CSR
2020-07-07
Pertamina Serahkan 10 Unit Wastafel Portable ke Pemerintah Provinsi Gorontalo
PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII menyerahkan 10 unit wastafel portabel kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo. Bantuan itu merupakan bentuk dukungan Pertamina kepada Pemerintah dalam upaya pemutusan rantai penularan COVID-19.

Bantuan diserahkan langsung oleh Sales Branch Manager (SBM) Rayon IV Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) Fadlan melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo Sumarwoto.

Di tempat terpisah, Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina MOR VII Hatim Ilwan menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bantuan tahap kedua. "Total ada 20 unit wastafel portabel berkapasitas 100 liter yang diserahkan," jelasnya.

Hatim melanjutkan bahwa Pertamina akan terus berkoordinasi aktif dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota untuk mensukseskan program pengentasan COVID-19. "Pertamina akan mengambil peran sesuai dengan kapasitasnya untuk membantu upaya pemutusan rantai penularan Covid-19 yang dilakukan Pemprov maupun Pemkot," pungkasnya.
...
2020-07-07
Salurkan Rp 2,1 Miliar, Pertamina Dorong UMKM Tual
PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VIII kembali menyalurkan bantuan modal usaha Program Kemitraan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tual sebesar Rp 2,1 miliar. Hal itu sebagai upaya meningkatkan kemampuan kewirausahaan sekaligus menyambut momentum new normal untuk bangkit pasca pandemi COVID-19.

Unit Manager Communication, Relations and CSR Marketing Operation Region (MOR) VIII Edi Mangun dalam kesempatan terpisah menyampaikan bahwa penyaluran dana program kemitraan di Tual sebagai wujud untuk mempercepat gerak perekonomian yang terdampak COVID-19.

Program Kemitraan sendiri ditujukan untuk meningkatkan kemampuan UMKM binaan Pertamina sehingga menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bergabungnya 49 mitra baru dari wilayah Tual, maka jumlah mitra UMKM Pertamina MOR VIII mencapai 2.582 mitra binaan yang tersebar di Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara berada dalam ekosistem yang saling menguntungkan antara satu jenis usaha dengan usaha lainnya.

Setelah menjadi mitra binaan Pertamina, maka dapat memiliki akses permodalan, akses pasar Pertamina Grup dan jaringan UMKM Pertamina, serta peningkatan kompetensi melalui pelatihan dan pendampingan kewirausahaan.

Selain penyaluran modal usaha melalui bantuan modal usaha dana bergulir Program Kemitraan, saat ini Pertamina juga tengah melakukan sosialisasi program Pinky Movement.  Program ini merupakan bagian dari program pembiayaan dan pembinaan UMKM yang bersentuhan langsung dengan rantai bisnis Pertamina.

Fokus utama UMKM Pinky Movement adalah pelaku usaha yang menggunakan gas LPG sebagai sumber energi utama dalam proses pengolahan nilai tambah usahanya seperti usaha kuliner rumahan atau para pelaku UMKM pangkalan minyak tanah untuk bertransformasi menuju pangkalan gas nonsubsidi.

Untuk mengikuti program ini, calon mitra binaan dapat mengubungi Call Center 135.
...
2020-07-06
Antisipasi New Normal, Pertamina Serahkan Bantuan ke Rumah Cagar Budaya Dahor
Dampak pandemi COVID-19 menyasar ke seluruh kehidupan masyarakat, termasuk untuk Rumah Cagar Budaya (RCB) Dahor yang ditutup sejak pertengahan bulan Maret lalu.

Sejak diberlakukannya larangan beraktivitas oleh Pemerintah, RCB Dahor langsung menghentikan berbagai kegiatannya, seperti menerima kunjungan wisatawan, pagelaran acara bersama berbagai komunitas di Balikpapan, serta acara rutin lainnya seperti kerja bakti dan senam yang biasa dilakukan tiap bulannya.

Rudiansyah, salah satu relawan pegiat RCB Dahor yang tergabung dalam Dahor Heritage Balikpapan mengungkapkan, sebelum pandemi angka kunjungan wisatawan lokal maupun luar Balikpapan mencapai 200 pengunjung setiap bulannya. Sejak pertengahan Maret RCB Dahor ditutup untuk mencegah penularan virus Corona.

Region Manager Communication, Relation and CSR Kalimantan Roberth M.V. Dumatubun menyampaikan bahwa bantuan berupa perlengkapan protokol pencegahan covid tersebut diberikan oleh Pertamina untuk mengantisipasi new normal.

“Bantuan berupa dispenser pencuci tangan beserta sabun, hand sanitizer, tisu dan cairan pembersih ruangan untuk menjaga kebersihan apabila dibuka kembali untuk umum”, terang Roberth.

Dirinya juga menyampaikan, agar nantinya RCB Dahor dapat semakin bermanfaat, tidak hanya untuk keperluan pendidikan dan sejarah perkembangan industri minyak di Kota Balikpapan, tetapi dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan komunitas.
...
2020-07-06
Pertamina RU VI Balongan Gandeng UMKM Lewat Program Pemuda Masif
Mewujudkan masyarakat yang mandiri dan kreatif, merupakan salah satu harapan dari hadirnya program kemitraan Pertamina. Hal itu menjadi latar belakang Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan membentuk wadah bertajuk Pemuda dan Masyarakat Indramayu Kreatif (Pemuda Masif).

Pemuda Masif diharapkan menjadi tempat untuk menyalurkan ide kreatif, pelatihan dan juga memasarkan produk-produk mitra binaan UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Indramayu dan Kuningan, Jawa Barat. Terlebih bagi para pegiat UMKM yang terdampak langsung pandemi COVID-19 seperti saat ini.

“Harapannya Pemuda Masif ini arahnya ke desa kreatif mandiri, mengadakan pelatihan, pendampingan, strategi pemasaran, pengembangan produk dan menciptakan lapangan pekerjaan baru,” papar Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina RU VI Balongan Eko Kristiawan.

Eko menambahkan, di masa pandemi Pertamina aktif memberikan pelatihan secara online serta pendampingan agar UMKM tetap bisa menjalankan aktifitas bisnis.
...
2020-07-04
Pertamina MOR IV Ajak UMKM Melek Penjualan Online
Banyak cara dilakukan Pertamina dalam mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia tetap bertahan dalam situasi pandemi COVID-19. Tak hanya memberi pelatihan berbasis daring, Pertamina juga membekali pengetahuan penjualan secara online kepada mitra binaan.

“Jadi mereka akan lebih meningkatkan hasil penjualan dan memperluas jaringan pemasaran dari produk mitra binaan tersebut,” terang Unit Manager Communication, Relation and CSR Marketing Operation Region (MOR) IV Anna Yudhiastuti.

Tak sampai di situ, lanjut Anna, Pertamina MOR IV juga ikut memasarkan produk-produk mitra binaannya melalui akun media sosial Pertamina,  termasuk di internal pekerja.
...
2020-07-03
Indofood Kembali Kucurkan Bantuan Dana Riset
Program Indofood Riset Nugraha (IRN) tahun akademik 2020/2021 kembali dibuka bagi mahasiswa S1 tingkat akhir semua jurusan untuk memperoleh bantuan dana riset. Sesuai kondisi pandemi yang dihadapi saat ini, program IRN mengangkat tema "Milenial dan Penelitian Pangan Era Kenormalan Baru Menuju Indonesia Maju".

Sosialisasi program kepada para mahasiswa diikuti oleh lebih dari 2.000 mahasiswa secara daring melalui webinar dan live streaming di media sosial. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, mengakibatkan adanya perubahan kebiasaan di semua bidang, tidak terkecuali bagi mahasiswa.

Pemerintah mewajibkan perguruan tinggi di semua zona agar melakukan metode pembelajaran secara daring untuk mata kuliah teori. Sementara untuk mata kuliah praktik juga sedapat mungkin tetap dilakukan secara daring. Jika tidak memungkinkan, aktivitas seperti penelitian untuk skripsi di laboratorium, studio, bengkel dan lain-lain, boleh dilakukan di kampus dengan menjalankan protokol kesehatan dan kebijakan terkait.

“Kami terus berupaya mendukung agar mahasiswa S1 dapat menyelesaikan riset atau tugas akhirnya sebagai syarat kelulusan. Tetapi kami percaya, mahasiswa sebagai generasi milenial yang tanggap teknologi akan mampu beradaptasi dan melakukan berbagai penyesuaian di era kenormalan baru," ujar Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Axton Salim di Jakarta.

Sambung Axton menerangkan, Program IRN selain memberikan bantuan dana riset, mahasiswa juga akan mendapatkan bimbingan langsung dari Dewan Pakar IRN. Sehingga dengan perpaduan kreativitas milenial dan bimbingan dari para pakar, memungkinkan semakin banyak riset yang aplikatif, mudah dan menjadi solusi bagi masyarakat seperti untuk mengatasi pandemi COVID-19 ini.

Axton juga menyampaikan bahwa program IRN terus mendorong penelitian pangan berbasis pada kearifan lokal yang dimiliki Indonesia. “Pangan lokal Indonesia sangat beragam dan memiliki potensi untuk dikembangkan. Disinilah diperlukan inovasi-inovasi dari berbagai sisi baik teknologi, nilai gizi, pengembangan sistem, kreativitas kemasan, marketing hingga sistem distribusinya. Pada akhirnya riset pangan yang unggul dapat mendukung kemandirian pangan nasional," paparnya.

Program IRN yang merupakan program Corporate Social Responsibility Indofood pilar Building Human Capital, terbuka bagi mahasiswa S1 yang tengah menyelesaikan tugas akhirnya dan berasal dari berbagai jurusan. Objek penelitian adalah sumber daya pangan lokal baik berasal dari darat maupun laut, aneka pangan sumber karbohidrat (seperti serelia jagung, sorgum, gandum, aneka umbi, dll), kelapa dan kelapa sawit, rempah-rempah, hasil ternak, hasil laut dan perikanan serta produk pangan lokal unggul lainnya.

Adapun bidang penelitiannya meliputi bidang produksi (agro teknologi), teknologi (pasca panen dan pengolahan), kesehatan dan gizi masyarakat, serta bidang sosial ekonomi dan budaya. Untuk mendapatkan dana penelitian, mahasiswa perlu mendaftarkan proposal penelitiannya melalui website www.indofoodrisetnugraha.com atau mengirimkan email ke indofoodrisetnugraha@indofood.co.id mulai 27 Juni hingga 30 Juli 2020.

Syarat lainnya adalah jangka waktu penelitian paling lama 1 (satu) tahun, menyertakan riwayat hidup lengkap mahasiswa dan dosen pembimbing serta penelitian dilakukan di Indonesia. Seluruh proposal tersebut akan menjalani proses seleksi, baik seleksi administratif, maupun seleksi substantif penelitian.

