Corporate Social Responsibility
2020-04-04
Sinergi Pertamina Rangkul UMKM Sidoarjo Jadi Mitra Binaan
Pertamina terus mendorong keberlangsungan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang diberikan kepada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Melalui Marketing Operation Region (MOR) V wilayah Jatimbalinus, tahun ini Pertamina  sudah mulai melakukan penyaluran program tersebut. Dana ini akan diberikan kepada pelaku-pelaku UMKM calon mitra binaan yang memiliki rencana pengembangan usaha dan mengajukan bantuan permodalan kepada Pertamina.

Program Kemitraan ini adalah bentuk peran lebih yang dilakukan Perusahaan guna memberikan ruang kepada Pelaku UMKM untuk naik kelas dengan mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraannya. Pertamina memang menggencarkan bantuan modal untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah. Di Sidoarjo kali ini Pertamina salurkan senilai Rp 1,8 miliar. Dengan jumlah UMKM Binaan sebanyak 30 mitra, yang mayoritas bergerak di sektor usaha Budidaya Tambak Polikultur dan Pengasapan Ikan.

Mayoritas mitra binaan yang menerima Program Kemitraan tersebut, adalah penerima manfaat Program CSR anak perusahaan Pertamina, yakni PT Pertamina Gas.  Dengan sinergei Program Pemberdayaan melalui CSR Pertamina Gas dan Program Kemitraan Pertamina di Desa Penatarsewu dan Desa Kupang, Kab. Sidoarjo, diharapkan mampu menciptakan UMKM yang mandiri.
...
2020-04-03
Bantuan Alat Medis Untuk Batam.
Cinta kasih masyarakat terus mengalir, Tzu Chi Batam menyalurkan cinta kasih tersebut ke rumah sakit-rumah sakit dan instansi kesehatan yang membutuhkan dalam penanganan wabah Corona (Covid-19).

Total ada sebanyak 14.500 masker bedah, 2.800 masker N95, 630 jas hujan, 195 hand Rub, 148 dus Susu, dan 1.760 dus snacks yang dibagikan pada Selasa, 31 Maret 2020.

Total ada 16 rumah sakit dan 21 Puskesmas, serta Palang Merah Indonesia Cabang Kota Batam yang menerima bantuan ini.
...
2020-04-03
Sumbangan Untuk Alat Medis
Mari kita panjatkan Puji Syukur yang tak terhingga atas kesehatan dan keselamatan yang kita miliki saat ini.

Di luar sana, para tenaga medis berada di garis depan tengah berjuang untuk mengurangi penderitaan para korban dan berusaha dengan sekuat tenaga agar para pasien dapat disembuhkan.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia telah banyak menyumbangkan APD, masker, rapid test, alat ventilator dan lain lain yang dibutuhkan untuk para team medis ke beberapa Rumah Sakit di seluruh Indonesia dan masih terus berlangsung sampai saat ini.

Dari diri kita sendiri dan juga mengajak teman teman, kerabat dan sanak saudara untuk turut menggalang hati.

Semoga kekuatan energi positif yang dikumpulkan akan menginspirasi lebih banyak orang, dengan bertambahnya kekuatan energi positif yang makin besar dapat mempercepat hilangnya bencana.

Bila berbuat kejahatan jangan libatkan saya,
Dan bila berbuat kebajikan, jangan lupakan saya.
Kata Perenungan Master Cheng Yen

Terima kasih untuk Sahabat2 yang berhati mulia
...
2020-04-02
Inti Sumbangkan Alat Kesehatan Cegah Penyebaran Corona
Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) kembali melakukan aksi nyata terkait penyebaran corona yang kian meluas. Aksi nyata diperlihatkan inti dengan menyumbangkan alat pelindung diri (APD), masker, sarung tangan dan hand sanitizer, guna membantu sesama (dokter, tenaga medis, RS, institusi/lembaga, termasuk Pengurus Inti dan lain sebagainya).

Juru Bicara Inti, Lexyndo Hakim mengatakan hingga saat ini Inti telah menyalurkan bantuan dengan menyerahkan lebih dari 800.000 masker, 20.00 APD, dan 3.000-an botol hand sanitizer termasuk pembagian nasi kotak kepada ojol dan PKL.

Ditambahkannya, Inti melakukan pembelian alat kesehatan tersebut menggunakan dana hasil donasi para anggota Inti. Khusus untuk pembelian dari luar negeri, seluruh barang-barang masih dalam persiapan pengiriman ke Indonesia.

Inti mengusahakan agar dapat langsung disalurkan ke cabang-cabang Inti di daerah, Gema Inti, Pinti termasuk pihak-pihak terkait yang sangat membutuhkan.

Selain bantuan berupa barang, Inti juga menyiapkan nasi kotak untuk dibagikan ke RS rujukan, dan termasuk Wisma Atlet untuk para tim medis yang sedang menjalankan tugasnya. Sedangkan untuk kebutuhan Disinfectant Chamber (Bilik Disinfektan), INTI juga sudah memesan ratusan paket Bilik Disinfektan. Nantinya alat ini diserahkan kepada Pemerintah setempat, Institusi/Lembaga terkait, dan kepada pihak-pihak yang membutuhkan.
...
2020-04-02
RS Lapangan Artha Graha:
Berkaitan dengan kondisi Negara kita dalam menghadapi  darurat bencana covid 19 , dengan mengucap syukur kepada Tuhan YME karena Artha Graha Peduli mendirikan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) di Jl. Pasir Putih Ancol dimana dapat dilakukan  pemeriksaan/test Covid 19 untuk deteksi dini terhadap tubuh kita semua.

Tentunya dg keterbatasan alat yg ada saat ini, kami membuat beberapa kriteria sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu dalam memutuskan siapa yang tepat untuk diprioritaskan.

Kriteria yang disarankan adalah sebagai berikut :

1. Orang yang menunjukkan gejala2 (symptom) seperti  demam, batuk, pilek, radang tenggorokan , sesak kurang lebih 14 hari terakhir
2. Komorbid( Penyakit Penyerta) seperti Diabetes, Darah Tinggi, Asma, Gagal Ginjal, Jantung atau Stroke)
3. Orang yang mungkin secara fisik sehat tapi ybs ada kontak atau di sekitarnya (keluarga, teman kerja , tetangga dekat) sudah suspect / konfirm terpapar  covid 19 dalam 14 hari terakhir .
...
2020-04-01
Pertamina Adakan Donor Darah Dan Pemeriksaan HIV/Aids Gratis
Pertamina melalui RU VI Balongan kembali mengadakan aksi kemanusiaan dengan menyelenggarakan donor darah, di Gedung Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu.

Kegiatan donor darah kali ini diikuti sekitar 400 orang yang berasal dari pekerja RU VI dan keluarga, mitra kerja, serta masyarakat umum yang tinggal di sekitar Bumi Patra.

Kegiatan sosial tersebut terlaksana berkat  kerja sama fungsi Medical RU VI dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon yang rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

Donor darah ini  bertujuan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan darah sehingga bisa menyelamatkan nyawa setiap pasien yang mengalami kekurangan darah.

Selain donor darah,  fungsi Medical RU VI juga melaksanakan sosialisasi perilaku yang bisa menyebabkan tertularnya HIV/AIDS serta pemeriksaan HIV kepada peserta donor darah secara gratis. Pemeriksaan  bekerja sama dengan Puskesmas Margadadi Kabupaten Indramayu.
...
2020-04-01
Air Medical Evacuation Skala Besar
Jerman aktifkan Airbus A310 Flying ICU untuk membawa pasien dari Italia ke Jerman.

Medevac terbaik dunia untuk pasien COVID.

Jerman mengaktifkan pesawat ICU terbang mereka, sebuah Airbus A310 MedEvac, untuk menerbangkan pasien corona dari Italia ke rumah sakit di Jerman. Pesawat ini memiliki kapasitas 44 unit tempat tidur di mana 16 untuk pasien perawatan intensif tinggi, dan hingga 25 staf medis.

Unit Penderita Pasien Terdiri Dari

Intensive care
ventilator "Evita 4" transport ventilator "Oxylog 3000"
multi-function monitor "Propaq EL106"
2 triple syringe pumps "Combimat 2000"
suction pump "Accuvac" v

Tambahan di kapal (1/1)
16 “Micropaq” patient monitors
1 “I-Stat” blood gas analyzer
2 flexible bronchoscopes
“SonoSite” portable ultrasound system
6 “Barkey” patient warming systems
12-lead ECG
2 defibrillators

Tambahan di kapal (2/2)
16 “Combimat 2000” triple syringe pumps
4 Medumat LifeBase III
4 “IP 2000” infusion pumps
1 central monitor system
1 refrigerator for medical chilled goods
...
2020-03-31
Dukung Peningkatan Kompetensi TNI, Pertamina Resmikan Lapangan Tembak
Rentetan suara tembakan pistol terdengar dari lapangan tembak Djalius Chaidir Batalyon Arhanud 12/SBP, yang pengerjaannya baru saja rampung. Perlombaan menembak itu digelar untuk menyemarakkan seremoni peresmian lapangan menembak Djalius Chaidir. Pembangunan lapangan tembak merupakan bentuk sinergi Pertamina bersama jajaran TNI di wilayah Kodam II Sriwijaya, guna mendukung tugas pokok serta pembinaan kompetensi prajurit TNI.

Pembangunan lapangan tembak dimulai sejak November 2019  sebagai sarana latihan menembak untuk prajurit serta meningkatkan prestasi dan memacu munculnya bibit atlet baru, baik dari TNI maupun masyarakat Sumatera Selatan.

Selain peresmian lapangan tembak dan perlombaan menembak prestasi untuk puluhan penembak TNI/Polri/Umum,  pada kesempatan tersebut dilaksanakan pengukuhan kepengurusan baru Persatuan Menembak Indonesia (PERBAKIN) Provinsi Sumsel Tahun 2020. Terdapat sekitar 20 komunitas (shooting club) di Provinsi Sumsel, yang menunjukkan animo masyarakat akan olahraga menembak masih cukup tinggi.

Pada hari yang sama, Pertamina bekerja sama dengan Dinas Perikanan Sumsel juga melakukan pelepasan 10.000 ekor benih ikan air tawar di kolam buatan yang berlokasi tak jauh dari lapangan tembak.

Selain menunjang sarana prasarana, disini kami juga ingin mendorong kemandirian ekonomi prajurit TNI melalui kemampuan budidaya ikan.
...
2020-03-31
Ide Wastafel Keliling ala Pertamina Foundation untuk Tangkal COVID-19
Di Indonesia, kasus COVID-19 mulai muncul pada tanggal 2 Maret 2020. Terhitung hingga tanggal 29 Maret 2020, Kementerian Kesehatan telah mengonfirmasi sebanyak 1.285 orang positif terkena virus COVID-19 dan sejumlah 114 orang di antaranya telah dinyatakan meninggal. Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dan berbagai pihak untuk mencegah kenaikan drastis jumlah kasus COVID-19.

Pertamina Foundation (PF) memiliki kepedulian dalam mencegah penyebaran virus COVID-19. Salah satu upaya yang dilakukan PF bekerja sama dengan HOPE Worldwide Indonesia adalah menggiatkan program cuci tangan menggunakan sabun di tempat umum dengan jarak antrian 1 meter melalui penyediaan layanan Wastafel Keliling (MK)" atau disebut juga “Mobile Handwashing Unit (MHU).

Penyediaan MHU dilakukan dalam upaya mendukung Pemerintah Provinsi (PemProv) DKI, Satuan petugas (Satgas) COVID-19, dan Kemenkes dalam mencegah penyebaran virus COVID-19. Pada tanggal 30 Maret 2020, MHU telah resmi digerakkan. Lokasi peresmian MHU dilakukan di pintu masuk RS Wisma Atlet.

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari, menyatakan bahwa Upaya Pertamina Foundation merupakan bagian kecil kontribusi dari seluruh elemen masyarakat yang bahu membahu saling mendukung untuk melawan wabah COVID-19.

Salah satu cara pencegahan dan pengendalian COVID-19 dengan cuci tangan pakai sabun. Penyedian Wastafel Keliling ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dan menjaga kebersihan dim berada, terlebih di tempat umum.

Cuci tangan dengan sabun adalah intervensi pencegahan paling penting dalam memutus rantai penyebaran. Walaupun masyarakat dihimbau bekerja dari rumah, sebagian petugas kesehatan, kebersihan, polisi, tentara, dll, tetap harus bertugas dengan resiko tinggi.

Wastafel Keliling ini diharapkan bisa memberikan akses bagi cuci tangan dengan sabun bagi yang tetap harus berkegiatan, apalagi disekitar RS Darurat COVID19 wisma atlet ini. Terima kasih untuk Kemenkes dan Puskes TNI yang bekerja ekstra keras dalam melayani para pasien. Semoga kita sebagai bagian dari masyarakat bisa mendukung dari sisi pencegahan.
...
2020-03-30
Cegah Covid-19, Pertamina Salurkan Ribuan Bantuan
PT Pertamina (Persero) berpartisipasi aktif dalam penanganan wabah virus Corona (Covid-19) yang tengah melanda Indonesia. Dalam dua pekan terakhir, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini telah menyalurkan ribuan bantuan. Diantaranya 1.733 Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis melalui 39 rumah sakit rujukan Covid-19 yang tersebar di wilayah Indonesia.

Selain APD, Pertamina juga telah menyerahkan bantuan 13.706 sarung tangan, 58.452 buah masker dan 1.800 liter hand sanitizer kepada Rumah Sakit, Puskesmas, Posyandu, Awak Mobil Tangki (AMT), petugas SPBU dan SPBE, pelanggan, serta masyarakat umum. Tidak hanya itu, Pertamina juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di 248 lokasi, termasuk fasilitas umum yang sering digunakan masyarakat.

“Kami juga menyadari, upaya paling utama untuk mencegah penyebaran ini adalah dengan mencuci tangan secara rutin. Karena itu, perusahaan telah menyediakan 61 wastafel portabel di puskesmas dan fasilitas umum untuk memudahkan petugas medis dan masyarakat umum membersihkan tangan,” kata VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman.

Tidak hanya bantuan peralatan, Pertamina juga telah mendistribusikan 4.866 paket makanan siap saji sebagai bentuk dukungan kepada pihak yang masih harus bekerja di luar rumah seperti buruh, jurnalis serta tenaga medis.

Menurut Fajriyah, seluruh elemen Pertamina Group terus bergerak membantu pencegahan penyebaran Covid-19. Selain memastikan wilayah operasional aman dari wabah virus tersebut, Pertamina juga aktif membantu mencegah penyebaran virus di tempat-tempat umum.

“Kami terus melakukan upaya optimal untuk memastikan wilayah operasional kami terbebas dari Covid-19 sehingga layanan BBM dan LPG dapat berjalan baik dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan sesuai standar HSSE,” ungkapnya.

Berdasarkan arahan Menteri BUMN, Pertamina telah ditunjuk sebagai BUMN kordinator Penanganan Covid-19 di wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Riau. Meski begitu, Pertamina akan tetap berperan aktif untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah-wilayah lainnya.
...
2020-03-30
Artha Graha Peduli
Berkaitan dengan kondisi Negara kita dalam menghadapi  darurat bencana covid 19 , dengan mengucap syukur kepada Tuhan YME karena Artha Graha Peduli mendirikan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) di Jl. Pasir Putih Ancol dimana dapat dilakukan  pemeriksaan/test Covid 19 untuk deteksi dini terhadap tubuh kita semua.

Tentunya dg keterbatasan alat yg ada saat ini, kami membuat beberapa kriteria sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu dalam memutuskan siapa yang tepat untuk diprioritaskan.

