Project & Tech
2021-05-10
Kapal KRI Nanggala 402 Akan Diangkat Pakai Kapal Timas DSV 1201
Usai ditemukan tenggelam di kedalaman lebih dari 800 meter di perairan utara Bali, kapal selam KRI Nanggala-402 akan segera diangkat. TNI AL akan bekerja sama dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Sekretaris SKK Migas, Taslim Yunus membenarkan hal itu. Kapal yang akan digunakan adalah Kapal Timas DSV 1201.

Dipilihnya kapal tersebut karena dianggap memiliki teknologi yang mumpuni untuk menyelam sedalam ratusan meter. Dia tidak menyebut kapan kapal itu akan ditugaskan, namun akan dikerahkan secepatnya.

Kapal ini menggunakan sistem pipelay mutakhir yang mampu beroperasi hingga kedalaman air 3.000 meter dan menangani pipa berlapis beton OD hingga 60 inch.
2021-05-05
Teknologi CoilHose
Pertamina Hiulu Mahakam berhasil mengangkat fluida komplesi dengan menggunakan nitrogen pada sumur baru NB-107 di lapangan lepas pantai Sisi Nubi.

CoilHose adalah teknologi baru di industri migas dan yang pertama kali digunakan di Indonesia. Metode ini menggunakan teknologi wireline dan pipa fleksibel berteknologi khusus sehingga memungkinkan tim well intervention melakukan injeksi fluida untuk mengoptimalkan waktu operasi dan meningkatkan produksi sumur.

Sumur NB-107 memiliki deviasi hingga 84 derajat dan tercatat sebagai yang pertama di dunia dalam mengaplikasi teknologi CoilHose dengan menggunakan roller boggie, yaitu aksesoris khusus untuk mengurangi friksi pada alat yang masuk ke dalam sumur.

Keberhasilan penggunaan teknologi CoilHose ini merupakan sinergi dan kolaborasi PHM bersama PT Elnusa Tbk, PT Expro Indonesia dan PT Baker Hughes Indonesia.
2021-04-26
Peluang Bisnis Dari Limbah Vaksinasi
PT Jasa Medivest terlibat penuh dalam percepatan vaksinasi yang digelar oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terutama dalam pengelolaan limbah vaksin. Direktur Utama PT Jasa Medivest Olivia Allan mengatakan selaku pionir pengelolaan limbah B3 Infeksius yang ramah lingkungan, pihaknya terus mendukung komitmen dalam setiap wujud upaya yang dilakukan.

Terlebih sejauh ini, Pemerintah Indonesia telah memesan 329,5 juta dosis vaksin Covid-19,yang artinya 7,5 juta kilogram limbah vaksin memerlukan upaya pengelolaan secara baik, benar dan aman. “Limbah vaksin terdiri dari spuit dan jarum, sisa vaksin, botol vaksin/ ampul/vial, swab alcohol, masker, sarung tangan dan alat pelindung diri,” katanya.

Menurutnya anak usaha BUMD setiap kegiatan vaksinasi memfasilitasi sejumlah wheeled bin (wadah beroda) pada area vaksinasi agar mengurangi risiko sentuhan fisik bagi tenaga kesehatan.

Selesai acara, petugas ber-APD lengkap akan mengangkut limbah vaksin dari 12 bilik vaksin yang tersedia ke dalam armada berizin milik PT Jasa Medivest, untuk dimusnahkan di plant Dawuan, kawasan pengolahan limbah medis miliknya.

“Setiap harinya, limbah vaksin tersimpan aman pada safety box dan yellow bag. Kami angkut, timbang dan catat jumlah limbahnya, tentunya kami tetap berfokus pada proses pengelolaan limbah vaksin yang baik, benar dan aman bagi kita dan lingkungan.” Limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) infeksius di Jabar berpotensi meningkat selama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berlangsung.

Guna mengatasi limbah vaksinasi, Jasa Medivest menambah kapasitas penanganan limbah B3 infeksius hingga 24 ton per harinya, 500 kilogram per jam melalui dua mesin insinerator ramah lingkungan. Olivia menjelaskan, kapasitas penanganan limbah B3 infeksius milik Jamed bisa mencapai 48 ton per harinya.

“Tahun ini, kami upayakan financial close untuk segera terbangunnya tambahan dua mesin incinerator lagi,sehingga total limbah infeksius yang bisa kami musnahkan menjadi 48 ton per hari,” kata Olivia. Jasa Medivest (Jamed) merupakan anak perusahaan BUMD Jasa Saran, yang berfokus dalam pengelolaan limbah B3 medis, berlokasi di kawasan Dawuan, Kabupaten Karawang.

Penanganan limbah medis Covid-19 yang dilakukan Jamed bersifat aman terhadap lingkungan. Sebab, pemusnahan menggunakan insinerator berbasis teknologi Stepped Heart Controlled Air dengan dua proses pembakaran bersuhu 1.000-1.200 derajat Celsius, dilengkapi pula alat kontrol polusi udara. Olivia melaporkan, sepanjang tahun 2020, Jamed sudah menangani 730 ton limbah medis Covid19 di sejumlah provinsi. Selain Jabar, Jamed juga menangani limbah Covid-19 dari DKI Jakarta, Maluku, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jambi, Bali, dan Yogyakarta.
2021-04-19
Scan Goa 3D
Produk baru di dunia. Scan untuk pemetaan gua dan penerapan topografi yang akurat.

Focel Fixe Startup Prancis khusus dalam foto grafik dan model digital realistis yang akurat.

Scan ponsel fotografi ini dirancang untuk melaksanakan peta 3 D di gua.

Ini dapat disesuaikan dengan punggung sebagai ransel kampanye, dan pemetaan 3 D dilakukan melalui 6 kamera dan lentera yang kuat.
2021-04-13
Drilling High Pressure Well
PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) memulai pengeboran sumur eksplorasi TDE C-1X di utara Lapangan Tunu, lepas pantai Delta Mahakam, Kalimantan Timur.

Dalam operasi ini, PHM menggunakan rig Maera milik PT Apexindo Pratama Duta, Tbk.

Sumur TDE C-1X ini memiliki risiko dan tantangan operasi yang tinggi, karena berkarakter High Pressure High Temperature.
...
2021-04-03
Teknologi Pompa Air Tenaga Hidro
Memompa air dengan memanfaatkan energi dari air. Inilah yang dilakukan Kementerian PUPR lewat teknologi Pompa Air Tenaga Hidro (PATH).

Teknologi ini bertujuan untuk menaikkan air ke lokasi yang posisinya lebih tinggi dari sumber air. Air terjun dari ketinggian dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk memutar turbin. Kemudian, turbin akan memutar pompa melalui tali sabuk (belt). Dengan demikian, air dapat dipompa menuju bak penampungan yang posisinya lebih tinggi dari sumber air.

PATH digerakkan tanpa menggunakan sumber energi listrik atau bahan bakar lainnya. Alhasil, biaya operasional dan pemeliharaan pompa menjadi lebih murah. Teknologi ini telah diterapkan di sejumlah wilayah, salah satunya di Desa Wonokerso, Kecamatan Tembarak, Kab. Temanggung, Jawa Tengah.
...
2021-04-01
Proyek Jalan tol Cengkareng – Kunciran dan Serpong – Cinere
Proyek Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 km dan Tol Serpong – Cinere Seksi I (Serpong - Pamulang) sepanjang 6,5 km, kedua ruas tol itu merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Jalan tol tersebut rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pekan ini.

Jalan tol ini akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi Barat dan akan menjadi alternatif lain dari Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta. Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong.
...
2021-04-01
Proyek jalan perbatasan Kalimantan Utara
Kementerian PUPR secara bertahap melanjutkan pembangunan jalan perbatasan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Pembangunan infrastruktur jalan tersebut bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah, membuka akses daerah terisolir, juga sebagai pemerataan hasil-hasil pembangunan di luar Pulau Jawa, terutama di daerah perbatasan.

Jalan perbatasan di Kaltara memiliki panjang 992,35km, terdiri dari jalan paralel perbatasan sepanjang 614,55km dan akses perbatasan sepanjang 377,8km.
...
2021-03-31
Offshore Geotechnical Service
Ini adalah jasa yang sedang naik daun di mana penyedia kapal dan servis berteknologi pemboran ini akan membantu klien dalam menentukan lokasi sempurna untuk bakal pondasi konstruksi di dasar laut.

Bisa juga untuk lokasi submarine  pipeline, submarine cabel, kaki jack up rig, untuk keperluan penelitian lingkungan hidup dan lain sebagainya.

Ini melalui pemboran sampel  batuan dasar laut melalui pemakaian kapal khusus.
...
2021-03-31
Stasiun Sentral Manggarai
Stasiun Manggarai sedang dipersiapkan menjadi stasiun sentral Jakarta yang akan menjadi pusat pelayanan perjalanan  kereta komuter, kereta bandara, dan kereta api jarak jauh antarkota di Pulau Jawa.

Stasiun Sentral Manggarai memiliki 3 lantai, dengan fungsi masing-masing :

Lantai dasar : pintu masuk dan peron untuk 6 jalur KA komuter jurusan Bekasi dan 2 jalur KA Bandara, juga untuk angkutan barang ke arah Bogor.

Lantai 1 : penjualan tiket, layanan penumpang, area concourse untuk pergerakan penumpang/perpindahan peron, fasilitas lain.

Lantai 2 : peron untuk naik/turun penumpang.Ada 46 jalur kereta komuter jurusan Bogor dan 6 jalur KA antar kota di P. Jawa.
...
2021-03-30
Proyek Bandara Toraja dan Bandara Pantar
Presiden Joko Widodo meresmikan dua bandara sekaligus, yaitu Bandara Toraja di Sulawesi Selatan, dan Bandara Pantar, di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini dilakukan sebagai wujud keseriusan pemerintah terhadap dukungan aksesibilitas dan konektivitas transportasi untuk menunjang kegiatan ekonomi dan pariwisata di wilayah Tana Toraja dan Alor lho.

Pengoperasian Bandara Toraja ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan mempersingkat waktu tempuh perjalanan. Presiden berharap, keberadaan Bandara Toraja bisa meningkatkan sektor pariwisata di Tana Toraja dan sekitarnya.

Sedangkan Bandara Pantar dibangun untuk menciptakan konektivitas di Alor yang merupakan daerah terluar di Provinsi NTT. Bandara ini bisa didarati pesawat jenis grand caravan dan bisa menampung penumpang hingga 35 ribu penumpang per tahun.

Kini konektivitas dari dan menuju Tana Toraja dan Alor jadi semakin mudah. Semoga, pengoperasian kedua bandara ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di wilayah masing-masing.
...
2021-03-30
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 22 Maret – 27 Maret 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-03-29
Proyek jalur Double Double Track
Kementerian Perhubungan tengah melakukan pembangunan jalur Double Double Track (DDT) untuk perjalanan kereta api Paket A tahap I Manggarai - Cikarang dengan item pekerjaan meliputi : Pembangunan Stasiun Jatinegara, Matraman, dan Manggarai; sisi barat new track elevated Manggarai – Jatinegara dan Bukit Duri – Cikini, yang secara keseluruhan telah selesai 98%.
...
2021-03-29
Pasca terbakarnya tanki di area Kilang Balongan
Saat ini insiden kebakaran di area kilang Balongan sudah terkendali dan mulai padam. Yang terbakar adalah tanki 42 T 301 G, dan  bukan kilangnya. Adapun tanki itu untuk penampung bahan baku berupa Naphtha untuk dibuat Pertalite atau Pertamax. Sementara ada  kemungkinan karena tersambar petir, di mana tanki itu merupakan tipe atapnya mengapung / floating roof.
...

2021-03-29
Bandara Kuabang
Bandara Kuabang adalah Bandara di Kabupaten Halmahera utara, Provinsi ke-34 di Indonesia, yaitu Maluku Utara. Bandara ini memiliki terminal penumpang yang baru diperluas dan diperindah, yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Ada beberapa alasan mengapa lokasi Kuabang dipilih untuk menjadi Bandara. Pertama, Bandara Sultan Baabulah yang lebih dekat dari Sofifi letaknya sangat dekat dengan Gunung Gamalama, dan Gunung Dukono yang masih sangat aktif dan sering terganggu operasionalnya karena letusan kedua gunung tersebut. Kedua, Bandara Kuabang letaknya sangat strategis dengan Sofifi, ibu kota provinsi Maluku Utara yang berjarak 85 km tetapi aman dari dampak letusan Gunung Gamalama dan Gunung Dukono sehingga dapat menjadi bandara alternatif dan layak untuk dikembangkan.

Bandara Kuabang akan menjadi salah satu pintu masuk jalur udara, membuka aksesibilitas dan konektivitas dari dan menuju Kabupaten Halmahera Utara. Selain itu Bandara Kuabang dapat mendukung perekonomian setempat, melayani orang dan barang, juga mendukung pengembangan potensi pertambangan emas di Gosowong yang dikelola oleh perusahaan pertambangan nasional PT. Nusa Halmahera Minerals

Potensi pariwisata dengan tujuan destinasi wisata alam dan bahari andalan di Kabupaten Halmahera Utara yaitu Pantai Luari, Taman laut Tupu-Tupu, Taman laut Tagalaya, Taman laut Pawole, Laguna Tagalaya, Pulau Kakara, Pulau Bobale, pulau-pulau kecil Loloda, dan Pantai Panamboang juga dapat dikembangkan dengan adanya Bandara Kuabang ini.
...
2021-03-27
Proyek pelabuhan terintergrasi di Ambon
Pemerintah telah merencanakan pembangunan pelabuhan terintergrasi di Ambon, provinsi Maluku.

Rencana pembangunan pelabuhan baru Ambon yang nantinya akan terintegrasi dengan pusat kegiatan perikanan, untuk mendukung Provinsi Maluku menjadi Lumbung Ikan Nasional.

Rencana pembangunan infrastruktur dasar pelabuhan terpadu ini menggunakan APBN dan selanjutnya untuk pembangunan infrastruktur tambahan akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Pembangunan pelabuhan baru Ambon sangat diperlukan mengingat lokasi Pelabuhan sekarang sulit dan terbatas untuk dikembangkan, nantinya pelabuhan baru akan menjadi pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Timur.
...
2021-03-26
Proyek IPAL Prapat
Kementerian PUPR tengah membangun jaringan pipa Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Parapat yang akan terkoneksi di dua wilayah yaitu Parapat, Kab. Simalungun dan Ajibata, Kab. Toba. Pembangunan direncanakan selesai pada September 2021.
...
2021-03-26
Rumah Khusus Penyandang Disabilitas
Kementerian PUPR turut memberikan perhatian bagi penyandang disabilitas di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan selesainya pembangunan 15 rumah khusus tipe 28 untuk para penyandang disabilitas tunanetra di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Rumah khusus difabel itu juga memiliki spesifikasi yang sangat baik, antara lain jaringan listrik, Prasarana Sarana Utilitas (PSU) , dan sarana air bersih PDAM serta guiding block atau garis kuning sebagai petunjuk jalan bagi kaum tunanetra.
...
2021-03-25
Proyek Terowongan Tol Cisumdawu
Proyek yang merupakan agenda prioritas Presiden Joko Widodo ini akan menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

Tol Cisumdawu dibangun sebagai dukungan agar Bandara Kertajati dapat beroperasi penuh, dengan mengurangi waktu tempuh Bandung ke Bandara Kertajati menjadi kurang dari 1 jam.

Twin Tunnel Tol Cisumdawu menjadi ikon dari tol ini. Pada Juni 2014, gagasan membangun terowongan kembar di proyek Tol Cisumdawu hanya salah satu opsi yang akan dipilih. Ada opsi lain selain membangun terowongan. Kala itu opsinya memindahkan trase sisi Tanjungsari dan sisi Sumedang untuk menghindari risiko 'menabrak' gunung agar tak ada terowongan. Namun kala itu opsi ini tak jadi pilihan karena akan banyak mengubah trase lahan tol yang sudah dibebaskan. Setelah dievaluasi dan melalui pertimbangan engineering, akhirnya dipilih opsi untuk membelah perut gunung yang lebih pendek untuk dibangun terowongan sepanjang 471 meter.

Terowongan Tol Cisumdawu yang akhirnya rampung pada 2019 kemarin sudah bersiap diri untuk dilewati bagi yang sudah gak sabar road trip ke Wilayah Sumedang dan sekitarnya pada akhir tahun ini.
...
2021-03-25
Jacket Offshore siap Sail Away
Jacket Offshore siap Sail Away di Bintan Yard milik PT Meindo Elang Indah (MEI), di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Dalam acara ini dilakukan seremoni persiapan JSN jacket load out dan persiapan sail away.
...
2021-03-24
Proyek PLBN Terpadu Serasan
Kementerian PUPR telah memulai pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Serasan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

PLBN Terpadu Serasan termasuk PLBN dengan kategori Laut, sehingga hanya dapat diakses melalui jalur perairan. PLBN Terpadu Serasan memiliki nilai strategis sebagai beranda terdepan Indonesia karena berbatasan langsung dengan Vietnam dan Kamboja di bagian utara, serta Singapura dan Malaysia di bagian barat dan timur.

Ditargetkan selesai pada 2022, ke depan PLBN Terpadu Serasan tidak akan hanya menjadi bangunan pos lintas batas, namun juga Kantor Syahbandar untuk mendukung pengawasan transportasi laut di kawasan tersebut.
...
2021-03-24
Proyek SPAM Regional Umbulan
Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Umbulan secara teknis siap beroperasi, menyusul selesainya pembangunan dukungan konstruksi oleh Kementerian PUPR.

SPAM ini berkapasitas 4.000 liter/detik yang dapat melayani 310.000 sambungan rumah (SR) atau 1,3 juta orang. Sumber air bakunya berasal dari mata air Umbulan di Kab. Pasuruan yang disalurkan ke Kota Pasuruan, Kab. Pasuruan, Kab. Sidoarjo, Kab. Gresik, dan Kota Surabaya.

SPAM Regional Umbulan dibangun melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Agar tarif air terjangkau bagi masyarakat, Kementerian PUPR memberikan dukungan berupa pembiayaan dan pembangunan pipa dari titik offtake sampai ke jaringan pipa distribusi utama, pembiayaan dan pembangunan fasilitas instalasi pengolahan air dari Kali Rejoso, serta penempatan pipa dan pengurangan biaya sewa lahan di jalan tol yang dilalui.
...
2021-03-23
Bangun Sumur Bor di Enam Titik
Sebagai upaya mitigasi bencana pasca bencana gempa bumi di wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, Kementerian PUPR telah membangun sumur bor di enam titik untuk memenuhi penyediaan air bersih bagi warga setempat.

Enam titik sumur bor tersebut yakni di Stadion Manakara, Kantor Gubernur, Korem 142 Mamuju, Polda Sulawesi Barat, Terminal Simbuang, dan Desa Mekkata. Saat ini seluruhnya telah selesai dibangun dan sudah dimanfaatkan warga sekitar terutama para pengungsi korban gempa beberapa waktu lalu.

Pompa sumur bor tersebut dioperasikan menggunakan tenaga surya (matahari) sehingga jika suatu saat terjadi bencana atau gangguan listrik, pompa tersebut masih bisa menyuplai air bersih.
...
2021-03-23
Proyek Tanggul Teluk Palu
Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Tanggul Teluk Palu /Pantai Silebeta (Silae, Lere, Besusu dan Talise) yang didesain untuk menahan muka air laut tertinggi sehingga tidak membanjiri Kawasan Tangguh Bencana Silebeta serta menanggulangi abrasi.

Tanggul laut ini dibangun sepanjang sekitar 7,4 km di Pesisir Teluk Palu, membentang mulai dari ujung Jalan Cumi - Cumi hingga Kawasan Penggaraman. Pekerjaan tanggul pantai ini merupakan bagian dari Pekerjaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dengan dibangunnya tanggul laut/pengaman Pantai Silebeta diharapkan dapat memberikan rasa aman warga dari kemungkinan naiknya air laut akibat pasang, salah satunya juga meminimalisir dampak bencana jika tsunami sewaktu-waktu terjadi kembali.
...
2021-03-22
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 15 Maret – 20 Maret 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-03-22
Proyek Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim Seksi 1
Proyek pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim Seksi 1 Simpang Indralaya - Prabumulih sepanjang 65 Km. Saat ini progres konstruksi telah mencapai 29,52%. Ditargetkan rampung konstruksinya pada tahun 2022 mendatang.
...
2021-03-20
Proyek penanganan longsor Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Km 122
Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus menyelesaikan penanganan longsor Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Km 122. Ditargetkan selesai konstruksinya awal April 2021 dan Jalan Tol Cipali dapat beroperasi kembali untuk dilintasi kendaraan khususnya pada KM 122.

Telah dilakukan pekerjaan pengecoran capping beam dan parapet, kemudian pemasangan bore pile 61 titik sudah dilaksanakan 100%. Saat ini sedang dilakukan pekerjaan bekisting dan pembesian parapet pada segmen selanjutnya. Sebelumnya, sebagai informasi penyebab longsor yang terjadi beberapa waktu lalu dikarenakan oleh gerusan lereng badan jalan akibat tingginya intensitas hujan sehingga mengakibatkan jalan tersebut amblas sepanjang 40 meter.
...
2021-03-19
Proyek SPAM Regional Jatiluhur I
Kementerian PUPR tengah membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I dengan memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur di Jawa Barat. SPAM Regional Jatiluhur I akan menyediakan pasokan air minum sebesar 4.750 liter/detik, yang akan didistribusikan kepada sekitar 380.000 sambungan rumah (SR) atau sekitar 1,9 juta jiwa di DKI Jakarta dan Jawa Barat, yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang. Proyek ini ditargetkan selesai pada kuartal I tahun 2024.
...
2021-03-19
Proyek IPALD Skala Permukiman
Kementerian PUPR tengah membangun dua Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik (IPALD) Skala Permukiman di Kec. Kramat Jati dan Kemayoran, DKI Jakarta dengan total kapasitas pengolahan limbah 350 m3 per hari. Kedua IPALD ditargetkan rampung pada Agustus tahun ini.
...
2021-03-18
Proyek infrastruktur pendukung di kawasan perbatasan
Kementerian PUPR membangun infrastruktur pendukung untuk menunjang perekonomian di kawasan perbatasan. Dilakukan 17 kegiatan pembangunan infrastruktur di kawasan PLBN Aruk, Motaain, dan Skouw yang akan diselesaikan pada 2021-2022. Kegiatan yang dilakukan antara lain mencakup pembangunan jalan dan jembatan, sistem penyediaan air minum (SPAM), sumur bor air tanah, dan saluran irigasi primer.
...
2021-03-16
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 08 Maret – 13 Maret 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-03-16
Peralatan Cas Mobil Listrik Karya Nasional
Peralatan SPKLU produksi PT Bambang Djaja ini telah memiliki 3 tipe soket pengisian ulang, yaitu Type-2 untuk pengisian Arus Bolak Balik, CHAdeMO untuk pengisian Arus Searah, dan CCS2 untuk pengisian kombinasi Arus Searah dan Arus Bolak Balik. Peralatan SPKLU produksi PT Bambang Djaja saat ini telah siap dipasarkan.
...
2021-03-15
Proyek TPA Regional Piyungan
Kementerian PUPR tengah merevitalisasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Regional Piyungan, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Revitalisasi ini dilakukan untuk memperpanjang usia operasional TPA hingga tahun 2024.

Pekerjaan Revitalisasi TPA Piyungan telah dilaksanakan sejak 11 November 2020 yang dilaksanakan oleh PT. Rosa – Seto, KSO. Hingga saat ini Revitalisasi TPA Piyungan konstruksinya telah mencapai 19,28 % dan ditargetkan akan rampung pada Maret 2022.
...
2021-03-15
Proyek Bendungan Karalloe
Kementerian PUPR tengah menyelesaikan tahap akhir pembangunan Bendungan Karallloe di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Bendungan berkapasitas 40,53 juta m3 ini siap dilakukan impounding atau penggenangan awal untuk menjaga kontinuitas suplai air irigasi ke lahan pertanian.

Bendungan Karalloe mulai dibangun sejak Desember 2013. Saat ini progres fisik bendungan sudah diatas 90% dan ditargetkan selesai pada Juli 2021.

Dengan luas genangan 248,50 Hektar, suplai air bendungan ini akan digunakan untuk mengairi lahan irigasi seluas 7.004 Hektar, sumber air baku 440 liter/detik, pembangkit listrik mikrohidro 4,5 MW, dan pengendali banjir untuk Kabupaten Gowa sebesar 49 m3/detik. Selain berfungsi sebagai konservasi air, Bendungan Karalloe juga memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata karena di sekelilingnya terdapat hutan sehingga udaranya masih sejuk dan bersih.
...
2021-03-13
Proyek Waduk Cacaban
Selain melakukan pembangunan, Kementerian PUPR juga melakukan rehabilitasi Waduk Cacaban, Tegal, Jawa Tengah. Rehabilitasi dilakukan untuk meningkatkan fungsi operasional dan keselamatan Waduk Cacaban.

Penataan ulang kawasan bendungan tersebut akan dilakukan di dua lokasi, yakni di tubuh bendungan dan di kawasan sekitar bendungan. Selain itu, juga dilakukan perbaikan pada spillway dan pengerukan sedimen. Rehabilitasi ini diharapkan dapat mengembalikan kondisi dan pelayanan Waduk Cacaban menjadi prima kembali sebagai sumber air irigasi dan objek wisata di Tegal.
...
2021-03-12
Proyek Pembangunan Jembatan Pulau Balang
Proyek Pembangunan Jembatan Pulau Balang di Kalimantan Timur. Saat ini tengah dilakukan uji beban sebanyak 61 Truck dengan berat masing-masing 25 ton. Uji beban Jembatan Pulau Balang dilakukan dengan memberikan beban setara 70 persen dari beban rencana maksimum. Sehingga dapat dipastikan jembatan kuat dalam menerima beban lalu lintas saat nanti difungsikan.

Jembatan yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Pulau Balang di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memiliki panjang sekitar 1,8 km dengan lebar 24 m dan memiliki 4 lajur. Waktu tempuh Balikpapan ke Penajam pun menjadi lebih singkat. Sebelumnya mencapai 5 jam melalui jalur laut menjadi 1 jam saja lewat darat melintasi Balikpapan-Kariangau-Jembatan Pulau Balang-Simpang Gersik-Penajam.
...
2021-03-12
Proyek Pembangunan Bendungan Way Apu
Proyek pembangunan Bendungan Way Apu di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. Hingga Februari progresnya sudah mencapai 23,05%. Ditargetkan selesai pada November 2022 mendatang.

Bendungan ini bertipe urugan zonal dengan inti tegak setinggi 72 meter yang dilakukan di atas lahan seluas 444,79 hektar dan luas genangan mencapai 235,10 hektar. Manfaatnya berupa air irigasi seluas 10.000 hektar dan air baku dengan debit 0,5 meter kubik per detik, mereduksi banjir sebanyak 557 meter kubik per detik, serta sebagai tempat pariwisata baru akan menumbuhkan perekonomian daerah. Selain itu, aliran air pada bendungan juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik sebesar 8 megawatt (MW) yang mampu menerangi kurang lebih 8.750 rumah di Pulau Buru dan sekitarnya.
...
2021-03-10
Proyek pembangunan Jalan tol Jakarta - Cikampek II Selatan.
Pembangunan Jalan tol Jakarta - Cikampek II Selatan seksi 3 Taman-Mekar Sadang sepanjang 27,85 Km saat ini progres konstruksinya telah mencapai 42,58 % dan ditargetkan rampung Maret 2022. Sementara Seksi 1 Jatiasih - Setu sepanjang 9,3 Km dan 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 Km sedang dalam tahap pembebasan tanah dan ditargetkan konstruksinya rampung Juni 2022.
...
2021-03-10
Proyek Jalan Tol Serang-Panimbang
Penampakan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang – Rangkasbitung Seksi I sepanjang 26,5 km ini progresnya hingga akhir Januari lalu mencapai 90,68%. Ditargetkan Mei mendatang sudah beroperasi secara fungsional. Sementara Seksi II Rangkasbitung-Cileles (24,17 Km) dan Seksi III Cileles-Panimbang (33 Km) pembangunannya akan dimulai April 2021.
...
2021-03-09
Solar Energy Untuk Masjid
PLTS kapasitas 30 KW untuk masjid. Dengan 72 panel dan baterai LiFePo 100A 48V 12 unit.
...


2021-03-08
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 01 Maret – 06 Maret 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-03-08
Pesawat Udara Nir Awak
Sebagai institusi pemerintah yang berfokus pada bidang kaji terap teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pun turut ambil bagian dalam mensukseskan cita-cita pemerintah.

Inovasi dalam bidang pertahanan ini dihadirkan melalui pengembangan Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) atau Drone, tipe Medium Altitude Long Endurance (MALE) atau disebut PUNA MALE.

Wahana yang diyakini mampu terbang tanpa henti selama 24 jam ini memiliki pengendalian multiple UAV secara bersamaan (simultan).

Konsep operasi MALE ini tentu saja memungkinkan untuk melakukan pengawasan dalam menjaga kedaulatan NKRI, baik di wilayah darat maupun laut melalui pantauan udara.

Penjagaan ini diyakini pula sangat efisien dan mampu meminimalisir risiko kehilangan jiwa karena dioperasikan tanpa pilot. Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa PUNA MALE merupakan inovasi karya anak bangsa. Pesawat Tanpa Awak MALE ini hasil rancang bangun, rekayasa dan produksi anak bangsa.

Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang P.S. Brodjonegoro menamai PUNA MALE ini dengan nama Elang Hitam (Black Hawk).

Terkait Performance PUNA tipe MALE :
Operational Radius :  250 km (LOS)
Ceiling :  7200 m
Endurance  :  up to 30 hours

Aircraft Dimension
Length  :  8.30 m
Wing Span :  16 m
2021-03-06
Proyek Jalan Tol Kunciran-Batu Ceper-Cengkareng
Ini penampakan proyek pembangunan Jalan Tol Kunciran-Batu Ceper-Cengkareng. Saat ini progres jalan tol tersebut telah mencapai 93,06% dan ditargetkan selesai Maret 2021.
...
2021-03-05
Proyek Pembangunan Tahap II Kampus UIII
Pembangunan Tahap II Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Komplek RRI Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Pekerjaan tahap II ini meliputi pembangunan Masjid Kampus, Gedung Perpustakaan, dan apartemen mahasiswi. Ditargetkan selesai pada akhir Juni 2021 mendatang.
...
2021-03-05
Shipyard Layar Perkasa Nusantara
Layar Perkasa Nusantara yang merupakan sistem company dari kontraktor asal Indonesia timur PT. Suatri, telah menyelesaikan galangan kapalnya.

Berlokasi di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan, maka galangan ini akan menjadi daya Tarik bagi pembuatan maupun perawatan armada yang dibutuhkan utnuk wilayah Indonesia timur yang bertumbuh pesat dan berbasis maritime.
...
2021-03-04
Pembangunan tanki untuk Proyek Refinery di Tuban Jatim
Pembangunan tanki untuk Proyek Refinery di Tuban Jatim
...
2021-03-04
Rig Hakuryu-14 BACK IN ACTION
Rig Hakuryu-14 kembali beroperasi di Wilayah Kerja Mahakam akhir Februari 2021, setelah menjalani Underwater Inspection Lieu Dry Docking (UWILD) sejak awal Februari 2021.

Ini adalah inspeksi berkala untuk memastikan kondisinya aman dipergunakan dan sesuai ketentuan sertifikasi yang berlaku.

Sebelumnya, jack-up rig Hakuryu-14 telah beroperasi di WK Mahakam pada periode 6 Desember 2018 hingga 6 Februari 2021. Selama periode tersebut berhasil menyelesaikan pengeboran 21 sumur di Lapangan Bekapai, Peciko, South Mahakam, dan Nubi, termasuk sumur explorasi PS-1x.

Sesuai kontraknya selama 1,5 tahun ke depan, rig ini direncanakan akan mengebor sumur-sumur offshore di WK Mahakam, termasuk sumur eksplorasi MPT-1x, dan pengeboran di 3 platform baru.
...
2021-03-03
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 22 Februari – 27 Februari 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-03-03
Kapal Pencegat
Kapal pencegat atau dikenal sebagai armada Intercept ini memiliki kecepatan jelajah untuk menghentikan kapal apapun yang masuk ke dalam wilayah larangan lintas.

Umumnya di area di mana ada pipa migas bawah laut yang rawan tersangkut kapal yang lego jangkar.