Mahasiswa yang lolos dalam program IRN, selain mendapatkan bantuan dana penelitian, juga akan dibimbing secara khusus oleh Dewan Pakar IRN. Di akhir program, tiga peneliti terbaik akan mendapatkan kesempatan memperoleh special appreciation dari Indofood. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, Program IRN telah menerima sekitar 5.000 proposal dan mendanai lebih dari 800 penelitian mahasiswa.
...
2020-07-03
First Media Peduli Tenaga Medis di Medan dan 9 Kota Lainnya
Kota Medan, Sumatera Utara menjadi salah satu kota menjadi sasaran program Corporate Social Responsibility (CSR) First Media Peduli Tenaga Medis.

Selain Medan, kota lainnya yakni Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Sidoarjo, Malang, dan Batam

PT Link Net Tbk (LINK) dengan brand First Media secara konsisten terus berupaya untuk memberikan kontribusi bagi sektor kesehatan melalui program CSR First Media Peduli Tenaga Medis.

Melalui kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst, program CSR ini secara berkelanjutan dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada para tenaga medis yang masih terus berjuang di garda terdepan dalam penanganan COVID-19.

Selaku Presiden Direktur & CEO PT Link Net Tbk, Marlo Budiman mengatakan bahwa First Media ingin berkontribusi dan membantu pemerintah serta masyarakat dalam mendukung kinerja tenaga kesehatan dan petugas rumah sakit agar mereka tetap selalu sehat dan aman.

“Dalam program CSR First Media Peduli Tenaga Medis tahap kedua ini, kami mendonasikan sebanyak 4.500 Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis, yang diberikan ke 12 rumah sakit rujukan COVID-19 dari 10 kota di Indonesia. Yakni Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Sidoarjo, Malang, Medan, dan Batam,” katanya.

Nah, sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada para tenaga medis, First Media melalui program CSR First Media Peduli Tenaga Medis, melakukan penyerahan donasi Alat Pelindung Diri (APD) berupa hazmat suit.

Sebelumnya, juga telah dilaksanakan program CSR tahap pertama yang ditandai dengan penyerahan donasi sebanyak 63.480 multivitamin ke empat rumah sakit rujukan COVID-19 dan pemberian gratis berlangganan layanan First Media selama tiga bulan kepada sebanyak 3.013 tenaga medis.
...
2020-07-02
Mitratel Kembali Sediakan 125.000 Porsi Makanan Gratis hingga Akhir 2020
Gelaran program Sarapan Gratis untuk Sahabat Mitratel yang diluncurkan menuai respons positif dari berbagai pihak, terutama para pekerja nonformal. Total makanan terdistribusi ke pihak yang berhak sebanyak 22.000 porsi.

VP Legal & Corporate Secretary Mitratel, Mulyanto, mengatakan, program ini dapat berjalan dengan lancar dan akan dilanjutkan pada tahap II sampai akhir 2020 murni atas partisipasi karyawan, serta dukungan penuh dari Satgas Crisis Management Team (CMT) Mitratel.

“Program Sarapan Gratis awalnya kami rencanakan selama 1 (satu) bulan. Namun partisipasi/donasi dari para karyawan masih tetap tinggi dan penetapan masa darurat bencana pandemik COVID-19 juga diperpanjang waktunya. Jadi kami memutuskan untuk melanjutkan program ini sampai akhir 2020. Total sebanyak 125.000 porsi makanan gratis akan kami sediakan bagi Sahabat Mitratel mulai 1 Juni–24 Desember 2020,” sebut Mulyanto.

Program ini bekerja sama dengan 50 warung makan tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan 10 bungkus sarapan per warung setiap harinya. Sahabat Mitratel yang terdiri dari driver ojek, driver taksi, tukang sayur, dan pekerja nonformal lainnya dapat mengunjungi lokasi warung-warung tersebut untuk mendapatkan makanan secara cuma-cuma.

Lebih lanjut Mulyanto menambahkan, program Sarapan Gratis merupakan salah satu kontribusi karyawan Mitratel dalam mendukung program pemerintah untuk membantu masyarakat. “Program ini sejalan dengan purpose Mitratel dalam membangun potensi untuk Idonesia yang lebih baik," tutup Mulyanto.
...
2020-07-02
Wuling-Rumah Zakat Distribusikan Masker dan Sembako ke Jabar dan DIY
Wuling Motors (Wuling) melakukan serah terima 60.000 masker non-medis dan 600 paket sembako kepada Rumah Zakat di Jatinegara, Jakarta Timur.

Penyerahan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kepedulian sosial perusahaan yang bertajuk #BersamaWulingLawanCorona. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Taufik S Arief, Aftersales Director Wuling Motors, kepada Irvan Nugraha, Direktur Marketing Rumah Zakat.

Didukung oleh semangat ‘Drive For A Better Life’, pihaknya berharap, Wuling dapat berkontribusi meringankan beban masyarakat. Sehingga aktivitas sosial dan ekonomi dapat bergerak kembali tanpa melupakan protokol kesehatan berupa penggunaan masker.

Seluruh bantuan berupa masker nonmedis dan paket sembako akan didistribusikan ke-52 Desa Berdaya di 16 kota/kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Masing-masing, Bandung, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Indramayu, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, dan Tasikmalaya. Selain itu, Kota Yogyakarta di Provinsi DIY.

Sebelumnya, pada November 2019, Wuling dan Rumah Zakat telah meresmikan kerja sama dalam pengadaan ambulans serta mobil klinik. Kali ini, Rumah Zakat kembali mengapresiasi langkah Wuling untuk bersama-sama membantu masyarakat di Desa Berdaya melalui donasi masker nonmedis dan paket sembako yang perusahaan berikan.

Sebagai informasi tambahan, Desa Berdaya merupakan program pemberdayaan masyarakat yang dikelola oleh Rumah Zakat. Total sebanyak 1.684 Desa Berdaya yang dibina di seluruh Indonesia dengan 4 program unggulan. Yaitu, Program Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan, dan Program Pelestarian Lingkungan atau Pembudidayaan Alam. Semua terorganisir secara baik dengan sistem pemberdayaan yang dilakukan oleh Relawan Inspirasi di setiap desa.
...
2020-07-01
Softex Indonesia Bangun Kembali 3 Sekolah di NTT
Softex Indonesia senantiasa berkomitmen membantu peningkatan kualitas sektor pendidikan pada masa pandemi COVID-19 lewat kerja sama dengan organisasi nirlaba Happy Hearts Indonesia (HHI). Softex Indonesia berkomitmen untuk membangun kembali 3 sekolah di Lombok, Flores dan Sumba.

Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan dampak serius pada peserta didik di Indonesia terutama bagi mereka yang tinggal di daerah tertinggal dimana pembelajaran sistem daring masih terbatas. Mengikuti pelajaran secara fisik ke sekolah masih menjadi proses pelaksanaan pembelajaran yang efektif untuk anak-anak peserta didik di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sejak 2018, Softex Indonesia telah banyak membantu kegiatan Happy Hearts Indonesia dan membangun kembali 3 sekolah di Karawang (Jawa Barat), Sidoarjo (Jawa Timur), dan Flores (NTT).

“Kami percaya semua anak harus memiliki kesempatan untuk memperoleh Pendidikan yang baik. Inilah yg melandasi Softex Indonesia bermitra dengan Happy Hearts Indonesia untuk menyediakan fasilitas Pendidikan yang layak. Kami harap bantuan yang kami berikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan membuat para siswa semakin semangat belajar.“ jelas Chief Financial Officer PT Softex Indonesia, Chrisdianto Tedjawidjaja.

Selama sekolah masih tutup pada masa pandemi ini, Softex Indonesia dan HHI berharap sekolah yang nantinya akan di bangun kembali bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan mendorong produktivitas demi memberantas kemiskinan. Upaya ini menjadi salah satu bagian pemulihan dampak COVID-19 pada sektor pendidikan serta mengembalikan produktivitas sumber daya manusia setempat, serta investasi pendidikan yang berkelanjutan.

Softex Indonesia juga telah menyalurkan donasi dalam bentuk distribusi produk kesehatan dan kebersihan, serta makanan pokok dan siap saji. Upaya ini membuah hasil penghargaan “Top Corporate Social Responsibility Award of the Year 2020” untuk kategori kegiatan penangan COVID-19 dari Tras N Co Indonesia dan Infobrand.id media.
...
2020-07-01
Hyundai Serahkan Ventilator Senilai Rp5,4 Miliar untuk Pasien COVID-19
Hyundai Motor Company kembali beraksi memerangi virus Corona di Indonesia. Kali ini mereka menyerahkan 20 ventilator senilai Rp5,4 miliar kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Ventilator atau mesin bantuan pernapasan ini merupakan bagian penting dalam perawatan bagi pasien COVID-19. Sehubungan tingginya permintaan ventilator, pemerintah tengah mengupayakan untuk memperoleh dan memproduksi peralatan medis tersebut, hingga telah meminta dukungan dari para pelaku industri.

Menanggapi situasi ini, Hyundai memutuskan untuk kembali berkontribusi dengan menyediakan 20 ventilator senilai Rp5,4 miliar. Harapannya, bantuan ini dapat memberi waktu bagi pasien dalam melawan virus dan kembali pulih.

Donasi diserahkan langsung oleh YoungTack Lee, President of Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters, kepada Bahlil Lahadalia, Kepala BKPM di Gedung BKPM Jakarta.

Dikatakannya, perusahaan mendengarkan setiap kebutuhan dan permintaan dukungan. Pihaknya menyadari pentingnya kehadiran ventilator untuk merawat pasien COVID-19. Karenanya, Hyundai bekerja sama dengan Good Neighbors menyediakan peralatan ini.
...
2020-06-30
Sinar Mas Land Beri Bantuan ke Pengelola TPA Cipeucang
Musibah rusaknya tanggul di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang di Kota Tangerang Selatan pada akhir bulan lalu membuat udara berbau. Hal ini diakibatkan oleh timbunan sampah yang longsor.

Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kejadian itu, Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk menyerahkan bantuan berupa obat penghilang bau sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan sebagai pengelola TPA Cipeucang.

Syukur Lawigena, mewakili Pimpinan Sinar Mas Land, menyerahkan bantuan itu kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, Toto Sudarto di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan, Banten. Bantuan tersebut berupa Neuroklin C20 sebanyak 1.000 liter dan Bioaktivator B8 500 liter.

Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Hijau BSD ke-17. CSR Sinar Mas Land BSD City menggelar festival tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap 5 Juni.

Selain kontribusi berupa penyerahan bantuan, CSR Sinar Mas Land BSD City juga menyelenggarakan edukasi online kepada masyarakat dan karyawan Sinar Mas Land dalam bentuk Webinar dengan tema 'Bijak Menangani Sampah dan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga'.

Webinar ini akan diadakan dan akan diisi dengan pemaparan dari Supendi Akbar selaku praktisi dan penggiat lingkungan. Kegiatan tersebut juga menjadi implementasi dari komitmen perusahaan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dengan mengedukasi masyarakat agar perilaku berubah menjadi sadar dan peduli pada lingkungan. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan sampah sehingga mengurangi volume sampah individu dan rumah tangga.
...
2020-06-30
XL Axiata Salurkan Donasi Rp100 Juta ke PMI untuk Perangi COVID-19
COVID-19 masih bergentayangan di lingkungan kita. Karena itu, dampak dari wabah virus Corona ini masih dirasakan secara kesehatan dan ekonomi pada masyarakat.

Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus berkomitmen memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemik COVID-19. Kali ini melalui program “Donasi Siaga Pandemi”, perusahaan menyalurkan bantuan Rp100 juta melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Dana yang disalurkan melalui Program Donasi Siaga Pandemi ini merupakan hasil dari program XL Prioritas, yakni #BukberDariRumah challenge di Instagram yang berlangsung 6-20 Mei 2020. “Sejak pandemik COVID-19 melanda dan berdampak secara langsung pada kehidupan ekonomi sebagian masyarakat Indonesia, kami terus berupaya untuk memberikan bantuan,” kata Chief Premium Segment Officer XL Axiata, Octavia Kurniawan

Selain dari pengumpulan dana karyawan atau perusahaan, XL Axiata juga menciptakan program inovatif yang sekaligus mengajak partisipasi pelanggan untuk ikut serta membantu sesama.

Menurut Octavia, #BukberDariRumah Challenges mendapatkan sambutan yang bagus dari pelanggan XL Prioritas. Dalam program ini pelanggan diajak untuk membuat video yang berisi beberapa potongan rekaman, di mana pelanggan mengisi sebuah piring atau mangkuk kosong dengan menu buka puasa. Lalu mengoperkan lagi piring atau mangkuk tersebut ke partisipan selanjutnya.

“Satu video program ini yang diunggah ke Instagram Story akan dikonversikan menjadi donasi sebesar Rp100.000. Banyak video yang masuk ke panitia dan hampir semuanya sangat kreatif,” ungkapnya.

Berkolaborasi dengan beberapa komunitas jurnalis dan masyarakat lainnya, XL Axiata juga terus menyalurkan donasi kepada masyarat terdampak COVID-19 di berbagai daerah, termasuk di Sumatera.

Sepanjang akhir pekan lalu, perusahaan bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Lampung, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, Komunitas GERAK Pekanbaru, serta Mahasiswa XL Future Leaders, membagikan donasi sembako di Bandar Lampung, Pekanbaru dan Banda Aceh. Sebagian dari donasi ini merupakan hasil pengumpulan dana karyawan XL Axiata yang terus dilakukan secara rutin sejak awal terjadinya pandemi.

Paket bantuan terdiri dari sembako, seperti beras, minyak makan, gula, kecap, susu, dan mi instan. Sebelumnya, tim XL Axiata dan komunitas telah melakukan identifikasi di lapangan, untuk menentukan siapa saja warga masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang akan mendapatkan donasi ini.

Sejak mulai mewabahnya COVIA-19 di Indonesia, XL Axiata terus menyalurkan donasi untuk membantu masyarakat dan para petugas kesehatan. Bantuan juag diberikan kepada rumah sakit yang menjadi rujukan untuk pasien COVID-19. Selain itu, XL Axiata juga memberikan akses kuota gratis untuk mendukung kegiatan belajar di rumah.

Penguatan jaringan di sekitar rumah sakit rujukan utama pun terus dilakukan. Selain itu, bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), XL Axiata telah menyalurkan berbagai bantuan termasuk ribuan alat pelindung diri dan baju hazmat bagi tenaga medis di berbagai daerah di Indonesia.
...
2020-06-29
Bank Mantap Serahkan Bantuan APD ke RS Hasan Sadikin Bandung
Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) berkomitmen untuk terus membangun negeri melalui aktivitas bisnis dan sosial. Terkait hal tersebut, Bank Mantap melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker sebanyak 5000 buah dengan total nilai Rp. 1 miliar kepada 7 Rumah Sakit di 6 kota besar di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, perseroan menyerahkan APD sejumlah 1000 buah kepada Rumah Sakit Dokter Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, adapun penyaluran ini merupakan Rumah Sakit pertama untuk pemberian APD yang rencananya perseroan akan memberikan 4000 buah APD beserta masker kepada RSUP Dr. Sardjito Jogyakarta, RS. Unair Surabaya, RSUD Kota Tangerang, RS. Sanglah Bali dan Wisma Atlit Jakarta.

Program ini merupakan realisasi dari Program Mantap Peduli yaitu program internal pegawai Bank Mantap yang menyisihkan dari pendapatan mereka.

Dari program ini perseroan berhasil mengumpulkan Rp 2,1 miliar secara sukarela dari seluruh pegawai, diharapkan program-program Bank Mantap juga sejalan untuk mendukung skenario pemerintah yaitu “New Normal” dalam memulihkan ekonomi Indonesia yang menurun akibat pandemi virus covid-19.   
...
2020-06-29
Sinar Mas Land Serahkan Bantuan Bahan Pangan ke Warga Terdampak Covid-19
Masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Tangerang masih berlangsung hingga saat ini dan berdampak pada kesehatan serta ekonomi masyarakat. Sinar Mas Land diwakili oleh Managing Director President Office Sinar Mas Saleh Husin dan Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe menyerahkan paket bantuan bahan pangan secara simbolis kepada perwakilan warga di Kampung Dadap, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan.

Sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, kegiatan ini bertujuan membantu warga sekitar proyek Sinar Mas Land yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan dari Sinar Mas Land dapat menjadi teladan bagi perusahaan lain dalam mewujudkan nilai-nilai nenek moyang kita berupa gotong-royong untuk meringankan beban berat masyarakat sekitar terutama pada saat masa pandemi Covid-19.

Untuk menghindari kerumunan warga, bantuan tersebut kemudian akan langsung disalurkan oleh petugas RW Kampung Dadap kepada warga terdampak Covid-19.

Pada Mei 2020 lalu, Sinar Mas Land juga telah menyerahkan paket bantuan bahan pangan kepada 500 warga Cipondoh, Kota Tangerang.
...
2020-06-26
Pertamina Dan Hiswana Peduli Tenaga Medis di Madura
PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus bersama Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) membantu masyarakat Pulau Madura melalui Program Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19.

Program itu dilakukan bertahap di empat kabupaten, yakni Pamekasan, Sampang, Sumenep, dan Bangkalan. Bantuan berupa 100 set alat pelindung diri (APD), terdiri dari pakaian hazmat, sepatu karet, pelindung mata (google safety) dan muka (face shield), 60 liter hand sanitizer, 100 masker medis, dan 2.000 handscoon.

Selain itu Pertamina juga memberikan bantuan operasional Rp7,5 Juta kepada tim gugus tugas penanggulangan COVID-19 di Pamekasan.

Sebagai wujud apresiasi bagi tenaga medis di Pamekasan, Pertamina juga memberikan voucher bahan bakar khusus senilai Rp5 Juta dan ganti oli gratis senilai Rp6 Juta.

Menurut data yang diberikan per tanggal 18 Juni 2020, Pertamina Group di Jawa Timur sudah menyalurkan bantuan senilai Rp10 miliar melalui Program Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19.
...
2020-06-26
Astra Motor Jateng Bagikan 4.000 Masker
Astra Motor, membagikan 20.000 masker kain ke 12 jaringan Astra Motor yang meliputi Sumatra Selatan, Bengkulu, Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Balikpapan, Samarinda, Makassar, dan Papua.

Kepala Wilayah Astra Motor Jateng, Ronaldo Widjaja, mengatakan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan serta keselamatan karyawan dan konsumen motor Honda, Astra Motor senantiasa mendukung pemerintah dalam penanggulangan persebaran Covid-19 di area jaringan Honda seperti wajib melakukan pengecekan suhu tubuh karyawan maupun konsumen sebelum memasuki area dealer, penyediaan hand sanitizer dan wastafel untuk cuci tangan, wajib menggunakan masker serta penyemprotan disinfektan secara berkala di seluruh jaringan dealer.

Astra Motor Jateng sebagai jaringan Astra Motor berkesempatan membagikan 4.000 masker yang dibagi menjadi tiga tahap. Untuk tahap pertama dilakukan pembagian kepada warga sekitar kantor Main Dealer Astra Motor Jateng terutama kepada masyarakat yang masih harus keluar rumah untuk bekerja, termasuk di antaranya pedagang keliling, petugas kebersihan, tukang becak, loper koran, dan para polisi serta tentara yang bertugas menjaga keamanan selama pembatasan kegiatan masyarakat di Semarang.

Sedangkan untuk pembagian tahap kedua, Astra Motor Jateng bekerja sama Gugus Tugas Covid-19 Kota Semarang di Pos Pemantauan Covid-19 di Jalan Pemuda, Semarang pada akhir Mei. Masker di tahap kedua dibagikan kepada masyarakat yang ditemui di jalan tanpa mengenakan masker.

Sedangkan untuk tahap ketiga, masker akan dibagikan di Pos Pemantauan Covid-19 di daerah Mangkang, perbatasan Semarang dengan Kendal dan masih bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19 Kota Semarang.

“Memasuki usia 50 tahun, Astra Motor pun turut mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya konsumen setia motor Honda untuk selalu mengutamakan keselamatan serta kesehatan di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini dengan membiasakan penggunaan masker sesuai anjuran pemerintah.

Tidak hanya itu, dalam rangka memperingati usia ke50 tahun Astra Motor, Astra Motor Jateng turut membagikan 500 paket sembako dalam program Nurani Astra. Paket sembako ini dibagikan kepada masyarakat terdampak yang tinggal di wilayah sekitar sales offi ce, gudang, dan kantor Main Dealer Astra Motor Jateng
...
2020-06-25
Beras Charity
Loading 1 Ton Beras pesanan PADK DKI Jakarta untuk Charity

Aneka Beras Online
Customer Jakarta
Gudang Jawa Barat
Seller Jogja

Kontak Watu Lumbung
wa.me/628176800446
2020-06-25
Distribusikan BST ke Wilayah Terpencil
Menuju Pulau Gili Iyang, Kecamatan Dungkek, Sumenep, tidaklah mudah. Dibutuhkan waktu satu jam perjalanan dengan menggunakan perahu kayu dari Pelabuhan Dungkek. Penumpang perahu juga diajak uji nyali. Meski kondisi cuaca cukup baik, gelombang air laut di perairan wilayah tersebut sangat menantang. Derasnya ombak mengguncangkan perahu dan mengocok perut semua penumpang. Meski begitu, tantangan itu tetap diterjang tim PT Pos Indonesia demi bisa mendistribusikan bantuan sosial tunai (BST) bagi warga di pulau tersebut.

Tim yang dipimpin Kepala Kantor Regional VII Jatim PT Pos Indonesia Arifin Muchlis itu memutuskan mendistribusikan BST secara langsung ke pulau tersebut, termasuk ke pulau terpencil lain di Jatim.

Pulau-pulau itu masuk dalam klaster III (wilayah yang mendapat bantuan secara langsung dan sekaligus). Arifin menyebutkan, 16.393 BST telah disalurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah klaster III.

