OTHERS Corporate Social Responsibility :
 
  PERISAY
  \
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY


2020-04-13
Beranda Environment Bantu Cegah Covid-19, Konveksi Batik Ikut Produksi Masker
Tak sekedar demi rupiah, kelompok usaha binaan Pertagas memproduksi masker untuk bantu mencegah penyebaran virus Corona di Bontang, Kalimantan Timur.

Beragam cara bisa dilakukan masyarakat untuk membantu gerakan mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) yang sedang mewabah di Indonesia. Selain mengikuti anjuran dari Pemerintah untuk tetap di rumah dan menjaga jarak (social distancing), masyarakat juga bisa membatu membuat alat pelindung diri, seperti masker.

Langkah inilah yang coba dilakukan kelompok usaha binaan PT Pertamia Gas (Pertagas) di Bontang, Kalimantan Timur. Kelompok usaha yang terdiri dari para perajin dan konveksi batik ini memproduksi masker berbahan kain. Hal ini dilakukan agar mereka bisa tetap produktif saat usaha sedang lesu.

“Tak sekedar demi rupiah, kami juga ingin berkontribusi terhadap pencegahan sebaran virus Corona bersama Pemerintah dan Masyarkat,” ujar Ketua Kelompok Matahari, Sahida.

Kepedulian kelompok usaha ini muncul lantaran prihatin dengan keterbatasan akses alat pelindung diri di wilayah Bontang. “Sejak anjuran memakai masker terbit, masker menjadi langka,” ungkap Sahida.

Karena itulah, dia mengajak anggota Kelompok Matahari untuk memproduksi masker berbahan kain. Selama ini, kelompok yang beranggotakan 12 perempuan ini bergerak di bidang usaha konveksi. Batik eco-print dengan merek Batik Daon Jajar adalah salah satu produk unggulan mereka selama ini.

“Ketika kami produksi masker, alhamdulillah permintaan meningkat,” ujar Sahida dengan semangat.

Menurutnya, saat ini kelompok usaha yang ada di Kelurahan Guntung Kecamatan Bontang Utara ini mampu memproduksi masker berbahan kain sebanyak 200 buah per hari. Selain dari masyarakat, permintaan masker tersebut juga datang dari sejumlah perusahaan, Apotik dan instansi Pemerintah di Bontang.

Manager Communication, Relations, dan CSR Pertagas, Zainal Abidin, mengapresiasi langkah mitra binaan Pertagas yang tetap semangat berproduksi di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, selain memproduksi barang yang selama ini menjadi andalannya, Kelompok Matahari juga telah berani melakukan diversifikasi produknya.

“Tujuannya mulia karena ikut membantu pencegahan Covid-19, namun di sisi lain Ibu-ibu ini juga membantu agar roda ekonomi khususnya di sektor riil dan ukm tetap bergerak,” ujar Zainal.

Pertagas pun senantiasa melakukan pendampingan terhadap kelompok mitra binaannya ini. Pada masa tanggap darurat Covid-19, Pertagas juga siap mengedukasi agar selama proses produksi mereka tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.

“Kami selalu mengingatkan agar tetap meminimalisasi jumlah pekerja yang berkumpul, menjaga jarak fisik, mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker selama produksi, dan menjaga kesehatan,” tegasnya.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com