Kapal Intercept dilengkapi dengan alat komunikasi khusus News (navigation early warning system), terhubung perlengkapan pantau radar di pesisir daratan.

Jadi begitu ditangkap alat  penginderaan bahwa ada kapal yg masuk ke wilayah terlarang, maka Kapal Inrercept segera bergerak mencegat.

Nampak kapal Pencegat milik PT. ALINDA NUSANTARA
...
2021-03-02
Kapal Dengan Fi-Fi ll
Kelas FiFi II adalah kapal harus dilengkapi dengan minimal 2 (dua) monitor kebakaran, (aturan DNV) dapat menyemprotkan air sampai jarak minimum 180 meter dari kapal dan ketinggian minimum 11 meter, standar yg lebih tinggi maka kapal harus dilengkapi dengan 3 atau 4 monitor  kebakaran, dapat menyemprotkan air sampai jarak minimum 150 meter dari kapal dan ketinggian minimum 7 Meter,

Sistem FiFi II biasanya dipasang pada kapal lepas pantai seperti AHTS , atau kapal khusus lainnya.

Semoga bermanfaat
...
2021-03-01
Pemeliharaan GITET PLN
PLN secara berkala melakukan thermovisi dengan alat thermogun. Hal ini dilakukan untuk mengukur suhu pada peralatan di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET). GITET Gandul mendapat suplai energy listrik dari dua sistem pembangkitan yaitu sistem barat  dan sistem timur.

GITET Gandul mengirim energi listrik ke dua GITET lainnya di Ibu Kota Jakarta yaitu GISTET Kembangan dan GISTET Durikosambi melalui SUTET 500 kV Gandul-Kembangan dan Gandul-Durikosambi. GITET Gandul juga mensuplai energi listrik Jakarta melalui sistem 150 kV dengan 4 Trafo IBT 500/150 kV total kapasitas 2000 MVA.
...
2021-03-01
Aplikasi Sistem Registrasi Pengembangan (Sireng)
Sejak diluncurkan awal tahun 2018, aplikasi Sistem Registrasi Pengembangan (Sireng) inovasi Kementerian PUPR telah mencatat 11.789 pengembangan terdaftar per awal bulan ini.

Aplikasi Sireng merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR melakukan pengawasan terhadap kualitas rumah subsidi yang dibangun oleh pengembangan perumahan agar tetap memenuhi standar rumah layak huni.

Melalui aplikasi Sireng yang dikelolah oleh Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan, konsumen rumah subsidi dapat mengetahui status pengembangan perumahannya dengan memasukkan nama pengembang di website https://sireng.pu.go.id.
...
2021-02-27
Alat Deteksi Cegah Pembalakan Liar
Kondisi hutan Indonesia kian memburuk dan jumlah luasan hutan terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Data Forest Watch Indonesia (FWI) mencatat pada periode 2009-2013 laju deforestasi di Indonesia mencapai 1,13 juta hektare per tahun.

“Banyak faktor penyebab deforestasi, salah satunya adalah pembalakan liar (illegal logging). Hal ini mendorong kami untuk berinovasi merancang alat pendeteksi pembalakan liar yakni ILUTOR (Illegal Logging Detector),” terang Moch Sofiyulloh, pengembang alat deteksi.

ILUTOR dibuat untuk mendeteksi pembalakan liar berbasis mikrokontroler ESP32 dan Microphone MAX9814 sebagai pendeteksi suara terjadinya pembalakan liar di area sekitar alat. Ketika terjadi pembalakan liar, alat akan mengirim pesan singkat atau short message system (sms)  ke nomor server pusat penjaga hutan. Informasi yang dikirimkan melalui sms berupa nama alat yang digunakan saat pembalakan liar, nilai kebisingan, serta lokasi koordinat lintang pada area yang ditengarai ada suara gergaji mesin.

Alat ini juga terintegrasi dengan google maps sehingga keberadaannya dapat ditemukan dengan mudah.

Tidak hanya itu, semua catatan riwayat notifikasi suara penebangan liar akan disimpan dalam bentuk sms dan dapat diakses jika diperlukan. Alat ini juga terkoneksi dengan aplikasi yang mereka kembangkan dan memiliki fitur notifikasi terjadinya pembalakan liar, kampanye lingkungan, dan konten menarik lainnya.

“ILUTOR ini juga mengupgrade fungsi yang paling mendasar yaitu daya untuk menyala. Memakai baterai Hybrid dengan solar panel dan power bank sebagai pengisi daya menjadikan alat ini dapat bertahan menyala sekitar 2 minggu,” urainya.

Dia menyebutkan alat ini potensial untuk dikembangkan di berbagai kawasan hutan dengan beberapa adaptasi desain power suplly solar panel yang adaptif dipasang di hutan. Alat ini juga dirangkai dengan aplikasi edukatif yang memberikan informasi mengenai pembalakan liar dengan lokasi terkait serta beberapa informasi sekunder mengenai kawasan tersebut.
...
2021-02-26
Mahasiswa UGM Buat Aplikasi Evaluasi Perilaku Pengemudi
Mahasiswa UGM mengembangkan sebuah aplikasi untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang dinamai D’BOS.

Aplikasi tersebut dapat menilai perilaku pengemudi sehingga dapat mencegah kecelakaan yang mungkin terjadi. Dirancang dengan memanfaatkan akselerometer dan GPS pada smart phone. Piranti ini memiliki kemampuan untuk mengukur percepatan gaya dan perubahan posisi yang terjadi.

“Dengan alat ini bisa diperoleh indeks nilai perilaku pengemudi dengan indikasi pengurangan nilai seperti mengemudi dengan akselerasi agresif, zig-zag, serta batas kecepatan berkendara,” jelas Adrian Rose Jayanto, salah satu pengembang D’BOS.

D’BOS juga mendukung penggunaan bahan bakar yang efisien melalui fitur perhitungan eco-driving. Lewat integrasi realtime dengan admin, aplikasi ini dapat digunakan untuk mitra seperti ojek online dan aparat kepolisian untuk penilaian kinerja karyawan, ujian SIM, dan juga evaluasi pribadi pengguna.
...
2021-02-26
Proyek South Mahakam Gas Supply to RU V (SMGS to RU V)
PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) suplai gas dari Lapangan South Mahakam ke Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) V Balikpapan melalui fasilitas milik PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dalam proyek South Mahakam Gas Supply to RU V (SMGS to RU V).

Melalui proyek ini, PHM dapat memasok  gas hingga 28 MMscfd atau setengah dari kebutuhan gas kilang RU V saat ini yang mencapai 50 MMscfd.

PHM diuntungkan dari proyek ini karena mendapatkan harga gas domestik yang bagus. Selain itu, sinergi antar anak usaha Pertamina ini mampu menghasilkan efisiensi melalui penyediaan energi secara ekonomis dan berkelanjutan dan banyak value creation.

Proyek yang selesai tepat waktu ini mampu membuat efisiensi senilai hampir 2 juta USD dan berlangsung secara aman, tanpa kecelakaan kerja serta tanpa kasus COVID-19. Jam kerja yang dihasilkan mencapai lebih dari 600 ribu manhours, dengan melibatkan 550 pekerja dan 16 armada kapal.
...
2021-02-25
Proyek food estate di Provinsi NTT
Kementerian PUPR bersama dengan Kkementerian Pertanian saat ini tengah mengembangkan program food estate di Provinsi NTT yang diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa dan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020 - 2024.

Infrastruktur yang dibangun untuk mendukung food estate di Sumba ini terdiri dari sumur bor dan embung yang direncanakan dapat memenuhi kebutuhan irigasi lahan pertanian. Sumur pemboran sebanyak 7 unit dengan kedalaman pengeboran sedalam 57 sd 70 meter dan jarak dari sumur bor ke saluran pembagi 1.5 km tersebut mempunyai kapasitas 50,59 liter/detik untuk lahan pertanian seluas 50,59 Ha, sedangkan embung sebanyak 1 unit mempunyai kapasitas tampung 850.000 m3 untuk lahan pertanian seluas 200 Ha.
...
2021-02-24
Teknologi SPBB Khusus
Member TENDER INDONESIA, PT. Alinda Nusantara Bahari mendukung penyaluran BBM di wilayah Kepulauan Indonesia dengan tipe kapal SPBB khusus.
...
2021-02-24
Proyek Jembatan di Soetta
PT Wijaya Karya (Persero) Tbk telah melakukan topping off jembatan utama yang berada di atas jalan tol menuju arah  bandara Soekarno-Hatta. Proyek ini merupakan pekerjaan aksesibilitas bandara internasional Soekarno-Hatta.

Proyek aksesibilitas bandara dibangun dengan 4 lajur dengan total terdapat 9 bagian pekerjaan, yakni frontage utara, interchang eutara, diagonal utara, clover utara, frontage selatan, interchange selatan, diagonal selatan, clover selatan, dan jembatan utama
...
2021-02-23
Listrik Ramah Lingkungan KRL
PLN memenuhi kebutuhan listrik untuk operasional Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja – Solo. Hal ini merupakan komitmen PLN dalam mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan sekaligus mendukung infrastruktur strategis dan fasilitas umum yang melayani masyarakat.

Beroperasinya KRL Jogja - Solo berbasis energi listrik ini akan menggantikan operasional Kereta Api terdahulu yaitu Prambanan Ekspres atau Prameks. KRL Jogja – Solo diharapkan dapat mendukung pariwisata dengan transportasi umum massal yang lebih ramah lingkungan.
..
2021-02-23
Bandara JB Soedirman Wirasaba
Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Wirasaba, di Kabupaten Purbalingga.

Hingga akhir Januari 2021, progresnya sudah mencapai 85,98%. Ditargetkan dapat beroperasi mulai Mei mendatang atau sebelum Lebaran 2021.

Sementara fasilitas utama sisi udara progresnya sudah 100 persen, yakni runway, taxiway dan apron.
...
2021-02-22
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 15 Februari – 20 Februari 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-02-22
Inovasi Genomics
Diagnos Laboratorium Utama mengembangkan teknologi inovasi Genomics. Ini adalah teknologi terbaru untuk mempelajari genetic manusia. Dari gen manusia dapat mengetahui penyakit atau kesehatan suatu individu.
...
2021-02-20
Proyek Bendungan Napun Gete
Pembangunan Bendungan Napun Gete yang terletak di Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, NTT telah memasuki tahap akhir yang ditandai dengan pengisian awal (impounding) pada Desember 2020 lalu. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung air mencapai 11,22 juta m3.
...
2021-02-19
Proyek Bendungan Tapin
Proyek Bendungan Tapin, di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan diresmikan.

Bendungan Tapin dirancang dengan tipe Timbunan Batu Zonal Inti Tegak. Kapasitas tampungnya 70,52 juta meter kubik. Dengan kapasitas sebesar itu, bendungan ini berpotensi memberikan layanan irigasi di Kabupaten Tapin seluas 5.472 hektar.

Bendungan ini juga menyediakan air baku untuk wilayah Rantau, Ibu Kota Kabupaten Tapin sebanyak 500 liter per detik, dan mereduksi banjir 107 meter kubik per detik.

Selain itu, juga berfungsi sebagai konservasi air, pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sebesar 3,30 Megawatt (MW), serta berpotensi sebagai objek pariwisata tidak hanya di Kabupaten Tapin, tetapi di Provinsi Kalimantan Selatan.
...
2021-02-19
PLTMG Nias
Kehadiran PLTMG Nias sangat dirasakan oleh masyarakat Nias karena meningkatkan roda perekonomian secara luas dengan pasokan listrik.

Manfaat PLTMG Nias juga tak hanya dirasakan oleh masyarakat karena PLTMG Nias juga memenuhi pertumbuhan Beban Puncak Sistem dan pertumbuhan penjualan.

Beban puncak penjualan sudah mencapai 38 MW dari 33 MW sebelumnya.
...
2021-02-18
Proyek Pelabuhan Trisakti
Pelabuhan Trisakti terus diperluas oleh Pelindo 3, salah satunya perluasan container yard (lapangan penumpukan peti kemas), penambahan alat RTG serta memperpanjang dermaga sandar kapal.
...
2021-02-17
Proyek Kompas Bajo
Saat ini kondisi bangunan Kompas Bajo di Puncak Waringin sudah mencapai tahap penyelesaiannya, dan akan menjadi bangunan pertama yg akan selesai dari program KSPN Bajo.

KOMPAS Bajo adalah bangunan berarsitektur Manggarai yang merupakan program pertama yg mengawali KSPN Super Prioritas dengan sumbu Timur -Barat, sehingga para wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam sambil menikmati kopi Badjo yang memang merupakan komoditi unggulan di Badjo.

Selain untuk menikmati pemandangan, bangunan ini juga berfungsi sebagai pusat souvenir dan creative hub, dengan amphitheatre diantaranya untuk berbagai kegiatan seni dan budaya.
...
2021-02-17
Destromed, Alat Penghancur Limbah Jarum Suntik Covid-19
Pandemi Covid-19 telah memunculkan masalah lain, di antaranya munculnya limbah jarum suntik yang termasuk limbah infeksius atau B3 (bahan berbahaya dan beracun). Tenang! LIPI telah menciptakan alat penghancur generasi kedua : Destromed.

Seiring dengan pandemi Covid-19, penggunaan alat medis sekali pakai seperti jarum suntik semakin meningkat. Fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, dan laboratorium kesehatan melakukan prosedur medis seperti vaksinasi, pengambilan darah, pemberian infus, dan anestesi menjadi penyumbang peningkatan limbah medis jarum suntik.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui koordinasi Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) mengembangkan alat penghancur jarum suntik (APJS) generasi kedua.

Inovasinya ada pada metode elektroda geser dan sistem self-heating untuk menghancurkan bagian metal jarum suntik, serta merusak tabung jarum agar tidak dapat dipergunakan kembali.
...
2021-02-16
Proyek Bendungan Manikin
Proyek pembangunan Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT),  konstruksinya mulai dikerjakan pada 2019 melalui 2 paket pekerjaan. Hingga Januari 2021, progres konstruksi paket 1 mencapai 19% dan paket 2 mencapai 26,46%.
...
2021-02-16
PLTA Rajamandala Cianjur
PLTA Rajamandala berkapasitas 47 Mega Watt (MW) yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, beroperasi sejak Mei 2019, pembangkit ini mampu memproduksi listrik mencapai 496 Mega Watt hour (MWh) per hari dan 181 Giga Watt hour (GWh) pertahun.

PLTA Rajamandala hadir melalui kerjasama antara Anak Perusahaan PLN yaitu Indonesia Power dengan kepemilikan saham sebesar 51% dan Kansai Electric Power Corp Japan (KEPCO) sebesar 49% yang menjadi PT Rajamandala Electric Power.

Ahsin menjelaskan, listrik yang dihasilkan dari PLTA Rajamandala turut memperkuat sistem interkoneksi kelistrikan Jawa - Bali. Listrik tersebut dipasok melalui jaringan transmisi bertegangan 150 kilo Volt (kV) Cianjur - Cigereleng.

PLTA Rajamandala merupakan PLTA yang menggunakan pipa pesat terbesar di Indonesia dan menggunakan spiral case dengan bahan beton bertulang pertama di Indonesia. Selain itu, PLTA ini juga memiliki  waterway yang menggunakan sistem labirin pertama di Indonesia.
...
2021-02-15
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 08 Februari – 13 Februari 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-02-15
Pertamina EP Raih HAKI untuk Program Komputer ODR
PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) sekaligus Kontraktor Kontrak Kerjasama di bawah pengawasan SKK Migas telah berhasil memperoleh Sertifikat Hak Cipta Kekayaan Intelektual yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk Program Komputer Operational Data Repository (ODR).

Eko Agus Sardjono, Direktur Utama Pertamina EP, mengatakan Sertifikat HAKI yang diperoleh Pertamina EP untuk program ODR menunjukkan komitmen Pertamina EP dalam memenuhi target produksi yang ditetapkan pemerintah dan melakukan digital transformation untuk memudahkan analisis big data proses bisnis di upstream.

Aplikasi ODR merupakan sistem informasi modular yang menyimpan data operasi secara dinamis dan digunakan untuk membantu mengelola bisnis minyak dan gas bumi, mulai dari kegiatan eksplorasi, eksploitasi, produksi, sales, surfaces facilities, hingga safety.

Pertamina EP berhasil  membangun aplikasi IT System terintegrasi Operasional Data Repository (ODR), yang mulai dibangun sejak tahun 2016 dan berhasil diimplementasikan pada pelaporan cadangan sejak tahun 2006 hingga 2019 di dalam database nya. ODR mampu menghasilkan laporan yang sesuai standar dan memenuhi aturan perusahaan dan pemerintah.

Sebagai pionir aplikasi pelaporan cadangan dan sumber daya di industri Hulu Migas, aplikasi ODR telah mendapatkan beberapa penghargaan, antara lain meraih Gold pada Join Convention Yogyakarta 2019 (IATMI, HAGI, IAGI, IAFMI), Upstream Innovation & Improvement Award 2017, PEP Innovation & Improvement Award 2017 dan ICT challenge 2019.  Hal ini menunjukkan bahwa PT Pertamina EP mampu beradaptasi di era 4.0 dan dibuktikan dengan pemberian Sertifikat Pencatatan Ciptaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Saat ini Pertamina EP juga telah mendapatkan 7 HAKI dan 21 lainnya sedang proses menunggu terbitnya sertifikat HAKI dari Kemenkumham. "Kami mendorong utilisasi di internal Pertamina Group dan komersialisasi dengan pihak eksternal,” tutup Eko.
...
2021-02-13
Inovasi Penghitung Emisi Gas Rumah Kaca dari Lahan Pertanian
Peneliti UGM membuat terobosan baru di bidang pertanian dengan mengembangkan pertanian cerdas (smart farming) yang mampu melakukan penghitungan gas emisi rumah kaca di lahan pertanian.

Teknologi tersebut dikembangkan oleh Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Bayu Dwi Apri Nugroho, Ph.D. Melalui teknologi itu dapat diketahui informasi tentang emisi gas rumah kaya yaitu gas metan (CH4), karbondioksida (CO2), amonium (NH4) yang dihasilkan dari lahan pertanian.

Alat penghitung emisi gas rumah kaca yang dikembangkan ini dibangun dengan 5 sensor dalam field monitoring system (FMS). Sensor yang digunakan adalah sensor radiasi matahari (pyranometer), arah dan kecepatan angin (anemometer), kelembaban dan suhu udara, hujan, dan kelembaban tanah termasuk suhu dan daya hantar listrik tanah).

Dilengkapi pula dengan data logger Em50 sebagai penyimpan data. Selanjutnya telemetri yang berfungsi sebagai pengirim data dari data logger ke server otomatis setiap hari dengan memakai modem dari provider telekomunikasi di Indonesia. Alat ini juga menggunakan kamera yang berfungsi untuk memonitor padi dan solar panel sebagai pembangkit daya.

Cara kerja alat dimulai saat seluruh sensor terkoneksi dengan data logger. Pengukuran akan dilakukan secara otomatis setiap 30 menit sekali dan data akan langsung tersimpan di data logger. Selanjutnya data yang didapatkan akan diambil secara rutin setiap harinya oleh field router dan dikirim ke server melalui jaringan internet GSM. Disamping mengambil data, field router  juga akan mengirim foto lokasi satu kali dalam sehari.

Tak hanya itu, dengan penerapan teknologi ini juga memberikan manfaat bagi petani. Petani menjadi lebih dimudahkan dalam menjalankan aktivitas bertani karena telah memanfaatkan teknologi. Dengan begitu berbagai kendala yang terjadi di lahan dapat segera ditangani. Selain itu, juga mendorong peningkatan produktivitas pertanian karena penerapan kalender tanam dan pola tanam yang tepat serta biaya produksi lebih rendah
...
2021-02-12
Sentuhan Mekanisasi Pertanian Berlanjut
Kineja sektor pertanian mantap, satu-satunya sektor yg pertumbuhan PDB nya naik pada kuartal IV 2020
...
2021-02-11
Rig offshore Hakuryu - 14 inspeksi dermaga Kariangau
Rig offshore Hakuryu - 14 melakukan inspeksi di dermaga Kariangau. Inspeksi selama 14 hari sebelum balik ke lokasi pemboran offshore Pertamina Hulu Mahakam di perairan Kaltim lagi
...
2021-02-10
Pengoperasian 53 unit forklift listrik
PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) bermitra dengan BYD, produsen mobil listrik terkemuka di dunia, mengoperasikan 53 unit forklift listrik, yang merupakan jumlah armada forklift listrik terbesar di Indonesia hingga saat ini yang disuplai oleh BYD. Pembelian yang dimulai sejak tahun 2020 sekarang telah selesai sepenuhnya.
...
2021-02-10
Kembangkan Bilik Swab Covid-19
Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan bilik swab yang dilengkapi HEPA filter sehingga memudahkan dan melindungi tenaga kesehatan dalam mendeteksi infeksi virus corona (Covid-19) pada pasien.

Tenaga kesehatan tidak perlu menggunakan APD karena berada di dalam bilik. Proses pengambilan sampel lendir dari dalam hidung maupun tenggorokan pasien menggunakan sarung tangan yang menonjol keluar.

Dia berharap bilik tersebut tidak hanya membantu dan menghemat APD saat pengujian swab. Bilik ini juga dapat memberikan kenyamanan bagi petugas kesehatan saat melakukan uji swab, tetapi tetap memperhatikan keamanan tenaga kesehatan dan pasien

Tak hanya itu, bilik ini dapat mengurangi limbah alat medis serta menyiasati kekurangan perlengkapan medis. Menjadi solusi alternatif bagi petugas kesehatan di tengah keteratasan APD.

Bilik tersebut didesain dengan ukuran 90x90 cm dengan tinggi 2 meter. Bodi bilik terbuat dari bahan alumunium panel komposit (APC) dengan ketebalan sekitar 3 mm. Dilengkapi dengan pintu pada bagian belakang dan di bagian depan memakai kaca dengan tebal 6 mm dengan dua lubang yang dipasang saung tangan panjang berstandar medis dilengkapi dengan handscoon sekali pakai untuk tangan petugas kesehatan memeriksa pasien.

Bilik turut dilengkapi dengan HEPA filter yang biasa dipakai untuk membuat ruangan bersih dan steril layaknya di laboratorium. Di dalam bilik juga diberi lampu pencahayaan dan blower. Selain itu, turut dilengkapi dengan amplifier dengan speaker sebagai sarana komunikasi dengan pasien.

Desain bilik bersifat dinamis, dapat bergerak dengan empat roda di bawahnya. Dengan desain seperti itu memungkinkan bilik untuk dipindahtempatkan dengan mudah dan dapat dipakai di berbagai tempat.
...
2021-02-09
Alat Deteksi Virus Dengue
Di tengah pandemi Covid-19, Indonesia kini juga dihadapkan pada wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang mengakibatkan ratusan kematian di awal tahun ini.

Pada umumnya virus dengue penyebab demam berdarah menyebar cukup pesat di saat musim penghujan. Dilatarbelakangi kondisi tersebut, dia melakukan penelitian dan berhasil mengembangkan alat deteksi keberadaan virus dengue, khususnya stereotipe DENV-3 dan DENV-4.
 
Alat yang dikembangkan sejak tahun 2015 hingga 2017 ini telah dipatenkan. Terdiri dari sepasang primer yakni primer forward dan primer reverse. Primer ini terdiri dari basa nitrogen, guanin, sitosin, timin, serta adenin.
 
Masing-masing primer untuk serotipe DENV-3 dan DENV-4 baik primer forward dan primer reserve  memiliki panjang sekuen urutan basa yang berbeda. Sementara, primer deteksi virus dengue  serotipe DENV-3 menghasilkan produk hasil amplifikasi berukuran 196 bp. Sedangkan primer deteksi virus dengue serotipe DENV-4 menghasilkan produk hasil amplifikasi berukuran 144 bp.
 
Primer untuk deteksi virus dengue serotipe DENV-3 dan primer untuk deteksi virus dengue serotipe DENV-4 sekaligus digunakan secara baik dengan metode Reverse Transcriptase – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), Lateral Flow Immunoassay (LFIA), dan Nucleic Acid Sequence Based-Amplification (NASBA).

Alat deteksi ini telah diuji efektivitasnya dalam melakukan deteksi virus dengue. Hasilnya, primer dapat membaca atau mendeteksi keberadaan virus dengue dalam waktu kurang dari 1 hari.
...

2021-02-09
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 01 Januari – 06 Januari 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-02-08
Pembasmi Hama Tanaman dengan Drone Otonom
Peneliti FMIPA UGM mengembangkan inovasi sistem pembasmi hama dan penyakit tanaman melalui udara dengan memanfaatkan pesawat tanpa awak secara otonom.

Sistem pembasmi hama dan tanaman penyakit ini menggunakan edrone yaitu modul flight controller untuk drone yang dibuat secara mandiri dengan kemampuan terbang secara autonomus.

Sistem dikembangkan dengan memakai pesawat tanpa awak (UAV) berjenis fixed wing. UAV ini dilengkapi dengan komponen elektronik seperti motor brushless, motor servo, GPS, telemetri, baterai, dan IMU6 DOF.

Sedangkan secara mekanik dilengkapi dengan propeler 13”, maximum take of weight sebesar 4 Kg, serta bodi dan sayap dibuat dari hardfoam. Selain itu, dilengkapi pula dengan sebuah flight controller yang merupakan metode kendali Linear Quadratic Regulator (LQR).

Tak hanya itu, UAV juga memiliki kemampuan untuk membawa pestisida yang nantinya akan disemprotkan untuk membasmi hama dan penyakit tanaman.

Disamping mengembangkan sistem pembasmi hama, memanfaatkan UAV untuk fungsi lain yakni  pemetaan penyakit tanaman. Dia bersama Agus Harjoko, Ph.D., membuat sistem teknologi pengenalan penyakit dan hama untuk mengidentifikasi berbagai jenis penyakit tanaman. Kali ini UAV dengan jenis fixe wing dilengkapi dengan sebuah flight controller yang dapat terhubung dengan sebuah ground segmen yang didukung dengan menggunakan BTS Baloon.

Nantinya UAV akan melakukan pemantauan dan pemetaan pada wilayah yang ditentukan. Setelah itu, hasilnya diproses menggunakan artificial intelegence (AI) untuk mengidentifikasi wilayah yang terkena hama dan penyakit tanaman.
...
2021-02-08
Alat Pengolah Limbah Batik
Alat hasil penelitian Dr. Roto dan tim ini membantu perajin batik dalam mengelola limbah batik. Sebab selama ini pengeloaan limbah yang dilakukan perajin batik masih dilakukan secara manual dengan cara tradisional seperti model penyulingan, filtrasi dengan pasir dan ijuk, dan dengan diendapkan di beberapa tahapan yang belum bisa menghasilkan air bening. Namun, dengan kehadiran alat ini menjadi solusi persoalan limbah batik dan mewujudkan lingkungan yang sehat.

Alat yang dikembangkannya bersama dengan Dr.Fean D Sarian peneliti dari Kochi University Technologi Jepang dan Dr. Ahmad Kusumaatmaja Departemen Fisika FMIPA UGM ini mampu  menghancurkan limbah zat warna, khususnya limbah industri batik kecil dan menengah. Proses penghancuran limbah dilakukan secara kimia yakni melalui metode elektrolisis.

Dari proses tersebut menghasilkan air yang mendekati ambang baku normal yaitu kadar zat warna dari 100 mg/L menjadi <0,1 mg/L.

Air hasil pengolahan limbah disebutkan bisa digunakan kembali untuk proses batik berikutnya.  Selain itu air limbah yang telah diolah aman dibuang ke saluran air karena sudah memenuhi baku mutu limbah industri yang meliputi BOD, COD, TDS, pH, kadar logam berat dan lainnya.

Alat ini diberi nama Electro-DE (Electrolytic-Dye Eater) ini dirancang berbasis teknologi elektrokimia dengan menggunakan elektroda khusus.  Selain itu alat dilengkapi dengan radiasi untuk mempercepat pemecahan zat warna menjadi senyawa yang ramah lingkungan.

Alat tersebut saat ini telah digunakan oleh perajin batik di sebuah rumah produksi batik di Gulurejo, Lendah, Kulonprogo. Peluncuran alat secara perdana dilakukan pada 22 Januari 2020 lalu secara langsung oleh Bupati Kulon Progo Sutedjo dalam acara pencanangan program Desa Batik Sehat FKKMK UGM.

Dirancang dalam bentuk portabel berukuran 40x50x60 cm, menjadikan mesin ini bisa dengan mudah dipindah tempatkan. Dalam pengoperasiannya dapat dilakukan dengan mode automatik maupun manual dan membutuhkan daya sebesar 500 watt.

Mesin ini mampu menampung limbah cair berkapasitas 50 liter dengan konsentrasi zat warna maksimal 100 mg/L. Dalam sehari, mesin dapat beropreasi non-stop hingga 8-10 jam dengan kemampuan memproses limbah 500 liter per hari.

Alat yang dikembangkan sejak tahun 2017 silam ini telah didaftarkan paten dan ditargetkan bisa segera dikomersialisasikan pada tahun 2020 ini.

Kalau diproduksi secara massal 1 unitnya sekitar Rp. 80 juta dan bisa dipakai hingga 20 tahun kedepan,” tuturnya
...
2021-02-06
Inovasi Bio Hand Sanitizer Dengan Teknologi Nano
Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), membuat hand sanitizer spray nanopolimer berbahan herbal. Produk ini menjadi alternatif antiseptik yang belakangan langka di pasaran akibat merebaknya wabah virus corona.

Bahan baku yang digunakan dari daun sirih hijau. Daun sirih hijau dipilih sebagai bahan baku karena memiliki aktivitas antibakteri yang umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri seperti Staphylococcus auerus dan Escherichia coli. Selain itu, penggunaan antibiotik sintetik banyak menimbulkan resistensi bakteri sehingga diperlukan formulasi dari bahan alami seperti daun sirih hijau.

Hand sanitizer dibuat dengan menggunakan teknologi nano. Formulasi dalam bentuk nanopartikel dilakukan karena daun sirih hijau memiliki kelarutan yang relatif rendah dalam air. Dengan formulasi nanopartikel mampu meningkatkan sistem penghantaran obat dan kestabilan zat aktif dalam infusa daun sirih.

Karakteritik formula memiliki ukuran partikel 246,9 nm dengan efiesiensi penjerapan sebesar 23,36 persen. Diameter zona hambat sediaan nanopolimer terhadap bakteri Staphylococcus auerus dan Escherichia coli sebesar 7,85 mm dan 9,61 mm.

Spray nanopolimer infusa daun sirih ini dibuat bebas alkohol dengan menformulasikan infusa daun sirih dengan kitosan. Hadirnya produk ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi dalam mengatasi kelangkaan dan mahalnya hand sanitizer di pasaran karena penyebaran virus corona.
...
2021-02-05
Kembangkan Rektanigama
Rektanigama merupakan sebuah platform pencatatan usaha tani. Rektanigama merupakan singkatan dari Rekam Usahatani Gadjah Mada yang berfungsi sebagai alat pencatatan usaha tani berbasis aplikasi digital.

Dikembangkannya aplikasi ini agar bisa menjadi mitra petani dalam memudahkan pencatatan usaha tani khususnya dalam mendukung kebutuhan administrasi sertifikasi organik dan secara umum menjadi bagian kegiatan manajerial dalam berusaha tani dengan komoditas yang kompleks.

Rektanigama memiliki keunggulan, salah satunya petani tidak hanya mencatat input usaha tani pada akhir pengelolaan, tetapi juga mencatat aktivitas harian dengan rinci dengan tetap mengedepankan asas kemudahan dan kepraktisan. Meski begitu, kondisi sosial dan budaya petani masih menjadi pertimbangan utama bagi tim Rektanigama dalam mencari cara sistem pencatatan yang paling mudah dilakukan oleh petani.

Oleh karena itu, tim Rektanigama terus berkomitmen agar aplikasi berbasis website Rektanigama mudah untuk diakses dan digunakan oleh petani. Dengan dana hibah Kementerian Riset dan Teknologi, Rektanigama kedepan diharapkan bisa dikembangkan menjadi aplikasi pencatatan usaha tani berbasis smartphone.

Rektanigama diharapkan bisa menjadi hub dalam penyediaan data pertanian yang valid, faktual, dan assessable. Dengan data-data pertanian yang valid, faktual dan komprehensif dapat dijadikan alat dalam pengambilan kebijakan, baik di tingkat lokal, regional maupun nasional.

