LOGIN USER TENDER
 
Thousands of Tender Information
(Members only)
 
User Id :
Password :
Verification :
 
 
 
PROJECT REVIEW LAINNYA :
 
 
PROJECT REVIEW
 
2020-01-20 12:48:15
Proyek Energi Terbarukan di Flores
Berikut adalah sekilas informasi mengenai peluang bisnis/proyek sektor Electricity di Proyek Energi Terbarukan di Flores.

Salah satu andalan Flores untuk energi terbarukan adalah panas bumi. Berdasarkan hasil studi, potensi panas bumi di Flores mencapai 660 MW. Total akan ada enam PLTP yang akan memperkuat keandalan pasokan listrik di Flores, yakni PLTP Sokoria berkapasitas total 30 megawatt (MW) yang akan masuk ke sistem kelistrikan pada 2020 hingga 2028, kemudian PLTP Ulumbu #5 berkapasitas 20 MW pada 2024, PLTP Mataloko 2x10 MW (2024), PLTP Ulumbu #6 sebesar 20 MW (2027), PLTP Oka Iie Ange 10 MW (2028), dan PLTP Atadei 10 (2025-2027). Pasokan listrik dari PLTP itu secara bertahap akan menggantikan listrik yang selarna ini mengandalkan PLTD.

Khusus untuk PLTP Sokoria, tahap pertama akan memproduksi listrik sebesar 5 MW pada Februari 2020 yang akan memasok kebutuhan listrik untuk wilayah Ende.

Sumber energi terbarukan lainnya adalah tenaga surya. Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dinilai sangat potensial dikembangkan, khususnya di wilayah kepulauan. Di NTT, PLTS yang sudah eksisting mencapai 14,19 MW dan dalam tahap perencanaan mencapai 26,4 MW. Di wilayah Flores terdapat sejumlah pulau yang mengandalkan sumber listrik dari PLTS.

PLTS di Pulau Messah baru saja diresmikan pada Oktober lalu. PLTS ini berdaya 530 KwP melistriki 120 KK. Operasional PLTS tersebut dijaga dan dipegang oleh pemuda setempat bernama Iqra Syaifulla, yang sebelumnya mendapat pelatihan dari PLN selama tiga bulan. Ditargetkan PLTS tersebut bisa melistriki hingga 473 kepala keluarga di pulau tersebut.

Sumber energi lainnya adalah mikrohidro, salah satunya yang ada di Ende, yakni PLTMH Ndungga berkapasitas 2x1 MW. Selain di Ndungga, PLN Unit Layanan Flores juga memiliki sumber listrik dari beberapa pembangkit lain yakni PLTMH Ogi berkapasitas 150 KW di Bajawa, Kabupaten Ngada; PLTMH Waigarit (125 KW) di Ruteng, Kabupaten Manggarai; PLTMH Wae Roa (450 KW) di Bajawa, Ngada; dan PLTMH Sita (2 x 550 KW) di Manggarai.

Demikianlah PROJECT REVIEW kali ini, semoga dapat memberikan wawasan informasi peluang bisnis bagi anda. Informasi lengkap terkait tender proyek, daftar pemenang tender, dan daftar proyek yang akan datang dapat dilihat selengkapnya dengan menjadi member di www.tender-indonesia.com
 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com