OTHERS Project & Technology :
 
  Sinogas
  Otta seal
  Vetiver
  Protech
  \
PROJECT & TECHNOLOGY


2020-05-11
Kini, Pertamina Bisa Pantau Langsung Stok BBM di SPBU
Stok bahan bakar minyak (BBM) semakin terjaga dengan aman. Pasalnya, stok BBM di SPBU (Stasiun Pengisian BBM Umum) bisa terpantau secara langsung. Ini berkat adanya perangkat digital Automatic Tank Gauge (ATG) yang dipasang di tangki pendam SPBU.

ATG yang dipasang di tangki pendam SPBU terhubung langsung dengan ruang kontrol di SPBU dan juga Terminal BBM Pertamina. Dengan adanya alat ini, SPBU maupun Pertamina dapat memantau stok BBM di tangki tersebut secara otomatis.

Inilah salah satu manfaat dari program digitalisasi SPBU yang diinisiasi Pertamina. Sehingga ke depannya jaminan ketersediaan BBM di SPBU menjadi lebih baik. Karena jika stok mencapai batas minimum, langsung terkomunikasikan secara otomatis ke ATG yang ada di Terminal BBM.

Selain untuk memantau ketersediaan stok, jelasnya, program ini juga ikut memindahkan titik serah BBM. Dengan adanya ATG di tangki pendam SPBU, titik serah produk yang sebelumnya di Terminal BBM Pertamina, kini bisa digeser ke tangki pendam SPBU. Dengan demikian, maka jika terjadi losses selama pengiriman dari Terminal BBM Pertamina ke SPBU, akan menjadi tanggung jawab Pertamina.

Pemasangan ATG merupakan bagian dari program digitalisasi SPBU. Pertamina berencana memasang 24.000 ATG di 5.518 SPBU. Hingga saat ini, sekitar 75 persen dari semua SPBU telah selesai dipasangi ATG.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com