"Untuk mempercepat penyaluran, BST itu diberikan sekaligus. Mulai bantuan tahap pertama hingga ketiga dalam satu waktu," katanya. Di Pulau Gili Iyang, misalnya, 602 KPM telah menerima BST dua kali lipat dari jumlah nominal awal. Yakni, Rp 600 ribu sekali pengambilan.

"Penerima bantuan mendapat Rp 1,2 juta. Sebab, pada Mei, BST tahap pertama sudah diberikan," jelas Arifin. Dalam penyerahan tersebut, tim PT Pos juga menyalurkan BST secara langsung kepada sejumlah penyandang disabilitas. Salah satunya adalah Marbiyamu. Perempuan yang tidak bisa lagi berjalan itu akhirnya bisa menerima BST. ’’Alhamdulillah, petugas mau kembali datang ke rumah untuk memberikan bantuan (BST),’’ ucapnya.
...
2020-06-24
Blibli Peduli Indonesia Timur
Untuk kali kedua Blibli bekerja sama dengan Gerakan Masker untuk Indonesia dalam menggalang donasi masker kain. Dalam program yang melibatkan seluruh karyawan Blibli itu, terkumpul lebih dari 4.000 masker kain untuk didonasikan kepada masyarakat Indonesia Timur melalui Yayasan Langkah Kasih. Bunadi Lasyim Senior, vice president of general services Blibli sekaligus ketua Tim Tanggap Corona Blibli, pada seremoni penyerahan masker kain donasi karyawan Blibli dalam program Bliblioneers Berdonasi #MaskerUntukIndonesia kepada relawan Langkah Kasih Nico Agus (Digital Specialist).
...
2020-06-24
Donasi APD kepada RS Royal
Sebanyak 800 alat pelindung diri (APD) dan 800 masker N95 dari Yayasan Pelangi Hidup Bersama (YPHB), UBS Gold, UK Petra, dan pembaca Jawa Pos diserahkan ke RS Royal, Surabaya. Donasi tersebut merupakan bagian dari bantuan 16 ribu APD dan 16 ribu masker N95 yang dibagikan kepada 22 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jatim. Bantuan tersebut diharapkan bisa melindungi tim medis saat menangani pasien Covid-19.
...
2020-06-23
Bagikan Bansos ke 51 Pesantren
Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyalurkan bansos 10.000 paket sembako secara simbolis kepada pembina Pondok Pesantren Shohibul Muslimin Bachtiar Chamsyah di Serang, Banten.

Paket sembako berisi 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, sarden 7 kaleng, dan 12 bungkus mi instan. Bantuan itu dibagikan kepada 51 pondok pesantren di Banten. ”Kami berharap (bantuan ini) bisa memberikan kesejahteraan bagi seluruh bangsa, negara, dan rakyat tanpa memandang ras, suku, dan agama,” kata Mensos.

Bachtiar menambahkan, bansos disalurkan untuk memenuhi kebutuhan para santri yang tidak bisa pulang kampung dan memutuskan untuk menetap di pesantren selama masa pandemi Covid-19 ini.
...
2020-06-23
Donasi Masker untuk Pengendara
Digital Banking Integrated Marketing Communications Lead Bank BTPN Dimas Novriandi dan penggagas Gerakan Masker untuk Indonesia Kevin Osmond menyerahkan secara simbolis bantuan 2.000 masker kepada Dirlantas Polda Metro Jaya Kombespol Sambodo Purnomo Yogo di gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta. Jenius BTPN menggalang donasi masker untuk dibagikan kepada pengendara guna menekan angka penularan Covid-19.

Gerakan itu juga membantu keberlangsungan pelaku industri kreatif, baik pegiat seni, ilustrator, maupun UMKM. Masker yang tersedia berbahan scuba. Rambu wajib masker dan jaga jarak sudah dipasang di Jalan Ahmad Yani, Balikpapan, Kaltim. Dengan rambu tersebut, pengendara harus menggunakan masker saat keluar rumah dan berkendara untuk meng antisipasi penularan Covid-19.
...
2020-06-22
PDC Bantu Masyarakat Sekitar Wilayah Operasi Hadapi Pandemi
Merebaknya pandemi COVID-19 berdampak langsung pada perekonomian rakyat. Hal itu mendorong PT Patra Drilling Contractor (PDC) untuk memberikan bantuan sembako dan kebutuhan pencegahan COVID-19 di tiga wilayah operasi, yakni Jakarta, Siak, dan Tuban.

Direktur Utama PDC Teddyanus Rozarius mengatakan bahwa tak hanya sektor bisnis, masyarakat bawah pun sangat merasakan dampak pandemi.

“Kami prioritaskan warga tidak mampu yang belum mendapatkan bantuan Pemerintah. Distribusi kami lakukan melalui perangkat Pemerintah setempat,” kata Teddyanus.

Teddy menambahkan, sebanyak 300 paket sembako didistribusikan serentak pada Mei lalu. “PDC hadir meringankan beban mereka yang membutuhkan. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Senada dengan Teddy, Budhi Kristianto selaku Corporate Secretary PDC menegaskan bahwa bantuan sesuai dengan rencana yang dibuat.
...
2020-06-22
PDC Membangun Masjid Desa
Bulan lalu, PDC menyerahkan bantuan untuk Masjid Baiturrahman di Desa Palem, Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Carik Desa Palem Irna menyatakan bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan pembangunan Masjid Baiturrahman.

Di tempat terpisah, Corporate Secretary PDC Budhi Kristianto mengatakan bahwa PDC selalu melibatkan warga setempat.

“Kami ikut berperan serta dalam kehidupan masyarakat sekitar. Pembangunan itu contoh nyata bagaimana PDC memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” terang Budhi, pada Selasa.
...
2020-06-19
New Normal Makin Yakin, Mitra Binaan Pertagas Panen Patin
Di tengah pandemi COVID-19, kelompok masyarakat binaan PT Pertamina Gas (Pertagas) tetap berkarya. Salah satunya adalah kelompok Serasan di Desa Seirama, Prabumulih, Sumatera Selatan yang berhasil memanen bibit ikan patin.

Ketua kelompok Serasan Mat Yani mengatakan, tahun ini kelompoknya sudah sukses panen dua kali.

Pria berusia 36 tahun tersebut mengatakan permintaan masih cukup tinggi saat ini. Dalam satu kali panen kelompoknya menghasilkan 2.000 ekor bibit patin yang siap edar.

Pendapatan kelompok dari bibit tersebut bisa mencapai Rp7.000.000 sekali panen. Kini, pemasaran bibit kelompok Serasan sudah menjangkau wilayah Muara Enim hingga Lahat.

Tak hanya menyediakan bibit, kelompok ini juga menjual ikan patin siap konsumsi.

Manager Communication Relations & CSR Pertagas Zainal Abidin mengatakan selama ini pihaknya selalu memonitor dan mengevaluasi para penerima manfaat CSR perusahaan.

"Ini penting untuk memastikan para penerima manfaat CSR perusahaan tetap aktif dan semakin mandiri. Apalagi saat pandemi COVID-19 terjadi," terang Zainal.

Zainal merasa bersyukur melihat kelompok tersebut bisa mandiri dan berdaya di situasi saat ini.
...
2020-06-18
Sambut Kenormalan Baru, UMKM Sumbar Punya Cara Baru
Pandemi COVID-19 mempunyai dampak buruk bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Namun, ada tiga UMKM di Sumatera Barat mitra binaan Pertamina yang tidak menyerah pada situasi tersebut. Mereka adalah Ambun Suri, Seru Advertising, dan Keripik Mami.

Pemilik Ambun Suri, Ida Arleni mengungkapkan bisnis kerajinan bordir dan sulam miliknya sempat mengalami penurunan. Dirinya terus memutar otak hingga akhirnya berinovasi membuat masker kain dan penjualan secara daring.

Selain Ambun Suri, Keripik Mami yang merupakan usaha kerupuk kulit di kota Bukittinggi berinovasi melalui pemasaran daring melalui aplikasi Whatsapp dan Instagram. Sementara itu, Seru Advertising berinovasi dengan mencetak timbul pada masker kain.

Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Roby Hervindo mengatakan, Pertamina mendukung UMKM Sumbar untuk tetap produktif.

Modal yang digulirkan untuk ketiga mitra tersebut sebesar total 430 juta rupiah. Program ini dapat memberikan modal bergulir bagi UMKM hingga 200 juta rupiah, dengan tenor 3 tahun dan biaya administrasi tahunan hanya 3 persen.

Menjadi mitra binaan Pertamina juga mendapatkan pengembangan usaha melalui pelatihan dan promosi pemasaran, serta ikut ke dalam program Pinky Movement.

Program Pinky Movement merupakan program permodalan lunak bagi UMKM yang dikombinasikan dengan  konversi dari elpiji 3 kg ke Bright Gas 5,5 kg.
...
2020-06-18
PHE NSB Bantu PMI Penuhi Kebutuhan Darah
PT Pertamina Hulu Energi (PHE) NSB melalui dukungan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), menyerahkan bantuan masker medis kepada Unit Donor Darah (UDD) PMI Aceh Utara.

Plt Direktur UDD PMI Aceh Utara Nadya mengatakan, masker medis tersebut akan digunakan oleh petugas dalam menjalankan kegiatan donor darah.

"Selama ini, kebutuhan darah di Aceh Utara dan Lhokseumawe sangat banyak, tapi kegiatan donor darah sangat terbatas karena pandemi COVID-19,” ungkapnya.

Field Manager PHE NSB Dirasani Thaib mengatakan, bantuan masker medis tersebut sebagai wujud kepedulian untuk masyarakat.

Pada Mei lalu, PHE NSB dan NSO memberikan 1.000 paket bahan pokok dan 26 unit wastafel portabel kepada masyarakat terdampak COVID-19 di wilayah operasi perusahaan.
...
2020-06-17
Ratusan Mahasiswa Terdampak COVID-19 Terima Beasiswa Pertamina Sobat Bumi
Setelah melalui serangkaian tahap seleksi yang sangat ketat dan menyisihkan 6.848 pendaftar, 285 mahasiswa dari 25 perguruan tinggi di seluruh Indonesia  menerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020 yang digulirkan Pertamina Foundation. Dari jumlah tersebut, 50 persen di antaranya adalah mahasiswa yang terdampak COVID-19.

"Dari serangkaian seleksi yang ketat dengan melibatkan juri ahli, praktisi serta akademisi,  akhirnya kami berhasil memilih para penerima beasiswa terbaik. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memang memiliki nilai lebih berdasarkan kemampuan akademik, visioner, dan peduli terhadap lingkungan. Khusus tahun 2020, 50% dari kuota penerima beasiswa, kami alokasikan untuk pendaftar yang kurang mampu dan terdampak COVID-19," ujar President Director Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari.

