OTHERS Project & Tech :
 
 
Project & Tech


2020-09-21
Biodiesel B-100 Hasil Inovasi Balitbangtan Balittri Terbukti Mampu Menjadi Alternatif Bahan Bakar Ma
Pengembangan energi terbarukan menjadi tantangan bagi setiap negara guna mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang semakin lama semakin menurun ketersediannya. Salah satu alternatif yakni dengan mencari sumber bahan bakar baru bersifat ramah lingkungan, dengan stok bahan bakunya terjamin, serta memiliki harga yang lebih terjangkau dari bahan bakar pada umumnya.

Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian telah berhasil melakukan lompatan besar melalui inovasi teknologi pengolahan bahan bakar alternatif bersumber dari Crude Palm Oil (CPO) yang disebut Biodiesel B-100 atau 100 persen terdiri dari kandungan minyak nabati. Selain itu, B-100 ini juga mampu meningkatkan pemanfaatan kelapa sawit di Indonesia yang dikenal sebagai Negara produsen dan eksportir kelapa sawit terbesar di dunia dengan lahan se-luas 14,03 juta Ha.

Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Momon Rusmono menjelaskan bahwa dari hasil uji coba yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian, penggunaan B-100 mampu mencapai jarak 13,1 kilometer/liter. Jarak tersebut lebih jauh jika dibanding solar yang hanya mencapai 9 kilometer/liter.

“Lebih dari itu, penggunaan B-100 ini bisa menghemat devisa sebesar 26 triliun yang berdampak langsung pada kesejahteraan petani sawit,” ujar Momon.

Momon menjelaskan, penghematan ini bisa didapat dari substitusi impor solar yang selama ini cukup tinggi. Disisi lain, biodiesel juga mampu mengurangi pencemaran lingkungan karena rendah polusi dengan karbonmonoksida (CO) biodiesel lebih rendah 48% dibanding solar.

“Dengan adanya energi terbarukan B-100 ini, tentu akan menciptakan beberapa peluang yaitu memperkuat keamanan energi nasional serta meningkatkan nilai tambah ekonomi domestik dengan sumber daya terbarukan” ujar Dr. Ir. Desrial selaku Ketua Umum Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia (PERTETA).

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D yang merupakan Koordinator dari penemuan inovasi B-100 di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) juga menjelaskan pihaknya akan terus melakukan ujicoba B-100 terhadap performa mesin diesel pada 16 kendaraan bermotor.

Diakhir paparannya, Ia menerangkan bahwa saat ini sudah tersedia Pom mini B-100 berkapasitas 400 liter di beberapa unit kerja kementerian pertanian, salah satunya berada di Puslitbang Perkebunan Bogor yang telah digunakan untuk mengisi bahan bakar kendaraan dinas instansinya.

Harapannya, dengan adanya inovasi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian ini, membuat masyarakat semakin yakin bahwa sektor pertanian Indonesia dapat menjadi sumber devisa negara yang kuat untuk meningkatkan kedaulatan Bangsa. Selain itu upaya penderasan informasi mengenai inovasi yang sudah diciptakan juga akan terus dilaksanakan, salah satunya yaitu dengan pelaksanakan kegiatan Bakorhumas ini.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com