LOGIN USER TENDER
 
Thousands of Tender Information
(Members only)
 
User Id :
Password :
Verification :
 
 
 
TAJUK RENCANA LAINNYA :
 
 
TAJUK RENCANA
 
2019-09-23 12:49:00
Dua Proyek Jalan Tol Berteknologi Terowongan
Berikut adalah sekilas informasi mengenai peluang bisnis/proyek sektor Infrastructure di Proyek Jalan Tol Teknologi Terowongan.

Adapun jalan yang direncanakan menggunakan teknologi ini, di antaranya tol Padang-Pekanbaru dan Tol Bengkulu-Muara Enim. Teknologi terowongan sudah diterapkan pada pembangunan bendungan berupa untuk saluran pengelak. Namun untuk konstruksi dalam bidang jalan, memang agak terlambat diterapkan di Indonesia

Pembangunan terowongan jalan memiliki kelebihan dalam menjaga alam dan lanscapenya, serta memangkas jarak tempuh. Namun begitu, penerapan teknologi ini perlu dipertimbangkan dari sisi biaya dan risiko konstruksi.

Terowongan yang tengah dibangun Kementerian PUPR saat ini berada di ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dengan panjang 472 meter dan diameter 14 meter. Pembangunannya menggunakan meetode New Austrian Tunneling Methods (NATM). Selain metode NATM ini, terdapat juga metode Tunneling Boring Machine (TBM) seperti yang digunakan dalam pembangunan jalur Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta.

Teknologi terowongan juga akan diterapkan pada ruas Tol Padang-Pekanbaru sebanyak lima terowongan dengan total panjang 8,95 km yang menembus pegunungan Bukit Barisan.

Selain itu, Kementerian PUPR bekerja sama dengan Pemerintah Jepang tengah menyiapkan perencanaan pembangunan terowongan pada ruas Tol Bengkulu-Muara Enim. Salah satu proyek terowongan yang sukses yaitu pembangunan MRT Jakarta, lantaran dapat menekan kemacetan Jakarta. Sebagai catatan, bahwa pembangunan terowongan di proyek MRT ini dibangun di pusat kota yang padat dan diselesaikan dengan gangguan minimal pada wilayah sekitar.

Demikianlah TAJUK kali ini, semoga dapat memberikan wawasan informasi peluang bisnis bagi anda. Informasi lengkap terkait tender proyek, daftar pemenang tender, dan daftar proyek yang akan datang dapat dilihat selengkapnya dengan menjadi member di
www.tender-indonesia.com

Salam Hangat,
Tito Loho

(CEO Tender Indonesia)

081282248240

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com