Agus mengungkapkan, proses seleksi diawali dengan penyeleksian berkas para pendaftar dengan mempertimbangkan prestasi, keaktifan dalam berorganisasi, kepedulian terhadap lingkungan dan diutamakan dari keluarga kurang mampu atau yang terdampak COVID-19. Dari 560 mahasiswa yang terpilih, dikerucutkan lagi melalui proses seleksi wawancara oleh para pewawancara ahli dari berbagai mitra Pertamina Foundation untuk menentukan 285 mahasiswa terbaik.

Sebagai salah satu mitra Pertamina Foundation, Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono, memberikan apresiasi kepada Pertamina Foundation yang mempunyai komitmen dan kepedulian besar terhadap eningkatan kualitas SDM Indonesia melalui Program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Menurutnya, UGM siap memberikan dukungan kepada mahasiswa-mahasiswa terbaiknya untuk dapat menerima beasiswa Pertamina Sobat Bumi sehingga makin kreatif, inovatif, dan kompetitif untuk berprestasi, baik dalam skala nasional maupun global.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan bagian program PFPrestasi Pertamina Foundation yang sudah bergulir sejak 2011. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi terdiri dari tiga jenis beasiswa, meliputi Beasiswa Reguler (Sarjana/S-1), Beasiswa Vokasi (D-3) dan Beasiswa Afirmasi (Daerah Operasi Pertamina).*
...
2020-06-17
Hingga New Normal, Pertamina Terus Salurkan Bantuan di Tasik
Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) III terus menyalurkan bantuan ke masyarakat Tasikmalaya, Jawa Barat. Penyaluran bantuan tersebut melalui pemerintah daerah, rumah sakit, hingga berbagai pihak, dengan nilai mencapai Rp800 juta.

Beragam bantuan seperti 2.800 lebih paket sembako, paket multivitamin, masker medis dan nonmedis, serta 500 alat rapid test.

Selain itu, alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan di RSUD dan Puskesmas seperti pakaian hazmat, hair cap, kaca mata keselamatan (goggle), face shield, sarung tangan dan sarung kaki, serta sepatu boot medis. Juga, hand sanitizer dan wastafel portabel yang ditempatkan di tempat umum.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman menyerahkan bantuan sebanyak 2.500 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, diantaranya petugas parkir, petugas kebersihan dan supir angkutan umum.

Selain melalui Pemda, bantuan bagi masyarakat juga diberikan ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas, di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah dr Soekardjo yang telah ditetapkan sebagai rujukan COVID-19, BNPB, satgas siaga di tingkat kecamatan, pesantren, serta Perkumpulan Jurnalis Tasikmalaya.
...
2020-06-16
Meski Wabah Melanda, Nelayan Dumai Tetap Sejahtera
Tak hanya di perkotaan, dampak COVID-19 juga berimbas di wilayah pesisir. PT Pertamina (Persero) melalui Refinery Unit (RU) II Dumai memberikan bantuan 50 paket sembako kepada nelayan.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR RU II Brasto Galih Nugroho mengungkapkan, paket sembako yang diberikan terdiri dari 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, 2 kg gula, sarden, kopi, dan teh. Pendistribusian paket tersebut bekerja sama dengan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Dumai.

Menurutnya, dampak COVID-19 mempengaruhi harga jual ikan tangkap sehingga mempengaruhi pendapatan nelayan.

Lebih jauh, dirinya menerangkan, pihaknya membina 14 nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Tuna di Kelurahan Tanjung Palas melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) sejak tahun 2019.

“Program itu meliputi penambahan modal peralatan seperti teknologi fish finder dan jaring tangkap, serta kegiatan budi daya ikan lele sebagai pendapatan nelayan di daratan,” tambah Brasto.
...
2020-06-16
Bantuan Tiongkok untuk Indonesia
Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) mengirimkan bantuan alat kesehatan (alkes) yang telah tiba di Indonesia, Jumat (5/6) berupa 100.000 alat tes PCR, 70.000 buah APD, 70.000 masker N95 & 1,3 juta masker medis
...
2020-06-15
Pertamina Berbagi Berkah Ramadan di Jayapura
Pertamina terus berbagi berkah selama bulan suci Ramadan. Kali ini, melalui Marketing Operation Region (MOR) VIII, Pertamina menyerahkan santunan kepada anak yatim dan panti asuhan/pondok pesantren di Kota Jayapura, di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda'wah Argapura, Distrik Jayapura Selatan.

Bekerja sama dengan  Dompet Dhuafa Cabang Jayapura, santunan diberikan oleh  General Manager MOR VIII yang diwakili oleh Muhammad Iqbal Dian Kurniawan kepada Kepala Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda'wah, Ustaz Taufiqurrahman, beserta perwakilan anak-anak panti asuhan/pondok pesantren.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR VIII  Edi Mangun menyampaikan bahwa kegiatan santunan ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan Pertamina di setiap bulan Ramadan.

"Tahun ini santunan diserahkan kepada total 200 anak dengan besaran masing-masingRp500 ribu," ujar Edi Mangun.

Anak yatim yang disasar adalah yang tinggal bersama keluarga yang tersebar di masing-masing distrik, yakni wilayah Abepura 112 anak, Jayapura Selatan 37 anak, Jayapura Utara 37 anak, Muara Tami 9 anak dan Heram 5 anak.

Selain santunan untuk anak yatim dan panti asuhan, Pertamina juga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana diberikan kepada Pondok Pesantren dan Madrasah Al Mathsury Yapni Kota Jayapura sebesar Rp50 juta serta bantuan sarana dan prasarana kepada Pondok Pesantren Darul Qur’an Wadda'wah Kota sebesar Rp200 juta.

Penyerahan bantuan tahun ini dilakukan dengan cara berbeda mengingat wabah COVID-19 yang masih melanda Indonesia sehingga harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Iqbal menjelaskan kegiatan berbagi yang dilakukan Pertamina ini merupakan upaya perusahaan untuk senantiasa hadir dan dirasakan manfaatnya di tengah masyarakat.
...
2020-06-15
Pertamina Lindungi Imunitas Awak Media dari COVID-19
Pertamina menyiapkan sekitar 50  paket suplemen daya tahan tubuh untuk awak media yang bertugas di  wilayah Kupang dan sekitarnya. Paket ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Pertamina terhadap peran penting kehadiran awak media  yang tetap terjun ke lapangan untuk mencari informasi dan menyampaikannya kepada masyarakat.

Paket imunitas awak media di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dibagikan oleh Sales Area Manager Marketing Operation Region (MOR) V wilayah NTT Ahmad Thohir dan diterima oleh perwakilan jurnalis dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara NTT Cornelius Kaha di Kantor Cabang Pertamina Kupang.

"Selain Tenaga Kesehatan (Nakes) dan Aparat Penegak Hukum (APH) yang masih harus beraktivitas di luar rumah, awak media pun juga tetap berada di lokasi-lokasi dengan risiko terpapar dalam melakukan tugasnya," ujar  Unit Manager Communication Relation & CSR MOR V Jatimbalinus Rustam Aji

Sebelumnya, MOR V juga memberikan paket imunitas yang sama kepada  100  jurnalis Jawa Timur, 50 jurnalis Bali Bali, 50 jurnalis di NTB dan 50 paket untuk jurnalis NTT.

Paket imunitas tersebut terdiri dari berbagai macam produk yang dihasilkan oleh  mitra binaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pertamina. "Semoga kehadiran Pertamina memberikan banyak manfaat bagi semua pihak, sebagai bentuk energi tulus yang tak berhenti bagi sesama," tutup Rustam.
...
2020-06-13
1.200 Paket Sembako untuk Masyarakat Terdampak COVID-19
Pertamina melalui Marketing Branch Kalimantan Barat memberikan bantuan sebanyak 1.200 paket sembako kepada masyarakat di tiga Kelurahan di Kecamatan Pontianak Selatan yang terdampak pandemic Covid-19, yakni Parit Tokaya, Akcaya, dan Kota Baru.

Wakil Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi kepedulian Pertamina tersebut. "Kami berharap  yang dilakukan oleh Pertamina dapat diikuti oleh BUMN dan perusahaan lainnya yang beroperasi di wilayah ini sehingga beban masyarakat terdampak pandemi COVID-19 dapat berkurang," katanya.

Sementara itu, Sales Area Manager Pertamina Kalimantan Barat Weddy Surya Windrawan menjelaskan, bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina dalam meringankan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. "Sebelumnya, kami juga memberikan bantuan dalam bentuk APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis yang merupakan garda terdepan dalam menangani COVID-19," ujarnya.
...
2020-06-12
Pertamina Salurkan 7.500 Paket Sembako di Kepri
Pertamina kembali menyalurkan bantuan 7.500 paket sembako kepada masyarakat di wilayah Provinsi Kepri. Pemberian bantuan ini merupakan bagian dari penugasan Pertamina sebagai Satuan Tugas (Satgas) Bencana Nasional BUMN khususnya di Kepri.

Penyerahan paket sembako dilakukan di kantor PT Pertamina Patra Niaga cabang Batam.

“Bantuan senilai Rp750 juta ini kami serahterimakan kepada Lembaga Adat Melayu Kota Batam. Semoga paket sembako ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” ujar M. Roby Hervindo, Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I.

Roby menambahkan paket sembako ini bekerja sama dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) sebagai distributor. Total bantuan yang diberikan sebanyak 37,5 ton beras, 15.000 liter minyak goreng dan 7,5 ton gula.

Selain bantuan melalui Satgas Bencana Nasional BUMN, Pertamina melalui MOR I secara mandiri juga telah menggelontorkan lebih dari Rp456 juta  untuk penanggulangan COVID-19 di wilayah Kepri.

Bantuan yang diberikan Pertamina terkait COVID-19 di Kepri di antaranya pembagian 5000 masker, 60 hand sanitizer, 100 sabun cuci tangan cair, 300 sarung tangan latex bagi puskesmas dan Posyandu Sehati binaan Pertamina, serta penyaluran 1.200 paket sembako bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi Pertamina di Kepri. Pertamina juga membantu RS AL Tanjungpinang dalam penyediaan alat pelindung diri bagi petugas medis.
...
2020-06-12
Pertamina Dorong Masyarakat Sukabumi untuk Terapkan Budaya PBHS
Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) III mendukung upaya pemerintah dalam menangani wabah COVID-19 di Sukabumi. Salah satu cara yang dilakukan dengan  sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) melalui penempatan 5 buah wastafel portabe di sejumlah fasilitas umum di Sukabumi,  termasuk untuk Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sukabumi.

Selain wastafel, Pertamina juga menyerahkan bantuan 10 jeriken  cairan disinfektan, 400 botol hand sanitizer serta masker kain. Hiswana Migas Sukabumi juga turut mendonasikan 100 paket sembako.

Sales Branch Manager Retail Sukabumi Adri Angga Aditya secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut kepada Walikota Sukabumi Achmad Fahmi bersamaan dengan pemanfaatan satu unit tempat cuci tangan yang ditempatkan di kantor Balaikota.

