LOGIN USER TENDER
 
Thousands of Tender Information
(Members only)
 
User Id :
Password :
Verification :
 
 
 
PROJECT REVIEW LAINNYA :
 
 
PROJECT REVIEW
 
2020-03-05 16:56:50
Digitalisasi SPBU Pertamina Rampung Juni 2020
PROJECT REVIEW kali ini tentang peluang bisnis Proyek Migas di Digitalisasi SPBU Pertamina Rampung Juni 2020.

Kami sampaikan, kini info semua Tender Proyek SKK Migas dan Pertamina, Tambang, Power Plant dan PLN, Infrastruktur PUPR dan Property, serta Telkom dan Telekomunikasi, Agriculture dapat diakses lengkap di www.tender-indonesia.com

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengungkapkan digitalisasi 5.518 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) PT Pertamina (persero) akan rampung pada pertengahan 2020 mendatang.

Ini merupakan upaya yang dilakukan agar penyaluran bahan bakar minyak (BBM) susbidi jenis Solar dan BBM penugasan jenis Premium bisa tepat sasaran.

Sedianya proyek ini ditargetkan rampung pada awal 2019. Namun Hingga akhir tahun ini tercatat sebanyak 2.378 dari target 5.518 SPBU sudah terdigitalisasi. Sisanya akan diselesaikan hingga Juni 2020.

Program digitalisasi SPBU dilakukan secara tiga tahap. Pertama, tanki penyimpanan SPBU diintegrasikan dengan sensor Automatic Tank Gauge (ATG). Sensor itu akan mengukur ketersediaan BBM di tangki penyimpanan. Bila tingkat BBM dalam ambang minimum maka sistem otomatis melaporkan dan Pertamina segera mengirim pasokan. Selama ini pengiriman pasokan dilakukan secara manual. Artiannya dikirim setelah pengelola SPBU melakukan pemesanan dan melunasi pembayaran. Dengan digitalisasi bisa otomatis. Selain itu bisa diketahui bila stok BBM tiba-tiba bertambah karena semua terekam.

Tahap kedua, yakni pemasangan electronic data capture (FDC). Perangkat ini membuat transaksi pembelian BBM berlangsung secara noil tunai. Transaksi nantinya menggunakan uang elektronik (e-money). Dengan sistem ini maka seluruh transaksi akan tercatat, baik jumlah pembelian BBM maupun nominal yang dibayarkan.

Kemudian tahap ketiga pemasangan kamera pengawas (CCTV) guna mencatat nomor polisi kendaraan yang membeli BBM di SPBU. Dengan digitalisasi SPBU maka merekam data konsumen dan volume penyaluran secara online yang dapat diakses dan diterima oleh BPH Migas.

Demikianlah PROJECT REVIEW kali ini, semoga dapat memberikan wawasan informasi peluang bisnis bagi anda. Informasi lengkap terkait tender proyek, daftar pemenang tender proyek, dan daftar proyek yang akan datang dapat dilihat selengkapnya dengan menjadi member di www.tender-indonesia.com
 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com