OTHERS Project & Tech :
 
 
Project & Tech


2021-02-13
Inovasi Penghitung Emisi Gas Rumah Kaca dari Lahan Pertanian
Peneliti UGM membuat terobosan baru di bidang pertanian dengan mengembangkan pertanian cerdas (smart farming) yang mampu melakukan penghitungan gas emisi rumah kaca di lahan pertanian.

Teknologi tersebut dikembangkan oleh Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Bayu Dwi Apri Nugroho, Ph.D. Melalui teknologi itu dapat diketahui informasi tentang emisi gas rumah kaya yaitu gas metan (CH4), karbondioksida (CO2), amonium (NH4) yang dihasilkan dari lahan pertanian.

Alat penghitung emisi gas rumah kaca yang dikembangkan ini dibangun dengan 5 sensor dalam field monitoring system (FMS). Sensor yang digunakan adalah sensor radiasi matahari (pyranometer), arah dan kecepatan angin (anemometer), kelembaban dan suhu udara, hujan, dan kelembaban tanah termasuk suhu dan daya hantar listrik tanah).

Dilengkapi pula dengan data logger Em50 sebagai penyimpan data. Selanjutnya telemetri yang berfungsi sebagai pengirim data dari data logger ke server otomatis setiap hari dengan memakai modem dari provider telekomunikasi di Indonesia. Alat ini juga menggunakan kamera yang berfungsi untuk memonitor padi dan solar panel sebagai pembangkit daya.

Cara kerja alat dimulai saat seluruh sensor terkoneksi dengan data logger. Pengukuran akan dilakukan secara otomatis setiap 30 menit sekali dan data akan langsung tersimpan di data logger. Selanjutnya data yang didapatkan akan diambil secara rutin setiap harinya oleh field router dan dikirim ke server melalui jaringan internet GSM. Disamping mengambil data, field router  juga akan mengirim foto lokasi satu kali dalam sehari.

Tak hanya itu, dengan penerapan teknologi ini juga memberikan manfaat bagi petani. Petani menjadi lebih dimudahkan dalam menjalankan aktivitas bertani karena telah memanfaatkan teknologi. Dengan begitu berbagai kendala yang terjadi di lahan dapat segera ditangani. Selain itu, juga mendorong peningkatan produktivitas pertanian karena penerapan kalender tanam dan pola tanam yang tepat serta biaya produksi lebih rendah
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com