Selain di Kantor Walikota SUkabumi dan PWI SUkabumi, tempat cuci tangan berkapasitas 300 liter tersebut akan ditempatkan di fasilitas umum yang masih dilintasi pejalan kaki, seperti pasar, terminal, dan sebagainya.
...
2020-06-11
Pertamina Patra Niaga Bagikan Sembako untuk Keluarga AMT
PT Pertamina Patra Niaga membagikan ribuan bingkisan sembako untuk keluarga awak mobil tangki (AMT) di sejumlah kota di Indonesia.  Sebanyak 7.153 AMT di 28 lokasi depot atau TBBM menerima bingkisan tersebut.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Nina Sulistyowati mengungkapkan,  para AMT ini mengoperasikan sekitar 1.800 mobil tangki yang memasok BBM di SPBU, industri, serta perkapalan di wilayah TBBM Plumpang, Tanjung Gerem, Cikampek, Ujung Berung, Padalarang, Tasikmalaya, Balongan , Semarang, Boyolali, Rewulu, Tegal, Maos, Surabaya, Malang, Camplong, Tuban, Madiun, Banyuwangi, Panjang, Batu Raja, Lahat, Palembang, Linggau, Kabil, Sumut, Tanjung Pandan, Ternate, dan Sorong.

Dalam kesempatan itu, Nina  juga mengecek persediaan Alat Pelindung Diri (APD)  yang beberapa waktu lalu dibagikan sekaligus memastikan penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja AMT.

“Penyiapan APD dan disiplin menerapkan protokol kesehatan sangat penting agar semua AMT bisa bekerja secara sehat dan aman,” tegasnya.
...
2020-06-11
Pertamina Tebarkan Kebaikan untuk Panti Asuhan Yatim Piatu
Jelang Lebaran 2020,  Pertamina kembali menebarkan kebaikan untuk anak yatim piatu dan duafa. Kali ini, Vice President CSR & SMEPP Arya Dwi Paramita menyambangi Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Khairiyah yang berada di Jakarta Utara.

Didampingi oleh Manager CSR Pertamina Dian Hapsari Firasati, Arya menyerahkan bantuan berupa sembako, berbagai perlengkapan kesehatan, olahraga, dan ibadah, serta santunan untuk penghuni panti.

Bantuan ini merupakan bagian dari rangkaian program Berbagi Berkah Ramadan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Pertamina berharap, anak-anak panti tetap bersemangat dalam belajar dan berprestasi seperti anak-anak lainnya walaupun saat ini di Indonesia sedang terjadi wabah COVID-19.
...
2020-06-10
Perta Arun Gas Lindungi Awak Media dari Paparan COVID-19
Perta Arun Gas (PAG) kembali memberikan bantuan kepada salah satu stakeholder sebagai bentuk dukungan terhadap pencegahan COVID-19. Kali ini, PAG memberikan bantuan masker kepada 35 awak media biasa meliput berbagai peristiwa di Lhokseumawe dan sekitarnya.  Bantuan secara simbolis diserahkan kepada Ketua DPP Persatuan Wartawan Aceh (PWA) Maimun Asnawi di Kantor PWA, Lhokseumawe.

Corporate Secretary PAG Ahmad Sujandhi menyampaikan, bantuan ini diberikan kepada rekan media agar dapat melindungi mereka dari paparan virus Corona ketika melakukan proses peliputan di tengah pandemi.
...
2020-06-10
Pertamina Distribusikan APD untuk Nakes Distrik Seget
Pertamina melalui Refinery Unit (RU) VII Kasim kembali memberikan bantuan Alat Pelindung DIri (APD) kepada Puskesmas Distrik Seget, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Kali ini, General Manager RU VII Yulianto Triwibowo menyerahkan 50 baju hazmat, 600 masker sensi, 300 pasang sarung tangan lateks, serta satu unit wastafel portabel dan tandon air berkapasitas 700 liter.

Menurut  Yulianto,  bantuan yang diberikan ini merupakan kepedulian perusahaan terhadap tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada  masyarakat yang berada di ring satu wilayah operasi RU VII.

“Kami berharap bantuan ini dapat dipergunakan secara maksimal oleh tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Distrik Seget di tengah pandemi COVID-19," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Yulianto juga menjelaskan, dalam menjalankan kegiatan operasionalnya di masa pandemi, RU VII berkomitmen menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di lingkungan kerjanya sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

"Kami menerapkan pengecekan kesehatan secara rutin dan bertahap, seperti sebelum pekerja kembali ke home base wajib melakukan tes cepat (rapid test) dua kali. Demikian juga sebaliknya jika ingin kembali bertugas ke site,  harus melaksanakan karantina selama 14 hari  dan tetap di rapid rest sebanyak 2 kali juga. Ini semua dilakukansemata-mata untuk menjaga lingkungan kerja tetap aman dan bebas COVID-19," paparnya.
...
2020-06-09
Mitra Binaan Perta Arun Gas Tetap Produktif di Tengah Pandemi
Meskipun sedang menghadapi pandemi COVID-19,  para petani yang dibina Perta Arun Gas (PAG) tetap produktif dan berhasil  melakukan panen. Dengan tetap mengutamakan Protokol COVID-19, para petani yang bermukim di 13 desa  sekitar PAG tetap memperoleh penghasilan.

Sampai dengan April 2020, mereka berhasil memanen 2.400 kg buah naga yang  didistribusikan langsung ke pasar dengan harga  Rp25.000 per kilogram (kg). 

Tidak hanya itu, para pelaku usaha rumah tangga binaan PAG juga memproduksi kerupuk opak singkong 1.000 kg yang dipasarkan di Kota Lhokseumawe dengan harga Rp15.000 per kg.

Corporate Secretary PAG Ahmad Sujandhi mengungkapkan rasa bangga terhadap kegigihan mitra binaan PAG. Namun demikian, ia mengimbau dan mengarahkan mitra binaan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19 ketika berinteraksi serta menjaga pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah penyebaran virus Corona. Situasi pandemi Covid seperti ini tidak menghentikan para pelaku usaha binaan PAG untuk tetap beraktifitas. Tentunya dengan tetap menggunakan protokol covid-19 yang berlaku sesuai dengan arahan Pemerintah.

Seperti diketahui, sejak Desember 2016, PAG suda mempunyai Program Community Development yang dinamakan dengan Capacity Building for Nearby Community (CABINET) dengan konsep 5-Kemandirian melalui pemberdayaan di sektor pertanian, perikanan, pendidikan, kewirausahaan, serta pelatihan untuk

"Berbagai Program yang berkesinambungan ini terus ditingkatkan oleh PAG sampai dengan saat ini," ujar Ahmad Sujandhi.
...
2020-06-09
Tanggap Dampak COVID-19, Pertamina EP Gelar Bakti Sosial
Wabah pandemi COVID-19 masih berlangsung hingga saat ini. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Tarakan secara tidak langsung memberikan dampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kota Tarakan.

Melihat hal tersebut, Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field  terus bergerak untuk membantu  masyarakat yang tinggal  di sekitar wilayah operasi perusahaan, salah satunya Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field memberikan bantuan 20 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu dan lansia di Kabupaten Nunukan. Kegiatan ini juga didukung oleh jajaran Dandim 0911 Nunukan, Polres Kabupaten Nunukan, Komunitas Tunon Taka Mountain Cycling (TMB), dan Nunukan Cucling Community (NCC).

Selain itu, Tarakan Field juga memberikan bantuan kepada desa yang berada di wilayah terisolasi, seperti Desa Tepian. Desa yang terletak di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan ini merupakan daerah yang termasuk dalam 3T (Tertular, Tertinggal dan Terdepan). Karena lokasinya yang jauh dan sulit diakses, Desa Tepian hanya dapat ditempuh dengan mengguankan transportasi air yang membutuhkan 1,5 jam perjalanan dari kota Tarakan.

Mayoritas mata pencaharian masyarakat Desa Tepian adalah nelayan yang mengandalkan penghasilan dari pekerjaan harian sebagai pencari ikan dan udang. Saat ini, nelayan tidak bisa menjual hasil tangkapannya ke pasar karena tidak ada transportasi yang beroperasi sehingga berdampak terhadap perekonomian mereka.

Bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Desa Tepian berupa 200 kg gula pasir, 130 liter solar, 20 hazmat dan 20 face shield. Secara simbolis bantuan diserahkan kepada Bendahara Desa Tepian Arnold, Selasa, 12 Mei 2020.

Pertamina EP Tarakan Field juga memberikan bantuan guna mendukung percepatan penanggulangan COVID-19 kepada stakeholders perusahaan di wilayah Kota Tarakan, yaitu Kantor Unit Penyelenggara (KUP), Bandar Udara Kelas I Utama Juwata dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan. Bantuan diserahkan oleh Field Manager Agung Wibowo dan didampingi oleh Tarakan Legal And Relation Assistant Manager, Anton Humala Doloksaribu,  Selasa, 12 Mei 2020. Bantuan yang disalurkan kepada masing-masing instansi berupa 50 set APD, 20 masker N-95 dan 40 masker kain.
...
2020-06-08
Pertamina Serahkan Bantuan ke Satgas Bencana BUMN di Sulteng
Pertamina menyerahkan bantuan ke Posko Satuan Tugas (Satgas) Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negera (BUMN) yang ada di Palu, Sulawesi Tengah. Penyerahan bantuan ini merupakan implementasi dari arahan Kementerian BUMN yang membentuk gugus tugas dari seluruh BUMN untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Bantuan berupa 10.000 paket sembako ini terdiri dari 15 ton beras dan 5.000 liter minyak goreng diterima oleh Koordinator Wilayah Satgas Bencana Nasional BUMN Provinsi Sulawesi Tengah, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Pertamina bersama dengan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) juga menyalurkan bantuan serupa berupa 250 paket sembako bagi masyarakat di Kota Palu. Selain itu, Pertamina menyalurkan bantuan bahan makanan dan multivitamin bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Bulili Kota Palu.
...
2020-06-08
PDC Lindungi Anak Yatim dan Duafa dari COVID-19
Sebagai upaya memutus rantai penyebaran COVID-19, PT Patra Drilling Contractor  (PDC) memberikan bantuan kepada penghuni Pondok Yatim dan Dhuafa.  Bantuan yang diberikan berupa hand sanitizer, masker dan wastafel portabel.
...
2020-06-06
PDC Berbagi Kebahagiaan di Akhir Ramadan
Direktur Utama PT Patra Drilling Contractor (PDC) Teddyanus Rozarius  dan tim mendatangi Pondok Yatim dan Dhuafa.

Panti asuhan yang terletak di Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat tersebut selama ini memang menampung anak yatim dan duafa. Teddy secara simbolis menyerahkan bantuan berupa tas yang berisi perlengkapan sekolah dan perlengkapan ibadah kepada penghuni panti.