Ujicobakan aplikasi ini sudah dilakukan di Sleman dan Magelang dan terus dikembangkan menuju kesempurnaan aplikasi.
...
2021-02-05
Ozon Nanomist
Ozon Nanomist merupakan disinfektan yang berupa butiran uap air yang mengandung ozon nanobubble water yang akan menangkap dan mematikan virus dan bakteri yang berterbangan diudara dan yang ada di permukaan. Ozon Nanomist mempunyai keunggulan yaitu efektif membunuh virus & bakteri, tidak menggunakan bahan kimia, tidak meninggalkan residu dan yang paling penting aman untuk tubuh. Ozon Nanomist dapat dimanfaatkan di perkantoran dan sekarang sudah terpasang di kantor pusat LIPI di Jakarta.

KONTAK

Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2 Telimek LIPI)
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Alamat:
Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI
Jl. Sangkuriang – Komplek LIPI
Gedung 20
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Kode Pos 40135

Tel.: +62-22-2503055, 2504770
Fax.: +62-22-2504773
...
2021-02-04
Simple- Smart UV-C Sanitizer (Si-SUSan)
Simple- Smart UV-C Sanitizer (Si-SUSan) yaitu alat sterilisasi ruang portable menggunakan sinar UV-C yang dikendalikan secara cerdas untuk sterilisasi virus COVID-19. Si-SUSan memancarkan sinar UV-C untuk menyinari langsung permukaan benda di ruangan dan dapat mengatur beberapa parameter penyinaran melalui pengoperasioan di aplikasi Android. Si-SUSan dilengkapi sensor keamanan dari aktivitas manusia di sekitarnya. Si-SUsan dikembangkan dengan sangat sederhana, portable, dan murah sehingga dapat digunakan oleh rumah tangga, klinik atau puskesmas, kantor, sekolah dan lain-lain.

KONTAK
Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi
Jl. Sangkuriang - Komplek LIPI Gedung 20, Lt. 4
Bandung, Jawa Barat [40135] - Indonesia
email: ppet@mail.lipi.go.id
Tel. +62-22-2504660, 2504661 Fax. +62-22-2504659
...
2021-02-04
Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula - 01 (GLP HFNC-01)
Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula - 01 (GLP HFNC-01) merupakan alat terapi oksigen beraliran tinggi. Sistem kerja alat ini adalah aliran tinggi menggunakan tabung venturi yang berbasis pada penyempitan aliran masuk.

Gerlink LIPI High Flow Nasal Cannula - 01 (GLP HFNC-01) berguna untuk pasien COVID-19 tahap awal, yaitu pasien yang masih dalam kondisi dapat bernafas sendiri, mencegah pasien gagal nafas dan tidak harus diinkubasi menggunakan ventilator invasif. Alat ini juga dapat digunakan untuk pasien diagnosa paru obstruktif kronik, Restrictive Thoracic Disease (RTD), Obesity Hypoventilation Syndrome 5, deformitas dinding dada, penyakit neuromuskular dan Decompensated Obstructive Sleep Apnea.

KONTAK
Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (P2 Telimek LIPI)
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Alamat:
Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI
Jl. Sangkuriang – Komplek LIPI
Gedung 20
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Kode Pos 40135

Tel.: +62-22-2503055, 2504770
Fax.: +62-22-2504773
...
2021-02-03
Banoo
Inovasi teknologi perikanan berbasis IOT yang dinamai Banoo tersebut, lahir dari tangan lima inovator muda UGM, yakni Azellia Alma Shafira, Muhammad Adlan Hawari, Fakhrudin Hary Santoso, serta alumni Teknik Mesin 2014 yaitu Katya Dara Ozzilenda Soegiharto dan Ryan Wiratama Bhaskara.

Banoo merupakan inovasi teknologi berbasis IoT dan energi terbarukan untuk memberdayakan petani ikan di Indonesia, terutama di daerah terpencil dan mewujudkan Sustainable Development Goals (SGDs).

Banoo membuat inovasi teknologi microbubble generator guna meningkatkan kualitas air kolam dengan bantuan Internet-of-Things (IoT) yaitu sensor yang berfungsi untuk mengaktifkan microbubble generator secara otomatis.

Teknologi microbubble generator ini mampu meningkatkan jumlah oksigen terlarut dalam air sehingga pertumbuhan ikan dapat dipercepat, memperpendek masa panen dan meningkatkan hasil panen ikan.

Dengan Banoo bisa meningkatkan produktivitas hingga 40 persen dan masa panen lebih pendek yaitu tiga bulan.

Selain itu, Banoo menggunakan sumber energi terbarukan dari panel surya. Dengan begitu alat ini dapat digunakan di seluruh Indonesia, bahkan di daerah rural yang tidak memiliki akses listrik. Sedangkan untuk pompa mesin menggunakan daya yang rendah sebesar 85 watt agar menghemat konsumsi listrik.

Banoo dapat digunakan untuk budidaya ikan nila dan lele dengan ukuran kolam 3x4 meter dan kedalaman 80 centimeter hingga 1 meter. Alat akan bekerja saat kadar oksigen dalam air mengalami perubahan.

Sensor IoT mendeteksi fluktuasi kadar oksigen terlarut dalam air. Apabila kadar oksigen menurun akan mengirim sinyal untuk menghidupkan microbubble generator.

Saat ini masih terus melakukan pengembangan alat yang telah dikembangkan sejak tahun 2018 lalu. Kedepan akan dilakukan beberapa penambahan fungsi salah satunya untuk deteksi tingkat keasaman air (pH).
...
2021-02-03
Microsoft buat data center di laut
Tantangan dalam pemeliharaan data center adalah menjaga suhu data center agar tetap sejuk. Sebesar 41% biaya listrik dialokasikan untuk sistem pendingin data center loh.

Microsoft membuat inovasi untuk menjaga suhu data center yang ramah lingkungan. Suhu dingin bawah laut mampu membuat server tidak cepat panas sehingga bisa menekan biaya perawatan.

15 September 2020 Microsoft melakukan pengangkutan kapsul data center yang sudah ditenggelamkan selama 2 tahun. Pengangkutan tersebut merupakan fase akhir dari eksperimen pusat penyimpanan data bawah laut.

Kapsul tertutup yang disimpan di bawah laut lebih efektif untuk perawatan pusat penyimpanan data, seperti korosi akibat oksigen dan kelembaban, fluktuasi suhu, serta benturan oleh manusia. Sedangkan di laut, semua kendala tersebut tidak ada. Tingkat kegagalan server di air pun 1/8 dari tingkat kegagalan di darat.
...
2021-02-02
i-nose c-19.
Guru besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Drs Ec Ir Riyanarto Sarno MSc PhD mengembangkan inovasi alat pendeteksi Covid-19 melalui bau keringat ketiak yang dinamakan i-nose c-19.

Inovasi teknologi yang telah melalui tahap satu uji klinis itu pun telah dipresentasikan di depan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak.

Tim pengembangan perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan ini dipimpin langsung oleh guru besar dari Departemen Teknik Informatika ITS dan melibatkan mahasiswanya dari jenjang magister dan doktoral.

I-nose c-19 merupakan alat screening Covid-19 pertama di dunia yang mendeteksi melalui bau keringat ketiak (axillary sweat odor) yang bekerja dengan cara mengambil sampel dari bau keringat ketiak seseorang dan memprosesnya menggunakan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

“Keringat ketiak adalah non-infectious, yang berarti limbah maupun udara buangan i-nose c-19 tidak mengandung virus Covid-19,” ungkap profesor Ryan.

Selain itu, lanjutnya, alat ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan teknologi screening Covid-19 lainnya. Dimana sampling dan proses berada dalam satu alat, sehingga seseorang dapat langsung melihat hasil screening pada i-nose c-19. Hal ini tentunya menjamin proses yang lebih cepat.

”I-nose c-19 juga dilengkapi fitur near-field communication (NFC), sehingga pengisian data cukup dengan menempelkan e-KTP pada alat deteksi cepat Covid-19 ini,” jelasnya.  

Lebih lanjut, data dalam i-nose c-19 terjamin handal karena penyimpanannya pada alat maupun cloud. Penggunaan cloud computing mendukung i-nose c-19 dapat terintegrasi dengan publik, pasien, dokter, rumah sakit maupun laboratorium.

”Dengan berbagai kelebihan yang ada, i-nose C-19, karya anak bangsa, hadir untuk menjawab tantangan pandemi Covid-19 yang belum terkendali,” ujarnya.

Selain terjamin dari segi biaya karena menggunakan komponen teknologi yang murah, i-nose c-19 juga tidak membutuhkan keahlian khusus dalam implementasinya.

“Scanner ini dapat dilakukan oleh semua orang dengan perangkat pengaman yang lebih sederhana yakni hanya sarung tangan dan masker sebagai perlindungan dasar,” tuturnya.

Ryan mengatakan, i-nose c-19 ini merupakan hasil penelitian selama empat tahun yang kemudian dioptimalkan dengan menyesuaikan virus Covid-19 sejak Maret 2019 lalu. Saat ini, i-nose c-19 telah sampai pada fase satu uji klinis.

“Ke depannya akan ditingkatkan lagi data sampling-nya untuk izin edar dan dapat dikomersialkan ke masyarakat,” ujar dosen Teknik Informatika ITS ini.

Ryan berharap, semoga i-nose c-19 ini dapat segera dikomersilkan.
...
2021-02-02
Deep Eye
Armed 5/105 Tarik, Cianjur, Jawa Barat melakukan sebuah inovasi terhadap Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista). Inovasi teknologi tersebut dinamakan 'Deep Eye' dan ‘Deep Eye’ diketahui dapat melihat jatuhnya munisi secara real time tanpa harus mendatangi sasaran tembak.

Inovasi teknologi tersebut dibuat oleh seorang prajurit Armed 5/105 Tarik yakni Lettu Arm Okki Prasetyo Raharjo. ‘Deep Eye’ merupakan alat yang dirakit dari beberapa teknologi yang umum digunakan seperti smartphone, CCTV, monitor, dan juga laptop.

Semua alat tersebut dirangkai dan disetting secara khusus agar dapat digunakan saat latihan.

“Alat yang saya namakan Deep Eye ini awalnya dibuat untuk memenuhi kelengkapan pada persenjataan. Makanya saya coba berinovasi untuk membuat alat peninjauan secara langsung dan waktu sebenarnya (real time) dalam melaksanakan latihan menembak senjata berat,” jelas Lettu Oki.

Menurut Lettu Oki, alat tersebut dapat mendeteksi secara tepat jumlah munisi yang meledak untuk mengetahui perkenaan sasaran dan dapat meminimalisir adanya UXO atau bahan peledak yang masih aktif atau sewaktu-waktu bisa meledak dan membahayakan masyarakat.

“Alat ini juga dapat mengkoreksi jatuhnya munisi secara kasar yaitu menempatkan jatuhnya munisi ke sasaran yg dituju. Agar tepat kena,” ucap sang Lettu.

Lettu Oki menambahkan, data yang diterima dan akan arsip dokumentasi yang disimpan dalam bentuk file video tersebut akan menjadi bahan untuk data tembak.

“Nantinya data tersebut akan diubah menjadi settingan di setiap pucuk meriam yang akan melaksanakan penembakan,” ungkap Lettu Okki.

Lettu Arm Okki mengatakan teknologi inovasi tersebut akan terus dikembangkan dan disempurnakan agar hasil karyanya dapat di manfaatkan atau digunakan oleh satuan lainnya.
...
2021-02-01
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 25 Januari – 30 Januari 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-02-01
Aplikasi SiKasep
Untuk mendapatkan informasi subsidi perumahan hingga membeli rumah, gunakan aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep).

SiKasep adalah aplikasi besutan Kementerian PUPR yang mampu menghubungkan masyarakat, pengembang dan bank pelaksana dalam melakukan proses jual beli rumah subsidi. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan adanya penipuan yang mengatasnamakan pengembang rumah subsidi.
...
2021-01-30
Speed Gun
Speed Gun merupakan teknologi canggih yang digunakan operator jalan tol untuk mengukur kecepatan kendaraan yang sedang melaju dengan cepat, tepat, dan akurat. Speed Gun menggunakan prinsip kerja berupa frekuensi dan gelombang suara seperti radar.

Penggunaan Speed Gun adalah salah satu upaya untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kecepatan berkendara yang melebihi batas yang ditetapkan.

Jadi selalu perhatikan batas kecepatan saat berkendara ya. Selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan, bukan kecepatan.
...
2021-01-29
Pembangunan Bendungan Margatiga
Pembangunan Bendungan Margatiga, Lampung Timur. Bendungan dengan kapasitas tampung 147,94 juta m3 ini mampu mengairi lahan irigasi seluas 10.950 Ha, memasok air baku sebesar 830 liter/ detik, dan meningkatkan intensitas tanam hingga 200%. Saat ini progressnya mencapai 56%. Ditargetkan rampung pada akhir tahun 2021.

Perluasan Terminal Bandara Sam Ratulangi di Manado. Progresnya sudah mencapai 83,58% sampai pertengahan Januari ini yaaa.
...
2021-01-29
Pengeboran Sumur Offshore di Lapangan Peciko
PHM Pertamina Hulu Mahakam kembali memangkas durasi pengeboran sumur offshore, kali ini di sumur PK-B9.G1 di Lapangan Peciko, dalam tempo 7,63 hari, dengan kedalaman 1.757 mMD, pada 13 Januari 2021.

Sumur yang dibor menggunakan Rig Hakuryu-14 ini merupakan sumur re-entry (mengebor sumur baru melalui sumur eksisting) dengan satu fase pengeboran dan menggunakan tipe komplesi tubingless dan SCON pada target yang dangkal.
...
2021-01-28
TPA Mandalika
Progres revitalisasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Pengengat di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika mencapai 61,62% dan ditargetkan selesai Juni 2021 dengan masa layanan diperkirakan sekitar lima tahun.

Seluruh pengerjaan revitalisasi TPA Sampah Pengengat dibiayai APBN Kementerian PUPR sebesar Rp 21,2 miliar melalui skema kontrak tahun jamak (MYC) 2020- 2021 dengan kontraktor pelaksana PT Ardi Tekindo Perkasa. Kementerian PUPR merevitalisasi Sampah Pengengat di Kabupaten Lombok Tengah untuk meningkatkan layanan sanitasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)/Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Revitalisasi TPA Sampah Pengengat dilakukan dengan mengembangkan sistem sanitary landfill untuk meminimalisasi dampak pencemaran, baik air, tanah, maupun udara, sehingga akan lebih ramah lingkungan.
...
2021-01-28
Kiprah Teknologi Elnusa Trans Samudera (ETSA)
Berawal spin off dari Elnusa Tbk pada 2013, ETSA kini sudah mampu melejit jauh. Di antaranya adalah ETSA berani dan sangat serius melakukan investasi peralatan. Misalnya, punya unit kapal LCT (landing craft tank) yang secara khusus dilengkapi dengan crane untuk melayani pekerjaan well intervention, khususnya slickline services. Juga, punya banyak kapal barge (tongkang) yang didesain khusus dengan berbagai per¬alatan canggih untuk berbagai jenis pekerjaan: ada kapal work barge, well testing barge, accommodation work barge, hingga dredging barge.

Bahkan, ETSA juga berinvestasi membeli satu unit seismic vessel untuk melayani pekerjaan survei seismik, baik dua maupun tiga dimensi (2-D dan 3-D).

ELSA REGENT mempunyai LOA 94 meter dengan berbagai keunggulannya. Ini kapal seismik pertama yang dimiliki oleh Grup Usaha Pertamina. Juga, merupakan kapal survei satu – satunya berbendera Indonesia dengan kapasitas terbesar untuk survei seismik dengan kemampuan towing streamer maksimum sampai dengan 12 set, dengan panjang masing-masing 10 km.

Selain memiliki peralatan survei broadband tercanggih di Indonesia, kapasitas tangki bahan bakar dan air kapal ini sangat besar sehinga bisa beroperasi terus-menerus tanpa pengisian bahan bakar dan air bersih selama 60 hari untuk mengerjakan proyek seismik 2-D.
...
2021-01-27
Proyek Jalan Tol Seksi Bengkulu - Taba Penanjung
Progress konstruksi sepanjang 17,6 KM yang sudah mencapai 85%
...
2021-01-27
Konstruksi kereta cepat di area Karawang
Ini adalah salah satu progres konstruksi trase di area Karawang. Di area ini,  kereta cepat dibangun dengan mengadaptasi struktur bridge dan subgrade.

Dapat dilihat, girder launcher kereta cepat telah memasang banyak box girder di atas pier. Box girder ini diproduksi dan distribusikan dari Casting Yard #2 Proyek Kereta Cepat yang juga berlokasi di Karawang.
...
2021-01-26
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 18 Januari – 23 Januari 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-01-26
Proyek fase 2 MRT Jakarta
Proses pengerjaan proyek fase 2 MRT Jakarta
...
2021-01-25
Proyek Gapura di Jembatan Tol Sungai Ogan
Berikut progress terkini dari pekerjaan gapura di Jembatan Tol Sungai Ogan, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Kayuagung - Palembang - Betung seksi 2a.

Jembatan tol ini masih memegang predikat jembatan tol terpanjang di Indonesia dengan panjang 1,6 KM, sebelum nanti akan disalip oleh Jembatan Tol Musi 5 (± 1,7 KM) di kawasan Pulokerto, Gandus.
...
2021-01-25
Proyek Jalan Tol Semarang Demak
Update Progress Tol Semarang Demak tepatnya di Sayung
...
2021-01-21
Top Industry Leaders Endorse TIMTOS Hybrid 2021
The world’s first hybrid machine tool show after the pandemic outbreak, Taipei International Machine Tool Show (TIMTOS 2021), March 15 – 20, has reached its final countdown. To let people know more about the show, the organizers Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) and Taiwan Association of Machinery Industry (TAMI) held a global press conference highlighted with CEO Panel on January 20.

Top executives from the machine tool industry, chairmen of Fair Friend, Hiwin, and Chin Fong, talked online in the CEO Panel on "Restructuring for Smart Machine Industry in Post Pandemic Era" with TAITRA Chairman James Huang and TAMI Chairman Pa-Hsi Ko. All of them have affirmed that the launch of TIMTOS will ultimately bring a positive significance to the global machine tool industry, particularly it can boost confidence in Taiwan machine tool industry, which suffered a slump in the first half and recovered somehow in the second half of last year.

TAITRA Chairman James Huang said that Taiwan’s performance in pandemic prevention has attracted worldwide attention, especially the resilience and flexibility manifested by the Taiwan manufacturing industry during the pandemic, which is proven to be a crisis and a turning point as well. Chairman Huang added that in TIMTOS, the unprecedented changes in the market and the increasing demand for technological development contributed to industrial transformation will be seen in a variety of new products developed by TIMTOS exhibitors.

TAMI Chairman Pa-Hsi Ko also pointed out that the capability of Taiwan’s pandemic prevention is the key to attracting leading manufacturers from home and abroad to join TIMTOS. Included this year are not only domestic makers such as Fair Friend, Victor Taichung, YCM, Dah Lih, Hiwin, Syntec, and LNC, but also foreign high profile makers, DMG MORI, FANUC, MAZAK, TRUMPF and Siemens. The exhibition is definitely an important platform to showcase the achievements of Taiwan’s smart machinery and smart manufacturing.

Chairman Huang and Chairman Ko, both of whom have learned of this year’s online and offline trade show so much that they seem to have become the best spokespersons for TIMTOS 2021 Hybrid.

In addition, the organizers detailed how TIMTOS Hybrid can provide visitors with an experience beyond the constraints of time and space, and how the On-site Guide for Online Visitors as a featured platform that help exhibitors and buyers grasp business opportunities by connecting each other online.

Industry media and buyers all over the world all eyes on TIMTOS to be held in March amid the pandemic. To access up-to-date information, visit www.timtos.com.tw and social media platforms.

Media Contact:
Lisa Hsieh
Publicity Manager
Exhibition Section 1, Exhibition Department, TAITRA
Tel: 886-2-2725-5200 ext. 2612
lisahsieh@taitra.org.tw 
2021-01-20
Pembangunan jalur ganda lintas Bogor Sukabumi (Batu Tulis – Ciomas)
Angkutan KLB mengangkut Material Square Pile Beton di KM. 9+100 pada pekerjaan pembangunan jalur ganda lintas Bogor Sukabumi  Segmen Batu Tulis – Ciomas
...
2021-01-20
Smart Green House
Satu kemajuan teknologi pertanian adalah Smart Green House (SGH) yang merupakan sistem pertanian modern dengan memanfaatkan teknologi, teknologi yang  diterapkan dapat mengatur dan memantau kelembapan tanah dan suhu udara dan dapat dimonitor melalui smartphone. SGH merupakan hasil kolaborasi antara Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.  Saat ini telah dibangun proyek percontohan SGH sebagai sarana teaching farm dan teaching factory yangdiharapkan ke depan menjadi tren pola pertanian yang efisien dan dapat membantu meningkatkan produksi pertanian.
...
2021-01-19
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 11 Januari – 16 Januari 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-01-19
IPA Mobile
IPA Mobile adalah sarana mengolah air baku atau air non payau menjadi air siap minum dengan sistem mobile sehingga cocok untuk daerah rawan air atau daerah bencana.

2 Tipe IPA Mobile
IPA Mobile konvesional
Kapasitas : 0,5 liter/detik
Teknologi : Koagulasi, flokulasi, dan sedimentasi
Output : Air bersih

IPA Mobile Reverse Osmosis
Kapasitas : 1,5 liter/detik
Teknologi : Reserve osmosis dan ultra filtrasi
Output : Air minum
...
2021-01-18
PLTS Roof Top Semakin Di Mana-Mana
Baru Terpasang PLTS on Grid 2 KW
Spec : Tier 1 Brand 6 pcs @340wp
Inverter on grid string 2000W
...
2021-01-18
Proyek Pembangunan Jalan tol Sigli – Banda Aceh
Pembangunan Jalan tol Sigli – Banda Aceh sepanjang 74 Km kini progress konstruksinya sudah mencapai 66%. Sementara progress pengadaan lahan mencapai 76%. Ditargetkan rampung pada tahun ini, 2021.
...
2021-01-16
Proyek Ruas Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati
Ini penampakan terbaru proyek Pembangunan Ruas Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.Saat ini  tengah fokus, di antaranya pekerjaan timbunan selected material dan pengecoran box traffic. Di pekan ke-2 di 2021 sudah mencapai 40%. Ditargetkan dapat beroperasi akhir tahun 2021 atau paling lambat 2022.
2021-01-14
Pembangunan Jalan Tol Layang Dalam Kota
Pembangunan Jalan Tol Layang Dalam Kota atau 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota kini memasuki proses pemasangan beton pracetak berjenis box girder. Metode pemasangannnya menggunakan Sliding Span System, yakni metode pemasangan bentang yang sudah dicetak sebelumnya dengan cara digeser menggunakan Launching Gantry. Progress pembangunan ruas tol ini hingga akhir 2020 telah mencapai 82%.
...
2021-01-14
BPPT Dukung Industri Otomotif Nasional
Pemerintah terus berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), beserta infrastruktur pendukungnya. Pemerintah juga akan memasukkan kendaraan listrik berbasis baterai ke dalam e-catalogue.  

Ini adalah momen penting untuk bisa merealisasikan apa yang saya selalu tekankan dalam setiap webinar maupun pertemuan lainnya yakni pentingnya Tripelhelix  dalam membangun ekosistem inovasi, kata  Menteri Riset Teknologi/Kepala BRIN Bambang PS Brodjonegoro saat kunjungan ke kunjungan ke PT Mobil  Anak Bangsa (MAB), Jawa Tengah.

Bersama Menteri Ristek/Kepala BRIN, Deputi TIRBR BPPT Wahyu Widodo Pandoe beserta Kepala Balai Besar Tekologi Konservasi Energi (B2TKE) BPPT Barman Tambunan juga berkesempatan melakukan kunjungan tersebut.

Prioritas Riset Nasional melalui BRIN diharapkan dapat menguasai riset dari awal hingga akhir melalui Triple Helix seperti perguruan tinggi dan lembaga penelitian serta industri tidak hanya berhenti pada desain dan prototipe tapi juga berhasil mengkomersialisasikan produk kendaraan listrik ini.

Sementara, Founder PT Mobil Anak Bangsa (MAB) Moeldoko juga berharap kerjasama ini dapat meningkatkan TKDN hingga 20%, dan menjadikan murni karya anak bangsa mulai dari riset, desain sampai kepada produk yang terkomersialisasi.

BPPT dalam hal ini pun mendorong Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL). Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa kehadiran KBL saat ini telah mengubah tren gaya hidup masyarakat tanah air, diucapkannya pada kegiatan lain.

BPPT pun kini telah dipercaya untuk menjalankan Flagship mengacu pada Prioritas Riset Nasional (PRN) khususnya terkait Fast Charging Station, merupakan bagian dari Flagship Penyimpanan Energi dan ChargingStation untuk 5 tahun ke depan, yakni periode 2020-2024.

BPPT dengan tujuh perannya mendorong agar bisa diterapkan KLBB. Alih teknologi menurutnya akan memliki peran yang sangat signifikan selain mengurangi ketergantungan juga mendorong industri otomotif nasional agar dapat menciptakan mobil sendiri, tuturnya.
...
2021-01-13
Mobile Lab Bio Safety Level-2
Salah satu kunci penanganan wabah Covid-19 di Indonesia adalah peningkatan kapasitas tracing melalui peningkatan jumlah pengujian sampel terduga Covid-19. Pengujian sampel dengan metoda PCR (polymerase chain reaction) telah menjadi gold standard di dunia, karena tingkat akurasi dan sensitivitasnya yang tinggi.

Terkait hal itupun, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dengan dukungan dari Kementerian Riset Teknologi/BRIN dan Pemerintah Kota Bogor menghadirkan inovasi Mobile Lab Bio Safety Level-2 (BSL-2) varian kontainer dengan trailer di Balai Kota Bogor.

Dikatakan Kepala BPPT Hammam Riza, laboratorium bergerak ini telah disempurnakan dan mampu menguji hingga 940 spesimen PCR Covid-19 per 24 jam. Teknisnya tiap batch berisi 94 spesimen, dan dalam 24 jam dilakukan pengujian sebanyak 10 batch.

Mobile Lab BSL-2 varian kontainer dengan trailer ini pun telah dilengkapi dengan fasilitas ekstraksi RNA (Ribo Nucliac Acid) sehingga dapat menggunakan reagen yang bervariasi, dan mampu beradaptasi dengan ketersediaan dan kebutuhan tipe reagen yang tersedia.

Hammam menjelaskan, keunggulan dari Mobile Lab BSL-2 ini adalah waktu proses pengambilan sampel hingga memperoleh hasil tes PCR hanya 8 jam. Jadi jika masyarakat melakukan tes swab di pagi hari, maka hasilnya sudah dapat diperoleh nanti sore.

Mobile Lab BSL-2 varian ini merupakan pengembangan dari varian kontainer yang telah beroperasi sejak 16 Juni 2020 di RS TNI AD Moh. Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur. Pemilihan platform trailer ditujukan untuk mobilitas, sehingga mudah dipindahoperasikan ke lokasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kepala BPPT juga menjelaskan bahwa semua varian Mobile Lab BSL-2 telah memenuhi standar biohayati tingkat 2, dan telah diverifikasi oleh Asosiasi Biorisiko Indonesia. Sehingga bisa dikatakan telah memiliki ruangan laboratorium yang aman bagi petugas pengujian, serta bagi masyarakat sekitar Mobile Lab BSL-2 beroperasi.
...
2021-01-13
Penerangan Umum Surya
Pemasangan 160 Lampu Surya berjalan lancar
...
2021-01-12
GeNose
GeNose merupakan teknologi pengendus elektronik cepat dan berbiaya rendah, serta dengan sensitivitas tinggi untuk mendeteksi Covid-19 melalui hembusan napas. Alat ini merupakan hasil kerja sama antara Universitas Gajah Mada dengan Badan Intelejen Negara, TNI AD, dan pihak swasta.

Alat screening Virus Corona (Covid-19), GeNose ini sudah mengantongi izin edar dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) pada 24 Desember 2020 sehingga keberadaannya sudah bisa diproduksi massal dan distribusikan kepada masyarakat.
...
2021-01-12
Proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing
Proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,5 KM di awal tahun 2021 progres konstruksinya sudah mencapai 82,4%. Ditargetkan rampung konstruksinya secara bertahap di tahun ini, 2021.
...
2021-01-11
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 04 Januari – 09 Januari 2021 tender proyek seIndonesia
...
2021-01-11
Proyek Bendungan Napun Gete
Pembangunan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka, NTT progres konstruksi yang telah mencapai 96,02%. Berkapasitas tampung 11,22 juta m3 dengan luas genangan 99,78 hektare. Kementerian PUPR mulai melakukan pengisian awal (impounding).
...
2021-01-09
Terminal 3 Extension Plan
Terminal 3 Soekarno-Hatta International Pier 1 Extension designed by Penta Architecture
...
2021-01-08
Rekor Pemboran Pertamina Hulu Mahakam
Rekor Pemboran Pertamina Hulu Mahakam kembali catatkan rekor pengeboran tercepat di kawasan delta, yakni di sumur TN-T165, dengan catatan waktu 2,15 hari dan kedalaman 1.409 mMD. Prestasi ini dicapai menggunakan Rig Raisis pada 8 Desember 2020 lalu. Rekor sebelumnya terjadi pada 2019 di sumur TN-L96 yang diselesaikan dalam tempo 2,17 hari.

Sumur TN-T165 berada di lapangan Tunu, dibor dengan arsitektur One Phase Well (OPW), dan merupakan sumur ke-17 yang dibor dengan arsitektur ini. Melalui teknik ini PHM berhasil menurunkan biaya pengeboran menjadi lebih efisien bila dibandingkan dengan rekor sebelumnya yang menggunakan Shallow Light Architecture dengan 2 fase pengeboran.
...
2021-01-08
Smapa Digital Library
Sebelum adanya pandemi perpustakaan "Sumber Ilmu" SMA Negeri 4 Madiun sangat diperlukan serta diminati oleh warga sekolah kami, karena terdapat berbagai macam koleksi buku dan fasilitas yang lengkap. Namun, dikala pandemi seperti ini tidak memungkinkan kita untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah dengan alasan mematuhi protokol kesehatan dan mencegah penularan covid-19. Supaya gerakan literasi tetap berjalan walaupun dimasa pandemi sekolah kami berinovasi membuat aplikasi SMAPA DIGITAL LIBRARY yang dapat diakses oleh semua pengguna Android dan Windows.
...
2021-01-07
Teknologi Ketel Uap
Inovasi terbaru bagi pelaku UKM tahu, salah satunya berupa teknologi ketel uap

Adanya potensi pengembangan UKM tahu yang cukup besar membuat Lab. Energi dan Mesin Pertanian, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM tergerak untuk mengembangkan teknologi pengolahan tahu.

Inovasi teknologi yang dikembangkan meliputi inovasi proses pemasakan dengan teknologi ketel uap dan bak masak, inovasi proses penyaringan melalui teknologi mesin sentrifuse, inovasi pada proses penggumpalan dengan teknologi bak jendela, serta sejumlah teknologi pendukung proses pembuatan tahu lainnya.
...
2021-01-07
Aplikasi Sistem Registrasi Pengembangan (Sireng)
Sejak diluncurkan awal tahun 2018, aplikasi Sistem Registrasi Pengembangan (Sireng) inovasi Kementerian PUPR telah mencatat 11.789 pengembangan terdaftar per awal bulan ini.

Aplikasi Sireng merupakan bagian dari upaya Kementerian PUPR melakukan pengawasan terhadap kualitas rumah subsidi yang dibangun oleh pengembangan perumahan agar tetap memenuhi standar rumah layak huni.

Melalui aplikasi Sireng yang dikelolah oleh Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PU dan Perumahan, konsumen rumah subsidi dapat mengetahui status pengembangan perumahannya dengan memasukkan nama pengembang di website https://sireng.pu.go.id.
...
2021-01-06
Teknologi Bambu Laminasi
Penggunaan bambu sebagai pengganti kayu terkendala bentuk dan ketahanan apabila digunakan sebagai balok, kolom atau papan. Namun, saat ini sudah ada teknologi Bambu Laminasi dari @balitbangpupr. Bambu Laminasi telah melalui pemrosesan sehingga bentuk dan ketahanannya dapat menyerupai kayu. Bambu Laminasi dapat diaplikasikan pada hampir seluruh komponen bangunan tradisional, kecuali penutup atap.