Kriteria yang disarankan adalah sebagai berikut :
1. Orang yang menunjukkan gejala2 (symptom) seperti  demam, batuk, pilek, radang tenggorokan , sesak kurang lebih 14 hari terakhir
2. Komorbid( Penyakit Penyerta) seperti Diabetes, Darah Tinggi, Asma, Gagal Ginjal, Jantung atau Stroke)
3. Orang yang mungkin secara fisik sehat tapi ybs ada kontak atau di sekitarnya (keluarga, teman kerja , tetangga dekat) sudah suspect / konfirm terpapar  covid 19 dalam 14 hari terakhir .

Demikian disampaikan agar segera dikonfirmasikan kepada Sekretariat Posko.
...
2020-03-28
Bantuan Dunia Usaha Untuk Wabah Corona
Dikoordinir Tahir Foundation, OT Group, dan perusahaan swasta lainnya, menyumbang total Rp.52 milyar utk penanggulangan Covid-19.

Diserahkan ke Masjid Istiqlal, Persekutuan Gereja Indonesia dan Keuskupan Agung Jakarta.
...
2020-03-27
Bantuan alat medis untuk berantas CORONA
Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bekerjasama dengan Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) mengkoordinasi sumbangan alat-alat kesehatan dari Tiongkok untuk pengendalian wabah Covid-19 di Indonesia.

Alat-alat kesehatan sekitar 40 ton yang diangkut menggunakan pesawat Boeing 777 milik Garuda Indonesia dan dijadwalkan tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Bantuan alkes ini adalah bukti hubungan baik antara kedua negara dan juga wujud kepedulian terhadap wabah Covid-19 yang kita tahu merupakan tantangan semua negara di dunia hari ini,” jelas Jodi Mahardi, Juru Bicara Menko Marves dan Kemenko Marves

Pasokan medis itu sendiri terdiri dari test kit Covid-19, masker N95, masker bedah, hingga alat pelindung diri seperti baju, kacamata, sarung tangan, dan sebagainya.

Seluruh bantuan tersebut nantinya akan didistribusikan melalui BNPB, kampus-kampus, dan lainnya.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya menyatakan, karena pandemi Covid-19 ini juga bencana global, maka berbagai bentuk dukungan dari negara manapun, khusus untuk pengendalian dan penanganan wabah Covid-19 di Indonesia akan diterima.

Sekarang setelah kasus penularan baru di Tiongkok turun drastis, negeri Tirau Bambu mulai aktif mengalihkan sumber daya yang dimiliki dengan mengirimkan berbagai bantuan ke negara-negara lain yang sedang kewalahan menghadapi wabah Covid-19.

Selain Indonesia, beberapa negara juga menerima bantuan dari Tiongkok seperti Jepang, Spanyol, Italia, hingga Irak.
...
2020-03-27
Semua Bergerak Melawan Covid-19
Duta Remaja Indonesia bergerak bersama Indonesia Bergerak Melawan Corona (IBMC).

Terima kasih sebesar-besarnya kepada para Donatur kami.
...
2020-03-26
Tangkal Corona, Dompet Dhuafa Pasang 1.000 Bilik Disinfektan
Petugas Dompet Dhuafa memasang fasilitas Disinfection Chamber (bilik disinfektan) di kawasan Blok M, Jakarta. Rencananya, bilik disinfektan tersebut akan dipasang pada 1.000 titik strategis. Bilik tersebut berbentuk kotak berukuran sekitar 1x1 meter terbuat dari baja ringan dan penutup plastik transparan
...
2020-03-26
APD Alat Pelindung Diri COVID-19 bikinan Bandung
Pak Wakil Gubenur  bersama Forkominda Jawa Barat, mengecek ribuan APD (Alat Pelindung Diri)  buatan pabrik tekstil di Kab Bandung yang akan dikirimkan ke provinsi-provinsi se Indonesia yang membutuhkan.

20 ribu APD yang seperti baju astronot ini juga akan disebarkan hari ini kepada seluruh Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan se Jawa Barat. Semoga bermanfaat.

Kurangi kata kompetisi, perbanyak kolaborasi karena kita sama-sama NK
...
2020-03-24
Masker Bikinan Siswa Kendari
Sejumlah siswa alumni Pelatihan Bebasis Kompetensi (PBK) menjahit masker yang direncanakan dibagikan secara gratis untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 di Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pihak BLK Kendari di lima hari ke depan akan membuat 15 ribu lembar masker berbahan kain katun oxford dan direncanakan dibagi gratis kepada masyarakat di sejumlah tempat umum, sopir angkot dan beberapa kantor pelayanan publik di Pemerintah Kota Kendari
...
2020-03-24
INTI Membantu Korban Covid-19
INTI tetap bergerak membantu sesama. Maju terus INTI.

Dan salut buat Ketum Inti Bapak Teddy Sugianto, Sekjend INTI Ulung Rusman, Wasekjend INTI Bro Candra Jap, Kabid Sosial Bu Shen Anna yang tidak kenal lelah dan takut dalam membantu sesama.
...
2020-03-23
Kesiapan RS Darurat Wisma Atlet
Presiden Jokowi meninjau kesiapan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang dijadikan rumah sakit darurat penanggulangan wabah Covid-19.
...
2020-03-23
40 ribu APD (Alat Pelindung Diri)
Sebanyak itu sudah tiba di Teras Balaikota DKI Jakarta dini hari tadi.

Siap untuk melindungi seluruh pekerja medis di Jakarta.

Terima kasih pada Gugus Tugas Nasional. Semua bahu-membahu menghadapi Covid-19 ini.
...
2020-03-22
RS Darurat Covid-19 WISMA ATLET Beroperasi
Menteri BUMN, Erick Thohir bersama dengan Panglima TNI, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR dan Kepala BNPB hari ini memastikan RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran mulai Senin 23 Maret 2020.

Wisma Atlet Asian Games Kemayoran di Jakarta Utara yang dalam empat hari terakhir “disulap” menjadi rumah sakit ini adalah hasil kerjasama berbagai pihak, termasuk swasta.

Erick Thohir menyampaikan, “BUMN akan mensuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan Covid-19 ini, baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker. Selain itu, untuk kebutuhan komunikasi, kami juga sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB.”

Pada saat pelaksanaannya, RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona :

Zona Hijau adalah Tower 1, akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.

Zone Kuning adalah Tower 3, akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya.

Zone Merah adalah Tower 6-7, adalah RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini selain pasien.

Dokter-dokter yang akan bekerja di sini gabungan dokter dari berbagai instansi, dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lain-lain.

“Percayalah, kalau kita semua mau bersatu, in sya Allah apapun bisa kita lalui dengan baik. Saya apresiasi setinggi-tingginya semua pihak yang sudah bergerak cepat membantu Pemerintah untuk mewujudkan RS Darurat ini. Semoga upaya kita semua ini diridhoi Yang Maha Kuasa dan dapat menekan lajunya pandemi Covid-19 di Indonesia. In sya Allah selalu ada jalan,” tutup Erick Thohir.
...
2020-03-21
Penambahan Alat Kesehatan Tanggap Covid-19
Jam 07:00 Sabtu pagi,  pesawat TNI AU A-1333 terbang menuju Shanghai (China) untuk ambil peralatan tambahan rumkit di Indonesia.

Doa kami semua agar selamat hingga kembali ke tanah air tercinta.
...
2020-03-20
Pertamina EP Sangatta Field Perkenalkan “BankGi”
Setelah menggulirkan program pemberdayaan masyarakat Kary Daging (Kader Posyandu Gizi Seimbang) di Kecamatan Sangatta Selatan, PT Pertamina EP (PEP) Asset 5 Sangatta Field memperkenalkan BankGi (Bank Gizi). Acara yang diadakan di Posyandu Mawar 1 KM 13 Desa Sangkima  tersebut dihadiri ibu-ibu yang membawa bayi dan balita.

BankGi berbentuk kotak makan yang berisi makanan pokok, lauk-pauk, sayuran dan buah yang ditata semenarik mungkin untuk anak-anak. Melalui BankGi, PEP Sangatta Field berupaya mengedukasi orang tua untuk menerapkan pola makan gizi seimbang  sehari-hari kepada anak-anaknya yang masih berusia balita.

Bank Gizi ini adalah bagian dari Program Kay Daging yang dibuat sebagai bentuk sinergitas dengan program pemerintah, Germas.

Di sela-sela kegiatan  ini,  Puskesmas Kecamatan Sangatta Selatan juga melakukan penyuluhan tentang arti penting pola makan gizi seimbang.
...
2020-03-20
Bantuan Peralatan Penanganan Covid-19
Penyerahan Bantuan Penanganan Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto dan RSUP Persahabatan.

Sebanyak 200 Coveral Safety (baju isolasi) diserahkan ke RSPAD Gatot Soebroto oleh Tzu Chi Indonesia terkait penanganan wabah Covid-19 di Indonesia, hari ini,  Kamis, 19 Maret 2020.

Bantuan diterima oleh Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigadir Jenderal TNI dr. A. Budi Sulistya. Sp.THT-KL., M.A.R.S.

"Saya mengucapkan terima kasih sekali atas bantuan yang diberikan Tzu Chi. Ini salah satu bentuk solidaritas yang konkrit. Kami di lapangan memang memerlukan APD (alat pelindung diri) ini. Dan hal ini menunjukkan bahwa kita semua saling peduli," ungkap Brigjen TNI dr. A. Budi Sulistya.

Bantuan yang sama juga diberikan ke RSUP Persabatan Jakarta.

Bersama kita bisa Atasi Wabah Corona

Salurkan kepedulian Anda melalui:
Bank BCA Norek. 865 002 4681
an. Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia
Bank BCA Pantai Indah Kapuk
...
2020-03-19
Pertamina Tanam 50.000 Bibit Mangrove di Pulau Momongan
Pertamina  kembali menunjukkan komitmennya dalam pelestarian lingkungan. Kali ini, melalui Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Pertamina melakukan penanaman mangrove  di Pulau Momongan, yang merupakan pintu masuk wilayah timur Kabupaten Cilacap.

Bekerja sama dengan kelompok Alam Lestari Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, RU IV memberikan 50.000 bibit mangrove untuk ditanam di pulau tersebut. 
...
2020-03-19
Pertamina Bantu Atasi Wabah Demam Berdarah di NTT
Pertamina merespon Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan memberikan bantuan berupa 10 alat fogging, 50 karton lotion anti nyamuk berisi lebih dari 57 ribu sachet, dan 100 kilogram bubuk abate. Bantuan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Sikka, melalui Fuel Terminal Maumere, fasilitas Marketing Operation Region (MOR) V yang beroperasi di ibukota kabupaten tersebut.

Karena minimnya ketersediaan kebutuhan tersebut di NTT, Pertamina mengirimkannya dari Jakarta dan Surabaya melalui udara agar dapat segera dimanfaatkan.

Bantuan ini segera kami salurkan kepada masyarakat Kabupaten Sikka yang sedang berperang melawan wabah DBD. Semoga ke depannya Pertamina dan Pemerintah Kabupaten Sikka dapat terus bersinergi bersama.
...
2020-03-18
Pertamina Salurkan Donasi Dari Pekerja Untuk Tiga Lembaga
Pertamina menyalurkan donasi dari pekerja kepada tiga lembaga, yaitu Yayasan Baituzzakah Pertamina (Bazma), Yayasan Kanker Amaryllis, dan SD Pertiwi yang berlokasi di Makassar.

Donasi ini berasal dari para pekerja yang berpartisipasi dalam Survei Entropi Berbagi yang digagas oleh Direktorat SDM Pertamina.

Survei Entropi ini merupakan survei yang dilakukan secara mandiri oleh fungsi Culture & Change Management di beberapa anak perusahaan, mulai dari 20 November - 20 Desember 2019 dan diikuti oleh 68 persen pekerja Pertamina atau 8.187 pekerja dari total keseluruhan pekerja.

Hasil penggalangan dana itu, terkumpul Rp 72 juta yang diserahkan ke Yayasan Bazma sebesar Rp26 juta, Yayasan Kanker Amaryllis Kirana sebesar Rp 17 juta, dan SD Pertiwi di Makasar yang terkena musibah kebakaran sebesar Rp 29 Juta.

Semua donasi ini akan disalurkan secara langsung oleh Bazma
...
2020-03-18
Pertamina Tanam Ketapang Kencana Hasil Donasi Energy Run 2019 di Dumai Barat
Sebagai kelanjutan dari pelaksanaan Dumai 10K Energy Run Pertamina pada bulan Desember yang lalu, hasil donasi dari pendaftaran peserta berupa 450 batang pohon Ketapang Kencana mulai ditanam di Jalan Dermaga Darat, Kecamatan Dumai Barat.

Energy Run merupakan kompetisi olah raga yang menjadi salah satu rangkaian dari peringatan hari ulang tahun Pertamina.

Selain mengkampanyekan gaya hidup sehat, juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Wujud nyatanya adalah dengan donasi dari setiap pendaftaran peserta.
Donasi yang terkumpul di tahun 2019 sebesar Rp 74.360.000 dari keikutsertaan sekitar 700 peserta yang tidak hanya berasal dari Dumai ataupun Riau Kepri, tetapi juga Aceh, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, hingga Yogyakarta.

Pada tahun 2018, terkumpul donasi sebesar Rp 20.250.000 dan diserahkan kepada Sekolah Alam Umah Pumpun yang berlokasi di Kawasan Wisata Bandar Bakau.

Sebelumnya Pertamina telah menanam 500 batang pohon Ketapang Kencana di Jalan Dumai-Pelintung.
...
2020-03-17
Pertagas Central South Area Kembangkan Budidaya Lele untuk Masyarakat Musi Banyuasin
Kelompok Maju Barokah, salah satu kelompok yang membudidayakan ikan lele di Desa Simpang Tunggal, Musi Banyuasin mendapatkan bantuan bibit lele dari PT Pertamina Gas Central South Area (CSA). Penyerahan bibit lele tersebut sekaligus dibarengi dengan pelatihan manajemen untuk pengelolaan keuangan.

Sebanyak 30 ribu ekor bibit lele diserahkan dan sekaligus dilakukan pelatihan manajemen.

Bantuan ini, merupakan bentuk implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertagas dalam rangka membantu peningkatan ekonomi masyarakat. Melalui program ini, Pertagas juga ingin melakukan edukasi kepada masyarakat untuk memberdayakan potensi yang ada di sekitarnya.

Selain melatih dari sisi manajemen, Pertagas juga mengundang ahli tambak Sebapo yang merupakan mitra binaan Pertagas lain untuk  mendampingi dan memonitor keberlangsungan kegiatan.
...
2020-03-17
Kembangkan Kemandirian Warga, Pertamina Resmikan Rumah Produksi Agrijaya di Karawang
Pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu fokus PT Pertamina (Persero) untuk tumbuh dan berkembang bersama, terutama bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Seperti program Muka Agrijaya, di Desa Bayur Kidul, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang yang diinisiasi Pertamina sejak tahun 2018, melalui Fuel Terminal Cikampek.

Muka Agrijaya singkatan dari Mulih Kadesa Agriculture Berjaya. Mulih Kadesa bermakna mengajak masyarakat yang semula bekerja di luar Desa Bayur Kidul untuk kembali ke desa dan bersama-sama bekerja membangun desa tempat asalnya.

Sedangkan, Agriculture Berjaya memberikan optimisme bahwa kawasan yang kaya akan potensi agrikultur ini dapat menjadi sumber penghidupan yang layak, bahkan bisa berkontribusi positif untuk menggerakan perekonomian desa.

Program yang telah berjalan sejak tahun 2018 ini, diawali dengan terbentuknya Kelompok Wanita Tani Sekar Arum. Sebagian anggota kelompok adalah eks Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang telah kembali ke tanah air dan memiliki keinginan sama untuk berkarya di kampung halaman.  Kelompok Wanita Tani Sekar Arum telah beranggotakan 14 orang, dimana 11 diantaranya mantan TKI.
...
2020-03-16
Pertamina Resmikan Rumah Pembibitan Mangrove Margomulyo
Pertamina melalui Refinery Unit V Balikpapan meresmikan rumah pembibitan mangrove Margomulyo di RT 42.