Tidak hanya untuk Tsabit, hari itu,  Teddy menyerahkan 172 bingkisan Lebaran untuk anak-anak penghuni Pondok Yatim dan Dhuafa. Secara simbolis, ia juga menyerahkan dana sebesar Rp20 juta untuk membantu operasional panti kepada salah satu pengurus Mohammad Noor.
...
2020-06-05
Dukung Gugus Tugas COVID-19 Tangsel, PIEP Serahkan Bantuan
Sebagai bentuk dukungan  terhadap  Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, PT Pertamina International EP (PIEP) menyerahkan bantuan untuk tenaga kesehatan melalui Posko Gugus Tugas COVID-19 Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PIEP  Denie S. Tampubolon menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD), masker, dan alat tes cepat (rapid test) kepada Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Denie berharap, bantuan tersebut dapat membantu percepatan penanganan COVID-19 di Tangerang Selatan.

Bantuan yang diberikan merupakan hasil donasi pribadi seluruh jajaran PIEP. Sampai saat ini, selain di Tangerang Selatan,  PIEP telah menyalurkan 1.500 paket sembako yang tersebar di 26 titik, 1.250 paket APD dan rapid test  untuk 15 rumah sakit dan Puskesmas di beberapa wilayah di  Pulau Jawa dan Sumatera.
...   
2020-06-05
Paket Sembako untuk Masyarakat dan AMT di Bitung
Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) VII memberikan bantuan paket sembako dan masker kepada masyarakat dan Awak Mobil Tangki (AMT) di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Bantuan ini merupakan wujud kepedulian Pertamina kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Paket sembako yang diberikan untuk masyarakat di sekitar wilayah operasi Integrated Terminal (IT) Bitung ini terdiri dari beras, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, telur, dan mi instan.

Sebelumnya, Pertamina juga berbagi dengan sejumlah anak di panti asuhan dalam bentuk santunan dan bantuan sarana prasarana. Pertamina juga membagikan masker bagi pelanggan setia Pertamina yang melakukan pengisian BBM di SPBU Kota Manado dan sekitarnya.
...
2020-06-04
Pertamina Serahkan APD untuk RSUD dan Polres Sorong
Pertamina melalui Refinery Unit (RU)  VII Kasim kembali menyerahkan bantuan APD berupa baju hazmat 200 pcs, hand sanitizer 10 liter dan disinfektan 10 liter kepada RSUD Kabupaten Sorong yang diterima oleh Direktur RSUD  dr. Wanane.

Menurut Unit Manager Commrel & CSR RU VII Dodi Yapsenang,  bantuan yang sama juga diserahkan ke RSUD Kota Sorong Sele Be Solu. Selain itu, pihaknya juga menyerahkan bantuan kepada Polres Kabupaten Sorong  dan Polres Kota Sorong  masing-masing 1.000 masker, 10 liter hand sanitizer, dan 10 liter disinfektan.
...
2020-06-04
PGE Area Sibayak Bagikan Sembako di Kabupaten Karo
PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Sibayak  menunjukkan kepedulian sosial dengan memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat di Kabupaten Karo.

Senior Supervisor Operation & HSSE Ryan Dwi Gustriandha mengatakan PGE memberikan kebutuhan pokok untuk masyarakat  di dua Desa Kabupaten Karo.

“Kami memberikan beras ukuran 5 kilogram sebanyak 250 karung untuk Desa Doulu Kecamatan Berastagi dan 296 karung untuk Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka,” ujar Ryan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian bantuan CSR kedua setelah bulan lalu merealisasikan peralatan kesehatan dan sarana pendukung pencegahan COVID-19 untuk dua desa dan puskesmas terdekat.
...
2020-06-03
Pertamina Terus Dukung Masyarakat Balikpapan Hadapi New Normal
Pertamina siap mendukung seluruh lapisan masyarakat untuk menghadapi new normal.  Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan tetap memberikan bantuan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanganan COVID-19. Di Balikpapan, Section Head Communication, Relation Kalimantan dan perwakilan dari Integrated Terminal Balikpapan  menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan di UPTD Batu Ampar yang diterima oleh dr. Etik.

APD yang diberikan berupa 20 buah kacamata medis (goggles), 40 buah masker N95, 20 boks masker bedah, 20 pasang sepatu boot, 20 buah face shield, 40 buah baju hazmat, dua buah thermometer infrared, 50 botol hand sanitizer, dan 40 buah apron.

Bantuan ini sangat bermanfaat bagi 22 tenaga medis dan paramedis yang bertugas di Puskesmas Batu Ampar. Selain itu, bantuan  ini juga digunakan tenaga medis pada pelaksanaan tes cepat (rapid test) massal yang diadakan Pemerintah Kota Balikpapan. Skrining awal deteksi infeksi virus corona dilakukan terhadap pengemudi transportasi umum di Puskesmas Kelurahan domisili masing-masing.
...
2020-06-03
Pertamina EP Galang Dana untuk Masyarakat Terdampak COVID-19
Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, para pekerja dan mitra kerja Pertamina EP Asset 3 melalui Badan Amil Zakat (BAZMA) melakukan penggalangan dana untuk membantu meringankan beban masyarakat di sekitar wilayah operasinya.  Dana yang dihimpun sejak Maret 2020 hingga 21 Mei 2020 lalu  terkumpul lebih dari Rp520 juta.

Asset 3 General Manager Wisnu Hindadari menjelaskan, dana tersebut disalurkan dalam berbagai bentuk untuk berbagai kalangan masyarakat yang tinggal di Kabupaten Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon dan Cirebon Kota.

“Kami memberikan bantuan disinfektan, hand sanitizer, dan APD bagi tenaga medis, serta nasi kotak bagi pekerja lepas, pengendara ojek daring, tenaga kebersihan jalan, nelayan, porter stasiun dan lain-lain. Kami  juga membagikan sembako, takjil dan makanan untuk buka puasa bagi masyarakat terdampak serta ratusan paket zakat fitrah,” paparnya.

BAZMA PEP Asset 3  menyalurkan 11.564 nasi kotak buka puasa, 10.786 takjil, 490 paket sembako, dan 603 paket zakat fitrah telah disalurkan selama Ramadan 1441 H. Kegiatan penyaluran masih akan terus dilanjutkan  hingga Juni 2020.
...
2020-06-02
Pertamina EP Salurkan Bantuan kepada Pemerintah Kota Tarakan
PT Pertamina EP (PEP) terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk menanggulangi dampak pandemi  COVID-19 di  Kalimantan Utara (Kaltara). Melalui Asset 5 Tarakan Field,  kali ini PEP  memberikan bantuan alat kesehatan (alkes) kepada Pemerintah Kota Tarakan.

Tarakan Field Manager Agung Wibowo menjelaskan, bantuan ini merupakan bantuan tahap kedua setelah sebelumnya pihaknya menyerahkan bantuan lima unit wastafel portabel dan 100 set Alat Pelindung Diri (APD).

Selain itu, Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field menyalurkan 92 paket sembako kepada Walikota Tarakan dr. H. Khairul.

Bantuan ini merupakan program SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi dengan KKKS di Kaltara, yaitu Pertamina EP Asset 5 Tarakan Field bersama Komisi VII DPR RI.

Bantuan paket sembako ini nantinya akan disalurkan kepada petugas yang selama ini berjuang dalam penanganan COVID-19 di Kota Tarakan,  seperti BPBD, PMI, Satpol PP, PMK, DKPP, Polsek Tarakan Tengah dan Koramil Tarakan Tengah.

Selain kepada jajaran Pemerintahan, Pertamina EP juga memberikan bantuan kepada para wartawan yang biasa bertugas di Tarakan. Bantuan berupa paket sembako diberikan kepada 25 wartawan dari 16 media yang ada di Kota Tarakan.
...
2020-06-02
Empaty Building , Polsek Saka Bersama Pengurus RW 08 Pluit Jakarta Utara, Bagi Paket Sembako Cagah V
Sebagai bentuk kepedulian terhadap warga yang membutuhkan ditengah wabahnya pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dan keprihatinan hidup dan himpitan ekonomi  akibat wabah itu

Polsek Sunda Kelapa Polres Pelabuhan Tanjung Priok menyalurkan bantun 600 paket sembako dari pengurus RW 08 Kelurahan Pluit Penjaringan Jakarta Utara, kemudian  di salurkan ke tiga RW yakni RW 20, 21 dan 22 dan per RWnya di berikan bantuan sebanyak 200 paket sembako.

600 paket sembako yang di kumpulkan dari pengurus RW 08 Kelurahan Pluit Penjaringan Jakarta Utara tersebut  berisi beras 5 kg, mie instan, kecap, minyak sayur , sarden dan masker.

Dengan kegiatan ini diharapkan bisa membawa manfaat untuk meringankan beban hidup warga terdampak Dengan adanya pemberlakukan stay at home atau di rumah saja untuk mencegah penyebaran virus Corona, maka tentunya berdampak pula terhadap perekonomian masyarakat.
...
2020-05-30
Berbagi Berkah Ramadhan
PO SAN selaku perusahaan Bus yang terdampak bisnisnya di era PSBB, tetap berbagi di indahnya bulan suci Ramadhan.
...
2020-05-29
Bantuan Singapura Kepada Indonesia
Pandemi COVID-19 telah menjadi isu global yang membutuhkan kerja sama antar negara dalam upaya penanggulangannya, khususnya untuk negara yang bertetangga.

Kerja sama ini telah ditunjukkan dari kegiatan serah terima bantuan dari Singapura kepada Indonesia yang dilaksanakan secara virtual pada tanggal 18 Mei 2020 lalu.

Bantuan ini terdiri dari alat tes PCR COVID-19 dan Hand Sanitizer yang diberikan dari Temasek Foundation-Singapura untuk Pemprov Kepulauan Riau dan Pemprov Riau.

Turut hadir pada kegiatan itu adalah Duta Besar RI Untuk Singapura yang didampingi oleh Atase Pertahanan RI Kolonel Pnb Benny Arfan, Atase Laut RI Kolonel Laut (P) Jimmy R. Pelupessy, Atase Darat RI Kolonel Inf Sansan Iskandar, Chief of Executive Temasek Foundation, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Gubernur Provinsi Riau, beserta Danguskamla I.

Temasek Foundation merupakan BUMN milik Singapura yang bergerak pada bidang amal dan telah beberapa kali menyalurkan bantuan ke Indonesia.

Bantuan ini tentunya difasilitasi oleh KBRI Singapura.

Adapun dipilihnya Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Riau dikarenakan kedekatan hubungan antara Pemerintah Singapura dengan Pemerintah dan Masyarakat di dua provinsi tersebut.

Bantuan ini bertujuan untuk dibagikan kepada masyarakat dalam mendukung pengurangan penyebaran COVID-19 dengan menjaga sanitasi untuk saat ini dan menjelang Hari Raya Lebaran.

Pada kegiatan ini, Dubes RI menyampaikan apresiasinya untuk Yayasan Temasek Foundation dan terima kasih atas kepedulian Pemerintah Singapura sebagai wujud dari persahabatan kedua negara.

Dubes RI juga menyampaikan dengan kegiatan ini diharapkan hubungan antara Indonesia – Singapura akan semakin erat dan dapat menanggulangi COVID-19 bersama - sama. 

