OTHERS Project & Technology :
 
  Sinogas
  Otta seal
  \
PROJECT & TECHNOLOGY


2020-01-29
Terowongan sebagai flyover
Salah satu bangunan yang unik dalam pembangunan jalur kereta api baru yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo yaitu terdapatnya dua terowongan (tunnel). Terowongan kereta api tersebut memiliki panjang 80 meter dan 131 meter.

Dua terowongan berada di bawah interchange tol Solo tepatnya di bawah ramp on dan ramp off. Tak seperti terowongan di lintas lain yang proses pembangunanya dengan penggalian melalui metode NATM (New Austrian Tunneling Merhod) maupun menggunakan mesin TBM (Tunnel Boring Machine), dua terowongan tersebut dibangun at grade atau menyembul di atas permukaan tanah.

Setelah terowongan jadi dan umur beton sudah cukup, barulah diatasnya dilakukan pengurugan dengan batu dan tanah dan dibuat jalan beraspal sebagai pengganti jalan ramp on dan ramp off yang terkena jalur kereta api bandara.

Dua terowongan tersebut berfungsi utamanya seperti flyover sebagai jembatan jalan ramp on maupun ramp off yang terkena perpotongan dengan jalur kereta api bandara. Agar perpotongan tidak sebidang makan dibangunlaj terowongan yang secara fisik memiliki estetika bangunan yang menawan dilihat, tidak terlihat kaku, kotak seperti box culvert.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com