Pembangunan rumah pembibitan mangrove Margomulyo tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina RU V Balikpapan terhadap kelestarian alam.

Pembangunan rumah pembibitan ini adalah wujud nyata dari komitmen Pertamina untuk merehabilitasi kawasan mangroove yang terkena dampak tumpahan minyak. Komitmen ini akan terus berjalan seiring dengan kebermanfaatan rumah pembibitan yang hari ini diresmikan.

Rumah pembibitan dengan luas 48 m2 ini memiliki kapasitas daya tampung hingga 4.000 bibit mangrove. Rumah bibit tersebut diharapkan dapat menjadi pusat rehabiitasi, edukasi, serta pengembangan ekosistem mangrove di Kota Balikpapan. Rumah bibit tersebut diharapkan dapat menjadi laboratorium yang digunakan sebagai tempat praktis budidaya berbagai macam jenis mangrove sehingga mampu menghasilkan bibit kualitas baik. Pemanfaatan dan pengelolaan rumah bibit akan dilaksanakan oleh kelompok tani tepian manunggal abadi, serta akan dilakukan monitoring selama dua tahun oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB).
...
2020-03-16
Patra Drilling Contractor Kembali Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Lebak
PT Patra Drilling Contractor kembali memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah banjir bandang di Kabupaten Lebak Banten. Bantuan  kali ini difokuskan kepada masyarakat Desa Pajagan berupa pakaian layak pakai, sembako, kebutuhan wanita dewasa dan anak-anak.

PDC menurunkan Employee Volunteer Team yang prihatin terhadap korban banjir bandang di Lebak. Pemulihan kondisi pasca banjir tidak bisa instant karena parahnya kerusakan yang ditimbulkan. Hal ini mengakibatkan masih (banyaknya warga yang berada di pengungsian kendati banjir telah usai beberapa waktu lalu,

PDC dalam memberikan bantuan melibatkan karyawan, mulai dari inisiasi donasi, koordinasi hingga distribusi. Employee volunteering program yang digagas PDC ini mendapat antusiasme cukup tinggi di kalangan pekerja.
...
2020-03-14
Semen Indonesia Revitalisasi Laboratorium UBH Padang
Program Studi Teknik Sipil Fakultas dan Perencanaan (FTSP) Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, kini memiliki laboratorium yang lebih berkualitas. PT Semen Indonesia (SI) telah merevitalisasi Laboratorium Mekanika Tanah dan Laboratorium Material dan Struktur, Program Studi Teknik Sipil.

Semen Indonesia telah memberikan dukungan berupa bantuan dana dalam rangka mendukung peningkatakn sarana dan prasarana pendidikan hingga total semilai Rp 1miliar. Dana bantuan itu digunakan untuk peningkatan infrastruktur dan penyediaan peralatan praktikum di laboratorium FTSP UBH Padang.

Program revitalisasi kedua laboratorium di lingkungan UBH Padang merupakan bentuk komitmen perseroan dalam rangka mendukung visi Pemerintah untuk mencetak SDM bangsa yang ungul.
...
2020-03-13
Bangun Jalur Evakuasi Tsunami, Masyarakat Apresiasi Pertamina
Bencana tsunami Selat Sunda yang terjadi 22 Desember 2018, menjadi pelajaran bagi masyarakat wilayah Banten. Salah satunya bagi warga di Link Kapling Baru II, Kecamatan Pulomerak, Cilegon, yang tinggal di Ring-1 atau dekat dengan Terminal LPG Pertamina Tanjung Sekong.

Bencana menjadi pelajaran untuk selalu sigap dalam menghadapi situasi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu. Untuk mempersiapkan tanggap bencana tersebut, LPG Terminal PT Pertamina (Persero) Tanjung Sekong bersama dengan pemerintah setempat membangun Jalur Evakuasi Tsunami menuju ke perbukitan di Link Kapling Baru II.

Link Kapling Baru II ini hanya berjarak 500 meter dari pinggir laut. Karena itu, areal perbukitan yang berada tepat di belakang hunian warga menjadi lokasi titik kumpul yang penting.

Pada jalur evakuasi tsunami ini, lokasi titik kumpul berada di ketinggian sekitar 30 meter diatas permukaan laut, yang bisa dicapai melalui 3 jalur yakni Jalan Polairud, Jalan Kehutan 1 dan Jalan Kehutan 2. Adapun panjang jalur evakuasi mencapai 540 meter dalam bentuk jalur jalan merata dan anak tangga.
...
2020-03-13
Pertamina Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut Anak-anak Tuban
Mengambil tema “Gigi Sehat Kualitas Sumber Daya Manusia Meningkat”, Pertamina bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Wilayah Jawa Timur, mengadakan kegiatan penyuluhan kesehatan dan pengobatan gigi dan mulut untuk siswa Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) di Tuban.

Rangkaian kegiatan tersebut berupa Pemeriksaan dan Penyuluhan Kesehatan Gigi, dilanjutkan Sikat Gigi Masal 1.120 Anak SD/MI, dan Penambalan Gigi dengan ART (Atraumatic Restorative Treatment) dengan target 500 Anak SD/MI di Kabupaten Tuban. Tujuan utama kegiatan ini adalah agar para siswa lebih peduli dalam menjaga kesehatan khususnya gigi dan mulut.

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55, Hari Jadi Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke-74, Hari Jadi Kabupaten Tuban serta Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2019. Selain kegiatan terkait kesehatan gigi dan mulut, dalam bakti sosial ini juga dilakukan Operasi Bibir Sumbing kepada 20 pasien dari masyarakat kurang mampu di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro, yang dilaksanakan di RS Nahdlatul Ulama Tuban.

Pertamina selalu melaksanakan program-program sosial yang memberikan dampak positif, khususnya untuk masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.
...
2020-03-12
Atap Sekolah Diperbaiki, Siswa TK Pegayon Bekasi Ceria Kembali
Keceriaan tampak di wajah belasan siswa Taman Kanak-kanak (TK) Pegayon, di Pondok Melati, Bekasi, Mereka kedatangan guru-guru relawan Pertamina, bermain serta bernyanyi bersama. Kedatangan guru relawan bersamaan dengan peresmian TK yang baru direnovasi, dengan bantuan program Bina Lingkungan Pertamina.

Tiga bulan lalu, siswa TK tersebut terpaksa belajar di teras ataupun halaman sekolah, karena atap sekolah ambruk.  Selang seminggu, Pertamina menyambangi sekolah dan melakukan survey lokasi, hingga akhirnya diwujudkan perbaikan atap serta perbaikan sebagian ruangan.

Awal Januari 2020 sudah bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.
...
2020-03-12
Pertamina Adakan Pelatihan K3 Dasar untuk Masyarakat Sekitar Proyek NGRR Tuban
Untuk meningkatkan sumber daya manusia di lima desa terdampak Proyek Kilang Tuban sekaligus memperingati Bulan K3 Nasional, Pertamina memberikan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Dasar. Kegiatan yang diikuti oleh 34 masyarakat sekitar proyek NGRR Tuban yang akan bergabung sebagai pekerja dalam pekerjaan pemulihan garis pantai (restorasi) tersebut.

Program pelatihan ini dilakukan berkelanjutan dengan total peserta sampai saat ini sejumlah 308 warga terdampak, terdiri dari 10 Safety Man, 34 Security dan 264 peserta K3 Dasar.

Pelatihan ini sangat penting sebagai pembekalan khusus bagi calon pekerja yang akan memasuki lingkungan pekerjaan pada proyek Pertamina. Dalam pelatihan tersebut, ditanamkan kesadaran akan keselamatan dan kesehatan kerja sehingga mereka akan selalu disiplin menerapkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja.

Sehari sebelumnya, Pertamina telah melaporkan kepada Pemda Tuban mengenai program-program CSR  yang langsung bersentuhan dengan pemberdayaan masyarakat. Pelatihan tersebut di antaranya, pelatihan K3 dasar kepada 274 warga, beasiswa D3 ke PEM Cepu kepada 21 lulusan SMA/SMK, perekrutan warga desa terdampak sebagai pekerja proyek sebanyak 274 pekerja, program bersih pantai mentoso, bantuan sosial yang langsung bersentuhan dengan masyarakat sebanyak Rp446 juta, program BUMN Satu untuk Negeri sebesar Rp1,021 miliar.

Dengan program-program CSR yang bersentuhan dengan masyarakat, keberadaan proyek kilang Tuban semakin diterima oleh masyarakat sekitar.
...
2020-03-11
Valunteer Guru di Papua
Kesempatan menjadi volunteer guru di Nabire dan Meepago untuk mengajar 1-2 tahun 2020/2021

Persyaratan :
1. Lajang
2. Ijazah S1
3. Guru Komputer untuk SMA Adhi Luhur Nabire (1 orang)
4. Guru Bahasa Indonesia untuk SMA Adhi Luhur Nabire (1 orang)
5. Enam guru SMP di Kabupaten Deiyai dan Dogiyai untuk mengajar Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris

Sekretariat Jesuit Valunteer For Papua
Natalia Nike : 081212273138 (WA) atau
J. Sudrijanta, SJ : sudrijanta1@gmail.com
...
2020-03-11
Pertamina Lestarikan Keanekaragaman Hayati di Pantai Selatan Jawa
Sebagai wujud kepedulian serta upaya melindungi satwa langka yang keberadaannya hampir punah akibat kasus perburuan liar, perdagangan dan pemeliharaan ilegal, Pertamina terus melakukan berbagai upaya dan perhatian lebih terhadap keberlangsungan satwa yang dilindungi.

Salah satu upaya nyata dari Pertamina adalah dengan dilakukannya Penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah (BKSDA).

Perjanjian kerjasama ini menyepakati konservasi keanekaragaman hayati yang berada di Pantai Sodong dan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Selok Karangbenda Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Nantinya lokasi ini akan menjadi pusat sarana Konservasi dan Edukasi satu-satunya di Pantai Selatan Jawa Tengah, karena saat ini belum memiliki areal konservasi yang sesuai.

Selain sebagai pelestarian satwa liar khususnya penyu lekang, trenggiling dan bubut jawa, kerjasama ini sebagai wujud bentuk penguatan fungsi dan konservasi keanekaragaman hayati dalam rangka mendukung pengelolaan kawasan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Selain sebagai pusat konservasi, lokasi ini diharapkan juga akan berfungsi sebagai pusat edukasi dan wisata yang diharapkan dapat melindungi populasi penyu lekang, trenggiling dan bubut jawa. Selain itu, juga dapat meningkatan pendapatan warga setempat karena memiliki lokasi wisata konservasi satwa langka.
...
2020-03-10
Salurkan Bantuan untuk Fasilitas Umum, Pertamina Berbagi Berkah untuk Masyarakat Kota Tangerang
Pertamina menggelar roadshow perdana program Berbagi Berkah MyPertamina (BBM) 2020 di Taman Elektrik, Kompleks Balaikota Tangerang. Selain menyajikan beragam hiburan untuk masyarakat Kota Tangerang, Pertamina juga berbagi berkah dengan menyerahkan donasi CSR.

Bantuan berupa pembangunan fasilitas umum untuk kawasan Cisadane Walk dan Jembatan Barendeng tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid kepada Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.
...
2020-03-10
Palyja Bangun Ruang Workshop Akatirta di Magelang
PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) melakukan penandatanganan dan peletakan batu pertama pembangunan ruang workshop di Akademi Teknik Tirta Wiyata (Akatirta), di Magelang.

Prasarana pendidikan berupa ruang workshop Unit Operasi dan Proses di Kampus Akatirta akan dibangun selama kurang lebih empat bulan. Pembangunan menelan biaya Rp 350 juta.

Ruang workshop ini akan berfungsi sebagai tempat praktik siswa-siswi dalam mempelajari dan mengembangkan keterampilan di instalasi pengolahan air minum.
...
2020-03-09
Bantuan Masker Untuk WNI di China
Duta Besar Republik Indonesia untuk Tiongkok di Beijing pak Djauhari Oratmangun menerima kiriman masker dari Perhimpunan INTI untuk dibagikan kepada segenap Warga Negara Indonesia yang masih berada di Tiongkok.
...
2020-03-09
Satu Cerobong Asap Dikompensasi Dengan Satu Pohon
PT Pertamina Gas (Pertagas) terus mensosialisasikan program One Stack One Tree (OSOT) kepada warga Desa Penatarsewu, yang dikenal sebagai Kampung Ikan Asap. Program ini mengajak warga desa untuk peduli lingkungan dengan cara menanam pohon.

Sejumlah karyawan Pertagas bersama warga Kampung Ikan Asap melakukan penanaman 150 bibit pohon trembesi dan mangga di lahan desa. Peduli lingkungan hidup seperti ini penting dilakukan di Kampung Ikan Asap yang berlokasi di Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

OSOT merupakan program edukasi untuk peduli lingkungan hidup bagi warga. Di mana, setiap anggota kelompok pengasap ikan diedukasi untuk menanam pohon karena telah menghasilkan asap pembakaran yang dikeluarkan cerobong asap.

Satu cerobong asap dikonversikan dengan menanam minimal satu pohon. Program peduli ini diharapkan tidak hanya akan menyerap zat karbondioksida, namun juga mampu menghasilkan oksigen. Tahun lalu, Pertagas juga telah menanam 150 bibit trembesi dengan melibatkan siswa sekolah dasar.

Kampung Ikan Asap merupakan sentra perajin ikan asap yang merupakan binaan dari Pertagas East Java Area. Terdapat 88 unit rumah pengasapan ikan yang telah direnovasi dan dibina oleh Pertagas melalui program CSR.

Secara komprehensif, desa ini telah dibina oleh Pertagas sejak empat tahun lalu. Selain mendampingi para anggota kelompok pengasap ikan, sejak tahun lalu, Pertagas juga memberikan bantuan berupa pembangunan Resto Apung Seba yang menjadi icon wisata kuliner dari Desa Penatarsewu.
...
2020-03-07
Savero Hotel Depok gelar donor darah gratis
Savero Hotel Depok mengadakan kegiatan donor darah di Orchid Ballroon Savero Hotel Depok. Kegiatan yang diikuti oleh 100 peserta. Tidak hanya diikuti karyawan Savero Hotel Depok saja, tapi juga ada dari Kodim 0508, Polers Depok, hotel sekitar area Depok dan juga para stakeholder lainnya sekitar Savero Hotel Depok.

Kegiatan ini menggandeng tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok dan RSU Bunda Margonda. Selain itu, juga bekerja sama dengan Baznas Kota Depok, Kalcare Depok
...
2020-03-06
PrimeBiz Cikarang mengadakan belajar memasak bagi anak-anak
PrimeBiz Cikarang mengadakan event “I’m a Little Chef, Let’s Cooking”. Keseruan acara ini menjadi ajang bagi anak-anak untuk belajar memasak, yang langsung diberikan ilmunya dari Chef Aep selaku Executive Chef di PrimeBiz Cikarang. Tujuan event ini, selain untuk memberikan wawasan bagi anak-anak, juga untuk mengajak mereka menunjukkan kreativitasnya dalam kemampuan memasak.

Di penghujung acara, pihak hotel memberikan apreasiasi berupa hadiah dan sertifikat atas usaha anak-anak dalam kegiatan memasak. Sebab, tanpa didampingi orang tua masing-masing, mereka harus menyelesaikan arahan memasak dari Chef Aep.

Kegiatan anak-anak di PrimeBiz Hotel Cikarang ini akan menjadi event rutin di tahun 2020.
...
2020-03-06
Ara Hotel Gading Serpong mengadakan kegiatan donor darah
Ara Hotel Gading Serpong kembali mengadakan kegiatan donor darah dengan tema “Give the Gift of Life”. Sesuai dengan tema kegiatan itu, Ara Hotel Gading Serpong ingin berupaya untuk terus menginspirasi dan mengajak orang-orang, agar peduli dan dengan sukarela menyumbangkan darahnya sebagian “hadiah kehidupan” yang dapat mentelamatkan orang lain.