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Gubernur Provinsi Riau, dan Danguskamla I secara terpisah juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pihak Temasek Foundation disertai harapan peralatan kesehatan lainnya dapat juga direalisasikan.

Rencananya alat tes PCR dan Hand Sanitizer ini akan dikirim dengan menggunakan Kapal KRI Semarang ke berbagai lokasi
...
2020-05-29
LKN Berbagi
Dukungan LKN terhadap program gabungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI)
...
2020-05-28
SIMA beraksi
Sahabat Indonesia Maju ( SIMA ) bersama Gugus Tugas Relawan BNPB berkolaborasi dalam mendisitribusikan Nasi Kotak Kepada Warga Terdampak Covid-19 di PuloGebang, Jaktim.
...
2020-05-28
HIPPINDO Peduli
Penyerahan donasi HIPPINDO PEDULI COVID-19 Tahap 4 diwakili oleh Sekretariat Hippindo, berupa 17,5 ton beras, 15.500 masker, dan 1.000 Hazmat kepada Relawan Anak Bangsa dan Yayasan BUMN.

Bersatu Bersama Indonesia Lawan Covid-19.
...
2020-05-27
PT. Geodipa Kembali Salurkan Bantuan 4000 Paket Sembako
PT. Geo Dipa Energi (Persero) kembali mendistribusikan 4000 paket sembako untuk warga di sekitar Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit 2 di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pembagian bantuan di lakukan dengan diantarkan langsung kepada masyarakat secara door to door  untuk  warga di enam desa di sekitar wilayah kerja GeoDipa.

Penyaluran bantuan sosial berupa paket sembako dan paket imunitas serta alat kesehatan bagi masyarakat ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan oleh GeoDipa.

Sebelumnya PT. Geodipa juga telah menyerahkan sekitar 5000 paket bantuan sosial kepada masyarakat diwilayah operasional kerja Geodipa Unit Dieng, Sehingga total bantuan sosial sembako dan alat kesehatan telah dibagikan kepada warga di 11 desa.

Total paket yang kami bagikan sebanyak 9000 paket dengan total senilai 1.2 milyar. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat desa yang yang terdampak Covid-19, apalagi sebentar lagi lebaran, mudah mudahan ini akan sedikit meringankan beban mereka.

Kegiatan ini adalah bagian dari program GeoDipa Peduli baik yang dilaksanakan oleh GeoDipa Pusat, Proyek Dieng Unit 2 bersama dengan GeoDipa Unit Dieng. Selain itu, penyaluran ini juga sebagai bentuk komitmen kepedulian perusahaan dalam memberikan perlindungan sosial untuk meringankan beban masyarakat ditengah pandemi.

Menurut Henky, bantuan tersebut merupakan implementasi dari respon cepat Pemerintah dalam Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2020 untuk menggelontorkan jaringan pengaman sosial sebesar 110 Trilyun untuk tambahan sembako, tambahan kartu pra-kerja, pembebasan tarif listrik, penambahan penyaluran Program Keluarga Hrapan (PKH), Bantuan sosial tunai dan bantuan sosial sembako.
...
2020-05-27
Santri Khataman Alquran, Terima Berbagi Berkah Ramadan
Pertamina kembali berbagi berkah dalam bulan suci Ramadan. Kali ini,  kepedulian Pertamina ditunjukkan kepada para santri yang sedang menimba ilmu di Yayasan Pendidikan Al-Kautsar, Pakasari, Cibinong, Bogor.

Sebanyak 95 santri pria masing-masing mendapatkan perlengkapan kesehatan berupa masker dan hand sanitizer, perlengkapan sholat, dan santunan sebesar Rp500 ribu.

Sementara itu, Yayasan Pendidikan Al-Kautsar yang membimbing para santri menerima dana pengembangan pendidikan sebesar Rp15 juta dan paket sembako berupa 10 kg beras, 10 liter minyak sayur, 5 kg gula pasir, 3 kotak teh celup, 2 kaleng ikan olahan, 2 dus mie instan, 2 botol saus dan 2 botol kecap, dan 5 bungkus abon.

Selain menyerahkan donasi, Pertamina juga melakukan penyemprotan disinfektan di area pesantren sebagai langkah membantu pencegahan penyebaran COVID-19. Para santri juga membaca Alquran bersama-sama sebagai bagian dari rangkaian program Khatam Alquran dan Donasi Anak Yatim yang digulirkan Pertamina di bulan Ramadan.
...
2020-05-26
SKK Migas - PHE Siak Peduli Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hilir
PT. Pertamina Hulu Energi Siak (PHE Siak) merupakan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) dibawah koordinasi dan pengawasan SKK Migas yang mengelola wilayah kerja Siak menyerahkan bantuan percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hilir. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno di Mess Pemda Kabupaten Rokan Hilir. Bantuan yang diserahkan meliputi sarana dan alat penanganan Covid-19 seperti handsanitizer, cairan disinfektan, APD Set, masker medis, buku dan poster edukasi pencegahan Covid-19 serta paket sembako bagi masyarakat terdampak.

Pada kesempatan yang sama, PHE Siak juga menyerahkan laporan bantuan percepatan penanganan Covid-19 yang telah dilaksanakan di Kepenghuluan Rantau Bais dan di Kecamatan Tanah Putih, Rokan Hilir.

Total bantuan percepatan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Rokan Hilir adalah 35 liter handsanitizer, 25 liter cairan disinfektan, 1520 lembar masker medis, 2 buah thermogun, 5 unit sprayer disinfektan, 200 buah buku edukasi pencegahan Covid-19, 15 lembar poster edukasi pencegahan Covid-19 dan 14 Alat Pelindung Diri yang meliputi baju hazmat, helm pelindung, kacamata pelindung, masker N95, sarung tangan karet, sepatu boot, face shield dan 100 paket sembako untuk masyarakat di sekitar wilayah operasi.

“Selain bantuan penanganan Covid-19, di ring 1 perusahaan, PHE Siak juga menyerahkan bantuan paket sembako bagi masyarakat disekitar wilayah operasi yaitu di Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hilir” lanjut Bomantara.
...
2020-05-26
PHE WMO Bantu Masyarakat & Garda Terdepan dalam Penanggulangan Covid-19 di Jawa Timur
Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) menyalurkan bantuan berupa sejumlah perlengkapan perlindungan diri dalam menghadapi pandemi Covid-19, di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Bantuan itu berupa 350 helai masker kain, 30.000 ml hand sanitizer, 50 alat pelindung diri, dan enam wastafel portabel lengkap dengan sabun cair. Penyerahan bantuan dilakukan di tiga lokasi, yakni kepada Camat Sepulu Hadori di Kecamatan Sepulu dan Camat Tanjung Bumi Imam Mahfud di Kantor Kecamatan Tj Bumi dan kepada Kepala Desa Labuhan Supriyadi di kantor desa.

Pemberian bantuan ini melengkapi aksi sosial Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) dalam memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dan warga \untuk menghadapi wabah Covid-19. Pemberian bantuan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan upaya PHE WMO untuk menguatkan perang melawan Covid-19 secara nasional.

Sebelumnya, PHE WMO menyalurkan 100 alat pelindung diri dan 100 pasang sarung tangan latex kepada Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Pemkab Gresik (Satgas Covid-19).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Gresik Ida Lailatussa'diyah mengatakan, APD yang diterima Satuan Tugas Covid-19 itu akan disalurkan kepada tim medis Rumah Sakit Ibnu Sina dan Dinas Kesehatan Gresik. "Nanti oleh Dinkes akan didistribusikan ke rumah sakit swasta yang jadi rujukan penanganan Covid-19 dan puskesmas-puskesmas," katanya.

Selain itu, APD juga akan diberikan kepada sebagian petugas yang berjaga di check point PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tertentu. "Pendistribusian nanti berdasarkan rapat di tingkat Satgas. Tapi kami upayakan tim medisnya dulu," kata Ida.

PHE WMO juga telah memberikan 250 lembar masker kain, 250 lembar masker medis dan 45.000 ml Handsanitizer, kepada warga Desa Sidorukun, Kecamatan Gresik dan Puskesmas Alun - alun Gresik. Selain itu puskesmas juga mendapat lima set alat perlindungan diri.

Yani berharap, warga Sidorukun menjaga diri dan tetap menerapkan pola hidup bersih. "Cuci tangan dengan sabun, pakailah masker terutama untuk yang sakit, dan hindarilah kerumunan. Jika terpaksa, jaga jarak dengan lawan bicara setidaknya satu meter," katanya.

Yani menegaskan, Covid-19 memang berbahaya. "Namun itu bukan berarti harus membuat kita semua panik. Kami siap bersama masyarakat untuk berikhtiar menghadapi situasi ini dan tetap optimistis bahwa badai akan segera berlalu," tegasnya.

PHE WMO juga melibatkan salah satu warga desa sidorukun untuk membuat masker kain yang nantinya akan di donasikan hal ini merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat oleh PHE WMO dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat sidorukun di tengah wabah Covid-19
...
2020-05-23
Bantuan APD Pertamina Peduli, Kado Ulang Tahun untuk RSUD Tangerang
Bunga papan ucapan ulang tahun terpampang di halaman Posko Bantuan Siaga Covid-19 RSUD Kabupaten Tangerang. Tak ada perayaan khusus. Para dokter dan paramedis, tetap melaksanakan kewajibannya menangani pasien perawatan biasa dan perawatan pasien rujukan Covid-19.

Saat Pertamina Peduli menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) ke RSUD Tangerang, Direktur Utama, drg. Naniek Isnaini Lestari, menyampaikan terima kasih atas bantuan APD bagi penanganan pasien Covid-19 yang bertepatan dengan hari ulang tahun rumah sakit yang dipimpinya.

Drg. Naniek menambahkan dengan bantuan APD tersebut akan membuat tenaga kesehatan lebih tenang dalam melayani pasien Covid-19. Terlebih karena kasus Covid-19 masih terus bertambah, sehingga perlu komitmen dan kebersamaan yang kuat dari berbagai pihak dalam menanggulangi Covid-19 ini.

Unit Manager Communication Relations & CSR Marketing Operation Region III, Dewi Sri Utami mengatakan, bantuan merupakan upaya Pertamina untuk mendukung pemerintah dalam melindungi seluruh aspek masyarakat dari ancaman Covid-19.

Bagi para petugas kesehatan merupakan garda terdepan dalam menangani Covid-19, APD juga menjadi perlengkapan untuk melindungi tenaga kesehatan (nakes) maupun masyarakat.

Bantuan yang diserahkan meliputi hazmat sebanyak 100 buah, kacamata google 100 buah, masker N95 1 boks. Serta, masker bedah 2 boks, sarung tangan reusable 10 pasang dan sepatu boots 10 pasang.

RSUD Kab. Tangerang menjadi rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dengan menyediakan klinik Covid, IGD skrining Covid, ruang isolasi tekanan negatif, ruang isolasi biasa, kamar operasi khusus Covid, Hemodialisa untuk pasien HD rutin yang positif Covid-19, dan pemulasaraan jenazah pasien Covid.
...
 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com