RUBRIK VOLUME 48 :
 
o TENDER STORE
o PROMOTION
 
SINERGI INOVASI INDUSTRI
Liputan How Makes The Things: Update Teknologi Hulu Migas
Tim Tender TV kali ini berkesempatan mewawancarai para professional migas di IPA Convex 2023 di ICE BSD, Tangerang Selatan.  Berikut liputannya:



Dr. Ir. Muhammad Burhannudinnur, M.Sc - Ketua Umum IAGI
Transisi energi bukan berarti kebutuhan migas dikesampingkan, karena kebutuhan migas juga akan tetap ada, Jadi kita harus mengkombinasikan energy mix untuk target NZE. Saat ini cadangan migas Indonesia potensinya 128 cekungan sedimen. Namun barus 19 yang proven cekungannya, jadi geologi punya tantangan ini gara proven.

Maka pemerintah, KKKS dan para profesional bisa mewujudkan peluang itu. Resources kita pun sebenarnya tidak hanya migas karena ada geothermal dan lain-lain. Joint Convention Pangkalpinang 2023 sendiri adalah kerjasama antara; IAGI-IAFMI-HAGI-IATMI-PERHAPI

Denny Setia Utama - Community Manager Elitery
 Digital transformation terjadi di semua industri tak terkecuali industri migas. Salah satu implementasinya lewat teknologi cloud computing dimana penggunaannya lebih efisien. Industri migas punya banyak site akan tetapi dengan cloud maka penarikan data bisa secara remote dan cepat sehingga bisa menganalisa data dan lebih cepat.


Teknologi cloud lebih advance dalam security data karena serangan nya bisa lebih mudah diatasi. Dengan cloud hanya memakai sistem pay as you go. Layanan cloud dikelola oleh penyedia cloud yang bertanggung jawab atas manajemen energi dan pemeliharaan perangkat keras.



Jusuf Effendy - Country Manager Indonesia - Geologic
Online well monitoring management diperlukan oleh operator migas  dalam proses drilling. Sebab banyaknya data yang diproduksi oleh vendor/kontraktor  yang perlu diolah baik itu dari kegiatan logging, wireline, testing, mud, well, cementing dan sebagainya.  Data tersebut perlu dikumpulkan dan ditampilkan menjadi satu dan terintegrasi sehingga informasi real yang terjadi di well.

Diperlukan web portal yang praktis dan efisien baik sehingga semua stakeholders bisa mempunyai data well dari proses drilling sehingga stakeholders bisa mengambil keputusan yang baik.
Dengan cloud teknologi bisa mudah mengambil data tanpa perlu menaruh fisik. Semua bisa mengakses data dari manapun dan gadget apapun sehingga sangat efisien, termasuk sisi biaya.
Geologic mempunya teknologi digital twin sehingga bila ada pekerjaaan maintenance bisa dilihat dan analisa secara digital dulu sebelum dilakukan di onsite.



Helmyazree bin Ramly – Eureka Efektif SDN BHD
Membersihkan jaringan pipa yang kotor memerlukan babi sikat pembersih yang bisa menghilangkan lumpur dan kotoran yang mengganggu dari dinding bagian dalam pipa.

Alat ini membersihkan kotoran dan lumpur dari pipa bagian dalam. Berbagai kombinasi cakram poliuretan berkualitas tinggi yang dipasang pada pipa logam berongga diperlukan agar semua tahan lama dan menghemat suku cadang

Muhammad Fahmi Hadar – Sales Manager Tenaris  
Rig Direct adalah inventory management yang diberikan pada end user tidak perlu membayar casing sebelum digunakan di well. Tidak ada working capital sebelum material digunakan.

Sebagai contoh stock di conventional dimana stock di cosutumer akan menjadi working capital yang tidak bisa digunakan sedangkan jikastock dibawah Tenaris jika sudah di run di rig maka baru bisa dibayarkan.

Tenaris memperkenalkan produk yang didesain untuk penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon (CCUS), aplikasi geotermal, dan praktik keberlanjutan.
Budi Prakosa – Sekretaris Umum APMI

Safety pemboran hulu migas perlu jadi perhatian khusus karena akhir-akhir ini ada kejadian fatal baik terhadap jiwa manusia maupun asset pemboran.
Untuk itu sebelum kegiatan perlu diadakan PQ untuk melakukan Safety Management. Ini perlu dilaksanakan sebaik mungkin sesuai komitmen.

Komitmen juga harus ke berbagai divisi termasuk di lapangan pemboran. Diluar ituada bahaya penyakit seperti malaria, demam berdarah dan juga kejadian bencana seperti petir dan sebagainya.
Jadi HSSE ini diperlukan secara berkelanjutan  dan Perusahaan baik operator, kontraktor dan KKKS harus berkomitmen penuh soal ini.
Implikasi positif nya bisa menunjang adanya kegiatan hulu migas. Pihak manajemen juga perlu hadir ke lapangan untuk melihat komitmen safety tersebut. Karena ini akan lebih mempercepat operasi dengan sebaik-baiknya. Karena apabila terjadi kecelakaan bisa mengurangi kelancaran  pekerjaan termasuk resiko biayanya.

Ranu - Baker Hughes
Memaksimalkan performance drilling sangat diperlukan baik itu dari lapisan lunak ataupun keras. Baker Hughes menciptakan mata bor PDC bits, produk mata bor Dynamus™ extended-life mencapai kecepatan dan efisiensi maksimum untuk mengebor formasi yang keras dan menghemat biaya pengeboran.

Ini akan mencegah kerusakan yang mempersingkat masa pakai komponen BHA serta menghaluskan getaran lateral dan bodi barunya berkekuatan tinggi memperpanjang masa pakai bit dalam operasi ekstrem.

Yang kedua adalah TerrAdapt menggunakan adjustable depth of cut control dimana aplikasi bit
ini untuk mengebor lapisan intermediet agar vibrasi slip tidak terjadi. Yang terakhir adalah drillbit  Namanya hybrid mempunyai komponen roller con dan PDC.  Kombinasi semuanya bisa mengatasi lapisan lunak hingga yang keras.



Ayu dari PT OBM Drilchem Tbk
Optimalisasi pengeboran dan eksplorasi lapangan minyak dan gas (migas) memerlukan drilling fluids additives untuk borehole stability/strengthening & lost circulation material.

Produk-produk dari OBM Drilchem sudah terdaftar di SKUP Ditjen Migas dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri sebesar 99% dan juga sudah terdaftar di buku Apresiasi Produk Dalam Negeri (APDN) sebagai barang wajib yang juga sudah terakreditasi dan standar Internasional oleh CEFAS OCNS dengan E Rating dari Eropa dan Nems Chemical dari North Sea Norwegia sebagai green label product yang sangat aman bagi lingkungan.


Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2024 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com