Teknologi ini telah diaplikasikan sebagai struktur rumah tradisional di Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali. Di samping konstruksi bangunan, Bambu Laminasi juga dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan, daun pintu dinding tempel, parket lantai, meubel, dan gazebo.
...
2021-01-06
Proyek Bandara Sam Ratulangi
Menurut rencana, proyek perluasan Bandara Sam Ratulangi akan selesai pada Maret 2021.
...
2021-01-05
SMART AWLR (Automatic Water Level Recorder)
SMART AWLR (Automatic Water Level Recorder) Merupakan sistem monitoring ketinggian air terintegerasi cloud. Sistem ini dikembangkan di Smart Agriculture Research dibawah bimbingan Dr. Andri Prima Nugroho
...
2021-01-05
Desa di Seluruh Provinsi Riau sudah berlistrik
PLN hadirkan listrik bagi 17 desa di Provinsi Riau dan Provinsi Riau. Dengan demikian, seluruh desa di provinsi ini sudah berlistrik.

Peresmian ini dapat menjadi momen strategis untuk masyarakat agar dapat beraktivitas lebih guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan.

Adapun, 17 desa yang memperoleh listrik tersebut terdiri dari 11 desa di Provinsi Riau, yaitu Desa Dua Sepakat, Desa Ludai, Desa Batu Sanggan, Desa Tanjung Beringin, Desa Pangkalan Serai, Desa Subayang Jaya, Desa Terusan, Desa Aur Kuning, Desa Pelanduk, Desa Suraya Mandiri, dan Desa Pulau Ruku serta 6 desa di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu, Desa Cempa, Desa Tanjung Batu Kecil, Desa Tanjung Hutan, Desa Air Asuk, Desa Liuk, dan Desa Lidi.

PLN meresmikan 17 desa dan 17 dusun di 2 lokasi sekaligus, di Riau nilai investasi sebesar Rp 90 miliar dengan potensi 1950 calon pelanggan. Sementara untuk Provinsi Kepulauan Riau nilai investasi sebesar Rp 38 miliar dengan potensi 1800 calon pelanggan.
...
2021-01-04
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 28 Desember – 02 Januari tender proyek seIndonesia

2021-01-04
Uji coba mobil listrik
"Hari ini saya mencoba mengendarai mobil listrik dan mengecek kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik (charging station) di Bali. Mobil listrik ini sudah dicoba oleh tim PLN dari Jakarta ke Bali, yang apabila dengan BBM ongkosnya adalah Rp. 1.1 juta, maka dengan mobil listrik hanya Rp. 200.000,-. Hal ini tentunya sangat menghemat terutama di saat pandemi seperti ini,” jelas Menteri BUMN, Erick Thohir.
...
2021-01-02
Proyek PLTS Istiqal
PLTS dengan kapasitas 32 x 355wp untuk Masjid Istiqlal selesai instalasi
...
2020-12-31
Inovasi Kereta Mandi, Cuci, Kakus, dan Wastafel (Kereta MCK)
Untuk memenuhi kebutuhan sanitasi dan air minum yang cepat, praktis, dan efisien, Kementerian PUPR mengembangkan inovasi Kereta Mandi, Cuci, Kakus, dan Wastafel (Kereta MCK).

Dengan sistem mobile agar mudah berpindah-pindah, teknologi Kereta MCK cocok digunakan di wilayah terdampak bencana maupun di daerah yang belum memiliki fasilitas sanitasi yang layak.

Kereta MCK ini berkapasitas tangki air sebesar 7.000 liter, dan diproyeksikan mampu melayani hingga sekitar 350 orang per hari dengan konsumsi 20 liter/orang/hari.

Dengan kebutuhan biaya Rp445 juta per unit, Kereta MCK diharapkan dapat diproduksi secara massal sehingga menjadi lebih terjangkau sebagai alternatif teknologi dalam penyediaan sanitasi tanggap darurat.
...
2020-12-30
Kado Layanan Robot Tender Search Di Awal Tahun
NEW REVOLUSIONER 2021
Saatnya Proyek Yang Mencari Anda
"Nikmati menu baru ROBOT TENDER SEARCH kami, maka anda yang akan dicari proyek"

POLA MANUAL, AKTIF MENCARI PROYEK
1. Anda AKTIF searching proyek website TENDER INDONESIA
2. Searching berdasarkan pilihan :
A. Tanggal proyek
B. Kategori jenis pekerjaan proyek
C. Nama pemilik proyek
D. Lokasi proyek
E. Kontak dan Summary proyek
F. Kualifikasi ukuran nilai proyek

POLA
ROBOT TENDER SEARCH, ANDA DICARI PROYEK
1. Melalui system Artificial Intelligence website TENDER INDONESIA
2. Maka proyek yg AKTIF mencari anda
3. Dengan cara setting parameter (silahkan sesuaikan dengan jenis proyek yang anda incar)
4. Parameter ini beradasarkan :
A. Kategori jenis pekerjaan proyek
B. Kualifikasi besar nilai proyek
C. Sektor usaha pemilik proyek
...
2020-12-30
Proyek Jembatan Musi 6
Suasana jembatan Musi 6 yang rencananya jembatan ini akan diresmikan oleh gubernur Sumsel.
...
2020-12-29
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 21 Desember - 26 Desember tender proyek seIndonesia
...
2020-12-29
N219 Selangkah Maju
Kementerian Perhubungan melakukan acara Penyerahan Type Certificate Pesawat N219 kepada PT. Dirgantara Indonesia selaku Pelaksana Rancang Bangun Pesawat N219 tersebut.

Pesawat N219 ini merupakan  totalitas karya anak bangsa dan telah dilakukan evaluasi teknis dan pengujian sesuai dengan standard dan aturan yang berlaku oleh Kementerian Perhubungan melalui  Direktorat Jenderal Perhubungan Udara .

Type certificate tersebut   diterbitkan oleh pemerintah terhadap design suatu pesawat, yang telah melalui evaluasi teknis dan pengujian sesuai dengan standard dan aturan yang berlaku.

Sertifikat tipe ini wajib dimiliki sebelum pesawat diproduksi secara massal untuk dapat dioperasikan secara komersial.
...
2020-12-28
RI Bangun 7 Bandara Baru di Pelosok Tahun Depan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan melanjutkan pembangunan beberapa moda transportasi di Indonesia. Dia menyebutkan ada tujuh bandara di daerah pelosok yang akan dibangun Kemenhub tahun depan.

Selain itu Kemenhub juga akan fokus untuk melakukan penyelesaian pembangunan LRT Jabodebek di tahun depan.

"Tahun depan kita akan melanjutkan LRT Jabodebek. Kita juga akan bangun 7 bandara di daerah pelosok," ujar Budi Karya.

Adapun tujuh bandara itu adalah Bandara Bantu Kunik di Tana Toraja, Bandara Haji Muhamad Sidik di Muara Taweh, Bandara Tambelan di Bintan, dan Bandara Siau di Sulawesi Utara.

Kemudian, ada Bandara Pantar di Alor, Bandara Tebelian di Sintang, dan Bandara Kuabang Kao di Halmahera Utara.

Dia pun memaparkan sederet infrastruktur transportasi yang berhasil diselesaikan pembangunannya di tahun ini. Paling baru dia menjelaskan ada proyek logistik berupa pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat. Dia menjelaskan pelabuhan ini baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo tanggal 20 Desember yang lalu.

Masih pada sektor perhubungan laut, dia juga mengatakan Kemenhub tahun ini juga menyelesaikan pembangunan pelabuhan wisata Gili Mas di Lombok, NTB.

"Pertama ada proyek logistik, kami membangun Pelabuhan Patimban yang tanggal 20 kemarin diresmikan pak Jokowi. Kita juga bangun pelabuhan di Lombok, pelabuhan Gili Mas," papar Budi Karya.

Lebih lanjut di sektor perkeretaapian, Budi Karya memamerkan capaian pembangunan berupa jalur kereta api ganda di bagian selatan Jawa.

"Jalur ganda kereta api di Jawa bagian selatan yang mungkin jarang diketahui, namun memberikan dampak safety bagi konektivitas kereta api," ujar Budi Karya.

Ada juga proyek kereta api yang berupa reaktivasi rel kereta menuju kota kecil. Salah satunya adalah menghubungkan daerah Cianjur, Ciranjang, dan Cipatat.

"Kita lakukan juga reaktivasi kereta api yang menuju kota kecil, sebagai contoh kita lakukan di Cianjur, Ciranjang, Cipatat yang akan tehrubung ke Bandung," ujar Budi Karya.

Di sisi udara, Budi Karya menyebutkan keberhasilan pembangunan bandara Kulon Progo di Yogyakarta dan pembuatan fasilitas runway 3 di bandara Soekarno Hatta, Cengkareng.
...
2020-12-28
Rekor Pemboran Offshore
PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) berhasil menyelesaikan pengeboran sumur offshore PK-B23.G1, di Lapangan Peciko, Platform MWPB, dengan kedalaman 4.026 mMD, dalam tempo 12,29 hari.

Operasi pengeboran menggunakan Rig Hakuryu-14 memecahkan rekor pengeboran tercepat di offshore.

Rekor sebelumnya dicapai saat pengeboran sumur NB-106.G1 di Lapangan Sisi Nubi dengan durasi 13,48 hari.
 
Rekor baru ini tercapai berkat simplikasi profil sumur dengan metode low-side casing re-entry, dan berhasil diterapkan dengan aman dan berkontribusi pada penurunan durasi pengeboran.

Selain itu ada inisiatif baru yang juga berkontribusi terhadap pencapaian ini yakni keberhasilan penerapan triple-combo wireline logging melalui casing re-entry window. Ini merupakan mode wireline logging yang pertama kalinya dilakukan di sumur re-entry Mahakam setelah sebelumnya formation tester wireline logging berhasil dengan metode serupa.

Untuk mempersiapkan pengeboran re-entry, digunakan Hydraulic Workover Unit (menggantikan peran rig pengeboran) dan oil-based mud SF-05 buatan Pertamina untuk lumpur pengeboran. Berbagai inovasi tersebut  juga mendorong optimasi berkelanjutan seperti yang telah didapat dari sumur-sumur sebelumnya.
...
2020-12-26
Wajah Baru Senen
Simpang Senen adalah  merupakan ikon daerah komersial pertama di Jakarta.

Baru-baru ini dilakukan peremajaan khususnya dari design arsitektural dan seni tata ruang agar menjadi segar dan terasa modern milennial.
...
2020-12-23
Pelabuhan Patimban Soft Launching
Pelabuhan berstandar internasional di Jawa Barat ini resmi beroperasi untuk pertama kalinya.

Pengoperasian ini ditandai oleh soft launching yang dilaksanakan oleh Presiden secara virtual dari Istana Bogor.

Dengan adanya Pelabuhan Patimban ini diharapkan dapat mempercepat kegiatan ekspor dan mengurangi kepadatan lalu lintas di pelabuhan Tanjong Priok.
...
2020-12-23
Proyek Pembangunan Jalan Tol 6 Ruas Jakarta Ruas Kelapa Gading - Pulo Gebang
Proses Launching Girder Ramp On Pembangunan Jalan Tol 6 Ruas Jakarta Ruas Kelapa Gading - Pulo Gebang.

6 ruas jalan tol sepanjang 69,77 Km tersebut akan mengadopsi konstruksi jalan layang yang terintegrasi dengan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT).

Pembangunan jalan tol tersebut diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan di dalam kota Jakarta. Pembangunan jalan tol tahap 1 dengan nilai investasi sebesar Rp 20,7 triliun memiliki total panjang 31,1 km yang terdiri dari Seksi A yaitu Kelapa Gading – Pulo Gebang sepanjang 9,3 km,  Seksi B (ruas Semanan-Grogol) sepanjang 9,5 km dan Seksi C (ruas Grogol-Kelapa Gading) sepanjang 12,4 km.

Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Jakarta Tollroad Development (JTD) dan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi – PT Adhi Karya (KSO), menargetkan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan seluruhnya pada Juni 2021.
...
2020-12-22
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 14 Desember - 19 Desember tender proyek seIndonesia
...
2020-12-22
Tersambung Segera Aksesibilitas Bandara Soekarno-Hatta
Siapa disini yang pernah merasakan sulitnya mencari jalan putar balik di Bandara Soekarno-Hatta? Sebentar lagi jawaban untuk kalian akan datang nih. Jembatan penghubung perimeter utara dan perimeter selatan aksesibilitas Bandara Soekarno-Hatta akan segera tersambung loh!⁣

Telah mencapai progres 75%, jembatan ini ditargetkan akan tersambung pada awal tahun 2021 mendatang. Dan kerennya lagi, jembatan ini nantinya akan disambung menggunakan metode balance kantiveler seperti yang pernah WIKA terapkan di Flyover Semanggi.⁣
...
2020-12-21
Proyek Jalur Ganda KA Lintas Bogor Sukabumi
Progres Fisik Pembangunan Jalur Ganda KA lintas Bogor Sukabumi segmen Ciomas – Maseng sudah sampai di angka 81,87%. Saat ini sedang dilaksanakan pekerjaan Dinding Penahan Tanah dan Saluran Air.
...
2020-12-21
Proyek Flyover Purwosari Solo
Progres penataan Jl. Slamet Riyadi sisi timur palang purwosari terkait pembangunan jalan lintas atas Purwosari. Sudah mulai terpasang bola bola lampu taman di trotoarnya.
...
2020-12-19
Proyek Simpang Susun Tol Serang Panimbang
Proyek Simpang Susun Tol Serang Panimbang sudah terlihat bentuk dari para simpang susun yang sedang dibangun.
...
2020-12-18
TLKM Menuju digitalisasi
Digitalisasi SPBU merupakan program sinergi BUMN Pertamina dan Telkom dalam membangun sistem monitoring distribusi dan transaksi penjualan BBM di setiap SPBU secara real-time untuk peningkatan standar layanan dan operasional.

Selain digitalisasi SPBU, Telkom menghadirkan konektifitas dan kualitas layanan prima yang menjamin operasionalisasi SPBU yang telah terdigitalisasi berjalan dengan baik.
...
2020-12-18
Pompa Tenaga Surya
Pompa Air Tenaga Surya intuk Irigasi Pertanian
Solar Panel 320 WP x 12 pcs
Pompa = 2,2 Kw
H = 70 M
Q = 17 M3/ Jam
...
2020-12-17
Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung
Lokasi Proyek ini tepatnya berada di Proyek High Speed Railway Section 2 antara Karawang - Purwakarta yang saat ini sedang fokus pada pekerjaan timbunan dan slope protection.
...
2020-12-17
Proyek Rest area KM 65 Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi
Pemandangan rest area KM65 Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera. 648 km Tol Trans Sumatera telah siap untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru.

Saat ini jalan tol Trans Sumatera telah memiliki Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang tersebar di 41 titik. Sebanyak 12 TIP berada di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, 9 TIP di Ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung, 2 TIP di Ruas Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, 4 TIP di Ruas Palembang - Indralaya, 4 TIP di Ruas Medan - Binjai, dan 10 TIP di Ruas Pekanbaru - Dumai.

Proyek jalan tol ini memiliki panjang total 2.987 km, terdiri atas 2.069 km koridor utama (backbone) dan 919 km koridor pendukung (sirip). Sebagian besar pengerjaan ruas jalan pada proyek ini ditugaskan kepada PT Hutama Karya (Persero), sebagai holding dari BUMN di sektor konstruksi.
...
2020-12-16
Progres Pembangunan Bendungan Randugunting
Bendungan Randugunting yang terletak di Desa Kalinanas, Kec. Japah, Kab. Blora ini memiliki fungsi sebagai irigasi DI Kedungsapen sebesar 630ha, penyediaan air baku Kab. Blora 100lt/dt dan Kab. Pati 50lt/dt, serta mereduksi debit banjir sebesar 81,42m3/detik. Pembangunan Bendungan Randugunting dilaksanakan secara multi years contract dengan anggaran sebesar 858M dan akan selesai pada 2022.

Hingga saat ini minggu ke 109, progres fisik pembangunan Bendungan Randugunting sudah 49,108% dengan jenis pekerjaan yaitu galian spillway, relokasi jalan, pekerjaan main dam, pengecoran, dan pekerjaan area fasilitas umum dan pemeliharaan.
...
2020-12-16
Desain Proyek Bandara Bali Utara
Berikut adalah rencana desain bandara Bali Utara yang diharapkan dapat menjadi hub pengembangan Bali bagian utara dan ekpansi Bandara Ngurah Rai di Bali yang sudah tidak mungkin lagi dikembangkan.
...
2020-12-15
PLTS NTT
Lewat program 1000 listrik yg dicanangkan PLN semenjak 2017 lalu. Dengan tujuan untuk menerangi wilayah Indonesia sampai ke pelosok.

Saat ini program sudah berjalan dgn baik, setidaknya sebagian daerah terpencil baik di darat maupun laut sudah diterangi listrik. Daerah2 yg tidak bisa dijangkau dgn jaringan kabel PLN diupayakan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya.

Pulau Messah merupakan salah satu pulau kecil yang berpenghuni yang jaraknya dapat ditempuh sekitar satu jam dengan menggunakan kapal cepat dari Labuan Bajo.

Pulau ini sangat padat penduduk. Di sana terdapat 484 kepala keluarga (KK) dengan 1.969 jiwa. Mayoritas penduduk bekerja sebagai nelayan.

Dahulu, masyarakat Pulau Messah mengandalkan genset untuk penyediaan listrik. Warga berpatungan membayar sewa Rp 10 ribu per hari.

Listrik tersebut disalurkan melalui jaringan kabel yang dari rumah ke rumah.

Kini, sekitar 120 rumah tangga sudah dilayani oleh listrik dari PLTS berkapasitas 530 kWp. Tiap rumah mendapatkan pasokan 2 KwH. Sistem pembayarannya dengan memakai token.
...
2020-12-15
12 Sektor Proyek Strategis Nasional
Berikut proyek-proyek yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) :
1. Jalan Tol 54 Proyek
- 23 Ruas Jalan Tol TransSUmatra
- 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta
- Jalan Tol Jakarta-Cikampek II sisi Selatan

2. Pelabuhan 13 Proyek
- Pelabuhan Patimban
- Pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung
- Pengembangan Pelabuhan Bitung

3. Bandara 8 Poryek
- Pengembangan Bandara Komodo
- Pengembangan Bandara Yogyakarta Baru Kulon Progo
- Pengembangan Bandara Bali Utara

4. Kereta Api 15 Proyek
- Kereta Cepat Jakarta-Bandung
- Kereta Api SemiCepat Jakarta-Surabaya
- MRT Jakarta Fase II

5. Pendidikan 1 Proyek
- Pengembangan Universitas Islam Internasional Indonesia

6. Kawasan Industri 18 Proyek
- Kawasan Industri Terpadu Batang
- Kawasan Industri Morowali
- Kawasan Industri Kuala Tanjung

7. Bendungan & Irigasi 75 Proyek
- Bendungan Ciawi
- Bendungan Karian
- Bendungan Sepaku Semoi

8. Tanggul Pantai 1 Proyek
- Tanggul Pantai DKI Jakarta/NCICD

9. Energi 15 Proyek
- Kilang Minyak Tuban
- Kilang Minyak Bontang
- Proyek Tanggul LNG Train 3

10. Air Bersih & Sanitasi 12 Proyek
- SPAM Umbulan
- SPAM Jatigede
- SPAM Semarang Barat

11. Teknologi 5 Proyek
- Proyek Satelit Multifungsi
- Percepatan Pembangunan Technopark
- Pengembangan Teknologi Produksi IVO dan Bensin Sawit dengan memanfaatkan Kebun Rakyat

12. Program Strategis 10 Program
- Lumbung Pangan Nasional (food estate)
- Program pengembangan kawasan strategis Pariwisata Nasional
- Program Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan
2020-12-14
Kembangkan Inovasi Dan Teknologi di Food Estate Kalteng
Dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI), Menteri PUPR mendorong keterlibatan akademisi dan para ahli HATHI untuk memanfaatkan inovasi dan teknologi dalam pengembangan food estate di Kalimantan Tengah.

Menurut Menteri Basuki, kunci pengembangan food estate di Kalteng adalah penyediaan air untuk irigasi sawah dan teknologi informatika, agar pengembangan sistem pertanian lebih modern, sehingga dapat dimanfaatkan saat produksi dan pascaproduksi.

Penerapan teknologi digital untuk pengelolaan SDA terpadu atau Integrated Water Resources Management (IWRM) melalui penggunaan Smart Water Management (SWM) atau manajemen air yang cerdas.

Menteri Basuki juga mengajak Universitas Sriwijaya dan Universitas Gunadarma untuk mengimplementasikan pengalamannya dalam mendukung water management di food estate Provinsi Kalteng.
...

2020-12-14
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 07 Desember - 12 Desember tender proyek seIndonesia
...
2020-12-11
Proyek Bendungan Sukamahi dan Ciawi
Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan dua bendungan kering yakni Bendungan Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor. Sebagai bendungan kering, kedua bendungan ini baru akan digenangi air pada musim hujan dan kering pada musim kemarau. Progres pembangunan mencapai 60 % untuk Bendungan Sukamahi dan 73% untuk Bendungan Ciawi, dengan target rampung pada 2021.
...
2020-12-10
Bangunan Penangkap Pasir Tipe Pusair II
Seiring dengan perubahan tata guna lahan di sepanjang aliran sungai akan menyebabkan arus sungai membawa muatan hingga ke hilir sungai. Muatan yang terbawa oleh aliran sungai berupa tanah, kerikil, maupun pasir kemudian akan terendap dan menimbulkan berbagai masalah diantaranya : Sedimentasi yang berlebihan pada jaringan irigasi dan lahan pertanian, atau kavitasi / abrasi pada pipa pesat atau sudu-sudu turbin pembangkit tenaga hidraulik.

Puslitbang SDA memberikan inovasi Bangunan Penangkap Pasir Tipe Pusair II. Bangunan ini dapat menagkap pasir yang kemudian dapat mengurangi beban sedimentasi serta dapat dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

Selain berfungsi untuk menangkap pasir, bangunan yang dibuat terpecah menjadi beberapa bilik disertai pintu air ini dapat digunakan sebagai pengukur debit air serta pengatur tinggi muka air yang akan dialirkan.
...
2020-12-10
Proyek Bendungan Margatiga
Pembangunan Bendungan Margatiga di Bumi Ruwa Jurai, Kecamatan Margatiga, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung dengan kapasitas tampung 147,94 juta m3. Mampu mengairi lahan irigasi seluas 10.950 Ha, memasok air baku sebesar 830 liter/ detik, dan meningkatkan intensitas tanam hingga 250%. Selain itu, bendungan ini mampu mereduksi banjir, serta berpotensi menjadi objek wisata yang diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi di sekitarnya. Progres saat ini sekitar 48,8%. Rampung pada November 2021 mendatang.
...
2020-12-08
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 30 November - 05 Desember tender proyek seIndonesia
...
2020-12-08
Teknologi Mortar Busa Flyover Purwosari Solo
Penerapan teknologi mortar busa hasil inovasi @infopusjatan kembali diterapkan Kementerian PUPR pada pembangunan Flyover Purwosari di Kota Solo. Saat ini progres pembangunan mencapai 10,9% dan dijadwalkan selesai Desember 2020.

Teknologi mortar busa merupakan optimalisasi penggunaan busa (foam) dengan mortar (pasir, semen dan air) berkekuatan tinggi sehingga ideal menjadi dasar atau perkerasan jalan pada tanah lunak. Selain menghemat biaya hingga 15%, waktu pengerjaan juga lebih efisien dibandingkan dengan konstruksi konvensional (antara 40 %) serta lebih ramah lingkungan.

Flyover Purwosari dibangun untuk mengatasi kemacetan akibat adanya perlintasan sebidang rel kereta Solo-Yogyakarta, bagian dari program sterilisasi 500 perlintasan jalan dan kereta yang dilakukan Kementerian PUPR untuk mendukung proyek The Java Northline Upgrading Project yang akan mengembangkan jalur kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya.
...
2020-12-07
9 Proyek Ambisius Rebana
Proyek Rebana Metropolitan ini merupakan pengrembangan terpadu wilayah utara Provinsi Jabar, yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Proyek - proyeknya yakni :
1.  Kawasan Terpadu Industri Subang/Subang Smart Eco Industrial City Project Owner PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).
2.  Subang Smartpolitan Project Owner PT Suryacipta Swadaya.
3.  Rebana Technopolis Industrial Estate Project
4.  Jatiluhur Industrial Smart City Project Owner PT Multi Optimal Sentosa.
5.  Karawang New Industry CityProject Owner PT China Fortune Land Development (CFLD) Indonesia.
6.  SPAM Jatigede/Jatigede Water Treatment Plant Project Owner Jabar.
7.  Cargo Village Kertajati AerocityProject Owner PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB).
8.  Artha Industrial Hill Project Owner PT Bumi Anugerah Makmur.
9.  Integrated Building Kertajati Aerocity Project Owner PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB).
...
2020-12-07
PLTS Sebira
Pulau Sebira dengan 160 keluarga akan memiliki listrik bukan hanya aman tetapi juga ramah lingkungan dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Sebira.

Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pulau Sebira berkapasitas daya sebesar 400 kilo Watt peak (KWp) dan diproyeksi dapat menghasilkan energi sebesar 1.200 kWh per hari.

PLTS terbesar hybrid di Jakarta sekaligus menjadi kado ulang tahun Kabupaten Kepulauan Seribu yang baru merayakan 19 tahun.
...
2020-12-05
Kantung Lumpur Bendung Tipe Pusair
Pasokan air yang andal sangat penting bagi pertanian. Guna meningkatkan kualitas air pada jaringan irigasi, Kementerian PUPR menerapkan inovasi bangunan penangkap sedimen, yakni Kantung Lumpur Bendung Tipe Pusair.

Berbeda dengan bangunan penangkap sedimen atau kantung lumpur konvensional, inovasi ini dilengkapi dengan beberapa kompartemen serta memiliki 2 kali sistem penyaringan sedimen (integrasi sandtrap dan graveltrap) secara hidraulis sehingga sistem operasional kantung lumpur menjadi lebih efektif.

Saat ini teknologi ini telah diterapkan, salah satunya di Bendung Gumbasa di Kota Palu, Sulawesi Tengah sebagai bagian dari Program Rehabilitasi Bangunan Air pasca bencana gempa dan likuefaksi tahun 2018 silam.
...
2020-12-04
Tenaga Surya PUPR
Kementerian PUPR melalui Balitbang, mengembangkan teknologi PVROOF yang merupakan teknologi atap yang berfungsi ganda sebagai penghasil tenaga listrik melalui penggunaan sel surya.

Teknologi ini telah diterapkan di Kampus Kementerian PUPR, tepatnya pada gedung parkir motor, serta pada bangunan rumah dan parkir komunal di laboratorium kawasan dan hunian rendah energi Puskim PUPR.

Harga PVROOF juga lebih terjangkau, lebih murah 50% dibanding teknologi sejenis.
...
2020-12-03
Heavy Lift
Dalam dunia konstruksi adakalanya harus mengangkat barang mesin berat ke atas.

Terlihat sederhana, namun memerlukan perhitungan yg teliti.

Khususnya tentu harus menentukan kapasita s alat angkut yang tepat dengan operasional yg pas.

Alat angkut yang over capacity akan memboroskan biaya.

Operasional yang ceroboh hanya akan membuat kecelakaan fatal bahkan mrngahncurkan peralatan yanng diangkut.

Bahkan dalam beberapa kasus bisa sangat fatal seperti runtuhnya konstruksi, dan bahkan juga sampai jatuhnya korban jiwa.
...
2020-12-02
Peralatan komplesi sumur buatan Indonesia di Lapangan Tunu
PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) telah menggunakan peralatan komplesi sumur buatan Indonesia di Lapangan Tunu, Tambora dan Handil.

Hal ini merupakan wujud komitmen PHM untuk mengutamakan penggunaan produk dalam negeri. Peralatan-peralatan itu di antaranya; landing nipple, flow coupling, control line clamp protector, wire wrap screen, shunt tube screen, dan integrated sleeve screen.

Sebagai program yang berkelanjutan, PHM terus mendalami penggunaan beberapa peralatan lainnya untuk meningkatkan daya saing produk lokal dalam kegiatan hulu migas.
...
2020-11-30
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 23 November – 28 November tender proyek seIndonesia
...
2020-11-30
Proyek pembangunan Bendungan Gongseng
Proyek pembangunan Bendungan Gongseng yang berlokasi di Desa Kedungsari, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Progres bulan November sekitar 84,47%. Diharapkan sekitar bulan Mei-Juni tahun 2021 sudah mulai diisi air. Jadi sebelum Mei-Juni diharapkan selesai konstruksinya.

Bendungan yang berkapasitas tampung 22 juta m3 ini diharapkan mampu mengairi irigasi seluas 6.191 ha, memasok air baku sebesar 300 liter/detik, dan mereduksi banjir 133,27 meter kubik per detik.

Selain itu, bendungan ini juga punya potensi energi listrik sebesar 0,70 MW, konservasi daerah aliran sungai (DAS), dan objek wisata.
...
2020-11-27
Agro Padi
Ratusan Ha sawah padi di Lampung Selatan memakai teknologi sistem semai modern alias SEMOD.
2020-11-24
Pabrik Sawit Siap Operasional
Pabrik kelapa sawit KAM melakukan loading perdana 3000 ton CPO
...
2020-11-24
Pembiayaan Suplier
Bank Mandiri aktif menyalurkan pembiayaan produktif yang bersumber dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kali ini, Bank Mandiri menyiapkan fasilitas pembiayaan kepada pelaku UKM yang menjadi supplier atau sub kontraktor Wijaya Karya (WIKA) untuk mendukung operasional dan belanja modal.

Fasilitas pembiayaan tersebut tertuang dalam kerjasama Bank Mandiri dengan WIKA, dimana Bank Mandiri menyiapkan total plafond pembiayaan sebesar Rp 2,5 Triliun yang akan dikucurkan kepada para pelaku UKM yang menjadi supplier/sub kontraktor WIKA.

Fasilitas ini akan diberikan selama satu tahun, dengan masa pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan.
...
2020-11-23
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 16 November - 21 November tender proyek seIndonesia.
...
2020-11-21
Proyek Tol Bengkulu - Lubuklinggau
Untuk proyek tol seksi 1 Bengkulu - Taba Penanjung per November 2020.

Secara keseluruhan, konstruksi jalan tol di seksi 1 telah mencapai 52,50% dan  jalan yang telah tersambung sudah sepanjang 6,4 km dari total panjang 17,6 km.

Progress pembebasan lahan untuk seksi 1 telah mencapai 80% dan ditargetkan akhir tahun 2020 pembebasan lahan bisa tuntas 100%.
...
2020-11-20
Penataan Lima KSPN Super Prioritas
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono optimistis dukungan infrastruktur pada lima KSPN Super Prioritas, yakni Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang-Manado-Bitung, akan selesai pada tahun 2021.

Hingga pertengahan November, progres pembangunan di kelima KSPN tersebut mencapai 57,85 % dengan serapan anggaran Rp.2,64 triliun (69,36% dari total anggaran Rp.3,81 triliun).

Infrastruktur KSPN yang dibangun Kementerian PUPR antara lain berupa penanganan jalan dan jembatan, pembangunan tampungan air dan pengendali banjir, penataan kawasan dan peningkatan kapasitas tempat pembuangan sampah, serta sarana hunian (homestay).
...
2020-11-19
Progres Proyek Kereta Cepat
Rel di sepanjang lintasan KCJB Kereta Cepat Jakarta Bandung, adalah rel pertama di Indonesia yang memiliki panjang 50 meter.  

Tentunya dengan semakin panjangnya setiap batang rel maka jumlah sambungan akan berkurang, sehingga selain meningkatkan level keamanan juga menambah mulusnya pergerakan kereta.

Untuk konstruksi #KCJB sendiri akan ada 12.500 batang rel yang harus diangkut terlebih dahulu dari Pelabuhan Cilacap ke kawasan Tegalluar Bandung.

Nah bagaimanakah caranya rel sepanjang dan sebanyak itu diangkut ke trase kereta cepat?

Pada tanggal 2 sampai 7 November 2020 lalu, telah diadakan sebuah uji coba angkutan rel oleh tim KCIC bersama dengan  PT KAI, CARS, Sinohydro.  