Kegiatan donor darah yang diadakan bekerja sama dengan PMI Kabupaten Tangerang.
...
2020-03-05
Pertama di Dumai, Nelayan Tanjung Palas Terapkan Teknologi Fish Finder Bantuan Pertamina
Sebanyak 14 nelayan yang tergabung dalam Kelompok Tuna Tanjung Palas, Kota Dumai, Provinsi Riau mulai menerapkan teknologi fish finder atau pencari ikan pertama kali di Kota Dumai. Fish finder tersebut merupakan bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSL) Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai.

Penerapan teknologi tersebut merupakan kali pertama bagi nelayan tangkap di wilayah Dumai.

Penggunaan fish finder tentu akan sangat membantu bagi para nelayan agar pencairan ke tengah laut menjadi sangat efektif dengan alat pendeteksi ikan yang canggih ini.

Jika program ini berhasil, bukan tidak mungkin dari pihak pemerintah akan mulai memprogramkan penerapan fish finder untuk seluruh nelayan di Kota Dumai.

Pertamina memberikan dua alat fish finder yang merupakan keluaran terbaru kepada kelompok nelayan Tanjung Palas.

Lebih jauh, Pertamina tidak hanya memberikan alat saja tapi juga pelatihan tentang bagaimana cara penggunaannya dengan menggandeng Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Dumai sebagai narasumber.
...
2020-03-05
Pertamina Bantu Pelajar Korban Kebakaran di Toli-Toli
Sebagai bentuk kepedulian dalam dunia pendidikan, PT Pertamina (Persero) membagikan bantuan bagi pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Akhir (SMA) yang menjadi korban kebakaran di Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

Musibah kebakaran di wilayah pemukiman warga di Kota Tolitoli menghanguskan setidaknya 400 rumah. Kejadian tersebut berlangsung saat malam hari ketika warga tengah tertidur sehingga banyak dari mereka tidak sempat menyelamatkan harta bendanya.

Di antara korban tersebut, tidak sedikit dari mereka adalah keluarga yang putra-putrinya masih berstatus sebagai pelajar. Sebagian dari mereka kehilangan perlengkapan sekolah sebagian lainnya tidak ada yang tersisa. Atas dasar tersebut itulah, Pertamina tergerak untuk memberikan bantuan kepada mereka.

Bantuan Pertamina Peduli kali ini memang menyasar para pelajar yang menjadi korban kebakaran. Bantuan yang diberikan berupa alat tulis, tas sekolah dan buku pelajaran yang dibagikan ke 197 anak dari enam SD, empat SMP dan tiga SMA di Kabupaten Toli-toli. Penyerahan bantuan ini juga disaksikan langsung oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Toli-toli.
...
2020-03-04
Pertamina Bantu Pembangunan Ruang Kelas untuk Siswa SD Cemerlang Dumai
Salah satu sekolah dasar di Kota Dumai yang terletak di Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur harus bertahan menyelenggarakan pendidikan dan pebelajaran selama 5 tahun tanpa satu bangunan pun untuk kelas belajar maupun ruang guru. Adalah SD Cemerlang di bawah naungan Yayasan Pembinaan Lembaga Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (YPLP PGRI) Dumai yang selama ini menumpang belajar di SMP Cemerlang.

PT Pertamina (Persero) melalui Refinery Unit (RU) II Dumai memberikan bantuan ruang kelas baru.

Bantuan yang diberikan oleh Pertamina dimanfaatkan untuk pembangunan dua kelas untuk belajar seluas masing-masing 90 meter persegi.

Selain itu, juga menambah pembangunan satu ruang guru lengkap dengan kamar mandi seluas 60 meter persegi.

Berkat adanya kelas baru dari Pertamina, kegiatan belajar mengajar di SD Cemerlang bisa semakin baik lagi sehingga bisa mencetak generasi berikut yang cerdas.

Pertamina menambahkan pihaknya telah menjalankan sejumlah program CSR khususnya di bidang Pendidikan di untuk beberapa sekolah di Kota Dumai.

Di antaranya bantuan renovasi sekolah, bantuan perpustakaan, bantuan sarana prasarana, hingga pengembangan Sekolah Adiwiyata dan yang terbaru adalah Pertamina Energi Negeri (Mengajar) serta Pertamina Goes to School.
...
2020-03-04
Peduli Pendidikan, Pertamina EP Bangun Pojok Baca di SD Babat Ramba Jaya
PT Pertamina EP melalui Pertamina EP (PEP) Asset 1 Ramba Field memberikan bantuan Pojok Baca dan merenovasi atap gedung sekolah SDN 01 Ramba, Desa Babat Ramba Jaya, Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin.

Dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa program yang dilaksanakan merupakan bentuk sumbangsih sekaligus tanggung jawab sosial perusahaan di bidang pendidikan. Selain di SDN 01 Ramba, tempat-tempat umum lainnya juga sudah diberikan bantuan Corporate Social Responbility (CSR).

Tidak hanya bantuan fisik, program pengembangan masyarakat juga dilaksanakan melalui edukasi pertanian sehat ramah lingkungan berkelanjutan melalui budidaya tanaman organik dan tanaman obat keluarga (TOGA) kepada masyarakat yang ada di wilayah operasi perusahaan.

Kepala Desa Babat Ramba Jaya, Dedi Aswari menyambut baik dengan adanya bantuan dari Pertamina EP Asset 1 Ramba Field dibidang pendidikan. Pihaknya juga bersyukur dan berterima kasih atas bantuan Pojok Baca dan renovasi atap gedung sekolah SDN 01 Ramba yang sangat besar manfaatnya.
...
2020-03-03
Agincourt Resources Serahkan 2 Proyek CSR Senilai Rp 1 Miliar
PT Agincourt Resources (PTAR) menyerahterimakan pembangunan Rambin (jembatan gantung) Martabe dan fasilitas produksi jagung pipil yang dikelola Koperasi Karya Mulia Bhakti di Desa Sumuran, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Kedua program community development tersebut merupakan bagian dari program peningkatan ekonomi terutama di bidang pertanian untuk masyarakat di sekitar Tambang Emas Martabe.

Rambin Martabe yang membentang sepanjang 70 meter di atas sungai Garoga dibangun untuk membantu masyarakat Desa Sumuran. Sebelum adanya jembatan gantung tersebut, petani dan warga harus menyeberangi sungai untuk pulang dan pergi menuju persawahan. Bahkan untuk membawa hasil bumi, petani harus menggunakan tali sling untuk menyeberangkan berbagai komoditi untuk dibawa pulang ke rumah.

Setidaknya ada lebih dari 90 petani menerima manfaat langsung, dan sekitar 60 hektare lahan pertanian di Sikuakua terbuka aksesnya melalui jembatan gantung tersebut.

Dalam pembangunan Rambin Martabe Sumuran, PTAR bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan dalam mendisain dan menghitung biaya pembangunan Rambin. Total biaya Rp 860 juta dan lama pembangunan 50 hari.

Pembangunan Rambin dikerjakan oleh CV Hijau Damai Lestari, kontraktor lokal dampingan PTAR dengan pengawasan PUPR dan PTAR di mana lebih dari 40 orang tenaga kerja lokal dilibatkan dalam proyek ini.

Sementara proyek pengembangan masyarakat berupa fasilitas pengolahan jagung untuk aktivitas pasca panen diresmikan untuk dikelola oleh Koperasi Karya Mulia Bhakti. Fasilitas ini terdiri dari lantai penjemuran, gudang saprodi, gudang produk, mesin perontok jagung, mesin kipas, ruang mesin, bangunan kantor dan toilet.

Kapasitas penjemuran mencapai 2 ton sedangkan gudang produk mencapai 3 ton, dengan total biaya pembangunan lebih dari Rp 200 juta. Dia menambahkan, sedikitnya 60 petani menerima manfaat langsung, dan lebih dari 50 Ha lahan kebun jagung memanfaatkan fasilitas ini.
...
2020-03-03
Kurangi Sampah Plastik, Unilever Kenalkan Refill Station
PT Unilever Indonesia Tbk memperkenalkan Refill Station pertamanya yang berlokasi di Saruga Package-free Shopping Store, Bintaro.

Kehadiran Refill Station ini, sebagai bentuk nyata dari komitmen perseroan untuk menjadi bagian dari solusi atas permasalahan sampah plastik.

Proyek uji coba Refill Station diperkenalkan sebagai bagian dari upaya Unilever Indonesia dalam memberikan pilihan kepada konsumen yang ingin menggunakan produknya sekaligus mengurangi penggunaan kemasan sekali pakai.

Tidak hanya itu, kehadiran Refill Station ini merupakan salah satu contoh penerapan konsep ekonomi sirkular (circular economy) yang selama ini dijalankan oleh Unilever Indonesia, yakni mengedepankan pentingnya unsur penggunaan kembali dan daur ulang, serta mereduksi penggunaan plastik.

Hal ini sejalan dengan komitmen Unilever secara global untuk paling lambat pada 2025 mengurangi setengah dari penggunaan virgin plastic atau plastik baru, mempercepat penggunaan plastik daur ulang, serta mengumpulkan dan memproses kemasan plastik lebih banyak daripada yang dijualnya.
...
2020-03-02
CSR IPC CAB CIREBON
Beberapa waktu lalu, IPC Cirebon berkesempatan untuk menyalurkan bantuan kepada korban terdampak banjir yang berada di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon.⁣⁣

Bantuan diserahkan melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota dan Kabupaten Cirebon, dengan total nilai bantuan sebesar Rp. 49.875.000,- (Empat puluh sembilan juta delapan ratus tujuh puluh lima ribu rupiah). ⁣⁣

Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk sembako dan kebutuhan yang bersifat urgensi bagi para korban banjir, di antaranya, kebutuhan pangan (Mie instan, sarden kaleng, bubur bayi instan, biskuit), popok bayi, dan alat-alat kebersihan (pel karet dan cairan pembersih lantai).⁣⁣
...
2020-03-02
PTAR Resmikan 2 Proyek Csr Senilai Lebih Dari Rp 1 Miliar Di Batangtoru
PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe menyerahterimakan pembangunan Rambin (jembatan gantung) Martabe serta fasilitas produksi jagung pipil yang dikelola Koperasi Karya Mulia Bhakti, keduanya berlokasi di Desa Sumuran, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Rambin Martabe yang membentang sepanjang 70 meter di atas sungai Garoga, Desa Sumuran dibangun untuk membantu masyarakat Desa Sumuran. Selama ini, sebelum adanya Rambin Martabe, petani dan warga harus menyeberangi sungai untuk pulang dan pergi menuju persawahan.

Bantuan infrastruktur PTAR melalui rambin ini akan memudahkan petani mengakses area persawahan dengan lebih aman dan nyaman. Setidaknya ada lebih dari 90 petani menerima manfaat langsung, dan sekitar 60 hektare lahan pertanian di Sikuakua terbuka aksesnya melalui Rambin ini.

Dalam pembangunan Rambin Martabe Sumuran, PTAR bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan dalam mendisain dan menghitung biaya pembangunan Rambin. Peletakan batu pertama dilaksanakan pada 17 Desember 2019. Total biaya Rp 860 juta dan lama pembangunan 50 hari. Pembangunan Rambin dikerjakan oleh CV Hijau Damai Lestari, kontraktor lokal dampingan PTAR dengan pengawasan PUPR dan PTAR di mana lebih dari 40 orang tenaga kerja lokal dilibatkan dalam proyek ini.

Sementara itu proyek pengembangan masyarakat berupa fasilitas pengolahan jagung untuk aktivitas pasca panen juga diresmikan untuk dikelola oleh Koperasi Karya Mulia Bhakti, di Desa Sumuran, Kecamatan Batangtoru. Fasilitas ini terdiri dari lantai penjemuran, gudang saprodi, gudang produk, mesin perontok jagung, mesin kipas, ruang mesin, bangunan kantor dan toilet. Fasilitas ini dikelola oleh Koperasi Karya Mulia Bakti. Kapasitas penjemuran mencapai 2 ton sedangkan gudang produk mencapai 3 ton, dengan total biaya pembangunan lebih dari Rp 200 juta.

Sedikitnya 60 petani menerima manfaat langsung, dan lebih dari 50 Ha lahan kebun jagung memanfaatkan fasilitas ini.
...
2020-02-29
PT Pertamina Gas Sambut Hut Ke-13 Dengan Donor Darah
Dalam rangka menyambut HUT PT Pertamina Gas (Pertagas) yang ke-13 dan sebagai bentuk kesadaran sosial dan kemanusiaan terhadap sesama, Pertagas menyelenggarakan kegiatan donor darah. Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta,  donor darah kali ini diikuti oleh 125 pendonor yang terdiri dari pekerja dan mitra kerja kantor pusat Pertagas.

Kegiatan donor darah ini selain merupakan kontribusi untuk masyarakat, juga merupakan upaya untuk menyehatkan diri agar terhindar dari penyakit. Selain itu diharapkan kegiatan ini rutin dilakukan minimal dua kali dalam setahun.

Dalam 13 tahun terakhir Pertagas rutin menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Pertagas ke-13.
...
2020-02-28
Pertamina Lubricants Wujudkan Komitmen Kebaikan Lewat Program "Yuk! Berbagi Itu Indah”
PT Pertamina Lubricants yang mengelola bisnis pelumas secara domestik dan internasional berkomitmen untuk memulai dan menjalankan tahun 2020 dengan kebaikan melalui program “Yuk! Berbagi itu Indah”.

Program “Yuk! Berbagi itu Indah” merupakan sebuah gerakan dimana Pertamina Lubricants mengajak konsumen dan masyarakat untuk berkontribusi kebaikan dari pembelian setiap liter produk Pelumas Pertamina segmen ritel otomotif, yakni produk pelumas Fastron, Enduro, Meditran, Prima XP dan Mesran Series.

Sebagian hasil penjualan disisikan untuk aksi kemanusiaan diseluruh Indonesia selama tahun 2020. Untuk fase pertama program ini dijalankan sejak Januari hingga 29 Februari 2020.

Pada kesempatan kali ini, PT Pertamina Lubricants menjalankan program Yuk! Berbagi itu Indah dalam bidang pendidikan bersama dengan partner distributor dari seluruh Indonesia dengan menyalurkan bantuan ke dua Sekolah Dasar Negeri yakni SDN Bangsri 01 dan 02 Desa Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah.

Kami memberikan bantuan CSR berupa perlengkapan Alat Bantu Belajar Mengajar seperti proyektor, globe, dan perlengkapan olahraga agar bisa lebih menunjang proses belajar di sekolah. Semua siswa juga menerima perlengkapan sekolah berupa tas, alat tulis dan buku.

Selain pemberian bantuan sarana belajar, Pertamina Lubricants bersama para distributor juga melakukan pengecetan pagar dan tembok sekolah SDN Bangsri 02 secara bersama-sama.

Untuk menguji dan mengasah kreatifitas para siswa, Pertamina Lubricants juga mengadakan lomba yang yakni lomba mewarnai untuk kelas 1 dan 2, lomba menggambar untuk kelas 3 dan 4 serta lomba puisi / pantun untuk siswa-siswi kelas 6. Lomba diikuti oleh lebih dari 350 siswa-siswa dari kedua sekolah dan terpilih 9 juara untuk masing-masing sekolah.

Program Yuk! Berbagi itu Indah dijalankan secara nasional dan konsumen dapat dengan mudah berkontribusi melalui pembelian pelumas di outlet owned-channel seperti Olimart dan Enduro Express, SPBU Pertamina dan bengkel umum lainnya yang bertanda khusus.

