RUBRIK VOLUME 48 :
 
o TENDER STORE
o PROMOTION
 
SINERGI INOVASI INDUSTRI
Liputan How Makes The Things: Tantangan Dan Peluang Hulu Migas
Suprijonggo Santoso – Ketua Umum APMI   

Program percepatan  produksi migas hanya bisa sukses dicapai melalui eksplorasi lapangan baru, produksi  lapangan eksisting, dan kegiatan perawatan sumur.
Semua kegiatan ini adalah mutlak terkait sumur migas.

Ini adalah lingkup bisnis pekerjaanyang dilakukan oleh anggota APMi (Asosiasi Perusahaan Pemboran Migas & Panas Bumi Indonesia).



Ini mengingat ada 21 sub bidang pekerjaaan yang dicakup perusahaan anggota (nasional & multinasional) seperti PDSI, ELNUSA, APEXINDO, Sclumberger, Halliburton, COST, Bormindo, APA ACS dll. Kendala utamanya kini adalah akselerasi karena tingginya kebutuhan rig, sementara jumlahnya yang siap pakai terbatas, sebagai dampak kolapsnya bisnis pemboran beberapa tahun lalu saat harga migas dunia jatuh. Maka perlu dilakukan refurbishment untuk rig lama, serta  perlu membeli investasi rig baru. Ini butuh waktu dan dukungan pendanaan.



Di satu sisi, perbankan masih trauma dengan kredit macet di sektor penunjang migas masa lalu itu. Masalah lain, dibutuhkan juga tambahan  SDM baru yang punya kompetensi kerja  pemboran. Terlebih risiko pekerjaan ini tinggi, bila bersinggungan dengan area eksplorasi (unknown) yang  dikhawatirkan ada reservoir HPHT (High Pressure High Temprature).


Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2024 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com