Uji coba pertama pengangkutan rel menggunakan kereta lori milik PT KAI yang bergerak melalui rute dari Stasiun Maos sampai ke Stasiun Gedebage.

Tujuan uji coba ini adalah untuk memastikan daya dukung sarana dan prasarana pengangkut rel kereta cepat dari pelabuhan ke lokasi proyek KCJB.  

Dari uji coba tersebut juga diketahui waktu yang dibutuhkan untuk memobilisasi seluruh rel.

Uji coba pengangkutan rel merupakan  proses yang sarat koordinasi dengan berbagai pihak dan perhitungan yang matang.
...
2020-11-18
Patimban Maritim City Super
Jawa Barat ingin Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, tidak hanya fokus mengembangkan kawasan pelabuhannya saja.  Ini karena Patimban punya pelabuhan yang jadi primadona sekaligus membangkitkan kawasan ekonomi khususnya.

“Oleh karena itu, Patimban didesain sebagai kota. Ini akan menjadi sentra maritim terbesar dan tercanggih.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat atas izin dan arahan Kemenhub, hendak membangun kota futuristik masa depan di Patimban. Kawasan ini nantinya bisa ditinggali oleh sekitar 1 juta penduduk.
...
2020-11-16
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 09 November – 14 November tender proyek seIndonesia
...
2020-11-12
Perluasan Bandara Manado
Untuk mendukung pengembangan pariwisata Likupang sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas, AP I juga mengembangkan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

AP I melakukan perluasan terminal penumpang menjadi 57.296 meter persegi dari 26.481 meter persegi. Dengan perluasan ini, maka kapasitas terminal tersebut meningkat menjadi 5,7 juta per tahun dibanding sebelumnya yang hanya 2,6 juta per tahun.

Hingga awal Agustus 2020, progress pengembangan Bandara Sam Ratulangi Manado telah mencapai 24 persen.
...
2020-11-11
Proyek South Mahakam Gas Supply to RUV (SMGS RUV)
PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) berhasil menyelesaikan secara aman dan tepat waktu operasi pengangkatan dan pemasangan deck extention di anjungan lepas pantai JM-1, Lapangan South Mahakam.

Proyek bernama South Mahakam Gas Supply to RUV (SMGS RUV) ini direncanakan akan selesai dalam waktu 7 bulan.

Dalam pelaksanaannya, PHM bersinergi dengan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dan PT Pertamina Refinery Unit V (RU V). Bila telah beroperasi, sebagian gas dari Lapangan South Mahakam akan dialirkan ke kilang RU V melalui fasilitas milik PHKT. Sehingga kebutuhan RU V untuk mengimpor LPG akan berkurang.

PHM terus berupaya memberikan kontribusi terbaik dalam menghadirkan energi bagi negeri.
...
2020-11-11
Teknologi Raisa di Food Estate Kalteng
Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) siap menerapkan inovasi teknologi budidaya padi sawah pasang surut intensif, super, dan aktual atau teknologi budidaya padi Raisa di lahan lumbung pangan (food estate) di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dengan menerapkan teknologi Raisa diharapkan dapat meningkatkan hasil dan meningkatkan indeks pertanaman padi dari IP 100 menjadi IP 200 atau bahkan IP 300 dalam satu tahun. Sebelum diaplikasikan di kawasan food estate tersebut, teknologi Raisa berhasil dikembangkan di beberapa sentra padi yang lahannya sama-sama lahan rawa pasang surut seperti Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan yang hasilnya dapat meningkatkan produksi padi 13-20%.

Kondisi eksisting sebelumnya di kawasan food estate ini, produktivitas padi masih di bawah produktivitas nasional yakni hanya 2-4 ton per hektare (ha). Dengan teknologi Raisa di kawasan food estate akan dapat meningkatkan produkvitas padi menjadi 5-6 ton per ha.

Teknologi Raisa yang dirilis 2018 itu merupakan teknologi yang dirancang khusus untuk budidaya padi di lahan rawa dengan mengadopsi beberapa teknologi pengelolaan lahan rawa yang telah dihasilkan oleh Balitbangtan.

Paket teknologi Raisa meliputi penggunaan varietas unggul baru spesifik lahan rawa, pengelolaan/tata air mikro, pemanfaatan pembenah tanah, pemupukan spesifik berdasarkan Perangkat Uji Tanah Rawa (PUTR), pengendalian hama dan penyakit secara terpadu, serta mekanisasi pertanian.

Kawasan pengembangan food estate di Kalteng yakni di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau sebagian besar lahan sawahnya terdiri dari lahan rawa. Pada lahan tersebut kandungan unsur mikro seperti zat besi (Fe) dan Natrium (Na) sangat tinggi, sehingga untuk meningkatkan produksi padi perlu perlakuan khusus. Pemberian kapur pertanian dan pembenah tanah memegang peranan penting karena mampu memberikan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan varietas padi di lahan rawa.
...
2020-11-10
Tol Sumatera Ruas Bengkulu - Taba
Proyek tol Bengkulu - Taba Penanjung di zona 1 terlihat beberapa sisi jalan sudah mulai dilakukan penanaman rumput.

Adapun underbridge dan overbridge serta JPO juga sudah selesai dibangun dan bisa dilewati masyarakat.
...
2020-11-09
PV Batako
Ini yang bisa menghasilkan listrik, serta sanggup menahan beban sampai 2 Ton.
...
2020-11-09
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 02 November – 07 November tender proyek seIndonesia
2020-11-07
Proyek Jack up Rig Hakuryu-14
PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) melaksanakan Penandatanganan Kontrak Pengadaan Jack up Rig Hakuryu-14 dengan konsorsium PT Segara Laju Perkasa dan PT Japan Drilling Indonesia.
 
Kontrak senilai US$ 96 juta ini berdurasi 1,5 tahun dengan komitmen TKDN 35%. Hakuryu-14 akan mulai beroperasi pada kwartal-2 2021 untuk melakukan pengeboran di lapangan Peciko, South Mahakam, Sisi Nubi, dan Bekapai. Termasuk pengeboran satu sumur eksplorasi MPT-1X dan pengeboran pengembangan di tiga anjungan baru.
...
2020-11-06
Statistic Tender Proyek
Berikut statistik periode 26 Oktober – 31 Oktober 2020 tender proyek seIndonesia
2020-11-06
Proyek Jawa-1
Proyek ini merupakan  proyek Pertamina Power Energi yang mengintegrasikan fasilitas gas dengan proyek pembangkit listrik.

Di dalamnya akan terdiri dari PLTGU berkapasitas 1.760 MW, floating storage regasification unit (FSRU), pipa gas, dan jalur transmisi yang menyambungkan pembangkit dengan titik interkoneksi.

Proyek berlokasi di Cilamaya, Karawang, Jawa Barat ini ditargetkan mencapai COD pada tahun 2021.
...
2020-11-03
Proyek PLTU Lombok
Rekind adalah kontraktor proyek PLTU Lombok CFSPP FTP-2 (2x50MW) di Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Keterlibatan Rekind bersama Rafako S.A (perusahaan pabrikan boiler asal Polandia) dipercaya untuk mendukung program kelistrikan nasional 35.000 MW dan secara khusus untuk mempercepat peningkatan rasio elektrifikasi di Lombok, NTB.
...

2020-11-02
Proyek Karian Barat
Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR melakukan Penyiapan Proyek KPBU Saluran Pembawa Air Baku (SPBU) Karian Barat.

The Global Competitivenes Report yang merupakan studi yang dikeluarkan oleh World Economic Forum menempatkan Indonesia berada di urutan 74 untuk kategori Reliability of Water Supply Indonesia.

Dalam RPJMN 2020-2024 untuk Kebutuhan Belanja Infrastruktur sebesar Rp 6.445 triliun sementara kemampuan APBN hanya sebesar Rp2.385 triliun, sehingga terdapat jurang sebesar Rp 4.060 Triliun atau 63%.

Terkait Infrastruktur Sumber Daya Air, ketersediaan air baku nasional hanya bisa menutupi 30% dari total kebutuhan nasional. Maka tak terhindarkan eksploitasi air tanah masih akan terjadi dalam skala besar.

SPAB Karian Barat merupakan infrastruktur penyedia air baku yang akan dibangun di Kabupaten Serang, Banten akan memberikan manfaat kepada Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon.

Saat ini produksi eksisting pada area pelayanan hanya sebesar 792 lt/detik.

Padahal berdasarkan hasil proyeksi, dibutuhkan air baku sebesar 2.139 lt/detik pada tahun 2020, dan akan naik menjadi 6.887 lt/detik pada tahun 2040.

Maka untuk mengejar kebutuhan tersebut, SPAB Karian Barat direncanakan dapat menyediakan air baku sebesar 1.500 lt/detik, yang akan didistribusikan dengan rincian yaitu 700 lt/detik ke Kabupaten Serang, 300 lt/detik ke Kota Serang, dan 500 lt/detik ke Kota Cilegon.

Progress pembangunan Bendungan Karian Barat saat ini sudah mencapai 70% dengan daya tampung total 314,7 juta m3.

Bendungan tersebut diperkirakan akan siap beroperasi tahun 2024 dan akan melayani ketersediaan air baku untuk 1.080.000 juta penduduk di Wilayah Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

Maka ketika bendungan selesai konstruksi, maka harus disiapkan infrastruktur penyaluran bahan baku air (SPAB) tersebut, dengan skema KBPBU Kerja Sama Permerintah dng Badan Usaha.
...
2020-11-02
Proyek Situ Bagendit
Penandatanganan perjanjian kontrak Pejabat Pembuat Komitmen Pengembangan Kawasan Permukiman Wilayah II Balai Prasana Permukiman Wilayah Jawa Barat (Jabar) dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana penataan kawasan Situ Bagendit.

Adapun nilai kontrak pada penataan kawasan Situ Bagendit yakni sebesar Rp81, miliar dengan lingkup pengerjaan antara lain, pembangunan pintu masuk dan area parkir, area plaza, dermaga wisata, amfiteater, pujasera, mas jid, serta bangunan penunjang lainnya.

Total lahan yang dibutuhkan pada penataan tahap pertama seluas 3,5 hektare, pedestrian dengan panjang 6,7 kilometer, dan pembangunan Pulau Nusa Kelapa seluas 2,3 hektare.

Sementara jangka waktu yang ditetapkan dalam kontrak tersebut yaitu selama 435 hari atau kurang lebih 14 bulan dengan batas akhir pengerjaan pada 31 Desember 2021.
...
2020-10-31
Proyek Tol Simpang Indralaya - Muara Enim 119 Km
Ini merupakan bahagian koridor Jalan Tol Trans Sumatera.

Saat ini progresnya sudah mencapai 11,79% sobat dan terbagi menjadi 2 Seksi, yaitu Seksi 1 Simpang Inndralaya - Prabumulih sepanjang 65 Km, dan Seksi 2 Prabumulih  - Muara Enim sepanjang 54 Km.

Penyelesaian konstruksi Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim yang memiliki 2 ruas ini ditargetkan dapat selesai pada bulan Desember 2022.

Jalan Tol ini merupakan sirip (pendukung) Tol Trans Sumatera yang terdiri dari tiga koridor yakni Medan-Tebing Tinggi-Sibolga, Padang-Pekanbaru-Dumai dan Palembang-Sp. Indralaya-Bengkulu sepanjang total 890 Km.

Tentunya kehadiran tol ini akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari wilayah Palembang - Muara Enim yang semula sekitar 4 jam nantinya akan menjadi 1,5-2 jam saja.
...
2020-10-30
Proyek Pulau Rinca
Kegiatan penataan Kawasan Pulau Rinca meliputi:
(1) Dermaga Loh Buaya, yang merupakan peningkatan dermaga eksisting;
(2) Bangunan pengaman pantai yang sekaligus berfungsi sebagai jalan setapak untuk akses masuk dan keluar ke kawasan tersebut;
(3) Elevated Deck pada ruas eksisting, berfungsi sebagai jalan akses yang menghubungkan dermaga, pusat informasi serta penginapan ranger, guide dan peneliti, dirancang setinggi 2 meter agar tidak mengganggu aktivitas komodo dan hewan lain yang melintas serta melindungi keselamatan pengunjung;
(4) Bangunan Pusat Informasi yang terintegrasi dengan elevated deck, kantor resort, guest house dan kafetaria serta; (5) Bangunan penginapan untuk para ranger, pemandu wisata, dan peneliti, yang dilengkapi dengan pos penelitian dan pemantauan habitat komodo.

Saat ini penataan Pulau Rinca tengah memasuki tahap pembongkaran bangunan eksisting dan pembuangan puing, pembersihan pile cap, dan pembuatan tiang pancang. Untuk keselamatan pekerja dan perlindungan terhadap satwa komodo, telah dilakukan pemagaran pada kantor direksi, bedeng pekerja, material, lokasi pembesian, pusat informasi, dan penginapan ranger.
...
2020-10-30
PLTS di Pesantren
Pemasangan panel listrik surya sebanyak 16 lembar di rooftop gedung PPTQ Daarul Waaly Rembul Tegal donasi jariyah dari PT. Anugerah Raya Energy.
...
2020-10-27
Pembangunan Terminal 4 Bandara Internasional Soetta
Rencana awalnya wajib selesai pada akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023. Namun, sayangnya pandemi COVID-19 membuat target itu terancam molor.

Bahkan, sejauh ini, pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta baru sampai pada tahap persiapan desain. Artinya, sama sekali belum ada pengerjaan fisik yang berlangsung sampai pertengahan tahun ini.

Terminal 4 sekarang sedang penyelesaian untuk proses desain planning. Desainnya ada 3 kategori desain, satu adalah konseptual desain, yang kedua adalah basic detail, yang ketiga adalah detail engineering design.
...
2020-10-26
Proyek Pembangunan Terminal Kijing
Proyek yang dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA akan memiliki trestle terpanjang di Indonesia. Trestle merupakan jembatan penghubung antara dermaga dengan area darat yang biasanya dimiliki oleh pelabuhan besar dengan dermaga yang berlokasi di tepi laut.

Terminal Kijing yang akan menjadi pelabuhan internasional terbesar di Kalimantan ini dibangun untuk menampung kapal besar bermuatan hingga 100 ribu DWT, dan membutuhkan draft kapal besar hingga kedalaman 15 meter. Menyesuaikan struktur dan kedalaman yang dibutuhkan, tim proyek membangun trestle sepanjang 3.374 meter.
...
2020-10-19
Proyek PLTU 1.000 MW
Konsorsium pembangkit listrik Cirebon Power terus memacu pembangunan PLTU Unit II (Cirebon Expansion) berkapasitas 1.000 MW.

Hingga Januari 2020, progres pembangunan keseluruhan sudah mencapai 71,82%.

Khusus untuk pembangunan konstruksi sudah mencapai  60%.

Adapun beberapa pembangunan konstruksi sudah hampir rampung, antara lain, cerobong (chimney) dan dermaga (jetty).

Pembangunan PLTU Cirebon II ditargetkan selesai pada Februari 2022.
...
2020-10-15
Pemasangan platform West Madura Offshore
Pemasangan platform di PHE WMO selesai dan lancar oleh Kontraktor  Meindo Elang Indah

PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (WMO),  melakukan pengaktifan kembali anjungan lepas pantai PHE-12 yang berada di 50 km dari bibir pantai Kabupaten Bangkalan, Madura, provinsi Jawa Timur.

Kegiatan pengaktifan kembali PHE-12 tersebut ditandai dengan diberangkatkan dan dipasangnya (Instalasi) setelah selesai difabrikasi (EPC) oleh kontraktor PT Meindo Elang Indah di Handil Yard.

Reaktifasi PHE-12 bertujuan untuk memproduksi kembali dua sumur yang sudah ada yaitu sumur PHE-12 A1 dan PHE-12 A3 yang diharapkan dapat meningkatkan produksi PHE WMO sekitar 1.000 BOPD dengan target start up pada November 2020.
...
2020-10-01
Hydraulic Workover
PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) bersinergi dengan PT Elnusa Tbk, yang juga anak usaha PT Pertamina (Persero), menerapkan rigless operation dalam kegiatan pengeboran dengan mengoptimalkan penggunaan Hydraulic Workover Unit (HWU) di Wilayah Kerja Mahakam.

Sejak 2019, HWU telah digunakan untuk pemasangan komplesi, suatu tahapan dalam operasi sumur yang sebelumnya menggunakan rig pengeboran.

Pada 2020, cakupan pengoperasian HWU diperluas meliputi banyak pekerjaan, seperti: pemasangan komplesi MZST-GP, kerja ulang (workover) dan pemasangan komplesi single string dan dual string, thru-tubing well intervention, side track preparation, cut and pull out casing, dan komplesi Mono Trip Gas Lift. Upaya tersebut terbukti berhasil mengurangi biaya pengerjaan sumur secara signifikan, dan yang terpenting semuanya berlangsung aman tanpa kecelakaan berarti atau Zero Lost Time Injury.

Pencapaian itu tak lain karena berbagai analisis teknis, mitigasi operasional, persiapan dan eksekusi operasi HWU di PHM dikerjakan dengan sangat rinci oleh oleh putra-putri terbaik Bangsa Indonesia.

Kini, PHM sedang mempersiapkan penggunaan HWU untuk seluruh operasi pengeboran sumur.
...
2020-09-28
Proyek Rumah Ibadah
Progres pembangungan masjid di Granada lLand
...
2020-09-25
PLTS untuk UKM
PLTS 10 KiloWatt sebanyak 5 unit dipaaang di pengolahan madu Pontianak KalBar
...
2020-09-23
Teknologi Saluran Irigasi Beton Pracetak Modular
Teknologi ini merupakan saluran irigasi tersier yang ditujukan untuk membagikan air ke persawahan atau pertanian secara efektif dan efisien. Keunggulan teknologi ini adalah meningkatkan kualitas aliran irigasi dan menghindari terjadinya longsor dinding saluran serta pemasangan dapat dilakukan secara cepat. Selain itu biaya pemeliharaan juga menjadi lebih murah. Teknologi ini cocok diterapkan pada daerah irigasi baru maupun rehabilitasi jaringan irigasi.

Keunggulan
- Mempercepat dan mempermudah proses pelaksanaan;
- Menjaga mutu dan kualitas pekerjaan; dan
- Memperbaiki estetika kuat;
- Pemeliharaan lebih mudah.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Jl. Pattimura No.20 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Telp : 021-72784641
Email : pkpt@pu.go.id
...
2020-09-22
Grab Perkenalkan Teknologi Geofencing
Grab, aplikasi serba bisa terkemuka di Asia Tenggara dan Indonesia, memperkenalkan teknologi geofencing yang dapat mendeteksi dan memberikan peringatan kepada mitra pengemudi yang berkerumun di sebuah area.

Peluncurannya bertujuan untuk membantu pemerintah dan masyarakat DKI Jakarta agar dapat beradaptasi dalam PSBB Total Kedua. Grab pun menjadi penyelenggara jasa transportasi yang menggunakan platform daring (ride-hailing) pertama di Tanah Air yang memperkenalkan teknologi geofencing.

Teknologi tersebut diperkenalkan untuk memastikan mitra pengemudi tetap menjaga jarak aman sesuai imbauan pemerintah dan menjaga kesehatan. Mitra pengemudi yang terdeteksi berkerumun akan menerima peringatan melalui pesan teks, atau pop-up di aplikasinya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengizinkan ojek online (ojol) untuk tetap beroperasi selama masa PSBB total. Namun, surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Nomor 156 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Bidang Transportasi mewajibkan perusahaan aplikasi ojol untuk menerapkan teknologi geofencing.

Teknologi itu membantu mitra pengemudi untuk menjaga jarak aman serta kesehatan, sehingga mereka tetap bisa produktif. Saat mereka bisa produktif, mobilitas masyarakat Jakarta pun akan terbantu.

Karena itu, lanjut dia, kesehatan menjadi prioritas utama Grab supaya mitra pengemudi tetap bisa produktif. Sejak pengumuman PSBB Total Kedua, tim Grab terus mencari cara yang efektif agar tetap bisa melindungi mata pencaharian dan kesehatan mitra.

Penerapan geofencing merupakan salah satu solusi inovatif dalam mendeteksi GPS mitra pengemudi yang berkumpul dalam satu lokasi. Sistem Grab akan langsung memberikan peringatan kepada mereka yang didapati melanggar peraturan.
...
2020-09-21
Biodiesel B-100 Hasil Inovasi Balitbangtan Balittri Terbukti Mampu Menjadi Alternatif Bahan Bakar Ma
Pengembangan energi terbarukan menjadi tantangan bagi setiap negara guna mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang semakin lama semakin menurun ketersediannya. Salah satu alternatif yakni dengan mencari sumber bahan bakar baru bersifat ramah lingkungan, dengan stok bahan bakunya terjamin, serta memiliki harga yang lebih terjangkau dari bahan bakar pada umumnya.

Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian telah berhasil melakukan lompatan besar melalui inovasi teknologi pengolahan bahan bakar alternatif bersumber dari Crude Palm Oil (CPO) yang disebut Biodiesel B-100 atau 100 persen terdiri dari kandungan minyak nabati. Selain itu, B-100 ini juga mampu meningkatkan pemanfaatan kelapa sawit di Indonesia yang dikenal sebagai Negara produsen dan eksportir kelapa sawit terbesar di dunia dengan lahan se-luas 14,03 juta Ha.

Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Momon Rusmono menjelaskan bahwa dari hasil uji coba yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian, penggunaan B-100 mampu mencapai jarak 13,1 kilometer/liter. Jarak tersebut lebih jauh jika dibanding solar yang hanya mencapai 9 kilometer/liter.

“Lebih dari itu, penggunaan B-100 ini bisa menghemat devisa sebesar 26 triliun yang berdampak langsung pada kesejahteraan petani sawit,” ujar Momon.

Momon menjelaskan, penghematan ini bisa didapat dari substitusi impor solar yang selama ini cukup tinggi. Disisi lain, biodiesel juga mampu mengurangi pencemaran lingkungan karena rendah polusi dengan karbonmonoksida (CO) biodiesel lebih rendah 48% dibanding solar.

“Dengan adanya energi terbarukan B-100 ini, tentu akan menciptakan beberapa peluang yaitu memperkuat keamanan energi nasional serta meningkatkan nilai tambah ekonomi domestik dengan sumber daya terbarukan” ujar Dr. Ir. Desrial selaku Ketua Umum Perhimpunan Teknik Pertanian Indonesia (PERTETA).

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D yang merupakan Koordinator dari penemuan inovasi B-100 di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) juga menjelaskan pihaknya akan terus melakukan ujicoba B-100 terhadap performa mesin diesel pada 16 kendaraan bermotor.

Diakhir paparannya, Ia menerangkan bahwa saat ini sudah tersedia Pom mini B-100 berkapasitas 400 liter di beberapa unit kerja kementerian pertanian, salah satunya berada di Puslitbang Perkebunan Bogor yang telah digunakan untuk mengisi bahan bakar kendaraan dinas instansinya.

Harapannya, dengan adanya inovasi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian ini, membuat masyarakat semakin yakin bahwa sektor pertanian Indonesia dapat menjadi sumber devisa negara yang kuat untuk meningkatkan kedaulatan Bangsa. Selain itu upaya penderasan informasi mengenai inovasi yang sudah diciptakan juga akan terus dilaksanakan, salah satunya yaitu dengan pelaksanakan kegiatan Bakorhumas ini.
...
2020-09-21
Politeknik Dengan Hanggar Perawatan Pesawat
Berdiri di lahan seluas 2500 m2, hangar di Politeknik Negeri Batam yang merupakan fasilitas pertama yang dibangun pemerintah untuk politeknik negeri jurusan penerbangan ini mampu menampung satu pesawat jenis Boeing 737 300, serta beberapa pesawat ukuran kecil sebagai bagian dari fasilitas praktik pembelajaran perawatan pesawat udara untuk para mahasiswa.

Bangunan hangar yang terdiri dari 3 lantai ini dilengkapi 10 ruangan laboratorium khusus perawatan pesawat udara seperti aircraft system laboratory, general dan sheet metal workshop, composite workshop serta battery shop dan NDT.

Dengan fasilitasnya yang sangat lengkap semoga kualitas SDM semakin berkembang sehingga nantinya lulusan politeknik ini berkesempatan terlibat dalam R80 Engineering Development Program.
...
2020-09-17
Sistem Manajemen Operasi dan Pemeliharaan Irigasi (SMOPI)
Sistem ini mengubah transaksi kegiatan dari paper-based menjadi paperless. Dokumen yang dibuat menjadi paperless meliputi 12 blangko O (Operasi) dan 10 blangko P (Pemeliharaan) sesuai dengan Permen PUPR nomor 12/PRT/M/2015. Penggunaan aplikasi memerlukan 3 subsistem (SDM, komputer server, dan alat bantu input data). Sistem ini dapat diakses melalui website dengan alamat smoi.pusair-pu.go.id dan smopi.pu.go.id.

Keunggulan
- Mempercepat proses pelaporan
- Secara otomatis menghitung atau merekap data OP dari satu blangko ke blangko lainnya
- Progress pengisian blangko OP dapat dipantau secara terbuka oleh pengelola irigasi lainnya
- Dapat menampilkdn grafik hubungan antara kebutuhan debit, debit tersedia, dan faktor K secara time series
- Data OP irigasi dapat diorganisir secara time series dan dapat diunduh

Lokasi
Dl Bondoyudo, Lumajang dan Jember, Jawa Timur
Dl Tajum, Banyumas, Jawa Tengah

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-16
Aplikasi Sungai Kita
Aplikasi berbasis android yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk memberikan informasi tentang kondisi sungai kepada pengelola wilayah sungai.

Keunggulan

- Masyarakat berperan aktif memberikan informasi kondisi sungai
- Pengiriman informasi dari masyarakat otomatis terkirim ke pengelola wilayah sungai sesuai lokasi kerusakan
- Waktu pelaporan menjadi lebih singkat
- Proses pelaporan dan tindak lanjut perbaikan dapat dilihat kemajuannya dengan aplikasi ini

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-16
Pengembangan Perangkat Lunak Inspeksi Tanggul
Perangkat lunak yang dapat digunakan oleh instansi pengelola wilayah sungai dalam pelaksanaan inspeksi tanggul dan pengelolaan data secara sistematis.

Keunggulan

- Memberikan informasi prioritas penanganan kerusakan tanggul
- Peralatan inspeksi tanggul lebih ringkas
- Waktu pelaporan lebih singkat
- Informasi dapat diterima langsung pengelola sungai
- Memudahkan pelaksanaan inspeksi di lapangan

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-14
Sistem Peringatan Dini Bahaya Longsor Berbasis Seluler
Sistem untuk memberikan peringatan dini bahaya longsor yang terdiri atas alat monitoring berupa sensor gerakan tanah (ekstensometer), pengolah data, transmitter, receiver, dan sirine.

Keunggulan
- Dapat memberikan sistem peringatan dini secara realtime kepada stakeholders melalui pesan singkat (SMS)
- Ketersediaan data, kondisi stasiun, dan pengambilan data dapat diakses melalui ponsel berbasis GSM dan situs (website)

Lokasi

Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Provisi Jawa Tengah

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-14
Sabodam Modular
Sabodam modular merupakan konstruksi sabodam yang dibuat menggunakan modul-modul dengan beton mutu tinggi >K350. Modul sabodam modular terdiri dari beberapa tipe, yaitu tipe J-Shape, C-Shape, Box-Shape, T-Shape, dan Apron-Shape.

Keunggulan

- Lebih cepat: Modul diproduksi di pabrik, instalasi dengan mobile crane
- Lebih efisien dan minim risiko keselamatan kerja untuk lokasi rawan bencana karena jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan lebih sedikit
- Memiliki standar kualitas yang sama

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-12
Mikro Sabodam Modular
Sabodam yang memiliki lebar kurang dari 2 m untuk mengendalikan laju aliran erosi di alur intermitten atau subdas berukuran kecil di daerah hulu sungai.
Mikro sabo biasanya terdiri dari 2 bak, tidak ada aturan baku, dimensi menyesuaikan terhadap kemiringan dasar drainase aliran (misalnya: panjang 70 cm, lebar 40 cm , tinggi 45 cm, dan tebal 5 cm).
 
Bahan (Substitusi):
- Ferosemen
- Fiberglass
- Ban bekas
- Drum bekas, dll.

Keunggulan
- Mempercepat pelaksanaan konstruksi
- Solusi keterbatasan bahan baku lokal
- Standardisasi dan pengendalian kualitas dalam pembuatan
- Mudah dalam proses pemeliharaan

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-11
Bangunan dan Pelimpah Tipe Gergaji
Berfungsi untuk melimpahkan air dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan pelimpah konvensional.

Keunggulan

- Kapasitas limpahan lebih besar dari tipe pelimpah lain untuk bentang yang sama.
- Perubahan tinggi muka air di udik relatif stabil akibat fluktuasi debit.
- Dapat berfungsi sebagai peredam energi oleh benturan air.
- Struktur tubuh bendung dan pelimpah relatif ramping.

Lokasi
- Bendung Ciwadas di Pejompongan.
- Bendung Tami dan Kalibumi di Propinsi Papua.
- Bendung Kalola di Sulawesi Selatan.
- Bendung Toili di Sulawesi Tengah.

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-11
Ring Net Barrier untuk Aliran Debris
Jaring yang berfungsi untuk menahan aliran debris/lahar. Penggunaan ring net barrier memberi efek yang lebih sedikit terhadap morfologi sungai dibandingkan dengan sabodam konvensional.

Keunggulan
- Konstruksi lebih cepat, sehingga cocok diterapkan di daerah bencana
- Lebih murah dibandingkan sabodam konvensional
- Fleksibel, dapat direlokasi atau dibongkar
- Lebih ramah lingkungan

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-09
Konsep Pengendalian Banjir Rob
Alternatif pengendalian banjir pada daerah dengan elevasi daratan lebih rendah daripada muka air laut pasang menggunakan:
- Sistem terbuka (semua sungai mengalir langsung ke laut dengan membuat sub-sub polder yang dibatasi dengan tanggul keliling)
- Sistem semi terbuka (hanya sungai besar yang mengalir langsung ke laut, sedangkan sungai kecil ditutup dan dialirkan menggunakan pompa dengan sistem polder)
- Sistem tertutup (semua sungai ditutup dan dialirkan menggunakan pompa dengan sistem polder)

Keunggulan
- Dapat mengendalikan banjir yang datang bersamaan dari hulu maupun akibat rob
- Sebagai bahan penyusunan master plan untuk tindakan penanganan jangka pendek maupun jangka panjang

Lokasi

Desa Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-09
Pabrik Baru CPO
Pabrik baru PT. Citra Karya Sentosa Mandiri ini berlokasi di Titik Nol Perbatasan Kalbar Naga Badu dan Lubuk Antu (Malaysia), mulai mengolah kernel/kcp, semoga berjalan dengan lancar sesuai target produksi.
...
2020-09-08
Beton Serat Baja sebagai Selimut Sabodam
Penggunaan serat baja sebagai selimut sabodam akan meningkatkan ketahanan terhadap impak dan abrasi, i disamping itu dapat meningkatkan duktilitas (kemampuan bahan untuk menyerap energi), ketahanan terhadap kelelahan material, dan pengaruh susutan.

Keunggulan
- Mengurangi retak karena panas hidrasi pada beton
- Beton menjadi lebih duktil
- Tebal kolam olak (apron) menjadi lebih tipis karena peningkatan ketahanan terhadap impak (benturan berulang)
- Mercu main dam memiliki ketahanan terhadap abrasi

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-08
Sabodam Semen Tanah
Sabodam yang dibuat dari semen tanah sebagai komponen utama dengan mencampur material tanah setempat yang memenuhi syarat dengan semen. Semen tanah diperuntukkan sebagai inti bangunan.
 
Keunggulan

- Cepat karena pekerjaan dapat dilakukan sekaligus dalam ( volume besar (massal)
- Murah karena menggunakan material setempat, namun memiliki kekuatan yang sama dengan sabodam konvensional
- Risiko pekerjaan dilakukan di daerah bencana berkurang karena menggunakan tenaga kerja yang lebih sedikit

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-07
Dermaga Apung
Tempat untuk menambatkan kapal pada suatu modul yang mengapung dengan tiang pancang sebagai penjaga posisi modul. Modul apung berfungsi untuk mengantisipasi air pasang surut laut, sehingga posisi kapal dengan dermaga selalu sama. Modul apung menggunakan stirofoam sebagai material yang mendukung daya apungnya.