Sampai hari ini, gerakan kebaikan melalui program ini sudah dilakukan di Pekanbaru tanggal 25 Januari 2020 berupa pemberian Alat Tenun Bukan Mesin untuk Panti Asuhan Yatim Putera Muhammadiyah Kota Pekanbaru, Purwokerto tanggal 2 Februari 2020 berupa pemberian peralatan sekolah dan santunan kepada Panti Asuhan Darul Hadlonah Purwokerto dan di Palembang tanggal 8 Februari 2020 berupa pemberian perlengkapan elektronik kepada Panti Asuhan Yayasan Panti Nimas Ayu Pembayun Jakabaring.
...
2020-02-28
Pertamina Gas Cepat Tanggap Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Jakarta
Merespon bencana banjir yang melanda sejumlah titik di wilayah Ibukota yang terjadi di penghujung Februari 2020, PT Pertamina Gas menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir. Terdapat tiga titik lokasi bencara banjir yang dibantu oleh Pertagas.

Pertagas akan menyalurkan sebanyak 700 paket makanan siap santap di sejumlah titik di Jakarta senilai Rp. 50 juta. Titik-titik tersebut meliputi wilayah Jakarta Utara untuk posko Dapur Umum Sangaji dan posko dapur umum di Kramat Raya.

Khusus di wilayah Tanjung Priuk kami dibantu relawan Rumah Zakat langsung mendistribusikan ke warga yang belum evakuasi.

Pemberian bantuan bencana alam ini menjadi salah satu andil Pertagas untuk masyarakat dan sekaligus sebagai upaya untuk ikut meringankan beban masyarkat selama dalam situasi darurat bencara.

Sebelumnya, pada musibah banjir awal Januari lalu, Pertagas melalui program Pertamina Peduli juga telah menyalurkan bantuan sebanyak 1.825 kemasan makanan siap santap untuk 8 titik banjir di Jabodetabek.
...
2020-02-27
Pertamina Ajak Anak Penderita Kanker Untuk Warnai Kehidupan Dengan Senyum Dan Semangat
Suara tawa 20 anak penderita kanker dan kelainan darah mengisi salah satu ruangan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Mohammad Hoesin, Palembang. Meski dengan kondisi sakit, mereka tetap semangat mengikuti kegiatan hospital schooling.

Pertamina bersama Yayasan Kanker Anak Sumatera Selatan (YKASS) mengajak anak-anak penderita kanker dan kelainan darah ini untuk melukis di baju sebagai wadah menuangkan ide mereka serta kami ajak mendengarkan dongeng agar mereka tetap bahagia dan semangat.

Kegiatan ini masih merupakan lanjutan dari kontribusi Pertamina melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka Hari Kanker Anak Sedunia yang jatuh pada 15 Februari lalu. Pada tanggal tersebut, Pertamina turut mendukung YKASS dalam menggalang dana bagi anak-anak penderita kanker pada acara Charity Run dan Fun Bike.

Melalui hospital schooling bersama YKASS, Pertamina ingin berkontribusi lebih bagi para anak-anak ini.

Sebelum ditutup Pertamina juga sempat membagikan sedikit bingkisan dan makanan sehat bagi anak-anak yang hadir dalam hospital schooling tersebut. Mereka juga diajak untuk tidak takut lagi untuk ke rumah sakit untuk berobat.

Pada kesempatan yang sama, Dokter Dewi Rosalia Ayu selaku Ketua YKASS juga menjelaskan upaya yang dilakukan untuk memberikan semangat kepada orang tua pasien dengan cara memberikan dukungan serta  meyakinkan bahwa penyakit kanker bukan akhir dari segalanya dan masih ada kesempatan untuk dapat disembuhkan. 
...
2020-02-27
200 Insan Pertamina Ikut Donor Darah Di Gedung Sopodel
Pertamina kembali mengadakan donor darah setelah sehari sebelumnya diadakan di Kantor Pusat Pertamina. Donor darah yang diinisiasi oleh fungsi Medical Direktorat SDM diadakan di Gedung Sopodel, Jakarta.

Donor darah merupakan agenda rutin yang diadakan Pertamina setiap tiga bulan sekali. Di Gedung Sopodel, kami menargetkan 200 pendonor darah.
...
2020-02-26
Pertamina Dukung Upaya Pemulihan Lingkungan Di Agroedu Tourism Njulung-Malang
Sebagai upaya berperan dalam program Rehabilitasi Hutan dan Lahan, Pertamina bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) masyarakat Njulung, Desa Bambang Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang melakukan penanaman 1.500 pohon tanaman produktif. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui acara dengan tema “Hijau Bumiku Untuk Indonesia Maju” yang dilaksanakan di Njulung Agroedu Tourism.

Dalam kesempatan tersebut, selain penanaman pohon produktif sejumlah 1.500 pohon, Pertamina juga menyerahkan bantuan berupa mesin potong rumput sebanyak 5 unit dan tempat sampah sebanyak 15 unit untuk menjaga kebersihan dan kerapian di Area Njulung Agroedu Tourism.

Dengan Bantuan CSR tersebut diharapkan Area Njulung Agroedu Tourism tetap terjaga kebersihan dan kerapihannya, agar pengunjung ke tempat tersebut merasa nyaman dan semakin meningkat. Jika pengunjung semakin meningkat maka akan mendapatkan muliplayer effect disektor yang lainnya terutama dalam sektor perekonomian.
...
2020-02-26
Pertamina Galakkan Bank Sampah Di Sekitar Fuel Terminal Kisaran
Untuk berkontribusi mengurangi masalah sampah, Fuel Terminal Kisaran Marketing Operation Region (MOR) I, mengusung program CSR Bank Sampah Bina Mandiri. Bekerjasama dengan Rumah Zakat, program ini sudah berjalan selama dua tahun.

Aktivitas rutin yang dilaksanakan di Bank Sampah Bina Mandiri Kisaran selain penimbangan sampah nasabah juga melaksanakan kegiatan sosial lain diantaranya kerja bakti lingkungan yang melibatkan warga kisaran baru dan sekitarnya.

Program bank sampah ini bertujuan agar masyarakat tidak sekedar memproduksi dan membuang sampah. Warga diberi pengetahuan untuk memilah dan mengelola sampah. Pada kesempatan itu juga dilaksanakan pendistribusian tabung komposter pupuk cair dari sampah organik rumah tangga. Tabung komposter pupuk cair ini dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman secara alami.

Selain program bank sampah, warga sekitar Fuel Terminal Kisaran juga diberdayakan melalui program kewirausahaan. Di bidang kesehatan, warga mendapat bantuan berupa program posyandu sehat ibu dan anak tercinta (SEHATI). Sejak 2018, berbagai program CSR senilai Rp. 493.500.000 dilaksanakan bersama warga.

Diharapkan kegiatan ini dapat mengurangi sampah juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari hasil penukaran sampah.
...
2020-02-24
Program CSR Biznet Beri Mooring Buoy Untuk Jaga Kelestarian Laut
Sebagai salah satu provider internet terbesar di Indonesia, Biznet terus menggalakkan banyak sekali program pelestarian lingkungan, khususnya di Bali, sebagai upaya ikut mendukung program kelestarian laut Nusantara.

Pelestarian lingkungan di area perairan di Pulau Bali dan sekitarnya ini dilakukan dengan  menyumbangkan 150 set mooring buoy, yang dibagikan kepada para pemilik kapal di wilayah cagar laut di kawasan perairan Tanjung Benoa, Sanur, Singaraja dan Padang Bai di Karang Asem.

Kegiatan CSR ini diharapkan dapat membantu mencegah aktivitas penambatan jangkar kapal pada terumbu karang secara sembarangan di wilayah perairan Bali. Kami memberikan mooring buoy kepada para pemilik kapal di beberapa lokasi di Bali yang telah kami pilih.

Mooring buoy menjadi salah satu alternatif mengurangi kerusakan pada terumbu karang. Pelampung ini merupakan sebuah alat yang mengapung dan berfungsi sebagai marka untuk menunjukkan perbedaan wilayah, atau marka untuk menjatuhkan jangkar dan sekaligus sebagai penunjuk untuk berlabuhnya sebuah kapal.

Upaya Biznet dalam hal ini adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat nelayan/pemilik kapal dengan menyediakan Mooring Buoy sehingga para pemilik kapal bisa menambatkan perahunya di tempat yang aman dan tidak mengganggu ekosistem.

Mooring Buoy ini untuk menggantikan jerigen atau plastik yang selama ini digunakan. Yang telah digunakan selama ini akan terkesan kotor seperti sampah. Menyadari hal ini, kami tak mau setengah-setengah. Setelah berinvestasi traktor untuk membersihkan pantai, kami tergerak untuk menyediakan buoy ini, agar para nelayan tak membuang jangkar ke laut lagi.

Program Biznet Mooring Buoy merupakan program yang bertujuan untuk menyelamatkan ekosistem laut dan pesisir pantai, terutama terumbu karang. Acara kick-start pembagian mooring buoy ini dilaksanakan di Pantai Tanjung Benoa Nusa Dua pada hari Rabu 12 Februari 2020 dengan pembagian 25 unit mooring buoy kepada dua operator wisata bahari di kawasan tersebut yakni Bayu Suta Water Sport dan Basuka.

Kami memulai program ini dengan melakukan pendataan kapal-kapal yang sering memasuki kawasan tertentu dimana mooring buoy akan ditambatkan lalu menyediakan prasarananya. Kami juga mengharapkan dalam kelanjutannya, akan terbentuk group pengguna mooring buoy yang melibatkan pemerintah setempat dan pengelola kawasan seperti para pengelola wisata bahari dan paguyuban nelayan, dimana salah satu tugas dari grup ini adalah melakukan pendataan maupun perawatan mooring buoy yang telah Biznet sediakan.
2020-02-24
Aksi Lindungi Warga Sembari Lestarikan Ular Indonesia
Tim Yayasan Sioux Ular Indonesia di beberapa lokasi training pelatihan :
1. Basic Training Muscle Nganjuk Jawa Timur
2. Advance Training Muscle Nganjuk Jawa Timur

Trainer Utama Sioux : Aji Rachmat
Trainer Biologi : Donan Satria
Trainer Snake Bite : Tri Maharani
Trainer Tawon Vespa : Ilham

Rencana Program Sioux dalam waktu ke depan
1. Training Profesional Bersertifikat Snake Handling Training untuk Karyawan Pertamina Terminal BBM Plumpang
2. BTM - Basic Training Muscle Pekalongan Jawa Tengah, Sabtu 22 Feb 2020
3. Edukasi Snake Awareness di Damkar Pekalongan, Minggu 23 Feb 2020
4. Training Penanganan Tawon Vespa di Balikpapan Kaltim
5. Training Profesional Bersertifikat Snake Handling Training untuk karyawan Tambang di Balikpapan
6. Edukasi Snake Awarness di Beberapa sekolah

Program edukasi dan training ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat umum akan pengetahuan dan pemahaman karakter ular.

Saat Ini Sioux ada di sekitar 40 kota dan menyebar di 12 propinsi.
Dengan smakin tingginya konflik manusia dengan ular,  maka ke kebutuhan akan edukasi, penyuluhan dan diskusi tentang ragam spesies ular semakin di bthkan.

Menyediakan Paket Modul :
1. Snake Handling Training (Certified)
2. Snake Rescue n Relocation (Certified)
3. Pelatihan penanganan satwa berbisa Indonesia
4. Edukasi dan snake Awaresness Program

Pelatihan dapat dilakukan inhouse di seluruh Indonesia
kontak Sioux yayasansioux@gmail.com

Waspada, Tapi Jangan Bunuh Ular !
Salam Ular Indonesia

Yayasan Sioux Ular Indonesia
Wa.me/628176800446
...
2020-02-22
Pertamina Sehat
Pertamina berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia, khususnya kesehatan dan kualitas gizi mereka.

Pertamina memiliki komitmen untuk mempromosikan kualitas kesehatan yang berfokus pada kesehatan anak-anak dan ibu-ibu, dengan tujuan untuk membangun generasi yang lebih sehat.

Salah satu tujuan program pengembangan CSR kami adalah untuk membantu Pemerintah Indonesia meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan mengimplementasikan beberapa program yang bertujuan mendukung pencapaian target pembangunan manusia Indonesia. HDI adalah metode pengukuran komparatif berdasarkan pendekatan 3 dimensi utama dari pengembangan manusia: hidup yang panjang dan sehat; pengetahuan; dan standar hidup yang layak.

Mengutip laporan Program Pembangunan PBB (UNDP) yang dirilis pada 2018, HDI Indonesia pada 2017 berada di peringkat ke-116 dengan skor 0,694. Meskipun skornya lebih tinggi dibandingkan 2016, IPM Indonesia tetap berada di peringkat ke-6 di antara negara-negara Asia Tenggara.

Sebagai perusahaan yang tumbuh dan berkembang di Indonesia, kami akan mengoptimalkan kemampuan kami untuk berkontribusi pada kemakmuran negara dan kualitas hidup masyarakat. Melalui Pertamina Sehat, kami berharap dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Indonesia, terutama aspek kesehatan dan gizi yang masih bermasalah di negara tercinta ini.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
...
2020-02-21
AIR UNTUK KEHIDUPAN DI DOUDO
Jika Anda kebetulan mampir di sebuah desa bernama Desa Doudo di Gresik, Jawa Timur, Anda mungkin tidak akan pernah menyadari bahwa daerah ini pernah mengalami masa-masa sulit yang dipengaruhi oleh kekeringan. Pada saat itu, tidak ada kegiatan pertanian dan penduduk desa harus berjalan bermil-mil ke desa-desa lain untuk mendapatkan air bersih. Syukurlah, Pemerintah Kabupaten Gresik datang membantu pada tahun 2008 dengan memberikan bantuan pompa dan membuat sumur, yang kemudian diikuti oleh bantuan Pemerintah Pusat pada tahun 2014. Sejak itu, kehidupan di Desa Doudo telah berubah seiring waktu. Pada 2015, penduduk desa mulai menanam berbagai sayuran dan tanaman di halaman rumah mereka. Hingga 2018, sebanyak 349 Rumah Tangga telah berhasil mendapatkan layanan air bersih.

Aset Pertamina EP Lapangan 4 Poleng 2017 kemudian mengembangkan 5 (lima) program pelatihan untuk warga Desa Doudo, yang terdiri dari "Mata Air Desaku", Bank Sampah, pengolahan makanan "Mbok Doudo", pemanfaatan kebun rumah sebagai lahan produktif, dan pemanfaatan sebuah danau di desa untuk pendidikan dan pariwisata. Program-program ini diharapkan dapat menciptakan kegiatan yang berkelanjutan untuk masa depan, terutama melalui pengembangan desa wisata eko-pendidikan.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
2020-02-21
Daur Ulang Sampah Untuk Memberdayakan Pemuda Jalanan
Tingginya volume sampah di Jakarta menciptakan masalah tersendiri. Yayasan Kumala dengan dukungan PT Pertamina Hulu Energi Offshore Jawa Barat Utara (PHE ONJW) merangkul pemuda jalanan di Tanjung Priok untuk mengembangkan program "5R ++" (Reduce, Reuse, Recycle, Resale, dan Reshare).

Program ini menggeser konsep lama "3R" dengan proses tambahan yaitu Penjualan kembali yang menyortir, dan penjualan limbah, dan pembagian ulang, yaitu berbagi keterampilan anggota tentang proses daur ulang kepada pihak lain.

