OTHERS Corporate Social Responsibility :
 
  \
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY


2020-02-13
Konservasi Laut Tuntong Kura-Kura yang Terancam Punah di Dunia
Tuntong Laut (Batagur Borneoensis) adalah salah satu spesies yang terancam punah dan termasuk dalam daftar spesies yang dilindungi. Berdasarkan data International Union for Conservation of Nature (IUCN), Laut Tuntong berada di peringkat 25 dari 327 spesies langka di dunia. Dalam dekade terakhir, spesies kura-kura ini - dicirikan dengan hidung yang sedikit miring ke atas - tidak lagi ditemukan di habitatnya, termasuk Sumatera Utara, Riau, dan Jambi. Tetapi di beberapa daerah, spesies ini masih dapat ditemukan walaupun tidak banyak, termasuk di hutan bakau perairan Aceh Tamiang di Nanggroe Aceh Darussalam.

Bekerja sama dengan Yayasan Satu Cita Lestari Indonesia (YSCLI), Pertamina EP Lapangan Rantau melakukan Program Konservasi Laut Tuntong. Prioritas program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Aceh Tamiang agar para peserta menyelamatkan Laut Tuntong dari kepunahan. Ini penting karena telur Tuntong sering dikonsumsi sebagai makanan tradisional, dan cangkangnya diburu untuk dikoleksi. Selain itu, siklus 8 tahun yang dibutuhkan oleh Sea Tuntong sebelum dapat mereproduksi memang merupakan tantangan bagi program konservasi.

Program konservasi Sea Tuntong juga berfokus pada penyebaran metode penetasan baru di mana penetasan sekarang dilakukan di tempat telur ditemukan. Program ini juga memiliki kebijakan untuk membeli telur Sea Tuntong dari penduduk setempat yang diharapkan akan berkurang dan lebih jauh mengurangi konsumsi telur hewan.

Contact Person :
PT Pertamina (Persero)
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 Indonesia
www.pertamina.com
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com