Keunggulan

- Fleksibilitas lokasi karena bersifat adaptif terhadap fluktuasi muka air
- Waktu pekerjaan lebih cepat
- Penerapan dermaga apung ini dapat digunakan untuk menunjang bidang perhubungan atau perikanan
- Material modul apung dapat menggunakan daur ulang limbah stirofoam

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-07
Pemecah Gelombang Ambang Rendah (PEGAR)
Struktur pelindung pantai yang dibangun sejajar pantai dengan bagian puncak berada di bawah air mendekati permukaan atau sedikit muncul di atas permukaan air rata-rata

Keunggulan

- Tidak menggangu pemandangan ke arah laut karena dipasang pada kedalaman muka air rendah
- Lebih ekonomis
- Sirkulasi air yang lebih baik yang memungkinkan meningkatnya kualitas air dan produktivitas biologi, dan mengurangi efek hambatan terhadap angkutan sedimen
- Ramah lingungan
- Perairan di belakang struktur menjadi tenang

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-05
PEGAR Geobag Rangka Bambu
Struktur pelindung pantai berkonsep PEGAR dengan material terdiri dari susunan karung geotekstil kecil (geobag) dan bambu sebagai rangka untuk pengendalian erosi pada pantai berlumpur.
 
Fungsi
- Sebagai bangunan pemecah gelombang ambang rendah untuk meredam energi gelombang sebelum sampai ke pantai
- Sebagai pemerangkap sedimen yang akan mengendap di belakang struktur yang akan ditanami tanaman mangrove
- Sebagai pelindung sementara bagi pertumbuhan mangrove dalam upaya merestorasi pantai berlumpur yang terdampak erosi

Keunggulan

- Mengatasi kelangkaan batu alam
- Bahan geobag tersedia di pasaran dengan berbagai ukuran
- Geotekstil relatif ringan yang memungkinkan ongkos angkut ke lokasi relatif murah
- Penggunaan bambu sebagai rangka dan karung geotekstil kecil relatif lebih sehingga pembangunan jenis struktur ini lebih ekonomis dan terjangkau masyarakat.

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-04
Modular Blok Beton Terkunci
Digunakan untuk penggulangan masalah gerusan lokal di hilir bending (pengganti rip-rap batu), degradasi, dan perubahan morfologi sungai; perkuatan ujung krib gerusan tebing sungai; bottom panels untuk melindungi tembok pangkal jembatan atau sayap bending dari gerusan; struktur pelindung pilar jembatan dari gerusan.

Keunggulan
- Pracetak
- Modular
- Ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan
- Massa < 200 kg sehingga dapat disusun tanpa alat berat
- Konstruksi dapat dilakukan tanpa Saluran Pengelak
- Suplai sedimen kea rah hilir tidak terhenti
- Gaya angkat yang terjadi sangat kecil
- Mudah dalam pengoperasian

Lokasi :
Kampung Cikarag, Majalengka, Jawa Barat

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-04
Blok Beton Bergigi
Teknologi revetment dengan system interlocking untuk mencegah kemunduran garis pantai akibat adanya erosi

Kriteria Lokasi Penerapan
- Pantai berpasir
- Lokasi pantai dengan kondisi gelombang yang moderat (tinggi gelombang maksimum 2 m)

Keunggulan
- Efektif dalam pengamanan pantai
- Berat armor relative ringan, yaitu antara 230-240 kg
- Mempunyai kekuatan yang tinggi karena sistem interlocking antar armor

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-03
Mobile Test PCR
27 MOBILE PCR TEST atau PCR Jinjing diserahkan kepada seluruh 27 walikota/bupati. Diserahkan secara virtual di Balai Kota Cirebon.

Alat PCR jinjing ini hadir untuk menjangkau warga Jabar di desa-desa di pelosok yang terlalu jauh jika harus ke kota untuk pengetesan swab PCR.
...
2020-09-03
Blok Beton 3B ( Berkait, Berongga dan Bertangga)
Kriteria Lokasi Penerapan
- Pantai berpasir dan tidak mengandung banyak gravel
- Pantai dengan maksimum ketinggian gelombang moderat 2 m dan bukan tipe Open Sea Beach
- Pantai yang mempunyai berm dengan berbagai kemiringan

Keunggulan

- Teknologi revetment pelindung pantai berupa blok beton dengan sistem
- Dapat mencegah kemunduran garis pantai akibat adanya erosi.
- Efektif dalam pengamanan pantai
- Sistem Interlocking yang kuat
- Mempunyai berat armor antara 230-240 kg
- Aksesibilitas yang baik dan estetika yang menarik

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-02
Pipa (Buis) Beton Silinder
Teknologi struktur revetmen untuk perlindungan pantai dari erosi.

Karakteristik

- Konstruksi tidak masif
- Ditempatkan sejajar garis pantai
- Melindungi pantai di belakang struktur dari pengaruh gelombang dan arus

Keunggulan

- Mudah dalam pelaksanaan konstruksi karena merupakan beton pra cetak
- Tidak perlu menggunakan alat berat
- Dapat dilakukan oleh masyarakat setempat
- Pemasangan lebih cepat

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-02
Pelindung Tebing Sungai dengan Bio-Engineering
Alternatif pelindung tebing tidak langsung berbasis material alami untuk menangkap sedimen yang terbawa aliran. Sedimen yang terbentuk menjadi tempat tumbuhnya vegetasi untuk meningkatkan stabilitas tebing sungai.

Komponen Bio-Engineering:
Krib bambu dari jenis yang kuat dengan diameter antara 8 -10 cm

Tanaman/vegetasi:
- Tumbuh secara alamiah
- Penanaman dengan kriteria:
- Mudah didapat di sekitar lokasi
- Mudah untuk tumbuh dan berkembang
- Kuat terhadap hantaman arus sungai
- Tahan terhadap keadaan basah dan kering
- Memiliki manfaat bagi masyarakat

Keunggulan
- Ramah lingkungan
- Pembentukan tebing bersifat alamiah
- Material murah dan mudah didapat
- Pertumbuhan vegetasi sesuai dengan kondisi setempat
- Dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat

Syarat Teknis Bio-Engineering
- Tinggi tebing < 5 meter
- Kemiringan tebing < 1:1
- Batuan lapisan tebing: tanah, lempung, dan pasir
- Angkutan bahan dasar sungai: kerikil, pasir, lempung, dan lanau
- Kecepatan aliran < 2 m/det
 
Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-01
Pelindung Tebing Sungai dengan Dump Stones
Alternatif pelindung tebing dengan teknologi sederhana untuk sungai dengan kecepatan aliran rendah.

Syarat Teknis struktur dump stones Bahan
- Diameter dan bentuk batu disesuaikan dengan kondisi aliran, rapat massa (spesific gravity) batu, dan kondisi tanah dasar
- Bentuk struktur batu adalah batu pecah
- Bergradasi dengan dominasi diameter yang lebih besar daripada diameter desain batu (agar saling mengunci)

Keunggulan
- Meningkatkan stabilitas tebing sungai dan daya tahan material dasar sungai (bertindak sebagai lapisan pelindung/armoivn/ig layer)
- Waktu pengerjaan lebih singkat
- Memanfaatkan material setempat
- Struktur bersifat fleksibel

Lokasi
Sungai Citanduy, Ciamis, Jawa Barat Sungai Madiun, Ngawi, Jawa Timur
 
Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-09-01
PT Angkasa Pura II pakai Virtual Reality Training
PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Unit Airport Learning Center meningkatkan standar latihan dalam mengakselerasi skill personel bandara.

Ini memperkenalkan Airport Digital Expedition Academy yang menyediakan pelatihan berbasis virtual reality (VR Training) pertama di Indonesia bagi personel bandara.

Keberadaan akademi ini sekaligus menegaskan Transformasi Digital perseroan yang dijalankan sejak 4 tahun lalu.

Adapun lewat teknologi virtual reality berbagai skenario situasi yang mengancam keamanan dan keselamatan di bandara dapat disimulasikan mendekati kenyataan sebagai materi latihan bagi personel.

Di dalam tahap awal, pelatihan berbasis teknologi virtual reality disiapkan bagi personel Aviation Security (Avsec), Apron Movement Control (AMC), serta Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

Avsec, AMC dan PKP-PK sendiri merupakan tiga unit operasi mandatori di setiap bandara agar suatu bandara dapat beroperasi denga standar dan prosedur berbasis 3S+1C.

Pelatihan berbasis teknologi virtual reality ini akan mengambil porsi 75% dari total kurikulum latihan personel, sementara sebesar 25% masih akan dilakukan pelatihan secara fisik.

Perangkat virtual reality yang digunakan dalam pelatihan personel PT Angkasa Pura II adalah VR Headset, VR-ready computer, VR gloves, Gas & break foot pedals dan joysticks. Perangkat tersebut dilengkapi juga dengan software atau modul untuk pelatihan.

Seluruh perlengkapan tersebut diinstalasi di gedung Airport Learning Center (ALC) yang ada di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. ALC sendiri adalah pusat pelatihan pendidikan milik PT Angkasa Pura II untuk mengantisipasi perubahan di masa mendatang terkait Business Model Variability, Infrastructure/Operation Complexity, dan kebutuhan Dynamic Competencies bagi para personil operasi bandara.
...
2020-08-31
Pemanfaatan Oxbow
Konsep penataan oxbow menjadi salah satu area terbuka hijau untuk publik yang berada di pinggir sungai dengan memerhatikan aspek kenyamanan masyarakat dan keamanan di area sungai.

Keunggulan
- Mempertahankan aset pemerintah atas kepemilikan lahan bekas sungai
- Lingkungan sungai menjadi bersih dan nyaman

Lokasi
Oxbow Daraulin, Sungai Citarum

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-31
Restorasi Sungai Perkotaan
Konsep pengembangan potensi sungai perkotaan untuk alur transportasi sungai dan wisata air dengan pendekatan ramah lingkungan berupa perhitungan dimensi alur, pengaturan elevasi air, analisis morfologi, pendekatan ekologi, dan penataan daerah sekitar sungai.

Keunggulan
- Sungai di perkotaan dapat dimanfaatkan kembali untuk mendukung transportasi air yang dapat beroperasi sepanjang hari tanpa terpengaruh pasang surut
- Pemanfaatan sungai sebagai tujuan rekreasi wisata air
- Penataan sungai yang mempertimbangkan faktor ekologi dan hidraulik
 
Lokasi
Sungau Jafri Zam-Zam, Kota Banjarmasin

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-29
Optimalisasi Jaringan Tata Air Daerah Rawa
Optimalisasi tata air daerah rawa dilakukan melalui analisis numerik karakteristik rawa pasang surut sehingga dihasilkan solusi pengaturan air untuk daerah rawa tertentu.

Keunggulan

Memberikan solusi demi terjaganya elevasi air permukaan daerah rawa

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-28
Canal Blocking Konstruksi Beton
Canal blocking merupakan upaya konservasi sumber daya air pada lahan gambut agar lahan gambut tidak mengalami kekeringan dan terbakar. Prinsip canal blocking adalah dengan cara menaikkan dan mempertahankan paras muka air tanah pada lahan gambut yang terdegradasi sehingga kondisi hidrologis ekosistem gambut tetap basah/lembab.

Keunggulan
- Dapat mengatur paras muka air tanah pada lahan gambut sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku
- Dapat diterapkan diberbagai canal baik besar maupun kecil
- Lebih efektif dan efisien diterapkan pada canal yang besar
- Konstruksi beton mempunyai umur layanan yang jauh lebih lama dibandingkan dengan konstruksi kayu
- Minim pemeliharaan

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-28
Bangunan Pengendalian dan Perbaikan Kualitas Badan Air Tercemar
Bangunan pengendalian pencemaran badan air/sungai yang menggabungkan proses fisika dan biologi. Air sungai dialirkan ke bangunan, terjadi peningkatan oksigen dengan adanya proses fisika dengan memanfaatkan aerasi (dam aerator) dilanjutkan dengan proses bioremediasi dengan memanfaatkan bakteri indigenous untuk menurunkan kandungan zat pencemar.

Keunggulan
- Mengendalikan pencemaran airtanpa menimbulkan masalah baru bagi lingkungan Penurunan zat organik BOD berkisar 80%
- Penurunan zat organik BOD berkisar 80%

Lokasi
Sukabirus, Bandung, Jawa Barat    

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-27
Ecotech Garden dan Saringan Tetes Bertingkat dan Beraerasi (EGA - SATTIRA)
EGA-SATTIRA merupakan teknologi gabungan Ecotech Garden dengan Saringan Tetes Bertingkat dan Beraerasi, yaitu salah satu teknologi alternatif pengolahan air selokan (grey water) atau effluent tangki septik dengan menggunakan tanaman hias air.

Keunggulan

- Ramah lingkungan
- Estetika lingkungan meningkat
- Dalam jangka pendek menurunkan beban BOD, Total-N dan Total-P yang terbuang ke sungai
- Menurunkan bau, indikator dari penurunan kadar Amonia sebesar 50 % (semula 10,50 mg/Liter turun di outlet 5,3 mg/Liter) sedangkan kriteria limbah domestik berbau minimal 6 mg/Liter (Arnold S.Vernik, 1987)

Lokasi

Puslitbang SDA, Bandung, Jawa Barat

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-27
Ekoteknologi
Ekoteknologi adalah salah satu alternatif teknologi sederhana dengan menggunakan tanaman air untuk pengolahan limbah grey water. Tanaman air yang digunakan antara lain : Kapu-kapu (Pistia stratiotes), Lidi air (Typha angustifolia), Canna air (Thalia dealbata), Cat tail/stok (Typha latifolia), Papyrus payung (Cyperus alternifolus), dan lain lain.

Keunggulan

- Teknologi yang ramah lingkungan dan alami tanpa menggunakan bahan kimia
- Efisiensi pengolahan dengan tanaman mampu menyerap zat pencemar
- Biaya operasional dan pemeliharaan lebih murah karena tidak memerlukan peralatan mekanikal dan elektrikal
- Tidak membutuhkan tenaga ahli
- Meningkatkan estetika lingkungan

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-26
Instalasi Pengolahan Air Sederhana (IPAS)
Instalasi Pengolahan Air Sederhana (IPAS) adalah Proses penjernihan air minum secara sederhana dengan cara penyaringan melalui antara lain batu, pasir, kerikil, arang tempurung kelapa, arang sekam padi, tanah liat, ijuk, kaporit, kapur, tawas, biji kelor, dan Iain-Iain dengan sumber air baku berasal dari air permukaan (bukan payau/laut), air tanah, maupun air hujan.

Keunggulan
Teknologi sederhana sehingga dapat dibuat secara swadaya dengan menggunakan material setempat Masyarakat secara komunal akan memperoleh air minum setidaknya 15-30 l/orang/hari dengan mudah dan murah.

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-26
Instalasi Pengolahan Air Limbah Domestik Menggunakan Sistem MBBR
Sebuah teknologi pengolahan air limbah domestik yang menggunakan sistem pengolahan fisika dan biologi dimana sistem pengolahan biologinya memanfaatkan unit aerasi yang dilengkapi dengan Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) sebagai media tumbuh bakteri.

Keunggulan :
- Dapat diterapkan dilahan yang sempit
- Tidak memerlukan bahan kimia
- Biaya operasional relatif lebih murah dibanding menggunakan bahan kimia

Lokasi
Waduk Melati, Jakarta Pusat

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-25
Instalasi Pengolahan Air Limbah Ternak (IPALTernak)
Pengelolaan limbah ternak terpadu yang melayani limbah dari 100 ekor sapi dengan debit 2,2 L/detik. Pemilahan limbah padat dan cair dimulai dari kandang. Limbah padat digunakan sebagai media kascing dan pupuk kompos. Limbah cair diolah melalui Anaerobic Upflow Filter dan Constructed Wetland. Bernilai ekonomis bagi peternak/pengelola.

Keunggulan
- Mereduksi 80% BOD   
- Menghilangkan bau
- Mampu menerima limbah konsentrasi tinggi
- Operasional dan perawatan relatif murah dan mudah

Lokasi
Desa Sutenjaya, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-25
Instalasi Pengolahan Air Limbah Sederhana (IPALS)
Salah satu teknologi yang dapat diaplikasikan untuk menanggulangi limbah cair, kombinasi proses pengolahan air limbah secara biologi dan fisika, yaitu sistem anaerob upflow filter (proses pengolahan secara biologi) dan multisaringan (proses pengolahan secara fisika).

Keunggulan

- Sistem pengaliran secara gravitasi
- Tidak menggunakan energi listrik
- Mudah dalam pengoperasian
- Tidak memerlukan tenaga ahli
- Biaya operasi relatif lebih murah dibandingkan 4 jika menggunakan proses fisika dan kimia.

Lokasi

Desa Cikandang Kab. Garut, Jawa Barat

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-24
Sarana Resapan Air Hujan Sangat Sederhana (SARASS)
Sarana Resapan Air Hujan Sangat Sederhana (SARASS) merupakan teknologi sumur resapan sederhana yang berfungsi untuk konservasi air tanah, tetapi sekaligus juga mampu mengurangi risiko terjadinya akumulasi pencemar air tanah akibat limpasan air hujan.

Keunggulan

- Menambah cadangan air tanah sebagai usaha konservasi air
- Mengurangi genangan lokal
- Mengurangi beban dan mencegah kerusakan sarana drainase permukaan
- Menambah cadangan air tanah sebagai usaha konservasi air
- Secara kuantitas, air tanah tidak berkurang
- Secara kualitas, air tanah tetap terjaga
- Mengurangi risiko pencemaran air tanah akibat limpasan air hujan

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-24
Pemanfaatan Air Sungai dengan Penerapan Pompa Air Tenaga Hidro
Teknologi untuk menaikkan air dengan memanfaatkan energi akibat terjunan air.

Keunggulan
- Biaya operasi murah karena tidak menggunakan listrik atau BBM
- Merupakan energi yang terbarukan dan tidak menghasilkan emisi gas karbon
- Dapat dibangun sendiri oleh masyarakat setempat, tidak memerlukan teknologi yang rumit

Lokasi

Bendung Colo, Jawa Tengah Desa Wonokerso-Tembarak, Kec. tembarak, Kab. Temanggung Kiringan, Magelang
 
Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-19
Petugas mengecek material lapisan fondasi atas saat percobaan pemadatan lintasan
Konstruksi Circuit MOTO GP --- Pekerja mengebut konstruksiMandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB. Ini guna mempercepat penyelesaian pembangunan Sirkuit.  Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) telah bekerja sama dengan PT PP senilai Rp 900 miliar dan menandatangani Termsheet Fasilitas Sindikasi

Perbankan yang melibatkan anggota Himbara yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.
...
2020-08-19
Akuifer Buatan Daur Ulang Air Hujan (ABDULAH)
ABDULAH merupakan bangunan ABSAH yang khusus dibangun untuk memenuhi kebutuhan ari wudhu. Prinsip konservasi yang diterapkan adalah menggunakan air hujan yang tersimpan untuk dipakai secara berulang-ulang.

Keunggulan
- Merupakan bangunan sederhana dengan menggunakan material lokal
- Dapat diterapkan pada lahan sempit
 
Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-18
Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH)
Bangunan ABSAH merupakan salah satu bangunan konservasi sekaligus pendayagunaan air. Bangunan ini dapat menirukan aliran air yang terjadi di alam, berupa:
- aliran air tanah alami
- aliran air tanah di sekitar sumur gali atau sumur bor
- aliran mata air
- proses hidrologi dalam daerah aliran sungai (atap bangunan merupakan daerah aliran tangkapan hujan)
- proses penyaringan fisik di alam
- proses penambahan mineral di alam, proses fisik, kimia dan biologi
 
Keunggulan
Cocok diterapkan untuk penyediaan air baku di daerah kering, daerah sulit air karena faktor geologi dan iklim, pulau-pulau kecil, serta daerah berair asin.

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-18
Bangunan Penangkap Pasir Tipe PUSAIR II
Berfungsi untuk menangkap sedimen yang berlebihan pada jaringan irigasi dan lahan pertanian, atau kavitasi/abrasi pada pipa pesat atau sudu-sudu turbin pembangkit tenaga hidraulik.

Keunggulan
- Tidak membutuhkan lahan yang luas karena poros pintu bilas dan lorong bilas disatukan dan diletakan pada satu garis lurus dengan poros kantong endapan sedimen
- Sistem sederhana

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-15
Bangunan Penangkap Sedimen (BPS)
Bangunan Penangkap Sedimen (BPS) ini terdiri dari komponen bendung sebagai penahan laju angkutan sedimen, saluran intake untuk mengalirkan angkutan sedimen ke dalam bak penangkap dan bak penangkap untuk mengendapkan sedimen. Keistimewaan dari Bangunan Penangkap Sedimen (BPS) ini adalah adanya bak penangkap sedimen yang terletakdj luaralur sungaiif sehingga memudahkan proses pemeliharaan dan pengambilan sedimen yang terendapkan.

Keunggulan
- Mampu menjaga kelestarian dan konservasi lingkungani dengan melindungi morfologi sungai dari bahaya erosi, mengurangi kecepatan aliran yang dapat mengalkibatkan penggerusan dasar sungai (agradasi dan degradasi) serta mengendalikan laju angkutan sedimen. - Mampu melindungi infrastruktur bangunan air, jembatan dll di daerah hulu dari bahaya erosi, penurunan stabilitas bangunan dll.
- Mampu mengurangi sedimentasi waduk dengan cara yang lebih mudah, lebih murah, ramah lingkungan dan berkelanjutan dibandingkan dengan upaya pengerukan/normalisasi.
- Mampu mencegah eksploitasi penambangan pasir secara illegal oleh masyarakat dengan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang hendak memanfaatkan endapan sedimen/pasir yang berhasil ditangkap oleh bangunan ini.

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-14
Optimalisasi Jaringan Tata Air Daerah Rawa
Optimalisasi tata air daerah rawa dilakukan melalui analisis numerik karakteristik rawa pasang surut sehingga dihasilkan solusi pengaturan air untuk daerah rawa tertentu.

Keunggulan

Memberikan solusi demi terjaganya elevasi air permukaan daerah rawa

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-13
Saluran Irigasi Modular
Saluran irigasi modular dibuat menggunakan beton pracetak yang dibentuk sebagai modul-modul yang menyusun satu penampang penuh saluran. Jenis modul meliputi modul sudut (A), lantai/dinding (B), sabuk atas (C), dan pondasi (D). Penampang saluran yang memiliki dimensi berbeda dapat dibangun dengan menambah atau mengurangi jumlah modul B. Desain masing-masing komponen modular dibuat tidak hanya dengan mempertimbangkan kriteria teknis namun juga mudah diterapkan oleh P3A dengan menggunakan alat sederhana.
 
Keunggulan
- Kualitas bahan baik dan seragam
- Dapat dikerjakan oleh P3A menggunakan pereralatan sederhana
- Waktu pengerjaan lebih cepat
- Life cycle cost lebih rendah dibandingkan salururan pasangan batu

Lokasi

DI Kadugenep, Serang, Banten

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-13
Pintu Klep Otomatis Tahan Korosi
Pintu klep otomatis dipergunakan untuk pengembangan lahan pertanian di daerah pasang surut dengan prinsip beda tinggi tekan di bagian hulu dan hilir pintu yang menggerakkan pintu untuk membuka dan menutup secara otomatis. Keseimbangan pintu terhadap fluktuasi muka air hulu dan hilir dapat diatur menggunakan tabung air dan engsel.

Keunggulan

- Bobot ringan, tidak mudah retak, dan tahan korosi
- Dapat beroperasi dengan baik sampai dengan beda muka air hulu dan hilir +2 cm
- Pemasangan dan pengoperasian lebih mudah
- Mobilisasi ke lokasi rawa lebih mudah

Lokasi

Banjarmasin Kalimantan Selatan

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-12
Irigasi Terputus (Intermitten) di Lahan Sawah
Irigasi terputus merupakan salah satu alternatif pemberian air irigasi di lahan sawah. Air irigasi diberikan pada saat lahan cukup kering (retak rambut) dan dihentikan ketika ketinggian mencapai genangan dangkal (2cm). Dalam praktiknya irigasi terputus sering dikombinasikan dengan berbagai metode intensifikasi budidaya padi, seperti Sistem of Rice Intensification (SRI), Pengendalian Tanaman Terpadu (PTT), Intensifikasi Padi Aerob Terkendali dengan Bahan Organik (IPATBO), dsb. Agar penghematan air melalui teknologi ini dapat dimanfaatkan secara optimal, irigasi terputus dapat diterapkan di tingkat tersier melalui rotasi di tingkat petak kuarter.

Keunggulan
- Menghemat air lebih dari 15% dibandingkan irigasi konvensional
- Meningkatkan produktivitas air padi lebih dari 1,2 kg/m3
- Emisi gas rumah kaca lebih rendah, sehingga ramah lingkungan

Lokasi

DI Ciramajaya, Tasikmalaya, Jawa Barat
DI Jatiluhur, Subang, Jawa Barat
DI Mrican, Jombang, Jawa Timur

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-12
Jaringan Irigasi Tetes
Jaringan irigasi tetes merupakan salah satu teknologi irigasi bertekanan rendah yang mengaplikasikan air irigasi secara perlahan hanya pada zona perakaran dengan debit kecil. Jaringan irigasi tetes dapat didesain secara permanen maupun knock down sesuai dengan kondisi lahan. Komponen jaringan meliputi pipa utama, pipa manifold, pipa lateral, pena tes/emitter, dan komponen pelengkap lainnya.

Keunggulan
- Efisiensi irigasi tinggi (>80%)
- Penghematan air >70% dibandingkan irigasi alur
- Pemupukan dapat dilakukan bersamaan dengan pemberian air irigasi
- Kadar air tanah dapat diatur pada tingkat yang optimal untuk pertumbuhan tanaman
- Kebutuhan energi lebih kecil karena bertekanan rendah

Lokasi
Indramayu, Jawa Barat Sumedang, Jawa Barat Ponorogo, Jawa
Desa Akar-akar, Lombok Utara, NTB Dompu, NTB

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-12
Jaringan Irigasi Perpipaan
Jaringan irigasi perpipaan merupakan irigasi yang menggunakan saluran pipa tertutup sebagai pengganti saluran terbuka. Desain irigasi perpipaan memperhitungkan debit dan tekanan air. Komponeff irigasi perpipaan terdiri dari bangunan pengumpul, saluran pipa, dan komponen pelengkap lainnya (katup, pelepas udara, bangunan pelepas tekan, penguras, serta pengukur debit dan tekanan)

Keunggulan
- Efisiensi penyaluran tinggi (>90%)
- Pembersihan saluran pipa cukup dengan pengurasan (flushing)
- Distribusi air lebih cepat, terukur, dan mudah diatur sesuai kebutuhan
- Kualitas air sepanjang penyaluran terjaga
- Pelaksanaan konstruksi lebih cepat dan mudah
- Menghemat penggunaan lahan

Lokasi
Buahdua, Sumedang, Jawa Barat
DI Panulisan, Cilacap, Jawa Tengah

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-11
Gun Sprinkler BIR
Gun sprinkler BIR merupakan teknologi sprinkler yang telah dimodifikasi sesuai dengan karakteristik lahan kering di Indonesia. Tipe yang telah dikembangkan adalah BIR V.1 dan BIR V.2. Gun Sprinkler BIR V.1 beroperasi pada tekanan 3,5-6,5 bar, dengan debit 10 lt/detik dan radius pancaran 45 m. Gun Sprinkler BIR V.2 beroperasi pada tekanan 2-3,5 bar, dengan debit 5 lt/detik dan radius pancaran 25 m.

Keunggulan

- Keseragaman sebaran air yang merata (nilai CU>85%)
- Ukuran butiran cukup halus, sehingga tidak merusak tanaman
- Debit dan tekanan operasi sesuai spesifikasi pompa yang umum digunakan di lapangan
- Mudah dalam pengoperasia lapangan
- Ringan
 
Lokasi

Gorontalo
Jepara, Jawa Barat
Dompu, NTB

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-11
Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Lombok CFSPP-FTP-2 .
PT Rekayasa Industri (Rekind) bersama Konsorsium Rafako SA telah berkomitmen untuk terus  menjalankan pembanguan proyek.

Pengerjaan pembangunan Proyek PLTU diiringi kesiapsiagaan tim proyek dan HSE dalam menerapkan protokol kesehatan dan berbagai tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

PLTU berkapasitas 2x50 MW ini akan mengalirkan listrik ke wilayah Lombok Utara, hingga seluruh Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dimana PT PLN (Persero) sebagai pemilik proyek.

Rekayasa Industri, hingga pertengahan 2020, pembangunan PLTU Lombok telah mencapai pendirian Steam Turbine Generator Building, melanjutkan pekerjaan struktur boiler, utilitas, coal handling, dan pekerjaan konstruksi lainnya. Selain itu pemasangan overhead crane akan segera dilakukan.
...
2020-08-10
Pintu Air Berbahan Alternatif (Fiberglass dan Karet Alam)
Pintu air berbahan fiberglass dan karet alam merupakan alternatif teknologi yang dapat digunakan sebagai pengganti pintu besi. Pintu air berbahan fiberglass (GFRP/Glass Fiber Reinforced Polymer) terbuat dari polimer yang diperkuat serat kaca untuk bagian daun pintu, frame, stang, dan roda gigi. Pintu air berbahan karet alam terbuat dari komposit hard,rubber yang dapat menggantikan daun pintu.

Keunggulan
- Tidak korosif/tidak
- Mengurangi risiko pencurian
- Operasi lebih mudah, karena lebih ringan dibandingkan pintu air dari besi
- Pemeliharaan lebih murah, karena tidak memerlukan pelumasan dan pengecatan kembali

Lokasi
DI Jatiluhur, Patrol, Indramayu, Jawa Barat
DI Cimanuk, Garut, Jawa Barat
DI Sampean Lama dan DI Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-10
Teknologi Long Storage pada Irigasi Rawa
Long Storage adalah bangunan penyimpan air yang dibuat menyerupai kanal atau parit tertutup berupa kolam memanjang yang berfungsi untuk menahan air pada lahan yang relatif datar. Teknologi ini dapat diterapkan pada irigasi rawa sebagai sumber air dengan cara menampung dan menahan permukaan airnya, sehingga dapat dialirkan secara gravitasi ke lahan.

Keunggulan
- Menampung air secara maksimal pada lokasi rawa dengan curah hujan tinggi
- Dapat mengalirkan air irigasi secara gravitasi
- Daya dukung tanah lunak di area pembangunan long storage dapat ditingkatkan dengan menggunakan cerucuk (material lokal)
- Meningkatkan ketahanan pangan di lahan rawa

Pusat Litbang
Sumber Daya Air
Jl. Ir. H. Juanda 193 Bandung 40135
Telp : (022) 2501554 – 2505934 – 2500507 - 2504053
Fax : (022) 2500163
Email : pusat@pusair-pu.go.id
Website : www.pusair-pu.go.id
...
2020-08-04
Optimasi Lapangan Banyu Urip
SKK Migas terus mendorong Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk melakukan optimasi demi meningkatkan produksi migas.

Kemampuan produksi Lapangan Banyu Urip dapat ditingkatkan lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Setelah berhasil meningkatkan produksi menjadi 220.000 barrel oil per day (bopd) pada awal tahun 2020, kini produksi dari lapangan tersebut dicoba dinaikkan menjadi 235.000 bopd.

Pencapaian target produksi migas tahun 2020 menjadi tantangan tersendiri. SKK Migas terus mendorong KKKS untuk terus meningkatkan produksi migasnya untuk #Menuju1JutaBarel
...
2020-07-30
Proyek revitalisasi Stasiun Bekasi
Revitalisasi Stasiun Bekasi memakan waktu selama dua tahun. Pekerjaan Revitalisasi ditargetkan selesai pada akhir Desember 2021.

Sarana dan prasarana stasiun bakal lebih lengkap. Bahkan, luas area akan dua kali lipat lebih besar.

Dari luas 1.515 meter menjadi 3.600 meter.

Stasiun Bekasi juga bakal menjadi dua lantai dengan 12 unit tangga berjalan atau escalator dan 6 unit lift penumpang difabel.

Di lantai dua ada toilet dan mushola. Jalur kereta juga bertambah dari empat menjadi delapan jalur, begitu peron dari dua menjadi empat.

Sedangkan panjang peron diubah dari 240 meter menjadi 300 meter. Ada dua tempat parkir di sisi selatan seluas 2.800 meter dan di utara 4.400 meter.

