LOGIN USER TENDER
 
Thousands of Tender Information
(Members only)
 
User Id :
Password :
Verification :
 
 
 
PROJECT REVIEW LAINNYA :
 
 
PROJECT REVIEW
 
2019-12-30 11:56:09
Skema Proyek Buy The Service Kemenhub
Berikut adalah sekilas informasi mengenai peluang bisnis/proyek sektor Land Transportation di Skema Proyek Buy The Service Kemenhub.

Tahun 2020, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan meluncurkan program penataan angkutan umum di daerah dengan konsep Pembelian Layanan atau buy the service.

Dari hasil diskusi dengan beberapa pakar transportasi, munculah skema buy the service ini dibantu juga oleh beberapa pakar dari negara-negara yang sudah berpengalaman dan akan diuji coba tahun 2020 mendatang di 3 kota besar.

Skema Buy the Service ini adalah sistem pembelian layanan oleh pemerintah kepada pihak swasta untuk mengoperasikan angkutan dan merupakan bagian dari Bus Rapid Transit (BRT).

Program penataan angkutan umum di daerah ini rencananya akan diberikan pada 6 perkotaan, yakni Medan, Palembang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar. Alokasi anggaran sudah disiapkan.

Selama ini daerah hanya dibagikan sejumlah armada bus. Ternyata hal ini tidak menumbuhkan pelayanan angkutan umum yang bagus di daerah.

Program ini tidak akan banyak menimbulkan gejolak di kalangan pengusaha angkutan umum jika sedini mungkin dilakukan sosialisasi. Sopir akan mendapat gaji bulanan, tidak dipusingkan dengan setoran pada pemilik armada. Pemilik armada bergabung dalam satu badan hokum yang menjadi operator dan diberikan keuntungan dari biaya operasional yang diselenggarakan.

Program ini murah, karena setiap koridor menghabiskan biaya operasional pertahun kisaran Rp 15 miliar hingga Rp 25 miliar. Tergantung pilihan jenis armada yang dioperasikan.

Model pengoperasian Bus Trans Jateng adalah buy the service. Operator yang menyediakan perangkat armada bus. Pemda tidak perlu membeli armada bus lagi. Penumpang yang menggunakannya mendapat subsidi operasional dari pemerintah daerah.

Untuk mewujudkannya masih harus diperhatikan masalah kelembagaan, operator, sistem kontrak, jenis bus, rencana operasi, perawatan bus, sistem tiket, halte, anggaran dan pengawasan (controlling).

Bus Trans Jakarta Pemprov. DKI Jakarta dan Bus Trans Jakarta Pemprov. Jateng yang sudah lebih dulu menerapkan program buy the service ini.

Demikianlah PROJECT REVIEW kali ini, semoga dapat memberikan wawasan informasi peluang bisnis bagi anda. Informasi lengkap terkait tender proyek, daftar pemenang tender, dan daftar proyek yang akan datang dapat dilihat selengkapnya dengan menjadi member di www.tender-indonesia.com

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com