OTHERS Project & Tech :
 
 
Project & Tech


2021-02-05
Kembangkan Rektanigama
Rektanigama merupakan sebuah platform pencatatan usaha tani. Rektanigama merupakan singkatan dari Rekam Usahatani Gadjah Mada yang berfungsi sebagai alat pencatatan usaha tani berbasis aplikasi digital.

Dikembangkannya aplikasi ini agar bisa menjadi mitra petani dalam memudahkan pencatatan usaha tani khususnya dalam mendukung kebutuhan administrasi sertifikasi organik dan secara umum menjadi bagian kegiatan manajerial dalam berusaha tani dengan komoditas yang kompleks.

Rektanigama memiliki keunggulan, salah satunya petani tidak hanya mencatat input usaha tani pada akhir pengelolaan, tetapi juga mencatat aktivitas harian dengan rinci dengan tetap mengedepankan asas kemudahan dan kepraktisan. Meski begitu, kondisi sosial dan budaya petani masih menjadi pertimbangan utama bagi tim Rektanigama dalam mencari cara sistem pencatatan yang paling mudah dilakukan oleh petani.

Oleh karena itu, tim Rektanigama terus berkomitmen agar aplikasi berbasis website Rektanigama mudah untuk diakses dan digunakan oleh petani. Dengan dana hibah Kementerian Riset dan Teknologi, Rektanigama kedepan diharapkan bisa dikembangkan menjadi aplikasi pencatatan usaha tani berbasis smartphone.

Rektanigama diharapkan bisa menjadi hub dalam penyediaan data pertanian yang valid, faktual, dan assessable. Dengan data-data pertanian yang valid, faktual dan komprehensif dapat dijadikan alat dalam pengambilan kebijakan, baik di tingkat lokal, regional maupun nasional.

Ujicobakan aplikasi ini sudah dilakukan di Sleman dan Magelang dan terus dikembangkan menuju kesempurnaan aplikasi.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com