Selain melayani penumpang KRL, Stasiun Bekasi melayani KA jarak jauh.
...
2020-07-28
Axioo Luncurkan Produk untuk Mengukur Suhu Tubuh dan Pengenalan Wajah
Berbagai perusahaan teknologi berlomba menciptakan produk unggulannya untuk membantu penanganan di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Salah satunya Axioo, yang meluncurkan produk bernama Axioo T8 – Thermosafe. Produk ini diklaim dapat membantu memberikan kemudahan dalam pelaksanaan protokol kesehatan bagi para individu maupun instansi khususnya di masa pandemi COVID-19.

Michael Sugiarto, Direktur Axioo Indonesia, mengatakan, keunggulan dari produk ini adalah mampu mengukur suhu tubuh dengan sangat akurat dan juga dapat mengenali wajah seseorang walaupun sedang memakai masker, serta bisa memberi peringatan apabila orang tersebut tidak menggunakan masker.

“Alat ini cocok digunakan di perkantoran yang saat masa pandemi ini masih menggunakan mesin finger print untuk absensi. Dengan Thermosafe, absensi cukup dengan pengenalan wajah saja”, ujar Michael.

Perangkat tablet ini dilengkapi dengan sensor temperatur inframerah berakurasi tinggi. Akurasi pengukuran temperaturnya kuran lebih 0.3 derajat celcius, dengan jarak deteksi sampai dengan 1 meter.

Proses pengukuran suhunya pun sangat cepat, yakni dalam hitungan detik langsung terdeteksi. Alat ini juga dilengkapi dengan alarm suara dan alarm cahaya pada saat suhu tubuh terdeteksi tinggi atau normal.
...
2020-07-28
Tanpa Zat Kimia, Ilmuwan Temukan Cara Mengontrol Populasi Nyamuk
Nyamuk, sering kali disebut sebagai hewan yang menyebabkan penyakit malaria, demam berdarah, demam kuning maupun Zika. Padahal, nyamuk tidak menyebabkan suatu penyakit tapi hanya menyebarkan dengan membawa pantogen dari satu inang ke yang lain atau dikenal dengan istilah vektor.

Melihat data diatas, para ilmuwan telah menemukan sejumlah metode untuk mengontrol atau mengelola polusi serangga berbahaya. Metode ini tanpa menyemprotkan zat kimia berbahaya ke lingkungan.

Pengembangan metode untuk mengurangi penyebaran dan prevalensi penyakit ini sangat penting dilakukan. Tujuan akhirnya adalah menyelamatkan nyawa manusia sebanyak mungkin.

Mereka menggunakan teknik serangga steril (SIT), suatu bentuk pengendalian kelahiran serangga dengan radiasi untuk mensterilkan nyamuk jantan. Kemudian, nyamuk jantan steril dilepaskan ke udara di daerah target.

Proses perkawinan nyamuk jantan steril dan betina subur di alam liar tidak akan menghasilkan keturunan apapun. Ini menjadikan SIT dapat menurunkan populasi nyamuk.

Para peneliti di Organisasi Pertanian dan Pangan Bersama (FAO) PBB / Badan Intenasional Energi Atom (IAEA) Laboratorium Pengendalian Hama Serang di Wina, WeRobotics dan Biofabrica Moscamed Brazil telah mengembangkan sistem untuk menerapkan SIT. Mereka menggunakan kendaraan udara tak berawak (UAV) atau drone.

Sistem unik ini dapat melepaskan nyamuk jantan steril ke udara di atas wilayah geografis besar menggunakan UAV. Selain mempercepat penggunaan metode SIT, itu juga lebih efisien dan efektif.

"Kami melaporkan sistem pelepasan nyamuk otomatis yang dioperasikan melalui drone sepenuhnya," kata Jeremy Bouyer, ahli entomologi medis yang melakukan penelitian ini.

Tujuan utama penelitian yang dilakukan untuk mengukur kelangsungan hidup, penyebaran dan daya saing seksual jantan steril. Mereka harus memproduksi secara massal, disortir, ditangani, diradiasi dan ditandai sebelum dilepaskan ke suatu wilayah menggunakan UAV.

Sejauh ini, para peneliti telah mengevaluasi sistem di Brazil dengan tujuan mengurangi populasi spesies nyamuk Aedes aegypti. Mereka menemukan bahwa nyamuk jantan steril dapat bersaing dengan jantan liar untuk melakukan perkawinan dengan nyamuk betina.

Pelepasan nyamuk steril menggunakan sistem berbasis UAV dapat mengurangi biaya implementasi SIT secara signifikan. Ini juga membuatnya lebih mudah untuk dioperasikan dalam skala besar, termasuk mengatasi keterbatasan area yang sulit dijangkau.

Di masa depan, diperkirakan nyamuk dewasa akan diiradiasi ketika sudah dikemas dalam paket yang dapat dikirim melalui layanan kurir ke tempat pelepasan.     
...
2020-07-27
Renovasi Smart Lighting Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal melakukan Renovasi Pertama dan Terbesar sejak dibangun 41 tahun lalu.

Salah satu aspek yang direnovasi adalah pencahayaan masjid.  Masjid terbesar di Asia Tenggara ini kini menggunakan teknologi smart lighting dengan 3.600 titik lampu di ruang sholat utama, sehingga walau terang tetap terasa teduh. Pencahayaan kubah dalam memakai teknologi Dynamic White yang bisa berubah warna setiap hari, sementara kubah luar mengimitasi warna cahaya bulan yang diatur dengan komputer.

Istimewanya lagi, Masjid Istiqlal menggunakan lampu hemat energi yang dapat diatur melalui aplikasi smartphone yang khusus dipegang pengelola masjid.

Dalam waktu dekat masjid yang direnovasi akan diresmikan.
...
2020-07-27
Perencanaan dan pelaksanaan geotekstil sebagai filter drainase untuk jalan raya
Pedoman perencanaan dan pelaksanaan geotekstil sebagai filter drainase untuk jalan raya disusun untuk memberikan petunjuk kepada praktisi mengenai langkah-langkah perencanaan dan pelaksanaan pengunaan geotekstil sebagai filter drainase jalan raya, sehingga tercapai perencanaan dan pelaksanaan yang optimal.

Keunggulan:

•   Geotekstil merupakan bahan dengan kinerja yang setara dengan filter granular, mempunyai sifat yang konsisten, dan mudah pemasangannya
•   Efisiensi biaya konstruksi
•   Penggunaan agregat batuan drainase yang lebih sedikit
•   Konstruksi yang lebih praktis
•   Pengurangan volume pekerjaan penggalian

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-25
Beton semprot untuk pelindung lereng batuan (SHOTCRETE)
Konstruksi beton semprot diaplikasikan untuk mengikat sisa-sisa batuan yang kondisinya labil, juga untuk meratakan permukaan terowongan. Secara umum tipe konstruksi beton semprot berfungsi sebagai covering atau pelapisan (lining) permukaan baik untuk aplikasi terowongan ataupun lereng.

Keunggulan:
•   Konstruksi yang berfungsi baik dan tahan lama
•   Mempunyai penyerapan air yangrendah
•   Melindungi serta memperlambat pelapukan batuan dan tahan terhadap beberapa pengaruh kimia
•   Keunggulan fisik beton semprot tidak dimiliki oleh teknik aplikasi beton yang lain

Lokasi:
Ruas jalan Ende- Maumere Provinsi NTT

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...    
2020-07-24
Low cost low volume road di trans papua
Perbaikan sifat dan daya dukung tanah yang akan dibangun kontruksi jalan dilakukan dengan cara stabilisasi. Stabilizer yang digunakan pada umumya adalah semen dan kapur.

Keunggulan:

•   Menggunakan bahan tambahan lokal
•   Proses pencampuran lebih cepat dan sederhana
•   Tingkat kepadatan yang dihasilkan sangat baik

Lokasi:
Jalur Trans Papua:
•   Ruas Bupul - Erambu - Sota - Kabupaten Merauke KM 146+500 - 147+100, Provinsi Papua (pekerjaan selesai)
•   Ruas Bupul - Erambu - Sota - Kabupaten Merauke KM 171+000 - 171+600, Provinsi Papua (tahap persiapan)

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-24
Tambal cepat mantap berbasis air & asbuton
Merupakan teknologi bahan campuran beraspal hangat dan campuran beraspal dingin yang dicampur bahan aditif dan dikemas secara pabrikasi.

Keunggulan:

•   Penambalan lebih cepat, mudah, murah dan berkualitas
•   Dapat disimpan sampai dengan 6 bulan (tergantung kemasan)
•   Ready stock
•   Order kecil dapat dilayani dan Penanganan segera

Lokasi:
Desa Pasarwajo, Kabupaten Pasarwajo, Provinsi Sulawesi Tenggara

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-23
Teknologi beton sedikit semen dengan pemanfaatan abu terbang pltu (FLY ASH)
Pendayagunaan material yang dihasilkan dari industri pembangkit listrik berbahan bakar batubara dan diapalikasikan sebagai material beton SSP dan beton TSP.

Keunggulan:

Mendukung pembangunan infrastruktur jalan yang lebih berkelanjutan dan hemat energi.

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-23
Teknologi warm mix asphalt (ZEOLIT)
Zeolit memberikan efek busa pada aspal dan aspal mudah menyelimuti agregat secara merata pada temperatur yang lebih rendah sehingga proses pencampuran dan pemadatan campuran beraspal dapat dilakukan pada temperatur yang lebih rendah. Penggunaan dalam campuran sekitar 1 % - 1,5 % dari total berat campuran.

Keunggulan:

•   Temperatur pencampuran dan pemadatan 3O°C lebih rendah dari Hot Mix Asphalt
•   Kualitas setara Hot Mix Asphalt, bahkan bisa lebih tinggi
•   Penggunaan bahan bakar lebih hemat dibanding Hot Mix Asphalt
•   Mereduksi polusi selama proses pencampuran di AMP
•   Pengelolaan di AMP lebih mudah, tidak perlu temperatur tinggi
•   Mempunyai daya lekat terhadap agregat dan ketahanan terhadap air yang lebih tinggi
•   Sifat aspal pada perkerasan akan lebih awet
•   Alat Pencampur dan pemadat sama seperti untuk Hot Mix Asphalt,
•   tidak perlu alat baru
•   Penanganan praktis

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R3
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R3
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-22
Teknologi daur ulang jalan ramah lingkungan
Teknologi daur ulang (recycling) merupakan teknologi ramah lingkungan yang dapat diterapkan dalam merehabilitasi atau merekonstruksi perkerasan jalan dengan mengolah kembali material lama menjadi baru dan lebih kuat.

Keunggulan:

•   Teknologi ramah lingkungan, efisiensi bahan aspal & agregat
•   Mengefisiensikan bahan bakar pada prosesnya
•   Mengembalikan kekuatan perkerasan
•   Mempertahankan geometrik jalan
•   Mengatasi ketergantungan terhadap material baru
•   Pekerjaan daur ulang jalan mengeluarkan karbon setiap km adalah 0,06914 Ton C sedangkan tanpa daur ulang sebesar 4,00483 Ton C
•   Pengurangan bahan material pekerjaan daur ulang adalah pada agregat kasar 29,35%, agregat halus 22,89%, aspal sebesar 84,99%

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-22
Stabilisasi semen dengan bahan tambah
Stabilisasi semen dengan bahan tambah.

Keunggulan:

•   Meningkatkan kekuatan
•   Lebih tahan air
•   Mengurangi debu

Lokasi :
Palembang, Sumatera Selatan

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R3
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-21
Proyek Satelit China-Jerman-Indonesia Rampung Akhir Tahun
Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Anang Latif mengatakan pihaknya berharap proses pembiayaan satelit Satria bisa selesai pada kuartal III 2020. Proses pembiayaan sempat tertunda akibat pandemi virus corona SARS-CoV-2.

Menurut Anang, pembiayaan satelit Satria diperoleh dari 50 persen pemerintah China dan 50 persen pemerintah Prancis.

"Harapannya di kuartal ketiga ini bisa selesai proses pembiayaannya. Nanti 50 persen pembiayaan khusus untuk komponen loan yang diperoleh China dan 50 persennya akan berasal dari Prancis," kata Anang.

Lebih lanjut kata Anang, pihaknya sudah menunjuk pabrik asal Prancis yaitu Thales Alenia Space untuk bekerja sama menggarap proyek satelit Satria.

Sementara roket peluncurnya, BAKTI masih mempercayakan roket buatan SpaceX, perusahaan transportasi luar angkasa milik miliarder AS yakni Elon Musk.

Pada Februari 2020, Menteri Komunikasi & Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan saat ini proses pengadaan Satelit Satria sesuai dengan target. Ia menegaskan Satria tetap direncanakan akan mengorbit pada kuartal keempat 2022.

Saat ini, Johnny mengatakan pengadaan satelit internet dengan kapasitas 150Gbps ini memasuki tahap financial closing. Tahap ini ditargetkan rampung pada kuartal pertama 2020.

"Kami pastikan kuartal keempat 2022 itu satelit sudah orbit. Namanya commercial operation date. itu kuartal keempat 2022," ujar Johnny.

Proyek Satria menggunakan skema pembayaran ketersediaan layanan (Availability Payment/AP) akan memakan biaya Rp20,68 triliun dengan masa konsesi 15 tahun. Biaya ini meliputi belanja modal, belanja operasional dan pengembalian investasi yang wajar.

Adapun PT Satelit Nusantara Tiga ini dimiliki PT Pintar Nusantara Sejahtera, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), PT Dian Semesta Sentosa, dan PT Nusantara Satelit Sejahtera yang semuanya tergabung dalam konsorsium PSN.

Satria telah memulai konstruksi pada akhir 2019 oleh manufaktur asal Prancis Thales Alenia Space. Satelit Satria sudah mulai dibangun pada akhir 2019 dan diperkirakan akan meluncur ke slot orbit pada 2022.

PT Satelit Nusantara Tiga akan menggelontorkan dana sebesar Rp6,4 triliun untuk membangun satelit tersebut. Setelah satelit beroperasi, pemerintah akan membayar kepada PT Satelit Nusantara Tiga Senilai Rp1,38 triliun per tahun selama 15 tahun dengan total Rp20,68 triliun.
...
2020-07-21
Selain solar D-100, Pertamina uji produksi bensin dan avtur dari CPO
Pertamina berhasil memproduksi Green Diesel atau D-100 melalui pengolahan minyak kelapa sawit 100%. BUMN itu pun siap meluncurkan beragam produk bahan bakar minyak dan BBM ramah lingkungan lainnya, seperti Green Gasoline dan Green Avtur.

Pertamina sudah melakukan uji coba Green Gasoline di Kilang Plaju dan Cilacap sejak 2018 hingga 2020. Namun, uji coba tersebut hanya mampu mengolah minyak sawit RBDPO sebesar 2%.

Sedangkan uji coba mengolah minyak sawit menjadi Green Avtur akan dilaksanakan pada akhir 2020 di Kilang Cilacap.

Pertamina kedepannya tidak hanya mengembangkan Green Energy dari CPO atau minyak kelapa sawit, tatapi juga dari sumber daya lainnya seperti algae, gandum, sorgum, dan sebagainya.
...
2020-07-20
Teknologi warm mix asphalt (ECO-BPJ)
ECO-BPJ merupakan aditif untuk pembuatan warm mix asphalt yang berbahan dasar natural wax (beeswax) yang bersifat non parafinik sehingga tidak membuat campuran aspal mudah getas. Dengan kadar aditif ECO-BPJ sebanyak 0.5% terhadap berat aspal dapat menurunkan temperatur produksi campuran beraspal sebesar 30°C dengan kualitas campuran setara dengan campuran beraspal panasnya.
• Dapat menghasilkan WMA dengan kadar aditif yang sangat kecil (0.5% terhadap aspal) tetapi dapat menurukan temperature produksi campuran beraspal sebesar 30°C dengan kualitas campuran setara campuran panasnya.
•  Mudah dicampurkan dengan aspal (titik lebur beeswax = 62- 64°C)
Tidak memerlukan peralatan yang berbeda dengan perencanaan dan pelaksanaan campuran panas (tidak memerlukan modifikasi AMP).
•  Penghematan bahan bakar di AMP dan lebih ramah lingkungan.
•  Mengurangi tingkat penuaan aspal pada proses produksi campuran beraspal.
•  WMA (campuran beraspal hangat) ECO-BPJ memiliki ketahanan terhadap retak lelah lebih baik daripada campuran panasnya.
•  WMA ECO-BPJ lebih tahan terhadap pelepasan butir dibandingan dengan campuran panasnya

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-20
Teknologi Warm Mix Asphalt (Econuska)
Campuran beraspal hangat adalah campuran beraspal yang dicampur dan dipadatkan dengan temperatur sekitar 30 °C lebih rendah dari campuran beraspal panas (Hot Mix Asphalt), tetapi dengan kualitas setara dengan campuran beraspal panas (Hot Mix Asphalt), dan bersifat ramah lingkungan.

Keunggulan:

• Temperatur pencampuran dan pemadatan 30° C lebih rendah dari Hot Mix Asphalt
• Kualitas setara Hot Mix Asphalt, bahkan bisa lebih tinggi
• Penggunaan bahan bakar lebih hemat dibanding Hot Mix Asphalt
• Mereduksi polusi selama proses pencampuran di AMP
• Pengelolaan di AMP lebih mudah, tidak perlu temperatur tinggi
• Mempunyai daya lekat terhadap agregat dan ketahanan terhadap air yang lebih tinggi
• Sifat aspal pada perkerasan akan lebih awet
• Alat Pencampur dan pemadat sama seperti untuk Hot Mix Asphalt, tidak perlu alat baru
• Penanganan praktis
• Untuk lalu lintas berat, aspal ECONUSKA mempunyai ketahanan terhadap alur yang tinggi

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R3
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R3
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-18
Teknologi asbuton / guss asphalt asbuton
Melakukan uji coba lapangan perkerasan jalan Guss asphalt menggunakan Asbuton sebagai salah satu komponennya. pada lapis perkerasan di atas dek baja jembatan.

Keunggulan:

•   Mengembangkan material lokal asbuton
•   Meningkatkan kelekatan campuran beraspal dan lantai baja pada jembatan

Lokasi:

Jembatan Cisadane Bogor, 3 bentang (50 m x 7 m)

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-17
Teknologi material lokal: sand base
Merupakan teknologi  campuran beraspal panas dengan menggunakan pasir lokal .

Keunggulan:

•   Pemanfaatan bahan lokal sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada agregat standar yang sulit didapatkan.

Lokasi :
Bangka Belitung, Pangkalan Bun, Palangkaraya

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R3
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-07-16
Maung Bandung
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memesan 500 unit kendaraan taktis Maung dari PT Pindad. Kendaraan taktis dengan spesifikasi militer itu dibeli dengan harga Rp600 juta per unit.

Saat ini Maung masih dalam bentuk purwarupa atau prototipe. Rencananya Maung akan diproduksi massal untuk memenuhi pesanan Kementerian Pertahanan pada Oktober mendatang. Pesanan 500 unit ini merupakan tahap pertama dari Kemenhan.

Maung punya empat varian, antaranya jenis kabin ganda, kendaraan logistik, hingga mobil yang dikhususkan bakal pertempuran jarak dekat.

Namun yang baru akan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan Kemenhan adalah tipe untuk pertempuran jarak dekat.

Kelebihan utama Maung adalah kemampuan menerjang medan-medan sulit dan beroperasi lepas pada ruas jalan aspal. Maung mempunyai batas kecepatan aman 120 km per jam dan maksimal mencapai 140 km per jam.

Mobil berpenggerak 4x4 ini menggunakan transmisi manual 6 speed dan dilengkapi dengan braket persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi, dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya. Maung juga didukung mesin diesel turbo 2.500 cc yang sama seperti digunakan Toyota Hilux.
...
2020-07-15
Teknologi air bersih dan air limbah pada toilet umum wisata di waterfront city, daruba, KSPN Morotai
Menerapkan 4 teknologi meliputi: Air Bersih (Teknologi Aerasi), Air Limbah (Biofil dan Kolam Sanita) serta Saringan Pasir Cepat dan dilengkapi dengan Toilet Wisata dan Menara Pandang (One Stop Place for Technologies).

Keunggulan:
• Meningkatkan kualitas sanitasi dan air bersih
• Mempermudah akses wisatawan terhadap prasarana sanitasi dan air bersih
• Meningkatkan kesan estetis IPAL Lokasi: Desa Daruba, KSPN Morotai (Replikasi Perdana)

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-15
Teknologi IPAL industri tahu
Teknologi pengolahan limbah industri tahu sebanyak 17 industri rumah tangga di Magelang dengan menggunakan teknologi bak ekualisasi, biodigester, ABR, biofilter, dan kolam sanita.

Keunggulan:
• Mengakomodir pengrajin tahu yang salurannya belum masuk jalur perpipaan paguyuban
• Menambah nilai limbah dengan mengubahnya menjadi biogas
• Memperbaiki kualitas lingkungan karena efluent sudah memenuhi baku mutu limbah Lokasi: Desa Taman Agung, Kec. Muntilan, Kab. Magelang (Replikasi Perdana)

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-14
Teknologi air bersih dan air limbah pada toilet umum wisata dalam mendukung kawasan pariwisata danau
Menerapkan 4 teknologi meliputi : Air Bersih (Teknologi Aerasi), Air Limbah (Biofil dan Kolam Sanita) serta Reserve Osmose dan dilengkapi dengan Toilet Wisata dan Menara Pandang (One Stop Place for Technologies).

Keunggulan:
• Meningkatkan kualitas sanitasi dan air bersih
• Mempermudah akses wisatawan terhadap prasarana sanitasi dan air bersih
• Meningkatkan kesan estetis IPAL

Lokasi:

Kawasan Menara Pandang Tele, Kab. Samosir, Sumatera Utara (Tepian Danau Toba) (Replikasi Perdana) Toba) (Replikasi Perdana)

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-14
Teknologi TPS 3R terpadu
Pengolahan sampah di kawasan wisata

Keunggulan:
• Mengolah sampah organik dari kawasan wisata dan permukiman menjadi pupuk dan biogas yang langsung dimanfaatkan.
• Mereduksi sampah organik dan an organik yang masuk ke TPA sampah
• Memperbaiki kualitas kesehatan lingkungan.
• Meningkatkan nilai tambah ekonomis Lokasi: Kawasan Wisata Makam Gunung Pring, Kec. Muntilan, Kab. Magelang (Replikasi Perdana)

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-13
Teknologi bambu laminasi mendukung anjungan cerdas rambut siwi
Kawasan dengan batas tertentu dalam backbone WPS (Wilayah Pengembangan Strategis) yang terletak dipinggir jalan nasional yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi pelayanan kepada pengguna jalan, pemberdayaan ekonomi masyarakat local dan bagian dari inkubasi kawasan.

Keunggulan:
Meningkatkan nilai manfaat jalan nasional melalui penyediaan tempat istirahat bagi pengguna jalan yang selain untuk keperluan keselamatan, sekaligus diharapkan mendorong pertumbuhan wilayah disekitarnya dan kesejahteraan masyarakat lokal.

Lokasi:

Anjungan Cerdas Rambut Siwi, Karangasem, Bali. (Replikasi Perdana)

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-13
Teknologi risha (rumah instan sederhana sehat) mendukung penanggulangan bencana gempa bumi di NTB Ri
Merupakan rumah layak huni dan terjangkau dapat dibangun secara bertahap berdasarkan modul, dengan waktu yang diperlukan dalam proses pembangunan setiap modul 24 jam oleh tiga pekerja. Karena ukuran komponen mengacu ada ukuran modular maka komponennya memiliki sifat fleksibel dan efeisien dalam konsumsi baghan bangunan. Telah memiliki 67 aplikator dan diterapkan sebanyak 10.000 unit di Aceh pasca bencana gempa dan tsunami.

Keunggulan:
• Lebih cepat
• Lebih murah
• Lebih ramah lingkungan
• Lebih tahan gempa
• Moveable (knockdown)
• Lebih ringan
• Dapat dimodifikasi untuk bangunan sekolah/puskesmas/rumah sakit/kantor/dsb.

Lokasi:

Provinsi Nusa Tenggara Barat: Kab. Lombok Timur, Kab. Lombok Utara, Kab. Lombok Barat, Kab. Lombok Tengah, Kota Mataram, dan Kota Sumbawa (Replikasi Perdana)

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R3
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R3
5. AHSP : R3
6. Bukti Competitiveness : R3

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-11
Penataan kawasan kumuh berbasis kemitraan
Penerapan teknologi terbatas (pilot project) dalam bentuk perencanaan kawasan kumuh perkotaan berbasis kemitraan yang mencakup :
1. Hunian sub komunal 3 (tiga) blok, dengan total jumlah hunian 64 unit,
2. Penyediaan prasarana dan sarana, serta
3. Penataan lansekap Lokasi: Rusun Semanggi, Surakarta

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-10
IPAL komunal
Tersedianya teknologi pengolahan air limbah yang memenuhi baku mutu air limbah domestik.

Lokasi:
• Kec. Cileunyi Kulon, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat
• Kec. Pacet, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R3
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-10
Uprating IPA PDAM
Mengetahui kinerja instalasi pengolahan air gambut system media kontak bertekan, dalam penggunaan bahan kimia maupun penurunan konsentrasi warna serta pebaikan pH dan kesesuaian dan persyaratan air bersih dan air siap minum.

Keunggulan:

Meningkatkan kapasitas PDAM sehingga dapat melayani pelanggan lebih luas

Lokasi:
PDAM Bekasi

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R2
2. Metode Perencanaan : R3
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R3
5. AHSP : R3
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-09
Teknologi bambu laminasi
Merupakan penggabungan bilah-bilah bambu dengan menggunakan perekat khusus.

Keunggulan:

Alternatif pengganti kayu konstruksi (balok, kolom, papan, parquet) dan furniture. Dapat juga dimanfaatkan untuk pengembangan rumah tradisional.

Lokasi:
• Desa Sambori, Bima
• Desa Undisari, Bali

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R1
4. Metode O&P : R3
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-09
Rusun pracetak modular
Tersedianya alternatif teknologi pracetak modular untuk mendukung program percepatan pembangunan rumah susun di Indonesia

Keunggulan:
Biaya Lebih Murah, Mutu Lebih Baik, dan Waktu Lebih Cepat

Lokasi:
Kampus ITB, Jatinagor

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-08
Teralis AMK
Teralis AMK adalah teralis berlubang dilengkapi kunci pembuka teralis, dengan pelindung breakglass yang berfungsi sebagai sarana jalan keluar pada saat terjadi kebakaran.

Keunggulan:
• Alat bantu evakuasi pada saat terjadi kebakaran
• Memudahkan evakuasi bagi penghuni bangunan yang menggunakan teralis baik pada jendela maupun pintu
• Meminimisasi korban kebakaran akibat terperangkap kobaran api
• Membuka peluang bagi pengembangan sektor usaha kecil dan Menengah (UKM)
• Berfungsi sebagai sarana evakuasi kebakaran sekaligus alat pengaman terhadap tindakan kejahatan
• Tidak dapat di buka dari luar
• Menggunakan 100% bahan local

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-08
Tangga darurat
Tangga darurat model antena terbalik adalah sarana evakuasi penghuni bangunan untuk menyelamatkan diri, apabila terjadi kebakaran.

Keunggulan:

• Dapat dilipat
• Tidak memerlukan temapt luas
• Praktis dalam pemasangan
• Diapsang antar bordes
• Menggunakan 100% bahan loka

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-07
Selimut api
Merupakan lembaran kain tahan api yang mudah lentur, digunakan untuk memadampan api kecil pada kebakaran tahap awal.

Keunggulan:
• Praktis dalam penggunaan;
• Tidak mudah menyala
• Sebagai pengganti karung goni;
• Tidak perlu direndam air
• Menggunakan 100% bahan lokal;
• Memenuhi ketentuan BS 476: BAGIAN 5-1979; ASTM D3806-1979; AS/NZS 3504
• Menggunakan bahan dasar air dengan kandungan dapas 15, ramah lingkungan

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-07
Software peta gempa
Studi mikrozonasi merupakan bagian penting dalam penyusunan strategi untuk menurunkan tingkat risiko gempa yang disusun berdasarkan hasil studi dan kajian rinci tentang bahaya (hazard), dan kerentanan (vulnerability).

Keunggulan:

• Meminimalkan kerugian material dan korban jiwa akibat gempa
• Peta hazard gempa dapat digunakan sebagai acuan untuk perencanaan bangunan dan infrastruktur tahan gempa

Lokasi:

Kota Manado

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-06
Pembangunan jalur kereta api cepat Makassar - Pare-Pare
Progres proyek pembangunan jalur kereta api cepat Makassar - Pare-Pare (Sulawesi Selatan)
...
2020-07-04
Tempat cuci tangan handsfree
Tempat cuci tangan handsfree, menggunakan pedal kaki.
Harga per unit Rp. 1,5j uta
Hub Merry 085361362573
...
2020-07-03
PLTS ini dikelola oleh BUMDes BERSINAR DESAKU
Sangat luar biasa, bagaimana rencana memanfaatkan dana desa untuk penambahan kapasitas terpasang PLTS di Desa Muara Enggelam ini.
...
2020-07-03
Proyek Kereta Cepat
Progress Terkini dari Proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang menghubungkan Jakarta-Bandung.

Jalur yang membentang sepanjang 142,3 Km ini memiliki 4 Stasiun Utama, yaitu Stasiun Halim, Karawang, Walini, dan Tegaluar.

Dan kereta cepat ini akan memiliki kereta dengan kecepatan hingga 350 km/h.

Sehingga waktu tempuh dari ujung ke ujung diperkirakan akan memakan waktu 45 menit. 
...
2020-07-02
AI untuk melawan COVID-19
Kepala BPPT gelar pertemuan dengan Huawei guna membahas penjajakan kerjasama pengembangan Artificial Intelligence (AI) di Indonesia.

Kami berharap bisa bersinergi dengan Huawei dalam pelaksanaan program AI untuk penanganan wabah Covid-19 di Indonesia.
...
2020-07-02
Teknologi pengolahan air dan toilet sistem mobile
Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan toilet sistem mobile.

Keunggulan:

IPA dan toilet mobile untuk menunjang program tanggap darurat.

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R2
3. Metode Pelaksanaan : R1
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R3
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-01
Tenda huntara
Tenda yang dirancang sebagai hunian sementara bagi para korban bencana. Tenda huntara meniliki 2 lantai (double deck), dengan fungsi lantai dasar sebagai ruang keluarga dan lantai atas sebagai ruang tidur.

Keunggulan:

• Luasan dan ketinggian ruang memberikan keleluasaan bergerak
• Pemisahan ruang keluarga dan ruang tidur memberikan kenyamanan dalam melakukan aktivitas
• Sistem sirkulasi udara memberikan kenyamanan termal dalam tenda
• Sistem rangka yang kuat dan kokoh
• Praktis dalam pemasangan
• Mudah dibawa

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-07-01
Tenda keluarga untuk pengungsi
Keunggulan:
• Terdapat sekat untuk privasi;
• Memiliki langit-langit yang dapat menurunkan suhu didalam tenda (lebih rendah 5° dibanding tenda tanpa plafond)
• Cross ventilation.

Lokasi:

Bencana alam di Yogyakarta dan Pangalengan.

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-30
Pembangunan model penataan kawasan kumuh
Mengidentifikasi kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan serta potensi yang dapat dikembangkan sebagai resource pengembangan kawasan.

Lokasi:

• Kecamatan Semanggi, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah
• Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat
• Kota Cimahi, Kabupaten Jawa Barat

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R1
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R1

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-30
Pembangunan kawasan dan hunian rendah energi
Teknologi mendukung rencana pemerintah untuk mengurangi pemakaian energi di dalam gedung sebesar 17% sampai dengan tahun 2025.

Keunggulan:
Rendah energi dan ramah lingkungan.

Lokasi:
Kantor Puskim, Kecamatan Cileunyi Wetan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-29
Penerapan model penataan kawasan lingkungan binaan terpadu berbasis kearifan lokal di kspn morotai
Penerapan model penataan kawasan di wilayah pesisir dan pulau kecil. Keunggulan: Meningkatkan daya saing pariwisata, Kawasan lingkungan binaan terpadu berbasis kearifan lokal, dan Tersedianya Instalasi Biofill.

