OTHERS Project & Technology :
 
  Sinogas
  Otta seal
  \
PROJECT & TECHNOLOGY


2020-01-23
Pemanfaatan teknologi terowongan dalam pembangunan infrastruktur
Sebenarnya, pembangunan terowongan bukanlah hal yang baru di Indonesia. Terowongan telah dibangun sejak jaman kolonial Belanda.

Pada saat ini, geliat Indonesia dalam membangun terowongan sudah mulai mucul kembali, di antaranya dengan membangun terowongan - terowongan baru, baik untuk proyek bendungan, jalur kereta api, jalan tol, maupun infrastruktur lainnya. Diantaranya, adalah terowongan pengelak pada proyek Bendungan Jatigede (2008-2011), Bendungan Bajulmati (2006), Bendungan Jatibarang (2010), Bendungan Kuwil, Way Sekampung dan lainnya. Kemudian, terowongan untuk proyek jalur kereta api seperti: terowongan Notog (2017-2018), terowongan Kebasen (2017-2018), dan jalur MRT Jakarta (2014-2019). Selanjutnya, terowongan untuk jalan bebas hambatan, seperti terowongan di proyek jalan tol Cisumdawu (2017-2019) yang baru saja rampung proses konstruksinya. Juga, rencana terowongan pada proyek pembangunan ruas Tol Padang-Pekanbaru sebanyak lima terowongan dengan total panjang 8,95 km yang menembus pegunungan Bukit Barisan, yang kini masih dalam tahap proses kajian kelayakan dan basic design.

Selain itu, Kementerian PUPR bekerjasama dengan Pemerintah Jepang tengah menyiapkan perencanaan pembangunan terowongan pada ruas Tol Bengkulu-Muara Enim. Pembangunan terowongan ini, memiliki tantangan luas biasa, karena menembus kawasan Bukit Barisan yang merupakan kawasan rawan bendana gunung api dan gerakan tanah. Sehingga, upaya mitigasi bencana pada tahap perencanaan menjadi hal yang sangat penting.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com