Pada awal program ini pada tahun 2011, PHE ONWJ memberikan dukungan dengan menyediakan kertas kantor limbah untuk diolah menjadi kerajinan tangan dan kemudian membeli kembali kerajinan tersebut untuk oleh-oleh. Lebih jauh, program berkelanjutan ini telah menciptakan Trainer of Trainer (ToT) di kalangan anak jalanan. Saat ini, mereka telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 12.000 peserta di seluruh Indonesia.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
2020-02-19
Rehabilitasi terumbu karang untuk memulihkan habitat laut
Pertamina melaksanakan Rehabilitasi terumbu karang untuk meraup Habitat di banyak lokasi seperti Pulau Tikus, Bengkulu; Teluk Kabung, Sumatra Barat; Pulau Pombo, Maluku; dan Pantai Tianyar, Bali. Program ini merupakan bagian dari kepedulian Pertamina terhadap keanekaragaman hayati Indonesia. Terumbu karang adalah sekelompok spesies karang yang bersimbiosis dengan tanaman alga. Fauna hidup ini adalah habitat bagi berbagai jenis hewan laut. Selain itu, terumbu karang berfungsi sebagai penyangga abrasi pantai yang disebabkan oleh gelombang laut.

Contact Person :

PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
2020-02-19
Konservasi Penyu
Konservasi penyu dilakukan oleh Pertamina di Pusat Konservasi Penyu di Pariaman, Sumatera Barat; Pusat Pendidikan dan Konservasi Penyu di Desa Serangan, Bali; Suaka Margasatwa Sindangkerta, Tasikmalaya; dan Pulau Pusong Cium, Aceh Tamiang. Pertamina memberikan bantuan untuk mengembangkan fasilitas konservasi dan mendidik masyarakat untuk membantu melestarikan penyu sebagai bagian dari ekosistem laut. Bersama dengan manajemen konservasi dan pemerintah daerah, Pertamina mengadakan kegiatan untuk melepaskan tukik penyu di pantai. Kesadaran masyarakat untuk melestarikan kura-kura adalah faktor penting dalam program konservasi, terutama karena telur penyu sering diburu untuk pengobatan tradisional.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
...
2020-02-18
Mengembangkan Konservasi Gajah di Aek Nauli
Deforestasi yang kuat di Sumatra telah mengurangi habitat gajah, memicu konflik antara penduduk lokal dan gajah karena gajah memasuki daerah pemukiman. Untuk itu, Pemerintah telah menetapkan hutan penggunaan khusus di Aek Nauli, Siantar Selatan, Pematang Siantar, Sumatera Utara sebagai area untuk Kamp Konservasi Gajah Aek Nauli yang dikelola oleh Pusat Penelitian Pengembangan Lingkungan dan Kehutanan Aek Nauli. Dukungan kami melalui TBBM Pematang Siantar untuk hewan ini dengan program konservasi belalai telah dilakukan sejak 2017 dengan bantuan tanaman pangan gajah, kendaraan transportasi pakan, obat-obatan gajah, dan peralatan pemantauan gajah. Selain itu, kami juga berkomitmen untuk mendukung peta jalan Kamp Konservasi Gajah Aek Nauli hingga 2021 dengan target untuk menciptakan ekosistem yang ideal untuk pembibitan gajah dan ekowisata ilmiah.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
...
2020-02-18
Happy Anniversary ke 3 th. Jakarta Food Traveler/ Wisata Kreatif Jakarta.
Terima kasih banyak kepada semua rekan dan semua pihak yg terus mendukung komunitas

Salam hangat untuk semua para tim Guide yang setia menemani teman-teman untuk explore dan kenali kota Jakarta  dengan cara menyenangkan dan mengenyangkan
...
2020-02-17
Taman Nasional Babul, "Kerajaan Kupu-kupu"
Kupu-kupu adalah spesies yang menempati habitat tanaman berbunga dan membantu proses penyerbukan bunga. Mereka adalah indikator lingkungan yang sehat dan ekosistem yang sehat. Sejak 2016, Pertamina melalui Depot LPG Makassar telah mendukung program Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (Babul) sebagai "Kerajaan Kupu-kupu" melalui konservasi habitat kupu-kupu. Program ini diadakan melalui beberapa kegiatan, seperti lansekap Butterfly Sanctuary, pengayaan tanaman pakan kupu-kupu, pemasangan tanda-tanda taman nasional, dan kompilasi buku suaka kupu-kupu. Melalui program ini, kami berkomitmen untuk melestarikan alam dan memperkaya keanekaragaman hayati Indonesia.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
2020-02-17
Menanam Rambai untuk Menyelamatkan Monyet Bekantan
Rambai (Sonneratia Caseolaris) adalah jenis Mangrove di daerah tambak yang memainkan peran penting dalam keberadaan Monyet Bekantan. Tahapan pohon Rambai adalah habitat bagi monyet Bekantan, sementara puncak daunnya adalah sumber makanan utama mereka. Di Pulau Curiak, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Wilayah Operasi Pemasaran Pertamina (MOR) VI mendukung penanaman 1.000 bibit Rambai yang diprakarsai oleh Sahabat Bekantan Indonesia. Bersama dengan komunitas dan siswa Banjarmasin, kami berkomitmen untuk menjaga ekosistem sungai dan melestarikan habitat Monyet Bekantan.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
...
2020-02-14
Konservasi Monyet Yaki "Si Hitam" dari Sulawesi Utara
Pertamina melalui Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Bitung mendukung program konservasi Monyet Yaki yang diselenggarakan oleh Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki yang berlokasi di Desa Watudambo, Kauditan, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, bekerja sama dengan Pusat Konservasi Sumber Daya Alam Kota Bitung (BKSDA) . Pada tahun 2017, konservasi Monyet Yaki menanam pohon di habitat Yaki dari Pusat Konservasi, dan menyelenggarakan "Yaki Youth Camp", sebuah kegiatan pendidikan awal yang diikuti oleh perwakilan sekolah dan kampus di Bitung.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
...
2020-02-14
Konservasi Elang Bondol di Kepulauan Seribu
Elang Bondol (Haliastur Indus) adalah spesies burung predator dengan endemik di India, Cina Selatan, Asia Tenggara, Indonesia, dan Australia. Sejak 1989, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah secara resmi menggunakan elang putih-cokelat ini sebagai maskot kota Jakarta.

Sejak 2016, Wilayah Operasi Pemasaran Pertamina (MOR) III telah berupaya untuk konservasi Bondol Eagle dengan memperluas bantuan untuk pengembangan Pusat Konservasi Elang Bondol di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Sampai sekarang, pusat konservasi ini telah merehabilitasi sekitar 100 Elang Bondol dan Elang Laut, dan berhasil melepaskan sekitar 70 elang dari kedua spesies ini ke alam bebas di Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Contact Person :

PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
...
2020-02-13
Konservasi Elang Jawa di Kamojang
Elang Jawa (Nisaetus Bartelsi) adalah burung pemangsa (raptor atau burung pemangsa) dengan endemik terbatas di pulau Jawa. Populasi ideal untuk Elang Jawa adalah 1.450 pasang. Namun kini populasinya hanya sekitar 108-542 ekor.

Sejak 2014, Pertamina Geothermal Energy (PGE) telah memprakarsai pendirian pusat konservasi elang "Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK)" bekerja sama dengan BBKSDA Jawa Barat dan Forum Raptor Indonesia. Terletak di Kamojang, Semarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, PKEK adalah salah satu cagar alam bagi migrasi Elang Jawa. PKEK memiliki fasilitas konservasi dengan standar internasional yang terdiri dari Pusat Informasi, Kantor, Pos Penjaga, Warung Karantina, Warung Observasi, Warung Rehabilitasi, Flying Eagle Stable, dan Educational Aviary. Tidak hanya elang jawa, PKEK juga merehabilitasi jenis elang lain seperti Brontok Eagle, Rat Eagle, dan Black Hawk. 29 dari 122 elang yang direhabilitasi diserahkan oleh penduduk setempat ke PKEK, 22 di antaranya sudah dilepaskan ke alam liar.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
...
2020-02-13
Konservasi Laut Tuntong Kura-Kura yang Terancam Punah di Dunia
Tuntong Laut (Batagur Borneoensis) adalah salah satu spesies yang terancam punah dan termasuk dalam daftar spesies yang dilindungi. Berdasarkan data International Union for Conservation of Nature (IUCN), Laut Tuntong berada di peringkat 25 dari 327 spesies langka di dunia. Dalam dekade terakhir, spesies kura-kura ini - dicirikan dengan hidung yang sedikit miring ke atas - tidak lagi ditemukan di habitatnya, termasuk Sumatera Utara, Riau, dan Jambi. Tetapi di beberapa daerah, spesies ini masih dapat ditemukan walaupun tidak banyak, termasuk di hutan bakau perairan Aceh Tamiang di Nanggroe Aceh Darussalam.

Bekerja sama dengan Yayasan Satu Cita Lestari Indonesia (YSCLI), Pertamina EP Lapangan Rantau melakukan Program Konservasi Laut Tuntong. Prioritas program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Aceh Tamiang agar para peserta menyelamatkan Laut Tuntong dari kepunahan. Ini penting karena telur Tuntong sering dikonsumsi sebagai makanan tradisional, dan cangkangnya diburu untuk dikoleksi. Selain itu, siklus 8 tahun yang dibutuhkan oleh Sea Tuntong sebelum dapat mereproduksi memang merupakan tantangan bagi program konservasi.

Program konservasi Sea Tuntong juga berfokus pada penyebaran metode penetasan baru di mana penetasan sekarang dilakukan di tempat telur ditemukan. Program ini juga memiliki kebijakan untuk membeli telur Sea Tuntong dari penduduk setempat yang diharapkan akan berkurang dan lebih jauh mengurangi konsumsi telur hewan.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
...
2020-02-12
Rehabilitasi Mangrove
Rehabilitasi mengrove akan berdampak positif pada alam, sekaligus memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat di sekitar hutan

Agar program rehabilitasi hutan bakau bekerja dengan baik, keterlibatan masyarakat pesisir di sekitar hutan merupakan faktor penentu. Pemeliharaan dan pelestarian hutan mangrove oleh masyarakat sekitar akan menjamin kelestarian ekosistem pesisir.

Contoh yang baik ditunjukkan oleh penduduk Desa Muara, sebuah desa di Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten, kepada siapa kita harus menghargai atas keberhasilan mereka dalam memanfaatkan tanaman bakau dan memacu ekonomi. Potensi ekonomi hutan mangrove dikelola dari hulu ke hilir, seperti penjualan bibit bakau, rekreasi memancing, kuliner, perahu wisata, dan bahan-bahan untuk industri tekstil. Ekowisata bakau di Desa Muai telah diresmikan sejak 2012.

Dukungan kami untuk Desa Muara berada tidak hanya dengan menyediakan bibit bakau, tetapi juga dengan mendidik penduduk setempat tentang teknik pembibitan bakau. Kami bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai fasilitator untuk berbagi dengan warga De Muara pengetahuan tentang pengelolaan hutan bakau.

Demikian juga, penduduk Desa Karangsong, sebuah desa di Indramayu, Jawa Barat, juga telah berhasil mengembangkan Ekowisata Bakau di daerah mereka. Terletak di muara Sungai Praja Gumiwang atau sering disebut Muara Song, penduduk Desa Karangsong ini bergabung dengan kelompok bernama Lestari "dan mulai menanam bakau sejak 2008 tahun kemudian, Desa Karangsong mengeluarkan Peraturan Desa untuk melindungi wilayah hutan bakau. Keberadaan peraturan ini merupakan bukti kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Dengan dukungan dari Kilang Pertamina Unit VI Balongan, program rehabilitasi hutan mangrove ini terus meningkat, hingga akhirnya Desa Karangsong ditetapkan sebagai Pusat Mangrove di Indonesia Barat dan Edupark untuk pengunjung.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
...
2020-02-12
Pertamina Hijau
"Emerald of the Equator", ini adalah ungkapan yang digunakan oleh masyarakat dunia untuk menggambarkan Indonesia. Indonesia memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga keindahan alam dan membangun hubungan yang harmonis dengan lingkungan.

Pertamina Hijau adalah program CSR untuk mendukung konservasi alam dan keanekaragaman hayati di Indonesia. Rehabilitasi tanaman yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan, konservasi flora dan fauna yang terancam punah, upaya pengelolaan limbah, hingga agenda energi hijau sebagai bagian dari inovasi untuk menciptakan energi lingkungan, adalah sebagian dari komitmen kami untuk tumbuh bersama alam dan menjaga kelestarian ekosistem.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
2020-02-11
Pembangunan jembatan gantung ke 94
Vertical Rescue Indonesia bertekad mewujudkan citanya untuk membangun 1.000 jembatan gantung bagi masyarakat pedalaman seIndonesia.

Kali ini sedang bekerja keras menyiapkan pembangunan jembatan gantung ke 94 melintas Sungai Ciberang Kab Lebak (Banten).

Diharapkab kehadiran jembatan gantung ini meningkatkan dan memudahkan mobilitas penduduk lokal sehingga bisa memajukan perekonomian dan kesejahteraan
...
2020-02-11
Perayaan Imlek Sebagai Wisata
Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, jajaran Forkompinda menghadiri perayaan Cap Go Meh.

Ada yang unik dan special dalam Perayaan hari Raya Yuan Xiao atau lebih dikenal hari raya Cap Go Meh di Kota Tegal di Tahun 2020 kali ini.

Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE.MM yang mengenakan pakaian khas etnis Tionghoa ikut langsung menggotong tandu Tao Pe Kong bersama Forkopimda Kota Tegal yang juga hadir dalam acara tersebut.

Tidak cukup sampai disitu, di kawasan Pelabuhan Tegal, Walikota Tegal bersama Wakapolres Tegal Kota Kompol Joko Wicaksono bahkan menyempatkan diri beratraksi menjadi Barongsai menghibur masyarakat.

Perayaan Cap Go Meh yang jatuh pada hari ke lima belas setelah tahun baru Imlek memang rutin diselenggarakan Kelenteng Tek Hay Kiong Kota Tegal setiap tahunnya. Adapun dalam prosesinya, dilakukan Kirab Gotong Tao Pe Kong dengan mengeluarkan satu per satu patung dewa dari dari kelenteng Tek Hay Kiong menuju pelabuhan Tegal untuk dilakukan sembahyang pantai atau sembahyang kepada dewa Tuan Rumah Tek Hay Kiong yakni Kongco Kwee Lak Kwa.
...
2020-02-10
Pertamina Bantu Buat Jalur Evakuasi Tsunami di Banten
PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Marketing Region III Wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, khususnya LPG Terminal Pertamina Tanjung Sekong bersama dengan pemerintah setempat membangun Jalur Evakuasi Tsunami di Link Kapling Baru II.

Fasilitas tersebut dibangun sebagai upaya antisipasi menghadapi situasi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu, sebagaimana bencana tsunami di Selat Sunda, 22 Desember 2018 lalu.

Aspek keselamatan selalu menjadi perhatian utama Pertamina. Karena itu kami memfasilitasi inisiatif warga dan bersama-sama membangun jalur evakuasi menuju ke perbukitan.

Link Kapling Baru II ini, lanjut Dewi, hanya berjarak 500 meter dari pinggir laut. Karena itu, areal perbukitan yang berada tepat di belakang hunian warga menjadi lokasi titik kumpul yang penting.

Pada jalur evakuasi tsunami ini lokasi titik kumpul berada di ketinggian sekitar 30 meter diatas permukaan laut, yang bisa dicapai melalui 3 jalur yakni Jalan Polairud, Jalan Kehutan 1 dan Jalan Kehutan 2.Adapun panjang jalur evakuasi mencapai 540 meter dalam bentuk jalur jalan merata dan anak tangga.

Warga Link Kapling Baru II, Kecamatan Pulomerak, Cilegon menyambut gembira pembangunan jalur evakuasi tersebut.
...
2020-02-10
Ular di Cluster perumahan
Sioux menerima dua laporan warga ke call center Sioux Snake Rescue.

Laporan ular masuk kamar mandi dan sembunyi di belakang toilet serta satu ular lagi turun dr plafon "mengunjungi" kandang kucing di rumah warga.

Kedua kasus berada di cluster kawasan tangerang selatan.