Lokasi:
Kawasan Daruba Pantai, Kab. P Morotai

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-29
Model permukiman berbasis eco-settlement untuk hulu das (software)
Penataan kawasan permukiman di hulu DAS untuk mengurangi beban pencemaran terhadap badan sungai serta menjaga fungsi konservasi kawasan dengan mengintegrasikan keterkaitan aspek ekonomi, sosial, ekologi, dan institusi.

Keunggulan:
• Penerapan skala penuh pengelolaan limbah domestic dan ternak menjadi energi alternatif (biogas) serta pengelolaan limbah cair dengan kolam sanita
• Penerapan skala penuh pengelolaan sampah dengan sistem 3R (reduksi emisi gas CH4)
• Penerapan konsep Eco-housing
• Kerangka penilaian Eco-degree (nilai keeko-an) kawasan permukiman di hulu DAS
• Menggunakan pendekatan Community Enabled Approach Lokasi: Kampung Muara, Desa Sukawargi, Kec. Cisurupan, Kab. Garut

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-27
Penerapan teknologi pengolahan air limbah dengan sistem biofilter pytoremidiasi
Prototipe pengolahan air limbah kawasan pasang surut.

Keunggulan:
Proses aerasi biofilter dengan memanfaatkan pengaruh pasang surut

Lokasi:
Kelurahan Sungai Bilu

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R3
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-26
Teknologi biotur (instalasi daur ulang air limbah)
Proses daur ulang air limbah di kawasan perkotaan menggunakan Sistem BIOTOUR (sistem pengolahan sekunder dan tersier) dapat menghasikan air daur ulang untuk kebutuhan umum rumah tangga dan merupakan modifikasi sistem biofilm melekat, dengan kondisi operasi dapat dilakukan secara anaerobik atau kombinasi anaerobik dan aerobik.

Lokasi:
Flat Puslitbang Perumahan dan Permukiman di Jalan Turangga, Bandung

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-26
IPAL lansekap
Intalasi pengolahan air limbah sekaligus berfungsi sebagai unsur estetika

Keunggulan:
• Instalasi pengolahan air limbah sekaligus berfungsi sebagai unsur estetika didalam elemen lansekao
• Output kualitas air daur ulang
• Fungsi Ruang Terbuka Hijau

Lokasi:
Rusun Cingised, Kota Bandung

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R3
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R3
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-25
IPAL pasang surut
Teknologi sanitasi terapung yang dapat mengolah air limbah rumah tangga pada daerah pasang surut dan tepi sungai serta bantarannya dengan memanfaatkan media tanam dan tanaman air setempat,

Keunggulan:

Lebih memudahkan pengoperasian dan perawatannya.

Lokasi:

Kelurahan Tanjung Baru , Kelayan B, Kota Bajarmasin

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-25
Teknologi pengolahan air limbah sistem aerob dan anaerob sebagai elemen lansekap
Proses pengolahan air limbah menghasilkan emisi gas rumah kaca. Meskipun kontibusi air limbah terhadap peningkatan emisi gas rumah kaca cukup kecil (3-4%, IPCC 2006), namun patut diperhitungkan karena dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, volume air limbah domestik yang dihasilkan juga akan semakin meningkat.

Keunggulan:

Mendapatkan teknologi pengolahan air limbah yang efektif

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-24
Kolam sanita
Model Taman Sanita merupakan wetland buatan tipe aliran dibawah permUkaan media dengan menggunakan tanaman air. Model ini untuk pengolahan grey water atau pengolahan lanjutan tangki septik. Jenis Tanaman yang dapat digunakan Papyrus, Soluna, Melati Air, Lavender, Flagmites, Alicia, Siperus Sp, Kana air, pisang-pisangan.

Keunggulan:
Efisiensi dalam hal:
• Reduksi Zat Organik (BOD) 50 - 60 %
• Reduksi Bakteri Fekal Koli: 60.1 - 90,9 %
• Reduksi Nitrogen sebagai Nitrat: 51 % • Reduksi Fosfat: 22,50 - 50 %

Lokasi:
Kota Bandung, Kalimantan Selatan dan Cirebon

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-24
Meralis (instalasi pengolahan air limbah sistem kompak)
Meralis adalah reaktor kompak yang terdiri dari rangkaian unit pengolahan air limbah dengan menggunakan sistem lumpur aktif dan filtrasi membran ultrafiltrasi - airlift system untuk menghasilkan air yang dapat didaur ulang untuk kebutuhan umum gedung.


Keunggulan:

Tersedianya alternatif teknologi daur ulang limbah untuk permukiman perkotaan sehingga memudahkan pengambil keputusan dan perencana, dalam pengelolaan sumber daya air dan pengendalian pencemaran air



Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R2
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-23
Bio 3
Pengolahan Air Limbah Rumah tangga
• Tangki Bio -3 proses pengolahan anaerobik sistem biofilm melekat-terendam, menggunakan media terstruktur dari plastik daur ulang
• Pemilihan media tersebut harus mempertimbangkan specific gravity, kekerasan, ketahanan abrasi, kekasaran permukaan, koefisien keseragaman dan ketersediaan dalam jumlah yang banyak.
• Media juga harus mempunyai kemudahan dalam backwash dan melepaskan padatan yang terperangkap.
• Air olahan dari sistem ini tidak memerlukan pengolahan lanjutan/ bidang resapan, namun dapat dibuang langsung ke saluran drainase, kolam sanita dan badan air.

Keunggulan:
• Kombinasi media bio-3 yaitu biofilter diam terendam dan terfluidisasi
• Menggunakan tiga macam media
• Effluen pengolahan < 40 mg/L BOD
• Dinding fiber bergelombang
• Sudah diproduksi secara massal oleh CV. Aman Makmur Indonesiaku

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-23
Pengolahan air dengan bio-contactor
Dengan adanya bio-contactor di dalam kabin maka bidang tempat bakteri tumbuh akan menjadi luas dan tidak ada air limbah yang merembes keluar, sehingga jauh lebih ramah lingkungan dibanding konvensional.

Keunggulan:
Biofil:

• Air hasil olahan dapat langsung dibuang atau dialirkan ke tanaman di halaman bangunan atau ke kolam ikan
• Lahan yang digunakan relatif kecil karena tidak mengqunakan bidang resapan
• Sistem dapat ditempatkan pada daerah dengan muka air tanah tinggi
• Periode pengurasan minimal setiap 6 tahun
• Sudah diproduksi secara massal oleh PT. Induro Internasional

Biority:
• Mengolah air limbah rumah tangga skala komunal / individual
• Dapat dipasang pada kondisi air tanah tinggi
• Cocok untuk kondisi darurat
• Efisiensi pengolahan limbah 70%
• Sudah diproduksi secara massal oleh PT. Tribina Reinforced Composites

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0

6. Bukti Competitiveness : R0




Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-22
Biorotasi (instalasi pengolahan air limbah "grey water”)
Biorotasi adalah rangkaian unit pengolahan air limbah rumah tangga (non kakus) yang terdiri dari sistem biofilter dan taman sanita dengan resirkulasi, yang menghasilkan air olahan yang dapat digunakan kembali untuk kebutuhan umum gedung.

Keunggulan:
Tersedianya alternatif teknologi daur ulang air limbah non kakus di bangunan gedung bertingkat yang dapat dipertimbangkan oleh pengambil keputusan dan perencana, dalam pengelolaan sumber daya air dan pengendalian pencemaran air.

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R2
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-22
Saringan rumah tangga (SARUT)
Mengolah air baku yang keruh, berbau dan mengandung besi dan mangan (Mn) untuk kebutuhan satu KK. Teknologi banyak diterapkan di masyarakat.

Keunggulan:
Menggunakan media penyaring bahan lokal (pasir kerikil, karbon aktif) Kapasitas: 0,5 - 1,0 liter/menit

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-20
Penerapan model pengolahan air bersih dan sanitasi pada permukiman tepi danau maninjau
Kualitas perairan Danau Maninjau semakin menurun akibat masuknya beban pencemar baik organik maupun anorganik yang berasal dari berbagai sumber pencemar. Karenanya dilakukan pengendalian pencemaran di perairan.

Lokasi:

Kawasan Linggai, jorong Tanjung Batuang, Nagari Dua Koto, Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R3
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-19
Teknologi pengolahan air gambut (IPA Gambut)
Pengembangan IPA Gambut yang spesifik (memenuhi persyaratan teknis dan keamanan konsumen).

Keunggulan:

• Memperbaiki kualitas air baku menjadi air minum
• Meningkatkan recovery biaya pengolahan
• Memperkecil kebutuhan ruang pengolahan
• Efisiensi penyisihan warna 89% - 99%
• Efisiensi penyisihan chloride 97%
• Ramping
• Hemat bahan kimia Poly Alumunium Chloride (PAC) 40% Lokasi: PDAM Kab Tanjung Jabung, Provinsi Jambi   

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R1
4. Metode O&P : R1
5. AHSP : R1
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan RakQ    QQyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-19
Teknologi pengolahan air laut / payau
Pengolahan air gambut menggunakan bahan kimia melalui sistem koagulasi dan flokulasi bermedia porous dan filter bertekanan bermedia benang.

Keunggulan:

Menyediakan teknologi air minum untuk permukiman di pulaupulau kecil dan atau kawasan pesisir yang bisa dioperasionalkan dan direplikasi masyarakat.

Lokasi:
Desa Ujungalang, Klaces, Panikel dan Ujung Gagak) Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-18
Saringan pasir lambat
Keunggulan:
• Mengolah air permukaan menjadi air bersih
• Memberdayakan masyarakat setempat dalam penyediaan air bersih

Lokasi:

• Telah diterapkan di berbagai daerah yang memiliki sumber air baku dengan kekeruhan tinggi1

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-18
Teknologi pengolahan air payau
Teknologi pengolahan air payau di pulau-pulau kecil dengan menggunakan 3 metode: Rapid Sand Filtration (RSF), Reverse Osmosis (RO), Desinfeksi menggunakan Ultraviolet.

Keunggulan:
Pengolahan air laut menjadi air bersih yang dapat dimanfaatkan masyarakat

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-17
Teknologi air minum, air limbah, dan sanitasi di kawasan das
Penerapan model prototype teknologi pengolahan air minum dan air limbah yang berbasiskan ekosistem.

Keunggulan:

Peningkatan kinerja sistem pengolahan air minum dan air limbah dan peningkatan kelestarian SDA.

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-17
Teknologi pengolahan air dengan kesadahan tinggi untuk daerah karst
Instalasi pengolahan Air untuk mengolah air baku yang mempunyai rnasalah khas yang ada di Wilayah Karst, seperti masalah: kesadahan, kekeruhan dan bakteri coli. Teknologi ini telah diujicoba model skala 0,5 liter/detik.

Keunggulan:
• Dapat menurunkan tingkat kesadahan sebesar 40%
• Dapat mengolah air dengan kekeruhan tinggi
• Dapat dikembangkan hingga kapasitas pelayanan 80 ltr/dtk Lokasi: Bribin, Gunung Kidul

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-16
Dynamic mixer
Menggunakan sistem penambahan bahan kimia yang dinamis sehingga pengolahan air menjadi efisien dan efektif.

Keunggulan:
• Mengolah air sungai dan air gambut dengan warna rendah
• Kapasitas produksi 2,5 - 50 ltr/dtk
• Optimalisasi biaya investasi konstruksi sebesar 70% dibanding dengan sistem paket instalasi konvensional lainnya
• Mampu menurunkan konsumsi bahan kimia secara signifikan sebesar 50% • Mengoptimalkan pemakaian daya listrik
• Menghasilkan limbah lumpur yang ramah lingkungan Lokasi: Bagan Siapi-api

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-16
Teknologi pengolahan air minum hexagonal
Merupakan air minum bermolekul hexagonal yang diperoleh melalui proses:
• Filtrasi berbutir
• Ultra filtrasi (UF)
• Reverse osmosis
• Far Infrared
• Bantuan pemagnetan

Keunggulan:
• Dapat menetralkan pH tubuh
• Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
• Dapat memperbaiki aktivitas penyembuhan sel badan
• Dapat menambah nutrisi Tubuh

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-06-15
Teknologi rika (rumah instan kayu) dengan teknologi laminated veneer lumber
Rumah instan yang berbahan dasar dari kayu kelas rendah cepat tumbuh

Keunggulan:
• 3 x lebih kuat dari kayu asli
• Lebih cepat, ringan, ramah lingkungan
• Lebih murah
• Lebih tahan gempa
• Movable (knock down) dapat diterapkan di berbagai kondisi lahan.
• Memiliki 1 aplikator dan telah diterapkan di daerah rawan bencana

Lokasi:

Sumatera Barat, Yogyakarta, dan Jawa Timur

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R2
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R3
5. AHSP : R2
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-06-15
Sistem pracetak t-cap
Pengembangan terpadu Rusun sederhana tipe 2 lantai sebanyak 10 lantai.

Keunggulan:
• Lebih cepat dan efisien
• Lebih murah dibanding sistem konvensional
• Telah memiliki 1 aplikator

Lokasi:
• Rumah Tipar Cakung (1000 unit)
• Rumah Sakit Madiun
• Wisma PP

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-06-13
Sistem pracetak n-panel
Terdiri dari 4 panel dinding berbentuk N disambungkan dengan sistem kombinasi sambungan basah (wet joint) dan sambungan kering (dry joint), lantainya dari panel semi pracetak.

Keunggulan:

• Daktilitas struktur baik termasuk pada kategori daktiitas penuh
• Waktu pelaksanaan konstruksi lebih cepat karena sIstem penyambungan komponen sederhana
• Biaya total bangunan dapat direduksi kareNa waktu pelaksanaan cepat

Lokasi:

Bangunan 2 Lantai di Balai Sungai Puslitbang Sumber Daya Air, Kota Solo

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-06-12
Sistem pracetak c-plus
Sistem Pracetak C-Plus adalah sebuah system sturktur pracetak untuk bangunan bertingkat dengan kolom berbentuk Plus (+), yang mana sambungan balok kolomnya menggunakan kombinasi sambungan mekanis berupa pelat baja dengan mur dan baut serta grouting dengan semen non-shrinkage.

Keunggulan:

• Efisiensi biaya hingga 20%
• Mutu lebih terjamin, telah diuji coba di Lab struktur mempunyai keandalan terhadap beban gempa
• Waktu pekerjaan yang lebih singkat
• Bentuk simetris sehingga kapasitas kolom sama pada kedua arah
• Optimalisasi ruang

Lokasi:

Rumah Susun CigugurTengah Kota Cimahi

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
...
2020-06-12
Software teknologi green building & rating system
Sistem rating digunakan untuk menilai green building yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhhan Indonesia dan mendorong masyarakat agar menerapkan konsep green building.

Keunggulan
Pendorong penerapan teknologi perumahan ramah lingkungan yang terintegrasi.

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
...
2020-06-11
Pengembangan prototipe desain teknologi untuk perumahan di kawasan khusus
Teknologi perumahan untuk kondisi perumahan khusus yang aplikatif dan sesuai dengan kharakteristik kawasan.

Keunggulan:

• Model disain Hunin Sub Komunal dengan teknologi perumahan untuk karakteristik Kawasan perumahan tepi laut (Nelayan)
• Teknologi perumahan aplikatif dan tepat guna yang terintegrasi dalam model hunian untuk menciptakan kemandirian dalam pengelolaan hunian komunal

Lokasi:

Kampung Nelayan Tegalsari Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
2020-06-11
Pengembangan sistem pengolahan air limbah domestik (spald) terpusat skala permukiman
Teknologi untuk mendukung penerapan baku mutu air limbah domestik serta memenuhi bakumutu kesehatan dapat mengurangi wabah penyakit dan kerusakan ekosistem laut.

Keunggulan:
• Tersedianya akses sanitasi yang sehat
• Sistem shallow vaccum sewer dapat menyalurkan air limbah permukiman pesisir yang tidak dapat dilayani dengan sistem sewer konvensional
• Sistem pengolahan air limbah menggunakan kombinasi rotasi media dan phytofiltrasi - tanaman pesisir yang dapat beradaptasi dengan air salinitasI tinggi

Lokasi:
Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
2020-06-10
Teknologi air bersih dan sanitasi puskim pada permukiman tepi Danau Singkarak
Teknologi pengolahan air minum menggunakan media dan tumbuhan lokal di Danau Singkarak dan pengolahan air limbah MCK dengan model sanitasi yang terendam (terapung) dengan sistem Biofilter dan Kolam Sanita.

Keunggulan:

• Tersedianya akses sanitasi yang sehat pada daerah tepi danau
• Dapat mengurangi  parameter pencemar  air limbah WC sehingga aman dibuang ke badan air (danau)
• Dapat digunakan pada daerah yang padat penduduk

Lokasi:

Kabupaten Tanah Datar/Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
2020-06-10
Teknologi pengolahan sampah di kawasan wisata
Pengolahan sampah di kawasan wisata.

Keunggulan:
• Mengolah sampah organik dari kawasan wisata dan permukiman menjadi pupuk dan biogas yang langsung dimanfaatkan.
• Mereduksi sampah organik dan an organik yang masuk ke TPA sampah
• Memperbaiki kualitas kesehatan lingkungan.
• Meningkatkan nilai tambah ekonomis Lokasi: Cikembulan, Kab. Pangandaran, Provinsi Jawa Barat

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
2020-06-09
TPA semi aerobik
TPA ini dapat dikembangkan sebagai reusable landfill dan mining landfill. Kompos hasil penambangan dapat digunakan sebagai bahan penutup penimbunan sampah, sehingga TPA bisa berkelanjutan.

Keunggulan:
• Memperbaiki kualitas leachate BOD: 163,78 mg/L; 7,37 mg/L
• Mengurangi terbentuknya gas Lokasi: TPA Cikundul Kota Sukabumi

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-06-09
Tungku sanira
Keunggulan:
• Zero waste
• Jenis sampah organik dan anorganik dengan ukuran 10-20 cm, kecuali logam
• Tidak mengggunakan bahan bakar minyak
• Luas lahan 5 x 10 m dengan jarak ke permukiman tidak kurang dari 10 m.
• Biaya operasional, Rp. 15.000/m3 sampah
• Hemat energi, daya listrik 6.000 watt.
• Mampu beroperasi 24 jam
• Kecepatan bakar 2 m3/jam, kadar air sampah <40%
• Bahan komponen tungku produk local

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R2
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R2
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-06-08
Komposter
Komposter adalah alat pengolahan sampah organik rumah tangga melalui pengomposan dengan memanfaatkan tong bekas yang dibenamkan ke dalam tanah.

Sistem kerja:

• Mengolah sampah dapur (45 % s/d 53%) dari sampah rumah tangga.
• Mengalami proses pembusukan dengan bantuan mikroorganisme dari sampah dan yang berada dalam tanah.
• Kapasitas : 60 - 100 Lt (200 kg sampah) dan dapat dioperasikan untuk penampungan sampah antara 7 - 12 bulan per KK (5 - 6) org.
• Lama proses pengomposan (4 - 6) bulan setelah terisi penuh.
• Menghasilkan kompos (30% - c/n = 16 - 20, N=1,79, Ca = 23,27).

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-06-08
Pemanfaatan limbah sebagai bahan pengganti batu padas untuk bahan bangunan
Pengolahan Limbah sebagai bahan pengganti bahan bangunan.

Lokasi:

Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, Provinsi Bali

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R1
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0 6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-06-06
Inovasi teknologi komposit kayu mutu rendah dengan perkuatan bambu laminasi untuk struktur bangunan
Menggabungkan bambu laminasi dengan kayu mutu rendah.

Keunggulan:

Meningkatkan kualitas dan nilai jual kayu mutu rendah.

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R1
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-06-05
Teknologi bahan bangunan alternatif berbasis bahan bangunan lokal (teknologi papan lapis gewang)
Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji penerapan teknologi rumah murah berbasiskearifan dan bahan bangunan lokal.

Keunggulan:

Meningkatkan kualitas komponen partisi dinding melalui teknologi Laminasi Lokasi: Rumah Timor

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R1
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
2020-06-05
Panel partisi dan batu tempel dari limbah paras
Limbah Paras adalah sisa-sisa galian batu paras/batu padas/trass dan/atau sisa pemanfaatan batu paras tersebut. Pemanfaatan limbah tersebut dilakukan karena deposit galian batu paras semakin berkurang dan melimpahnya sisa pemanfaatan batu paras, yang berpotensi untuk dimanfaatkan kembali sebagai bahan bangunan yang memiliki nilai ekonomis.

Lokasi:
Bali

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-06-04
Komponen bangunan dari limbah batu apung
Memanfaatkan limbah dari industri yang menggunakan batu apung sebagai bahan baku. Telah menghasilkan produk berupa genteng, bata batako, paving block, parisi dinding.

Keunggulan:
• Dapat dicetak dengan berbagai ukuran
• Dapat diukir
• Ringan dan murah
• Mendukung upaya Pro-Job, Pro-Poor, Pro-Growth & Pro-Environment

Lokasi:
5 Kelompok Usaha Bersama di NTB

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
2020-06-04
Bambu Zephyr
Bambu dipipihkan dan direkatkan satu sama lain dengan menggunakan eoprekat orhanik. Telah memiliki 1 aplikator dan produk telah diuji coba di bantaran sungai di Belanda.

Jenis Bahan :

- Batang bambu
- Bela bambu
- Serat/palupah
- Sayatan
- Zyphyr

Perekat :

- UF
- PF
- MF
- Isociyante, dll

Produk :
- Panel bambu
- Balok bambu
- Untuk struktur dan dinding bangunan juga pintu air

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-06-03
Bambu sarang tawon (busaron)
Busaron adalah, sejenislembaran panel yang terbaut dari gabungan antara bambu glondongan (Gigantochloa apus) dengan bilik rakyat yang proses pembuatannya menggunakan msin tekan panas (hot press machine).

Keunggulan:

• Ringan
• Ukuran standar (120 cm x 240 cm), tebal antara dibuat sesuai dengan peruntukkannya
• Mudah dipotong sehingga memudahkan perencana dalam mendesain
• Produk tidak menimbulkan bahan sisa (zero waste)
• Harga lebih murah dibanding bahan sejenis

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-06-03
Bahan bangunan bersemen dari sekam padi
Dikembangkan untuk mengatasi limbah sekam padi di daerah lumbung padi. Lokasi: Rumah contoh di Bandung

Jenis Produk : Panel sekam, bata sekam, genteng sekam
Bahan Baku : Sekam padi, Semen Porrland, Pasir
Proporsi campuran :
- 1 semen : 3 SK
- 1 semen : 3 SK : 5 pasir
- 1 semen : 1 SK : 2 pasir

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-06-02
Teknologi bahan bangunan berbasis lumpur sidoarjo (LUSI)
Dikembangkan untuk mengatasi lumpur yang keluar dari semburan Lapindo. Unit produksi telah dibangun di dekat lokasi semburan lumpur

Bahan Bersemen
Jenis Produk : Conblock, Paving Blok, Genteng Semen
Bahan Baku : Lumpur Sidoarjo, Semen Portland, Pasir
Proposal Campuran :
- 1 semen : 5 lusi : 3 pasir
- 1 semen : 3 lusi : 1 pasir
- 3 semen : 2 lusi : 1 pasir

Dengan pembakaran

Jenis bahan dan komposisi : Lumpru Sidoarjo (70%), Abu Batu Bara (30%)
Proses pembuatan : dengan pembakaran
Produk : Agregat buatan, genteng kramik dan batu bara

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R3
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
2020-06-02
Bata beton ringan dari residual cracking catalyst (RCC)
Teknologi ini dikembangkan untuk dinding bangunan bertingkat dari limbah industri minyak bumi. Selain itu juga dilakukan untuk mengatasi masalah lingkungan akibat berkembangnya industri yang menggunakan batu bara sebagai energi.

Jenis Produk : Bata Beton Ringan
Proporsi Campuran : 75% CC, 25% Pasir Silika, 1,6% Foan agent

Keterangan :
Kuat tekanan = 35 kg kgf/cm2
Teknik Pembuatan pengembangan dengan subsitusi foam agent

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-05-30
COVID-19, Elnusa Optimistis Survei Seismik KKP Jambi Merang Tepat Waktu
PT Elnusa Tbk (Elnusa), anak usaha PT Pertamina (Persero), tengah layarkan ELSA Regent, kapal survei seismik terbesar berbendera Indonesia, untuk mendukung kegiatan eksplorasi Komitmen Kerja Pasti (KKP) Jambi Merang di wilayah terbuka Indonesia sejak pertengahan November 2019 lalu.

Kegiatan eksplorasi ini adalah kerja sama antara SKK Migas dengan Pertamina Group dan merupakan yang terbesar di Asia Pasifik dan Australia pada kurun waktu 10 tahun terakhir dan menjadi bagian dalam penemuan cadangan migas raksasa di wilayah lautan Indonesia.

Hingga saat ini Elnusa telah menyelesaikan sepertiga lebih dari target pekerjaan survei seismik tersebut.

Direktur Utama Elnusa, Elizar P Hasibuan mengatakan bahwa dengan adanya kondisi pandemi COVID-19 menjadi tantangan besar bagi Elnusa dalam penyelesaian pekerjaan survei seismik tersebut. "Perlu berbagai penyesuaian kegiatan operasional untuk menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas data sesuai harapan. Namun, Kami optimistis kegiatan ini dapat diselesaikan dengan baik sesuai target," ucapnya.

Progres pekerjaan survei seismik 2D KKP Jambi Merang di area terbuka telah terakuisisi sekitar 76,8% dari total keseluruhan program. Walaupun penuh dengan tantangan, Kami optimis pekerjaan survei ini akan dapat diselesaikan pada pertengahan Juli 2020.
2020-05-29
Proyek On-Stream Hulu Migas 2020
Tahun 2020, SKK Migas targetkan 12 proyek hulu migas on-stream, 5 diantaranya sudah sukses on-stream dengan total investasi sebesar $60 juta di 5 proyek tersebut dan menghasilkan potensi penambahan produksi migas sebesar 3.182 BOPD & 109,5 MMSCFD.

Target ini sejalan dengan selesainya pembangunan fasilitas produksi migas yang baru. 12 proyek dijadwalkan beroperasi sejak kuartal 1 hingga kuartal 3 tahun 2020, 10 proyek diantaranya merupakan proyek gas, 1 proyek minyak & 1 proyek utilities.
2020-05-29
Waduk PUPR
Kementerian PUPR akan mengoptimalkan pengoperasian infrastruktur tampungan air di seluruh Indonesia untuk menjaga ketersediaan bahan pokok hasil pertanian dan air bersih terlebih disaat merebaknya pandemi COVID – 19.

Perkiraan awal musim kemarau 2020 akan terjadi pada bulan April, Mei (dominan), Juni, dan Juli, dan puncaknya akan terjadi di bulan Agustus hingga September 2020.

Tercatat ada 241 bendungan operasional. Dari 16 bendungan utama, 10 waduk memiliki tinggi muka air normal. 6 waduk dengan tinggi muka air di bawah normal meliputi: Kedungombo, Wonogiri, Wadas Lintang, Cacaban, Selorejo, dan Batu Bulan.

Selain waduk, Kementerian PUPR juga memantau ketersediaan air dari 4.227 Disiapkan juga 7.914 sumur bor, 4.098 di antaranya berfungsi normal, sisanya 3.816 sumur bor mengalami gangguan operasional.
2020-05-28
Karya Alat Kesehatan Untuk COVID-19
Presiden Jokowi memperlihatkan sejumlah produk Alat Kesehatan Karya Anak Bangsa untuk menangani Covid-19 yang dipresentasikan di Istana Merdeka, Jakarta.
2020-05-28
Kilang Mini LNG Pertama Beroperasi Tahun Depan
Kilang mini LNG pertama di Indonesia segera beroperasi. Kepastian pasokan gas untuk memasok kilang mini LNG telah didapatkan menyusul ditandatangani perjanjian jual beli gas (PJBG) antara JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris dengan PT Kayan LNG Nusantara secara virtual.

Berdasarkan PJBG tersebut, kilang mini LNG yang berlokasi di Kecamatan Tana Lia Kabupaten Tana Tidung Kalimantan Utara ini akan mendapat pasokan gas sebanyak 22 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) mulai akhir tahun 2021 mendatang. Pasokan gas berasal dari Blok Simenggaris yang dioperasikan oleh JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris, usaha patungan antara PT Pertamina Hulu Energi Simenggaris (PHE) dan PT Medco E&P Simenggaris.

Penandatanganan PJBG dilakukan oleh Afif Saifudin selaku Direktur Utama PT PHE Simenggaris, Ronald Gunawan selaku Direktur Utama PT Medco E&P Simenggaris, Antony Lesmana selaku Direktur PT Kayan LNG Nusantara, dan disaksikan oleh Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Arief S. Handoko.

Arief menjelaskan, penandatanganan PJBG ini sebuah momen penting karena menjadi yang pertama menggunakan skema bisnis LNG downstream di Indonesia. Kayan LNG Nusantara akan membeli gas dari produsen gas JOB Pertamina-Medco E&P Simenggaris, kemudian melakukan proses liquefaction terhadap gas menjadi LNG dan disimpan dalam LNG isotank untuk dikapalkan langsung menuju offtakers.

Kilang mini LNG ini dibangun dan dioperasikan oleh Kayan LNG Nusantara. Fasilitas ini diharapkan bisa menjadi pool atau hub bagi pengembangan lapangan-lapangan gas lainnya di wilayah Kalimantan Utara yang belum termonetisasi agar dapat segera dikomersialisasikan.

Teknologi penyimpanan LNG di Simenggaris dalam LNG Isotank dan kemudian dikapalkan menggunakan barge. Kilang mini LNG ini diharapkan menjadi pionir bagi skema virtual pipeline distribusi gas di dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan gas/LNG dalam skala kecil di pulau-pulau terpencil di Indonesia.
2020-05-27
Teknologi PLTS Roof Top
Menambah kapasitas PLTS rumah jadi 3000 Watt dg inverter 2 Kva supaya bisa suplai kebutuhan listrik mandiri di rumah dan bisa menghemat pengeluaran bayar listrik nya
2020-05-27
PLTS Terminal Purabaya
Terminal Bus Purbaya dilengkapi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berupa shelter topped
2020-05-26
Teknologi bebak laminasi
Bebak laminasi didapatkan dari penggabungan pelepahpelepah gewang menggunakan perekat melalui prose pemotongan, pembelahan, pemipihan, dan perekatan.

Keunggulan:

• Bahan pelapis dinding rumah dari pelepah pohon gewang
• Ramah lingkungan
• Meningkatkan kualitas
• Pemanfaatan bahan bangunan local

Kelengkapan Dokumen Teknis:
1. Spesifikasi Teknis : R1
2. Metode Perencanaan : R1
3. Metode Pelaksanaan : R1
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/
2020-05-26
Artifical light-weight aggregates (alwa)
Pembuatan agregat buatan dengan memanfatkan bahan lokal (lempung bekah). Dibuat dengan melakukan pembakaran terhadap bahan baku sehingga menjadi agregat ri

Lokasi:
• Rumah susun di Sarijadi dan Turangga
• Media tanam dI Changi, Singapura
• PT. Inka (lantai gerbong Kereta Api)

Bahan Baku : Lampung bekah (shale)
Porsi Pembuatan : Dengan pembakaran
Produk : Agregat ringan

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R0
3. Metode Pelaksanaan : R0
4. Metode O&P : R0
5. AHSP : R0
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483
Website : https://litbang.pu.go.id/  
2020-05-23
Teknologi rumah unggul sistem panel instan (ruspin)
Teknologi rangka rumah pracetak dengan menggunakan sistem sambungan dan dapat dibongkar pasang (knock- down), (merupakan pengembangan teknologi RISHA). (TA. 2016, 2017)

Keunggulan:
• Tersedianya pilihan teknologi rumah tapak prefabrikasi
• Proses konstruksi cepat
• Mutu bangunan seragam
• Mobilisasi komponen bangunan mudah
• Tampilan luar baut dan pelat sambungan diminimalisir
• Jumlah penggunaan panel kolom lebih sedikit dan menghasilkan ruang yang lebih luas
• Efisien, penghematan biaya hingga 10%

Lokasi:
Denpasar dan Kabupaten Tabanan, Bali

Kelengkapan Dokumen Teknis:

1. Spesifikasi Teknis : R0
2. Metode Perencanaan : R3
3. Metode Pelaksanaan : R3
4. Metode O&P : R1
5. AHSP : R2
6. Bukti Competitiveness : R0

Teknologi ini adalah teknologi Siap Terap dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Jl. Pattimura No. 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - 12110
Telp : +6221-72784641
Fax : +6221 72786483


...  

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com