Direktur Utama PT PHE Simenggaris, Ronald Gunawan selaku Direktur Utama PT Medco E&P Simenggaris, Antony Lesmana selaku Direktur PT Kayan LNG Nusantara, dan disaksikan oleh Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Arief S. Handoko.

Arief menjelaskan, penandatanganan PJBG ini sebuah momen penting karena menjadi yang pertama menggunakan skema bisnis LNG downstream di Indonesia. Kayan LNG Nusantara akan membeli gas dari produsen gas JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris, kemudian melakukan proses liquefaction terhadap gas menjadi LNG dan disimpan dalam LNG isotank untuk dikapalkan langsung menuju offtakers.

Kilang mini LNG ini dibangun dan dioperasikan oleh Kayan LNG Nusantara. Fasilitas ini diharapkan bisa menjadi pool atau hub bagi pengembangan lapangan-lapangan gas lainnya di wilayah Kalimantan Utara yang belum termonetisasi agar dapat segera dikomersialisasikan.

Teknologi penyimpanan LNG di Simenggaris dalam LNG Isotank dan kemudian dikapalkan menggunakan barge. Kilang mini LNG ini diharapkan menjadi pionir bagi skema virtual pipeline distribusi gas di dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan gas/LNG dalam skala kecil di pulau-pulau terpencil di Indonesia.

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com