Keduanya ular Python reticulatus atau sanca  batik.

Fakta dari dua kasus konflik ular ke pemukiman warga ini adalah :
1. Ular bisa survive dan beradaptasi bagus di antara hunian warga. Terdesaknya mereka karena pembangunan memang memaksa si ular untuk lebih "cerdas" bertahan, cari makan dan bersembunyi.
2. Ular hingga mencapai sebesar itu berarti ketersediaan makanan di sekitarnya masih banyak. Ingat, semakin besar ular kbthan makannya semakin besar jg dan banyak.
3. Bertahannya ular python hingga dewasa siap kawin ini karena sudah tidak adanya predator alami dia dialam. Ular menjadi top predator yang tangguh dan efisien.
4. Hanya manusialah yang menghentikan proses rantai makanan alami di alam liar dan pemukiman ini pun itu jika si ular terlihat dan tertangkap

Karenanya, kita sebagai penjaga bumi ini perlu memahami karakter ular dan menjaga keberadaan rantai makanan di alam yg seimbang untuk satwa. Mengurangi populasi ular di sekitar rumah pemukiman perlu di lakukan, tapi jangan dibunuh. jangan lupa pula menyediakan dan menjaga predator alami satwa serta kompetitor ular di ekosistem tinggal kita agar mereka tidak masuk ke hunian dan "berburu" dirumah. Jangan tangkap biawak, musang, garangan, burung karnivora, dan banyak lagi.

Kasus python mau makan kucing dari atas plafon ini sangat real dan jelas membuktikan kebutuhan ular akan makanan yg sudah mulai  sulit didapat di luar sesuai kebutuhannya, lalu mereka mencari di dalam rumah dengan mencium bau mangsanya.

Ada Kucing yg memang  berani dengan ular. Tapi saat berhadapan dengan ular besar, dia berubah jadi mangsa dan justru mengundang ular datang.

Catatan :
- ular di toilet sudah di amankan tim Sioux Snake Rescue
- ular di plafon akan memakan kucing diamankan oleh Pemadam Kebakaran Tangsel

Dokumentasi : dari warga yang melaporkan ke call center sioux snake rescue
Wa.me/628176800446

Waspada !
Tapi Jangan Bunuh Ular

Yayasan Sioux Ular Indonesia
IG ular_indonesia
...
2020-02-07
Pertamina Energi Negeri untuk Memajukan Pendidikan Indonesia
Pertamina Energi Negeri (PEN) adalah program yang melibatkan karyawan, unit operasi, dan anak perusahaan untuk berpartisipasi dalam dunia pendidikan.

Pendidikan diberikan kepada anak-anak sebagai pengantar energi awal dan dikemas sebaik dan semenarik mungkin, seperti melalui menyanyi, menari, dan mendongeng, untuk menarik minat para peserta. Program PEN 3 diadakan pada tahun 2018 dan membawa satu misi "Menyatukan Energi untuk Mendukung Literasi" diadakan secara bersamaan di 63 sekolah dasar yang tersebar di 17 wilayah di Indonesia dan melibatkan 1.435 relawan dari karyawan Pertamina.
...
2020-02-06
Masjid Bambu
ASTRA Tol Tangerang-Merak baru saja meresmikan Masjid Bambu Saka Bua'na yang berada di Area Kantor Operasional Ciujung.

Menurut Yayasan Bambu Indonesia, masjid bambu yang berarsitektur Jawa Barat dengan model “Parahu Nangkub” atau perahu dengan posisi tengkurap (red:terbalik) ini bahkan menjadi bangunan masjid bambu terbesar di dunia.

Keindahan Masjid Saka Buana ini terlihat dari keunikan bentuknya yang memiliki filosofi islami.

Seperti adanya lima buah bambu runcing yang terletak di mihrab yang menggambarkan rukun islam serta ada bambu yang berbentuk tudung puteri yang melingkar dengan 6 bilang potongan menggambarkan rukun iman, serta ada 2 buah tiang bambu terbesar di mihrab menggambarkan dua kalimat syahadat dan masih banyak lagi filosofi lainnya.

Masjid ini juga terbuka untuk siapapun yang hendak melaksanakan ibadah.

Selain itu diharapkan masjid ini menjadi salah satu tempat tujuan beribadah masyarakat ketika mengunjungi Banten.
...
2020-02-05
Snake Awareness Program
Adalah modul pelatihan dari Yayasan Sioux Ular Indonesia berdurasi 2-3 jam untuk mengenalkan fakta mitos ular kaitannya dengan aspek biologinya, teknik membedakan ular berbisa atau tidak berbisa, cara penanganan gigitan ular update WHO 2016 dan juga cara praktis menangani ular di rumah/pemukiman / komunitas.

Program ini sangat tepat di berikan pada anak siswa sekolah, warga perumahan, keluarga karyawan pabrik, komunitas pegiat alam, instansi dan perushaan maupun ke militer serta kepolisian.

Proposal penawaran tentang program Snake Awareness di seluruh Indonesia oleh Yayasan Sioux dapat menghubungi Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia di wa.me/628176800446 . Kami siap memberikan pelatihan ke seluruh penjuru Nusantara.

Dokumentasi Snake Awareness Program untuk warga cluster, keluarga pertamina Cirebon dan safety talk briefing ke karyawan Adaro Batubara Kalteng

Waspada, pelajari tapi jangan bunuh ular

Yayasan Sioux Ular Indonesia
...
2020-02-03
Proses Bentang Jembatan Gantung Ke-91
Vertical Rescue Indonesia terus bentangkan ekspedisi jembatan gantung ke 91, sebagai bagian cita 1.000 jembatan gantung untuk Indonesia.

Ini dibangun di Kampung Muhara desa Ciladaeun Lebak Gedong (Kab Lebak, Prov Banten).
...
2020-01-31
Peragaan Busana Bertema Kampanye Lingkungan
Menyambut Hari Raya Imlek tahun 2020, Komunitas Empu bekerjasama dengan Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Semarang, Sekar Kawung, Empu Jalin Karsa Mutiara, Nine Penenun, Gema Alam NTB, Lusy Tjan, Kana Sibori, Bangsa, Batik Zie, Jamtra Cassava Silk, Arana ASSPUK, dan Hijrah Creative menggelar acara fashion yang bertema lingkungan lestari berkelanjutan.

Peragaan busana tersebut dilakukan di atas kapal milik nelayan di kawasan Kampung Tambak Lorok Kota Semarang, beberapa hari lalu.

Acara ini menyedot perhatian masyarakat karena berbeda dari peragaan busana pada umumnya.

Koordinator Komunitas Empu, Leya Cattleya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian kedua dari Festival Empu yang digelar di 2020 ini. Sebelumnya, kegiatan pertama dilakukan di pekan pertama Januari kemarin.
...
2020-01-29
Peresmian Jembatan Gantung Ke 77 oleh Vertical Rescue
Saat peresmian jembatan gantung ke 77 Desa Cigobang. Ini bahagian dari gerakan "1.000 jembatan gantung untuk Indonesia" oleh Vertical Rescue Indonesia.

Nampak pimpinan Teddy Ixdiana bersama perwakilan donatur dari MNC Group, Jesica Tanoesudibjo.
...
2020-01-27
Charity Gowes BDBC Pertamina
Mengisi waktu luang di akhir pekan dengan bersepeda sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh komunitas Bukit Datuk Bicycle Club (BDBC) Pertamina atau dikenal sebagai komunitas pekerja Pertamina RU II yang gemar bersepeda.

Namun kali ini hal tersebut menjadi luar biasa, kala para goweser Pertamina menyinggahi salah satu panti asuhan di dalam rute bersepeda.

Pembina BDBC yang juga Manager Turn Around Pertamina RU II Arnold Edward menyebut kegiatan tersebut sebagai Charity Gowes.

Kali ini Panti Asuhan Ar Razak menjadi lokasi Charity Gowes dan diikuti oleh 65 orang anak yatim piatu beserta para pengurus.

Pada kesempatan ini juga menyerahkan donasi sebesar Rp 12.600.000 kepada pihak panti asuhan yang terkumpul dari 52 peserta gowes yang hadir.
...
2020-01-24
McDonald’s donasi Rp 322,2 juta untuk RSCM
McDonald’s Indonesia menggelar program donasi untuk membantu relokasi Ronald McDonald Family Room yang saat ini berlokasi di Departemen Radioterapi RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Donasi Program Berbagi Harapan Bersama Yayasan Ronald McDonald’s untuk mendonasikan hasil dari setiap penjualan satu Beef Presperity Burger sebesar Rp 2.500. Selama periode program tersebut jumlah donasi yang terkumpul sebesar Rp 322.235.000.

“Hasil dari donasi ini akan diberikan langsung kepada YRMHC agar dapat mewujudkan harapan untuk memperluas Family Room yang selama ini digunakan sebagai ruang tunggu dan bermain bagi pasien anak dan orang tuanya agar menjadi lebih nyaman,” ungkan Caroline Kurniadjadja selaku Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia.

Caroline menjelaskan ruang tunggu tersebut bukan hanyan sekedar untuk menunggu. Tapi juga menjadi tempat melupakan sejenak stres dan menjadi ajang berbagi dengan sesama orang tua yang anaknya mengalami penyakit serupa. Sehingga mereka bisa berbagi pengalaman dan saling menguatkan antara satu dan lainnya. Sayangnya, ukurannya saat ini terbilang kecil karena hanya mampu menampung 25 orang dan padat setiap harinya.

Donasi akan digunakan untuk memperluas ruang tunggu tersebut menjadi 2,5 kali dari luas saat ini.
...
2020-01-22
Pengembangan SDM di Desa Wisata
Asosiasi Experiental Elearning Indonesia (AELI) menyasar desa-desa wisata dan sekolah untuk pelatihan pengembangan sumberdaya manusia (SDM). AELI melihat potensi desa wisata untuk mendukung industri pariwisata sangat besar, namun kualitas SDM nya masih rendah.

“Ada banyak desa yang berpotensi menjadi desa wisata. Ini peluang bagi AELI sehingga program ke depan kami akan fokus membuat modul-modul pelatihan dan melakukan pendampingan SDM di desa-desa wisata,” kata Ketua Umum AELU Nurfahmi.

“Di kabupaten Sleman saja ada 20 desa wisata, di Bantul juga. Belum potensi di provinsi lain. Tumbuhnya desa-desa wisata ini membutuhkan SDM pariwisata yang berkualitas sehingga perlu diberikan pelatihan character building,” jelas Nurfahmi.
...
2020-01-20
Peduli Balita, MODENA Berikan Bantuan Berstandar UNICEF
Bergerak cepat membantu korban banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya, PT MODENA Indonesia menyambangi beberapa titik lokasi pengungsi, dengan armada MODENA Mobile Clinic Solution. MODENA memfokuskan bantuan bagi para balita dan anak-anak yang terkonstentrasi pada titik-titik pengungsian di Cililitan, Rawajati, Pancoran, Tebet, Cipandu serta Cilandak.

Untuk menyediakan makanan yang memiliki kualitas nutrisi yang baik, MODENA menggandeng Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Hal ini selaras dengan komitemen AIMI selalu menggunakan stamndar WHO dan UNICEF.
...
2020-01-17
Penyerahan Bantuan Seragam Sekolah
SVP Public and Government Relations Gojek Panji Ruky menyerahkan bantuan seragam sekolah dari Gojek kepada Kepala SDN Kapuk Muara 03 di Jakarta. Penyerahan donasi seragam sekolah tersebut merupakan salah satu bentuk realisasi kerja sama tanggap darurat banjir Gojek dengan Pemprov DKI yang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
...
2020-01-15
Panin Peduli Hijaukan Kota Makassar
PaninBank mendukung penghijauan kota yang digagas oleh POLRESTABES Makassar. Melalui program Reforest Indonesia, Panin Bank bersama anggota Polri dan TNI menanam pohon Trembesi di Ruang Terbuka Hijau yang terdapat di pinggiran sungai Jeneberang Kota Makassar, Rabu, 8 Januari 2020.
...
2020-01-11
RUN TO CARE ACEH 250 KM
Lari 250 KM Run to Care dari Meulaboh ke Banda Aceh telah selesai dilakukan.

Lima pelari finis di SOS Children's Village Indonesia yang berada di Banda Aceh pada Kamis 21 Nov 2019 pukul 17.30 WIB.

Lima pelari melakoni charity run bertajuk Run to Care dengan kampanye #AnakAcehHebat yang digelar SOS Children's Village Indonesia tersebut.

Kelima pelari itu adalah Carla Felany, Vonny Anggraini, Gatot Sudariyono, Nicky Hogan, dan Beny Syaaf. Lari berjarak 250 KM ini dilakukan dalam empat hari dari 18 November sampai dengan 21 November 2019.

"Aceh ini bertahun-tahun dengan konflik. Lalu, 15 tahun lalu tsunami menghantam. Kami berlari dengan kampanye Anak Aceh Hebat. Anak-anak di SOS Children's Village masih membutuhkan dukungan tidak hanya dana tapi juga mental dan moral. Semoga kampanye ini membuat anak-anak memiliki keyakinan bahwa mereka bisa menjadi orang hebat,," kata Nicky Hogan, mantan Direktur di BEI yang kini aktif selaku CEO BERITA SATU.

Puluhan ribu langkah yang diberikan oleh para pelari akan sangat berarti bila sahabat ikut mendukung dan bergerak bersama. Menjadi #OrangBaik yang membawa harapan dan semangat untuk ratusan #AnakAcehHebat.

Yuk, bersama ubah cita-cita mereka menjadi asa. Berikan dukungan kamu melalui: runtocare.com/aceh.
...
2020-01-06
CSR Vertical Rescue Indonesia Ekspedisi 1000 jembatan gantung untuk indonesia
Tahun Baru, Semangat Baru dan Jembatan Baru “Ekspedisi 1000 Jembatan Gantung Untuk Indonesia”. Episode Sungai Cikandang, Kabupaten Garut Jawa Barat.

VERTICAL RESCUE INDONESIA 

Pantang Pulang Sebelum Terbentang, masyarakat desa Tanjung Jaya dan desa Tegal Gede yang selalu bersemangat gotongroyong.  Semangat Adalah Harga Mati
...
2020-01-06
CSR TIMAH Tbk bersama Alobi Foundation
Alobi Foundation mengelola 4.5 hektar lahan yg dibiayai penuh oleh PT Timah di Lahan reklamasi bekas tambah timah, pulau Bangka.

Aneka kandang besar dan penampungan satwa dr burung, primata, 14 buaya, ular, rusa sambar, kancil dll disiapkan disini. Satu satunya Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) di Sumatra

ALOBI FOUNDATION
Kacang Pedang, Gerunggang, Pangkal Pinang City, Bangka Belitung Islands 33684
(Kontak 0853-8375-5799)
...
2019-12-30
Family mart gelar peduli sampah plastik
Sampah plastik amat berbahaya bagi kelangsungan alam, sehingga banyak masyarakat dan organisasi dunia mengkampanyekan daur ulang limbah plastik dan mengganti alat dari plastik dengan bahan ramah lingkungan.

Kali ini,  FamilyMart Indonesia  meluncurkan gerakan #Change4Future. Kampanye tersebut terdiri dari empat gerakan, yakni reduce, reuse, replace, dan recycle.  Jaringan waralaba di bawah naungan PT Fajar Mitra Indah ini mendukung target pemerintah mengurangi limbah plastik hingga 70 persen pada 2025. Sebanyak 150 gerai resmi FamilyMart di Jabodetabek secara serentak telah melakukan program tersebut.

Sebagai inisiatif perdana, sedotan yang 100 persen terbuat dari bahan kertas, sedotan sainless, reusable cup, reusable bag, dan sendok garpu (spok) berbahan baku ampas kopi akan diluncurkan dalam gerakan #Change4Futire.

