OTHERS Corporate Social Responsibility :
 
  \
CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY


2019-11-04
CSR Hidroponik dan Bank Sampah Pertamina
Marketing Operation Region (MOR) VII Pertamina Wilayah Sulawesi terus mengembangkan budidaya hidroponik  di Kelurahan Tamalabba, Kota Makassar.

Tak hanya itu, Pertamina juga membantu pengembangan program bank sampah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan mengatakan Pertamina menggandeng komunitas perempuan yang tergabung dalam Kelompok Bank Sampah Hoki.

Untuk pengembangan hidroponik, lanjut Hatim, Pertamina memberikan bantuan green house, sistem hidroponik, dan pelatihan teknis.

Mereka dilatih budidaya hidroponik tomat, karena lebih mudah dalam hal penanaman serta bisa diolah menjadi berbagai produk olahan tomat.

Dengan hasil budidaya hidroponik, menjadi kerupuk tomat, brownis, dan saus tomat. Selain itu, tomat juga dijadikan bahan baku pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita di Posyandu dalam rangka memenuhi kebutuhan gizinya.

Untuk pengembangan bank sampah, Hatim menambahkan, Pertamina memfasilitasi kelompok Bank Sampah Hoki dengan bantuan berupa sekretariat pemilahan sampah, motor roda tiga, dan sistem pemilahan jenis sampah.

Masyarakat pun menjadi terbiasa menjaga lingkungan sehat, bersih dan bebas dari sampah.

Program ini membantu masyarakat agar terlatih dalam memilah sampah organik dan anorganik, serta sampah yang memiliki nilai ekonomi.  Warga pun jadi bisa mengenali sampah yang bisa didaur ulang atau reuse, reduse, dan recycle (3R).

Tahun ini, Pertamina mengucurkan dana CSR sebesar Rp 100 juta yang dijalankan pada triwulan keempat 2019.

Menurut Hatim, program budidaya hidroponik tahap kedua ini dimulai dengan pengadaan kelengkapan greenhouse, pengolahan sampah organik dan plastik, serta pembangunan gudang penampungan sampah.
...

Gallery Album

 
All Rights Reserved © Copyright 2012 PT. Tender Indonesia Commercial, design by AbelPutra.com