OTHERS Technology & Product :
 
  Bio 3
  \
TECHNOLOGY & PRODUCT


2020-08-15
Bangunan Penangkap Sedimen (BPS)
Bangunan Penangkap Sedimen (BPS) ini terdiri dari komponen bendung sebagai penahan laju angkutan sedimen, saluran intake untuk mengalirkan angkutan sedimen ke dalam bak penangkap dan bak penangkap untuk mengendapkan sedimen. Keistimewaan dari Bangunan Penangkap Sedimen (BPS) ini adalah adanya bak penangkap sedimen yang terletakdj luaralur sungaiif sehingga memudahkan proses pemeliharaan dan pengambilan sedimen yang terendapkan.

Keunggulan
- Mampu menjaga kelestarian dan konservasi lingkungani dengan melindungi morfologi sungai dari bahaya erosi, mengurangi kecepatan aliran yang dapat mengalkibatkan penggerusan dasar sungai (agradasi dan degradasi) serta mengendalikan laju angkutan sedimen. - Mampu melindungi infrastruktur bangunan air, jembatan dll di daerah hulu dari bahaya erosi, penurunan stabilitas bangunan dll.
- Mampu mengurangi sedimentasi waduk dengan cara yang lebih mudah, lebih murah, ramah lingkungan dan berkelanjutan dibandingkan dengan upaya pengerukan/normalisasi.
- Mampu mencegah eksploitasi penambangan pasir secara illegal oleh masyarakat dengan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang hendak memanfaatkan endapan sedimen/pasir yang berhasil ditangkap oleh bangunan ini.

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com