Kini bila para pembeli yang datang ke FamilyMart bisa membeli barang-barang tersebut di gerai terdekat. Bahkan, mereka yang mau menukarkan gelas kopi dari toko manapun bisa ditularkan dengan reusable cup dari FamilyMart. Dengan melakukan hal tersebut, para pembeli bisa mendapat potongan harga 25 persen
...
2019-12-16
Bantuan air bersih dari air tambang PT Bumi Resources Tbk
PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) melalui anak usahanya PT Kaltim Prima Coal (KPC), melakukan program Pemanfaatan Air Tambang guna mendukung penyediaan air baku untuk air bersih bagi kebutuhan WTP (Water Treatment Plant) yang lebih dikenal dengan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kudungga di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Propinsi Kalimantan Timur.

Dengan kapasitas 100 liter/detik, IPA Kudungga ini dapat melayani kebutuhan air bersih mencapai 8,000 Kepala Keluarga (KK) di kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. IPA Kudungga. Ini merupakan proyek kolaborasi antara KPC dengan Pemerintah Kabupaten (PemKab) Kutim dengan dana APBD sebesar Rp45 miliar.

Dalam hal ini, pembangungan fisik IPA dilakukan oleh PemKab melalui Dinas Pekerjaan Umum, pengoperasian oleh PDAM, sementara airnya disediakan oleh KPC dari areal hutan di sekitar Pit Jupiter berkapasitas 12 juta m3.

Dukungan air baku dari area tambang KPC tersebut telah menambah pelayanan PDAM Kutai Timur hingga 80% kebutuhan air. Analisis uji kualitas air baku air minum dilakukan oleh pihak independen bersertifikat Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan diakui secara nasional. Hasil uji kualitas air baku untuk air bersih sangat baik dan bebas dari kandungan logam berat yang berbahaya bagi kesehatan, serta memenuhi standar baku mutu air baku untuk air bersih Departemen Kesehatan RI.

Air baku dengan kualitas yang baik ini telah membantu secara signifikan biaya operasional IPA Kudungga dari sisi penghematan penggunaan bahan kimia.

Melalui program dukungan air bersih bagi masyarakat ini KPC dan pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah turut mendorong tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals – SDGs) dengan terpenuhinya air bersih dan sanitasi layak secara kemitraan di wilayah kota Sangatta.
...
2019-12-06
BerInovasi berdayakan sampah plastik
Ujicoba penggunaan "Limbah Sampah Plastik Kresek" untuk Pengaspalan Jalan di Balaikota TEGAL, bekerjasama dengan INAPLAS Dan ADUPI disaksikan oleh Kementrian PUPR Dan Kemenko Maritim.
...
2019-11-25
RS Apung Dr. Lie Dharmawan
Trip kunjungan CSR SUPPORT CAMPAIGN WORK GROUP ke kapal Rumah Sakit Apung (Doctor Share)

Group ini adalah sekumpulan aktifis peduli CSR yang bahu membahu berbagi sebagai wujud dukungan sesama anggota.

Kali ini kami berkunjung ke fasilitas kapal RS Apung Dr. Lie Dharmawan (Doctor Share).

Thanks Risa dari Doctor Share atas undangannya.

Sekalian ada launching juga Reksadana "Philantrophy Social Impac Bond Fund" bersama PRINCIPAL ASSET MANAGEMENT  yang mana keuntungan dari investasi akan disumbangkan ke Doctor Share.

Kegiatan yg seru dan menginspirasi untuk bebuat sekecil apapun bagi sesama.

Kapal yang mumpuni untuk memberikan pelayanan medis khususnya pada masyarakat di gugus kepulauan terluar RI.
...
2019-11-04
CSR Hidroponik dan Bank Sampah Pertamina
Marketing Operation Region (MOR) VII Pertamina Wilayah Sulawesi terus mengembangkan budidaya hidroponik  di Kelurahan Tamalabba, Kota Makassar.

Tak hanya itu, Pertamina juga membantu pengembangan program bank sampah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan mengatakan Pertamina menggandeng komunitas perempuan yang tergabung dalam Kelompok Bank Sampah Hoki.

Untuk pengembangan hidroponik, lanjut Hatim, Pertamina memberikan bantuan green house, sistem hidroponik, dan pelatihan teknis.

Mereka dilatih budidaya hidroponik tomat, karena lebih mudah dalam hal penanaman serta bisa diolah menjadi berbagai produk olahan tomat.

Dengan hasil budidaya hidroponik, menjadi kerupuk tomat, brownis, dan saus tomat. Selain itu, tomat juga dijadikan bahan baku pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita di Posyandu dalam rangka memenuhi kebutuhan gizinya.

Untuk pengembangan bank sampah, Hatim menambahkan, Pertamina memfasilitasi kelompok Bank Sampah Hoki dengan bantuan berupa sekretariat pemilahan sampah, motor roda tiga, dan sistem pemilahan jenis sampah.

Masyarakat pun menjadi terbiasa menjaga lingkungan sehat, bersih dan bebas dari sampah.

Program ini membantu masyarakat agar terlatih dalam memilah sampah organik dan anorganik, serta sampah yang memiliki nilai ekonomi.  Warga pun jadi bisa mengenali sampah yang bisa didaur ulang atau reuse, reduse, dan recycle (3R).

Tahun ini, Pertamina mengucurkan dana CSR sebesar Rp 100 juta yang dijalankan pada triwulan keempat 2019.

Menurut Hatim, program budidaya hidroponik tahap kedua ini dimulai dengan pengadaan kelengkapan greenhouse, pengolahan sampah organik dan plastik, serta pembangunan gudang penampungan sampah.
...
2019-10-31
CSR hunian Buddha Tzu Chi untuk korban gempa Palu
Presiden Joko Widodo disambut Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Sugianto Kusuma dan Franky O Widjaja saat meninjau pembangunan hunian tetep bagi korban bencana gembap, tsunami dan likuefaksi yang dibangun Yayasan Buddha Tzu Chi di Kelurahan Tondo, Palu, Sulawesi Tengah. Presiden memastikan hunian tetap bagi ribuan korban bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di daerah tersebut akan siap huni pada 2020. Selain meninjau pembangunan hunian tetap di Kelurahan Tondo, Presiden juga meninjau lahan pembangunan hunian tetap lainnya di Kelurahan Duyu. 
2019-10-30
Palang Merah Turki membantu korban gempa Palu
Sedari awal sejak terjadinya bencana gempa dan tsunami Palu, maka Turki melalui Palang Merahnya merupakan yang paling awal ikut membantu tanggap darurat.

Bahkan sampai kini pun program rehabilitasi para korban bencana masih ditetuskan oleh Palang Merah Turki. Berbagai peralatan dan aneka kebutuhan bagi para korban masih diberikan oleh para petugasnya di lapangan.

www.kizilav.org.tr

CP : Abdullah Dogukan
Head of Delegation Turkish Red Crescent Indonesia

dogukan.donmez@kizilav.org.tr
...
2019-10-12
Pertamina Eco Camp
Pertamina menggelar Eco Camp 2019 untuk mengajak masyarakat  umum yang peduli dengan pelestarian alam dan hewan langka untuk sama-sama menyayangi  Owa Jawa di Pusat Konservasi Owa Jawa di Camping Ground Gunung Puntang, Pangalengan,  Bandung, Jawa Barat.

Eco Camp 2019 digelar selama 3 hari pada 29 – 31 Oktober 2019.
Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, menyatakan Eco Camp 2019 merupakan wadah bagi partisipasi masyarakat umum untuk sama-sama peduli terhadap  pelestarian hewan langka di Indonesia. Pelestarian Owa Jawa sendiri merupakan program CSR  PT Pertamina EP Field Subang.  

Pertamina, lanjut Fajriyah, sangat peduli dengan pelestarian hewan langka dengan terus melakukan konservasi hewan langka di Indonesia seperti Owa Jawa, Elang Bondol, Rusa Jawa, Maleo, Tukik dan lain sebagainya.

Menurut Fajriyah, Eco Camp 2019 terbuka untuk umum dengan beragam profesi, baik pekerja,  profesional, vlogger, blogger, jurnalis serta komunitas lingkungan.  Adapun persyaratannya antara lain memfollow akun instagram @pertamina dan @pertamina.ep serta akun tidak diprivat serta mengisi formulir yang ada di bio Pertamina.

Peserta wajib  membuat karya dengan tema “Aku dan Aksi Nyataku untuk Lingkungan”.
Karya dapat berupa video/Photostory durasi minimal 1 menit dan diposting di akun instagram. Karya juga bisa berupa essay minimal 1.000 kata dengan 3 foto yang diposting di instagram.
Setiap postingan jangan lupa sertakan hastag #pertaminaecocamp2019, #moveone dan  #owajawaowakita di setiap akhir caption. Postingan di instagram dilakukan pada 5 Oktober hingga 15 Oktober 2019. Pemenang akan diumumkan di akhir Oktober 2019.
2019-10-04
Rumah Sakit Apung Dokter Share
WHO ARE WE?
doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) is a non-profit organization in Indonesia
focusing on medical healthcare services and humanitarian aid. Since 2009, we have provided free medical services for those who live in rural and remote areas of Indonesia without access to healthcare.
Through our programs, we have impacted thousands of lives.

VISION
Empowering people to come out of the suffering holistically by their own power

MISSION
Improving Indonesia’s health outcomes, particularly in the eastern parts through holistic healthcare services & innovative sustainable programs with the spirit of volunteerism

MEDICAL SERVICES
Mostly primary healthcare (GPs & community services) Some secondary healthcare (hospital & specialists)
2019-10-11
Maersk Drilling peduli Cancer Day
Oktober adalah bulan kesadaran akan kanker payudara, dan untuk menunjukkan dukungan orang-orang kami, MaerskDeveloper akan menggunakan mata bor berwarna merah muda. Terima kasih telah berbagi Pengembang Tim! MaerskDrilling.
2019-07-22
Teddy Ixdiana (Vertical Rescue Indonesia), membangun 1.000 Jembatan Gantung
BERAWAL DARI PAPUA
MENYEBAR SEINDONESIA
Adalah Vertical Rescue Indonesia bentukan Teddy Ixdiana yang bersama Kodam XVII Cenderawasih  di tahun 2015 membangun jembatan gantung di area menuju puncak Cartenz.
Jembatan ini memang yang pertama dibangun Teddy, tapi bukan lah menjadi yang terakhir. 
Selanjutnya melalui program “Ekspedisi 1000 Jembatan Gantung Untuk Indonesia”, Vertical Rescue Indonesia membangun jembatan perintis di daerah pasca bencana atau membuka akses daerah terpencil . 

75 JEMBATAN DIBANGUN
Hingga kini, sudah 75 jembatan gantung yg dibangunnya.
Saudara-saudara pelosok seIndonesia dimudahkan mobilitasnya.
Istimewanya, jembatan yang dibangun Vertical  Rescue Indonesia tidak  menggunakan beton.  Pembuatannya pun singkat mulai  dari 1- 5 hari.

Bagi yang berminat untuk ikut membantu mewujudkan 1.000 Jembatan Gantung untuk Indonesia maka dapat menghubungi Teddy Ixdiana via kami di (Tito Loho 0818 1817 12)
2019-07-15
Abu Sofiyan Lurah Babakan Kota Tangerang penggagas Kampung Bekelir
Lurah Babakan Bpk Abu Sofiyan, dng hasil karya CSRnya "Kampung Bekelir" di Kota Tangerang

Yg tadinya kumuh, namun bisa digalang digerakan oleh Pak Lurah dng dukungan dana Pacific Paint dan NOL APBD.

Kini semua warga bahkan sudah terbiasa dng bersih dan seni.
Bahkan menjadi maskot wisata kreatif Kota Tangerang.
Kuncinya cuma satu!
Pak Lurah pagi siang malam komitmen sbg panglima terdepan tak kenal lelah menggalang kebersamaan dng warganya.

Bagi yang tertarik untuk berwisata atau menimba ilmu pengalaman ataupun ikut membantu mengembangkan lebih lanjut dapat menghubungi Bapak Abu Sofiyan (+62 812-9859-166 / +62 896-6236-2018)

Referensi :

https://www.liputan6.com/news/read/3737787/kampung-berkelir-kota-tangerang-raih-penghargaan-wisata-kreatif-terpopuler


2019-07-08
WISATA KREATIF DKI JAKARTA with Ira Lathief
Jakarta menyimpan potensi wisata unik. Kali ini mengangkat wisata seputaran area Kalibata JakSel.
Selama ini dikenal sebagai area Taman Makam Pahlawan. Maka cocok diasakan kegiatan wisata mengunjungi nyekar ke para pahlawan yang telah mendahului kita selaku generasi penerus.
Taman Makam Pahlawan Kalibata yang asri teduh, tentu membalut nuasa haru akan jasa pendahulu kita.
Setelah nyekar ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, selanjutnya akan diajak mengunjungi markas salah satu Band Legendaris Indonesia yakni SLANK. Markasnya  berlokasi masih di seputaran Kalibata.
Berbagai macam memorabilia dapat dijumpai sebagai kenangan di markas Band SLANK ini. Akan sangat beruntung kalau kebetulan ada personal SLANK yang hadir di sana.

Bila anda tertarik silahkan hubungi :
Ira Lathief (0813-1489-8425)
Referensi Link Media:

https://www.thejakartapost.com/news/2019/07/08/a-tour-guide-s-diary.html




Note : Bilamana ada kisah atau ajakan partisipaai ataupun penggalangan utk kegiatan CSR, maka TENDER INDONESIA dapat membantu sosialisasi ke para member maupun masyarakat luas melalui website, sosmed, dan acara TV kami.
2019-07-05
PROMOTE MOUNTAIN TRACKING (WONDERFUL INDONESIA)
Megawisata International selaku operator perjalanan wisata minat khusus mengajak menikmati sensasi mendaki aneka gunung nan indah.

Perjalanan wisata eksklusif ini dikemas secara profesional, bersama guide senior dan para porter tangguh.

Megawisata International didirikan oleh ahli geologi Eky Saputra.
Silahkan hubungi di nomor 08565032428 untuk informasi lebih lanjut.
Salam pesona Indonesia.

Note : Bilamana ada kisah atau ajakan partisipaai ataupun penggalangan utk kegiatan CSR, maka TENDER INDONESIA dapat membantu sosialisasi ke para member maupun masyarakat luas melalui website, sosmed, dan acara TV kami.
2019-06-27
GO BLUE CARITA
GO BLUE CARITA Adalah Kelompok Sadar Wisata di Carita (Kab Pandeglang - Banten).
Berupaya membangkitkan kembali pariwisata pasca tsunami.

Caranya dengan mengajak wisatawan berkegiatan snorkling, sekaligus konservasi menanam terumbu karang, terumbu karang yang ditanam ini, diharapkan terus tumbuh menjadi rumah bagi biota laut ke depannya.

Untuk Keterangan lebih Lanjut Hubungi
Bapak Arip Gofur merupakan Guru Honorer di Desa Sukarame Kec. Carita Kab. Pandeglang Banten, beliau adalah Penggagas GO BLUE CARITA
 
Contact Person :
Nama          : Arip Gofur
TTL               : Pandeglang, 10 Juli 1982
Status          : Kawin
Alamat         : Jl. Raya Carita KM. 10 Kp. Sanghiang Ds. Sukarame Kec. Carita Kab. Pandeglang -  Banten
Pendidikan : S1
Pekerjaan   : Honorer  Sekolah
Email           : Goarip258@gmail.com
Riwayat Organisasi : Anggota Korp Sukarela ( ASM Ariyanti Bandung)
No Hand Phone       : 0877 7204 2248


Note : Bilamana ada kisah atau ajakan partisipaai ataupun penggalangan utk kegiatan CSR, maka TENDER INDONESIA dapat membantu sosialisasi ke para member maupun masyarakat luas melalui website, sosmed, dan acara TV kami.
 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com